Selasa, Mei 16, 2017

Sunan abu daud kitab jihad

٩ -  الجهاد » ٩٩٦ -  في النفل
9. Jihad » 996. Penjelasan tentang Nafl (tambahan)
👉Nafal=kurniaan atau pemberian yg lebih.
Sebab dia ikut serta dlm peperangan itu.
Salab jamaknya aslab.,milik orang yg dibunuh itu shj.
Solat sunat =solat nafal, yg lebih drp orang lain

٢٣٦٠ - حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ
قَالَ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ عَنْ
دَاوُدَ عَنْ عِكْرِمَةَ
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ
قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَوْمَ بَدْرٍ
مَنْ فَعَلَ كَذَا وَكَذَا
فَلَهُ مِنْ النَّفَلِ كَذَا وَكَذَا
قَالَ فَتَقَدَّمَ الْفِتْيَانُ وَلَزِمَ الْمَشْيَخَةُ الرَّايَاتِ
فَلَمْ يَبْرَحُوهَا فَلَمَّا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ
قَالَ الْمَشْيَخَةُ كُنَّا رِدْءًا لَكُمْ لَوْ انْهَزَمْتُمْ لَفِئْتُمْ إِلَيْنَا فَلَا تَذْهَبُوا بِالْمَغْنَمِ وَنَبْقَى فَأَبَى الْفِتْيَانُ
وَقَالُوا جَعَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَنَا فَأَنْزَلَ اللَّهُ
{ يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْأَنْفَالِ قُلْ الْأَنْفَالُ لِلَّهِ وَالرَّسُولِ إِلَى قَوْلِهِ كَمَا أَخْرَجَكَ رَبُّكَ مِنْ بَيْتِكَ بِالْحَقِّ وَإِنَّ فَرِيقًا مِنْ الْمُؤْمِنِينَ لَكَارِهُونَ } يَقُولُ فَكَانَ ذَلِكَ خَيْرًا لَهُمْ فَكَذَلِكَ أَيْضًا فَأَطِيعُونِي فَإِنِّي أَعْلَمُ بِعَاقِبَةِ هَذَا مِنْكُمْ

حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ
حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ
قَالَ أَخْبَرَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ
عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ يَوْمَ بَدْرٍ مَنْ قَتَلَ قَتِيلًا
فَلَهُ كَذَا وَكَذَا
وَمَنْ أَسَرَ أَسِيرًا فَلَهُ كَذَا وَكَذَا
ثُمَّ سَاقَ نَحْوَهُ وَحَدِيثُ خَالِدٍ أَتَمُّ

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ بَكَّارِ بْنِ بِلَالٍ
قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِد
ِ بْنِ مَوْهَبٍ الْهَمْدَانِيُّ
قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا بْنِ أَبِي زَائِدَةَ
قَالَ أَخْبَرَنِي دَاوُدُ بِهَذَا الْحَدِيثِ بِإِسْنَادِه
ِ قَالَ
فَقَسَّمَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالسَّوَاءِ وَحَدِيثُ خَالِدٍ أَتَمُّ
2360. Telah menceritakan kepada kami Wahb bin Baqiyyah, ia berkata; telah mengabarkan kepada kami Khalid dari Daud, dari Ikrimah,
dari Ibnu Abbas, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda pada saat perang Badr:
"Barangsiapa yang melakukan demikian dan demikian, maka baginya tambahan pemberian demikian dan demikian."
Kemudian orang-orang yang muda maju sedangkan orang-orang tua menjaga bendera,
dan mereka tidak meninggalkannya hingga Allah memenangkan atas mereka.
Orang-orang tua berkata; kami adalah adalah penolong kalian, seandainya kalian kalah maka kalian akan bergabung kepada kami,
maka janganlah kalian membawa rampasan perang sementara kami tetap di tempat dan tidak mengambilnya.
Kemudian para pemuda menolak hal tersebut
dan berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menjadikannya untuk kami.
Kemudian Allah menurunkan ayat: "Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul….. hingga firmanNya:
"Sebagaimana Tuhanmu menyuruhmu pergi dan rumahmu dengan kebenaran, padahal sesungguhnya sebagian dari orang-orang yang beriman itu tidak menyukainya."
Ibnu Abbas berkata berkata; maka hal tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik bagi mereka,
dan seperti itu juga;
maka taatilah aku sesungguhnya aku lebih mengetahui akibat hal ini daripada kalian.

Telah menceritakan kepada kami Ziyad bin Ayyub, telah menceritakan kepada kami Husyaim, ia berkata; telah mengabarkan kepada kami Daud bin Abu Hindun, dari Ikrimah,
dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata pada saat perang Badr:
"Barangsiapa yang membunuh satu orang, maka baginya demikian dan demikain.
Dan barangsiapa yang menawan tawanan, maka baginya demikian dan demikian."
Kemudian ia menyebutkan seperti hadits tersebut.
Dan hadits Khalid lebih sempurna.

Telah menceritakan kepada kami Harun bin Muhammad bin Bakkar bin Bilal, ia berkata;
telah menceritakan kepada kami Yazid bin Khalid bin Mauhab Al Hamdani, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya bin Zakariya bin Abu Zaidah, ia berkata;
telah mengabarkan kepadaku Daud dengan hadits ini menggunakan sanadnya.
Ia berkata; kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaginya dengan sama.
Dan hadits Khalid lebih sempurna.

👉Orang tua الْمَشْيَخَةُ
Hadis yg pertama, Dan hadits Khalid lebih sempurna.
2riwayat yg kemudian dipanggil riwayat mutabaah.
Mereka dipanggil mutabik kepada khalid.
Khalid perawi yg paling utama.
Akan dipanggil syawahid jika sama matan.

٢٣٦١ - حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ
عَنْ أَبِي بَكْرٍ عَنْ عَاصِمٍ
عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ
عَنْ أَبِيهِ
قَالَ جِئْتُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَوْمَ بَدْرٍ بِسَيْفٍ
فَقُلْت
ُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِنَّ اللَّهَ قَدْ شَفَى صَدْرِي
الْيَوْمَ مِنْ الْعَدُوِّ
فَهَبْ لِي هَذَا السَّيْفَ
قَالَ إِنَّ هَذَا السَّيْفَ
لَيْسَ لِي
وَلَا لَكَ
فَذَهَبْتُ وَأَنَا أَقُولُ
يُعْطَاهُ الْيَوْمَ
مَنْ لَمْ يُبْلِ بَلَائِي
فَبَيْنَمَا أَنَا
إِذْ جَاءَنِي الرَّسُولُ
فَقَالَ أَجِبْ
فَظَنَنْت
ُ أَنَّهُ نَزَلَ فِيَّ شَيْءٌ بِكَلَامِي
فَجِئْتُ
فَقَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِنَّكَ سَأَلْتَنِي هَذَا السَّيْف
َ وَلَيْسَ هُوَ لِي
وَلَا لَكَ
وَإِنَّ اللَّهَ قَدْ جَعَلَهُ لِي
فَهُوَ لَكَ
ثُمَّ قَرَأَ { يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْأَنْفَالِ قُلْ الْأَنْفَالُ لِلَّهِ وَالرَّسُولِ } إِلَى آخِرِ الْآيَةِ
قَالَ أَبُو دَاوُد
قِرَاءَةُ ابْنِ مَسْعُودٍ
يَسْأَلُونَكَ النَّفْلَ

2361. Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As Sari dari Abu Bakr dari 'Ashim
dari Mush'ab bin Sa'd dari ayahnya,
ia berkata; aku datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada saat perang Badr dengan membawa sebuah pedang.
Lalu aku katakan; wahai Rasulullah,
sesungguhnya pada hari ini Allah telah mengobati dadaku dari musuh.
Maka berikanlah pedang ini kepadaku.
Beliau berkata: "Sesungguhnya pedang ini bukan milikku dan bukan milikmu."
Kemudian aku pergi dan aku katakan;
pada hari ini pedang itu akan diberikan kepada orang yang tidak mendapatkan musibah seperti musibahku.
Ketika aku dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba seorang utusan datang kepadaku lalu berkata; sambutlah panggilan beliau!
Lalu aku menyangka bahwa telah turun sesuatu mengenaiku karena ucapanku.
Lalu aku datang dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadaku:
"Sesungguhnya engkau telah meminta pedang ini kepadaku, dan pedang tersebut bukanlah milikku dan bukan milikmu.
Dan sesungguhnya Allah telah memberikannya kepadaku.
Pedang tersebut untukmu."
Kemudian beliau membacakan ayat: "Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang.
Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul….." hingga akhir ayat.
Abu Daud berkata; sedangkan qira`ah (cara membaca) Ibnu Mas'ud adalah; YAS-ALUUNAKAN NAFLA.

👉 YAS-ALUUNAKAN NAFLA.
(Mereka akan minta nafal diberi nafal)
Jamak nafal ,anfal.
Dekat2 salab.
Tempat payah قَالَ أَبُو دَاوُد
قِرَاءَةُ ابْنِ مَسْعُودٍ يَسْأَلُونَكَ النَّفْلَ
يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْأَنْفَالِ tak sama dgn yg atas
Ini baca sebagai apa?
Ibnu masud bc quran begitu ,betul ke?lagu mn kalu tak percaya pada quran
Mmay Doh tulis,kena tengok dlm buku maulana.
Sebenarnya tidak begitu,dia terima muawizatain.t api dlm kitab dia tiada begitu juga fatihah.
Jawapan munasabah,tak mungkin sahabat buat yg bukan2.
Abu daud tarik perhatian seperti selekoh ada gambar tengkorak.ini isyarat
قَالَ أَبُو دَاوُد
قِرَاءَةُ ابْنِ مَسْعُودٍ
يَسْأَلُونَكَ النَّفْلَ
Nak royat,bukan makna lafaz
Nak royak ada an dan tiada an.
Ini menunjukan ada dua makna ayat ini.
Untuk siapa ayat ini,(anfal tu)?
Mereka minta nafal.
Said yg minta.
Bukan tanya hukum nafal
Ada yg tambah khumus.ini musykil sebab turun lama selepas itu.
Ada kemusykilan lain lagi.
Nafal disini dgn makna salab sebab dia yg minta dan orang yg dia bunuh.
Harta Ghanimah bg nabi2 terdahulu haram.
Api akan sambar semua harta,tanda peperangan diterima.
Rasullah saw fikir(ijtihad)agama mudah
Hukum yg berat2 terhadap umat2 dahulu telah batal.
Telah ada isyarat ,asas ijtihad ayat haridilmukminin(galakan untuk orang berperang)salah satu cara galakan adalah memberi harta.
Isyarat umat nabi saw lemah,nabi musa bg tau masa israk mikraj.
Anugerah allah melalui harapan nabi.
Contoh lenggok kelangit,ubah kiblat.ada proses ,tidak sekali gus.
Abu daud Bw ni bukan nak kata ini quran ,tak betul.
Ini qiraat untuk menerangkan peristiwa yg berlaku iaitu tafsir .
Jadi tak timbul itu quran atau tidak.

🍇🍇🍇Tanda kat sini.habis mmay syarah.
٩ -  الجهاد » ٩٩٧ -  في نفل السرية تخرج من العسكر
9. Jihad » 997. Nafl untuk regu ekspedisi yang keluar dari pasukan(nafal diberikan sariyah-pasukan tentera yg kecil)
٢٣٦٢ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ نَجْدَة
َ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِم
ٍ ح و حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَنْطَاكِيُّ
قَالَ حَدَّثَنَا مُبَشَّرٌ
ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ الطَّائِيُّ
أَنَّ الْحَكَمَ بْنَ نَافِعٍ حَدَّثَهُمْ الْمَعْنَى
كُلُّهُمْ عَنْ شُعَيْبِ بْنِ أَبِي حَمْزَةَ
عَنْ نَافِعٍ
عَنْ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ
بَعَثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِي جَيْشٍ قِبَلَ نَجْدٍ وَانْبَعَثَتْ
سَرِيَّةٌ مِنْ الْجَيْشِ
فَكَانَ سُهْمَانُ الْجَيْشِ
اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
وَنَفَّلَ أَهْلَ السَّرِيَّةِ بَعِيرًا بَعِيرًا
فَكَانَتْ سُهْمَانُهُمْ
ثَلَاثَةَ عَشَرَ
ثَلَاثَةَ عَشَرَ

حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ عُتْبَةَ الدِّمَشْقِيُّ
قَالَ
قَالَ الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ
حَدَّثْتُ ابْنَ الْمُبَارَكِ
بِهَذَا الْحَدِيثِ قُلْتُ

وَكَذَا حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فَرْوَةَ
عَنْ نَافِعٍ قَالَ لَا تَعْدِلُ مَنْ سَمَّيْت
َ بِمَالِكٍ هَكَذَا أَوْ نَحْوَهُ
يَعْنِي مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ

2362. Telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab bin Najdah, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Musa bin Abdurrahman Al Anthaki, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Mubasysyar, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Auf Ath Tha`i, bahwa Al Hakam bin Nafi', telah menceritakan kepada mereka secara makna, seluruh mereka berasal dari Syu'aib bin Abu Hamzah, dari Nafi',
dari Ibnu Umar, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutus kami dalam sebuah pasukan menuju Najd,
kemudian diutuslah satu kesatuan militer dari pasukan tersebut,
saham pasukan tersebut adalah dua belas unta, dua belas unta.
Dan beliau memberikan tambahan kepada kesatuan militer satu unta, satu unta.
Sehingga saham mereka adalah tiga belas.
Telah menceritakan kepada kami Al Walid bin 'Utbah Ad Dimasyqi, ia berkata; Al Walid bin Muslim berkata; aku menceritakan kepada Ibnu Al Mubarak dengan hadits ini.
Aku katakan; demikianlah Ibnu Abu Farwah menceritakan kepada kami dari Nafi', ia berkata;
orang yang telah engkau sebutkan tidak sama dengan seorang Malik, yaitu Malik bin Anas.
(Iman malik)

٢٣٦٣ - حَدَّثَنَا
هَنَّادٌ قَالَ حَدَّثَنَا
عَبْدَةُ يَعْنِي ابْنَ سُلَيْمَانَ الْكِلَابِيَّ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ
عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ بَعَثَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً إِلَى نَجْدٍ فَخَرَجْتُ مَعَهَا فَأَصَبْنَا نَعَمًا كَثِيرًا
فَنَفَّلَنَا أَمِيرُنَا بَعِيرًا بَعِيرًا لِكُلِّ إِنْسَانٍ
ثُمَّ قَدِمْنَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ فَقَسَمَ بَيْنَنَا غَنِيمَتَنَا
فَأَصَابَ كُلُّ رَجُلٍ مِنَّا اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
بَعْدَ الْخُمُسِ
وَمَا حَاسَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالَّذِي أَعْطَانَا صَاحِبُنَا
وَلَا عَابَ عَلَيْهِ بَعْدَ مَا صَنَعَ
فَكَانَ لِكُلِّ رَجُل
ٍ مِنَّا ثَلَاثَةَ عَشَرَ بَعِيرًا بِنَفْلِهِ

2363. Telah menceritakan kepada kami Hannad, telah menceritakan kepada kami 'Abdah bin Sulaiman Al Kilabi dari Muhammad bin Ishaq dari Nafi' dari Ibnu Umar, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutus satu kesatuan militer ke Najd,
kemudian aku keluar bersama kesatuan militer tersebut dan kami mendapatkan banyak binatang ternak. Kemudian pemimpin kami memberikan tambahan satu unta, satu unta untuk setiap orang.
Kemudian kami datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan beliau membagikan rampasan perang kepada kami.
Sehingga setiap kami mendapatkan dua belas unta setelah diambil seperlima.
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak menghitung apa yang telah diberikan pemimpin kami kepada kami, dan beliau tidak mencelanya setelah ia melakukan hal tersebut.
Sehingga setiap kami memiliki tiga belas unta dengan tambahan tersebut.

٢٣٦٤ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ
ح و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ
وَيَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ
قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ الْمَعْنَى
عَنْ نَافِعٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَر
َأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بَعَثَ سَرِيَّةً فِيهَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ
قِبَلَ نَجْدٍ فَغَنِمُوا إِبِلًا كَثِيرَةً
فَكَانَتْ سُهْمَانُهُمْ اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
وَنُفِّلُوا بَعِيرًا بَعِيرًا
زَادَ ابْنُ مَوْهَبٍ
فَلَمْ يُغَيِّرْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

2364. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah, dan Yazid? bin Khalid bin Mauhab,
mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Al Laits secara makna, dari Nafi' dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengirim satu kesatuan militer yang padanya terdapat Abdullah bin Umar ke arah Najd.
Kemudian mereka mendapatkan rampasan unta yang banyak.
Saham mereka adalah dua belas unta dan mereka diberi tambahan satu ekor, satu ekor oleh Ibnu Mauhab,
dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak mengubah hal tersebut.

٢٣٦٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ
قَالَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
قَالَ بَعَثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَرِيَّةٍ
فَبَلَغَتْ سُهْمَانُنَا اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا وَنَفَّلَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعِيرًا بَعِيرًا
قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ بُرْدُ بْنُ سِنَانٍ
عَنْ نَافِعٍ مِثْلَ حَدِيثِ عُبَيْدِ اللَّهِ وَرَوَاهُ أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ مِثْلَهُ
إِلَّا أَنَّهُ قَالَ وَنُفِّلْنَا بَعِيرًا بَعِيرًا لَمْ يَذْكُرْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

2365. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Yahya dari 'Ubaidullah, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Nafi', dari Abdullah,
ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengutus kami dalam sebuah kesatuan militer.
Dan saham mereka mencapai dua belas unta.
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tambahan satu unta, satu unta.
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Burd bin Sinan dari Nafi'
seperti hadits 'Ubaidullah.
Dan telah diriwayatkan oleh Ayyub dari Nafi' seperti itu hanya saja ia berkata;
dan kami diberi tambahan satu unta, satu unta.
Dan ia tidak menyebutkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

٢٣٦٦ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ
قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي
ح و حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ أَبِي يَعْقُوبَ
قَالَ حَدَّثَنِي حُجَيْنٌ
قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْث
ُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَدْ كَانَ يُنَفِّلُ بَعْضَ مَنْ يَبْعَثُ مِنْ السَّرَايَا لِأَنْفُسِهِمْ خَاصَّةَ النَّفَلِ سِوَى قَسْمِ عَامَّةِ الْجَيْشِ
وَالْخُمُسُ فِي ذَلِكَ وَاجِبٌ كُلُّهُ

2366. Telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Syu'aib bin Al Laits, ia berkata; telah menceritakan kepadaku ayahku, dari kakekku, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Abu Ya'qub, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Hujain, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab, dari Salim dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah memberikan tambahan kepada sebagian orang yang beliau utus dari kesatuan-kesatuan militer khusus untuk mereka selain bagian yang diberikan kepada para pasukan secara umum.
Dan seperlima dalam hal tersebut adalah wajib semua.

٢٣٦٧ - حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ
حَدَّثَنَا حُيَيٌّ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
خَرَجَ يَوْمَ بَدْرٍ فِي ثَلَاثِ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اللَّهُمَّ إِنَّهُمْ حُفَاةٌ فَاحْمِلْهُمْ
اللَّهُمَّ إِنَّهُمْ عُرَاةٌ فَاكْسُهُمْ
اللَّهُمَّ إِنَّهُمْ جِيَاعٌ
فَأَشْبِعْهُمْ فَفَتَحَ
اللَّهُ لَهُ يَوْمَ بَدْرٍ فَانْقَلَبُوا حِينَ انْقَلَبُوا
وَمَا مِنْهُمْ رَجُلٌ
إِلَّا وَقَدْ رَجَعَ بِجَمَلٍ أَوْ جَمَلَيْنِ وَاكْتَسَوْا وَشَبِعُوا

2367. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb, telah menceritakan kepada kami Huyai dari Abu Abdurrahman Al Hubuli,
dari Abdullah bin 'Amr, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar pada saat perang Badr bersama tiga ratus lima belas orang.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa: "Ya Allah, mereka adalah orang-orang yang tidak beralas kaki maka berilah mereka tunggangan, mereka adalah orang-orang yang telanjang maka berilah mereka pakaian, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang lapar maka kenyangkanlah mereka."
Kemudian Allah memberi beliau kemenangan pada perang Badr.
Sehingga mereka berbalik kondisi mereka, tidak ada seorangpun diantara mereka melainkan ia telah pulang dengan membawa satu atau dua ekor unta, dan mereka berpakaian serta merasa kenyang.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan