Sunan Abu Daud kitab solat sesi 030s
٢ - الصلاة » ١٩٨ - في الجمع في المسجد مرتين
2. Shalat » 198. Shalat jamaah dua kali(yakni berjemaah) dalam masjid
-bolehkah berjemaah 2 kali dalam masjid ?
٤٨٧ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ سُلَيْمَانَ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ رَجُلًا يُصَلِّي وَحْدَهُ فَقَالَ أَلَا رَجُلٌ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ
487. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari Sulaiman Al-Aswad dari Abu Al-Mutawakkil
dari Abu Sa'id Al-Khudri bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah melihat seorang laki laki sedang mengerjakan shalat sendirian, maka beliau bersabda: "Adakah seseorang yang mau bersedekah kepada orang ini dengan mengerjakan shalat bersamanya?"
👉dari Abu Sa'id Al-Khudri bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah melihat seorang laki laki sedang mengerjakan shalat sendirian, maka beliau bersabda: "Adakah seseorang yang mau bersedekah kepada orang ini dengan mengerjakan shalat bersamanya?"
-dalam riwayat tirmizi, laki-laki itu masuk ke masjid setelah Rasullah saw selesai bersolat.
- dalam riwayat Ahmad, Rasullah saw telah selesai bersolat zuhur.
-nama laki- laki itu tidak disebutkan.
-bersedekah dengan berjemaah mendapat pahala jemaah.
-solat orang bersedekah itu ,dia solat apa?
- berbagai pendapat, ada yang kata dikira solat yang paling sempurna dan tentulah ketika berjemaah dengan nabi lebih sempurna.
-dari sini menunjukan boleh berbeza niat antara makmun dan imam.
-ada juga boleh hanya sebagai makmun.
-ada yang kata boleh sebaliknya.
-inilah dalilnya.
-ini juga dalil boleh berjemaah 2 kali atau lebih dalam masjid.
-ramai ulamak yang kata boleh tetapi tidak semua.
Minit 17
-jika dalam tirmizi, tirmizi akan sebut qaula qadim imam syafie.
- makruh jika azan kuat seperti berjemaah pada kali pertama dan masjid yang bukan ditempat perjalanan.
-hadits ini tiada pun buat azam kembali dan buat ditempat imam buat sebelum itu.
-untuk masjid umum atau bukan di tempat perjalanan,boleh buat sendirian atau bahagian belakang masjid.
-tiada dalil khusus menunjukan nabi saw menggalakan kepada orang datang selepas selesai solat berjemaah .
Minit 23
٢ - الصلاة » ١٩٩ - فيمن صلى في منزله ثم أدرك الجماعة يصلي معهم
2. Shalat » 199. Orang yang (telah) shalat (berseorangan) di rumah, kemudian mendapati shalat jamaah di masjid, lalu shalat bersama mereka.
-eluk atau tidak?
-jika sempat dengan jemaah,eluk dia bersolat bersama2.
-semua solat?
-subuh dan asar? Tiada solat selepasnya!
- jawapanya ,khilaf.
-pendapat syafie semua solat boleh.
-pendapat malik , magrib tak boleh ulang jika sebelumnya dia solat sendirian ,jika dia telah berjemaah tidak boleh.
Minit 29
٤٨٨ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنِي يَعْلَى بْنُ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ غُلَامٌ شَابٌّ فَلَمَّا صَلَّى إِذَا رَجُلَانِ لَمْ يُصَلِّيَا فِي نَاحِيَةِ الْمَسْجِدِ فَدَعَا بِهِمَا فَجِئَ بِهِمَا تُرْعَدُ فَرَائِصُهُمَا فَقَالَ مَا مَنَعَكُمَا أَنْ تُصَلِّيَا مَعَنَا قَالَا قَدْ صَلَّيْنَا فِي رِحَالِنَا فَقَالَ لَا تَفْعَلُوا إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فِي رَحْلِهِ ثُمَّ أَدْرَكَ الْإِمَامَ وَلَمْ يُصَلِّ فَلْيُصَلِّ مَعَهُ فَإِنَّهَا لَهُ نَافِلَةٌ حَدَّثَنَا ابْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّبْحَ بِمِنًى بِمَعْنَاهُ
488. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar telah menceritakan kepada kami Syu'bah telah mengabarkan kepadaku Ya'la bin 'Atha`
dari Jabir bin Yazid bin Al-Aswad dari Ayahnya (yakni Yazid)bahwasanya dia pernah shalat bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sementara ketika itu dia masih muda. Tatkala shalat telah selesai dilaksanakan, ada dua orang laki-laki yang berada di salah satu sudut masjid tidak melaksanakan shalat, maka beliau memanggil keduanya dan keduanya pun didatangkan dalam kondisi merinding bulu kuduknya(mengeletar daging bahu), lalu beliau bersabda: "Apakah yang menghalangi kalian berdua untuk melaksanakan shalat bersama kami?" Mereka menjawab; Kami sudah melaksanakannya di rumah kami. Beliau bersabda: "Janganlah kalian melakukannya lagi, apabila seseorang di antara kalian sudah melaksanakan shalat di rumahnya, lalu mendapatkan imam sedang shalat, maka shalatlah bersamanya, karena yang ini baginya adalah nafilah (sholat sunnah)."Telah menceritakan kepada kami Ibnu Mu'adz telah menceritakan kepada kami Ayahku telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Ya'la bin 'Atha` dari Jabir bin Yazid dari Ayahnya dia berkata; Saya pernah shalat Shubuh bersama Nabi Shallallahu alaihi wasallam di Mina, lalu dia melanjutkan hadits semakan dengan di atas.
👉dari Jabir bin Yazid bin Al-Aswad dari Ayahnya (yakni Yazid)bahwasanya dia pernah shalat bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sementara ketika itu dia masih muda. Tatkala shalat telah selesai dilaksanakan, ada dua orang laki-laki yang berada di salah satu sudut masjid tidak melaksanakan shalat,
-bagaimana nabi saw boleh tahu tentang laki-laki itu tidak solat?
-nabi pusing setelah habis solat dan selepas kata Allahumaaintasalam waminkasalam
-kedua ;nabi saw boleh nampak walaupun berada dibelakang. Bagaimana? Seolah2 seperti ada cermin didepan nabi saw atau liang roma nabi nampak
- atau bukan nampak nabi tapi diberi oleh Allah dia tahu.
Maka beliau memanggil keduanya dan keduanya pun didatangkan dalam kondisi merinding bulu kuduknya(mengeletar daging bahu),
-laki-laki ini tak pakai baju.
lalu beliau bersabda: "Apakah yang menghalangi kalian berdua untuk melaksanakan shalat bersama kami?" Mereka menjawab; Kami sudah melaksanakannya di rumah kami.
-dalam riwayat lain ,ini adalah di perjalanan
Beliau bersabda: "Janganlah kalian melakukannya lagi, apabila seseorang di antara kalian sudah melaksanakan shalat di rumahnya, lalu mendapatkan imam sedang shalat, maka shalatlah bersamanya, karena yang ini baginya adalah nafilah .
- kalu orang tu belum solat sunat.
-atau nabi saw yang belum solat.
-ini bukan solat subuh atau asar.
- solat dirumah niat ferdu, bila dimasjid niat ferdu juga ?
-ini ada khilaf.
-nafilah =tambahan pahala
-ferdu 2 kali?
-yang dirumah jadi sunat dan masjid jadi ferdu.ramai ulamak tak mahu terima sanad ini. Nuh itu yang mastur.
-riwayat syarzah, perawi nya siqah tetapi bercanggah dengan lain2. Syarzah adalah hadits dhaif. Syarat nak jadi sahih dia tak boleh syar.
-asalnya hadits syar adalah sanad dia tu sahih.
Minit 49
-dhaif ada banyak sebab ,sebab syar itu satu daripadanya.
-nak buat pegangan hadits syar tak boleh.
-bagi yang kata boleh, hadits itu tidak syarzah.
-yang kedua yang sunat.
-yang berpegang yang mula2 ferdu hadits Yazid bin AlAswad, kata hadits itu sahih.
-tapi imam syafie kata Yazid itu majhul
"Telah menceritakan kepada kami Ibnu Mu'adz telah menceritakan kepada kami Ayahku telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Ya'la bin 'Atha` dari Jabir bin Yazid dari Ayahnya dia berkata; Saya pernah shalat Shubuh bersama Nabi Shallallahu alaihi wasallam di Mina, lalu dia melanjutkan hadits semakan dengan di atas.
٤٨٩ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا مَعْنُ بْنُ عِيسَى عَنْ سَعِيدِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ نُوحِ بْنِ صَعْصَعَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ جِئْتُ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلَاةِ فَجَلَسْتُ وَلَمْ أَدْخُلْ مَعَهُمْ فِي الصَّلَاةِ قَالَ فَانْصَرَفَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَأَى يَزِيدَ جَالِسًا فَقَالَ أَلَمْ تُسْلِمْ يَا يَزِيدُ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَدْ أَسْلَمْتُ قَالَ فَمَا مَنَعَكَ أَنْ تَدْخُلَ مَعَ النَّاسِ فِي صَلَاتِهِمْ قَالَ إِنِّي كُنْتُ قَدْ صَلَّيْتُ فِي مَنْزِلِي وَأَنَا أَحْسَبُ أَنْ قَدْ صَلَّيْتُمْ فَقَالَ إِذَا جِئْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَوَجَدْتَ النَّاسَ فَصَلِّ مَعَهُمْ وَإِنْ كُنْتَ قَدْ صَلَّيْتَ تَكُنْ لَكَ نَافِلَةً وَهَذِهِ مَكْتُوبَةٌ
489. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Ma'n bin Isa dari Sa'id bin As-Sa`ib dari Nuh bin Sha'sha'ah
dari Yazid bin Amir dia berkata; Saya pernah datang ke Masjid sementara Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam keadaan shalat. Saya lalu duduk dan tidak shalat bersama mereka. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pergi dan melihat Yazid sedang duduk. Beliau bersabda: "Apakah kamu belum masuk Islam wahai Yazid." Dia menjawab; Tentu wahai Rasulullah, saya telah masuk Islam. Beliau bersabda: "Lalu apa yang menghalangimu untuk shalat bersama jama'ah?" Dia menjawab; Saya telah shalat di rumahku dan saya menyangka kalian telah selesai shalat. Maka beliau bersabda: "Apabila kamu datang ke shalat jama'ah, lalu kamu mendapati orang-orang sedang shalat, maka shalatlah bersama mereka, meskipun kamu telah shalat, shalatmu itu sebagai nafilah (shalat sunnah) bagimu, dan yang ini menjadi yang wajib."
-sah solat dirumah, nabi tidak kata solat itu tidak boleh atau tidak sah.
-ni sudah solat seorang dirumah
٤٩٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى ابْنِ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو عَنْ بُكَيْرٍ أَنَّهُ سَمِعَ عَفِيفَ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْمُسَيِّبِ يَقُولُ حَدَّثَنِي رَجُلٌ مِنْ بَنِي أَسَدِ بْنِ خُزَيْمَةَ أَنَّهُ سَأَلَ أَبَا أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيَّ فَقَالَ يُصَلِّي أَحَدُنَا فِي مَنْزِلِهِ الصَّلَاةَ ثُمَّ يَأْتِي الْمَسْجِدَ وَتُقَامُ الصَّلَاةُ فَأُصَلِّي مَعَهُمْ فَأَجِدُ فِي نَفْسِي مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا فَقَالَ أَبُو أَيُّوبَ سَأَلْنَا عَنْ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ذَلِكَ لَهُ سَهْمُ جَمْعٍ
490. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih dia berkata; Saya telah membaca hadits pada Ibnu Wahb dia berkata; Telah mengabarkan kepadaku Amru dari Bukair bahwasanya dia telah mendengar Afif bin Amru bin Al-Musayyib dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Seorang lelaki dari Bani Asad bin Khuzaimah bahwasanya dia pernah bertanya kepada Abu Ayyub Al-Anshari, dia berkata; Seseorang di antara kami telah shalat di rumahnya, kemudian dia datang ke masjid dan iqamat shalat baru saja dikumandangkan, lalu saya shalat bersama mereka, tapi saya mendapatkan dalam diriku suatu ganjaran. Maka Abu Ayyub berkata; Kami pernah bertanya tentang itu kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, maka beliau menjawab: "Shalat itu baginya sebagai saham pahala berjama'ah."
-ni solat seorang dirumah
-riwayat ini tidak sahih sebab dalam sanad dia ada رَجُلٌ مِنْ بَنِي أَسَدِ بْنِ خُزَيْمَةَ ,siapa rojulun tu tak jelas, mahjul maka hadits jadi dhaif
٢ - الصلاة » ٢٠٠ - إذا صلى في جماعة ثم أدرك جماعة أيعيد
2. Shalat » 200. Setelah melaksanakan shalat secara jamaah, kemudian mendapatinya lagi, apakah harus mengulang.
٤٩١ - حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ يَعْنِي مَوْلَى مَيْمُونَةَ قَالَ أَتَيْتُ ابْنَ عُمَرَ عَلَى الْبَلَاطِ وَهُمْ يُصَلُّونَ فَقُلْتُ أَلَا تُصَلِّي مَعَهُمْ قَالَ قَدْ صَلَّيْتُ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تُصَلُّوا صَلَاةً فِي يَوْمٍ مَرَّتَيْنِ
491. Telah menceritakan kepada kami Abu Kamil telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' telah menceritakan kepada kami Husain dari Amru bin Syu'aib dari Sulaiman bin Yasar, mantan sahaya Maimunah dia berkata; Saya pernah datang kepada lbnu Umar sewaktu dia sedang duduk di atas lantai, sementara keluarganya tengah mengerjakan shalat (berjama'ah). Saya berkata; Kenapa kamu tidak ikut shalat bersama mereka? Ibnu Umar mejawab; Saya telah mengerjakan shalat, saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian mengerjakan satu shalat(ferdu) itu dua kali dalam sehari."
👉dari Sulaiman bin Yasar,
-salah seorang dari 7 orang yang faqih di Madinah
mantan sahaya Maimunah dia berkata; Saya pernah datang kepada lbnu Umar sewaktu dia sedang duduk di atas lantai, sementara keluarganya tengah mengerjakan shalat (berjama'ah). Saya berkata; Kenapa kamu tidak ikut shalat bersama mereka? Ibnu Umar menjawab; Saya telah mengerjakan shalat, saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian mengerjakan satu shalat(ferdu) itu dua kali dalam sehari."
-ini asas tak boleh ulang solat terutama solat yang sudah dilaksanakan solat jemaah .
-jangan solat niat ferdu 2 kali dalam satu hari.
-bagaimana dengan hadits yang nabi suruh bersedekah bagi yang telah solat? Itu dia solat sunat pada kali kedua dan untuk orang yang berpegang boleh solat kali kedua. Yang tak boleh adalah solat ferdu berjemaah dua kali.
Jika solat ferdu seorang diri ada yang kata boleh kemudiannya solat ferdu berjemaah.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan