١١ - الصيد » ١٠٤٤ - في اتخاذ الكلب للصيد وغيره
Al soid.perburuan
11. Buruan » 1044. Memelihara anjing untuk berburu dan selainnya.
٢٤٦١ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ َ مَنْ اتَّخَذَ كَلْبًا إِلَّا كَلْبَ مَاشِيَةٍ أَوْ صَيْدٍ أَوْ زَرْعٍ انْتَقَصَ مِنْ أَجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ
2461. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar, dari Az Zuhri, dari Abu Salamah, dari
Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau berkata: "Barangsiapa yang memelihara anjing kecuali anjing penjaga binatang ternak atau anjing pemburu, atau penjaga tanaman maka pahalanya berkurang satu Qirath setiap hari."
Imam abu daud nak bg tau boleh pero anjing untuk keperluan.
Solat
Dari ringan kepada berat
Kes anjing dari berat kepada ringan.
Hadis hilang satu qiraat.
Hadis juga hilang dua qiraat
Bunuh anjing hitam dan anjing mana2 pun.
Tualimunahu....ajar anjing.tuhan tuju ko kita...pah kalu hilang berapa qiraat ,tak sir dah la.sedang allah sendiri yg bg tau dlm quran.
Mula2 dengar satu qiraat oleh perawi lain.
Dua qiraat oleh perawi lain pula..mananya dua perawi,satu je iaitu abu hurairah.
Ada yg kata 2 qiraat dimadinah.
Diluar madinah 1 qiraat.
Bila ayat quran turun boleh pero anjing yg berguna atau ada faedah,mansukhlah yg tak boleh.
Imam malik pakai yg dulu.
Yg jual tu ada gunanyalah.
Yg tak boleh jual sudah mansukh atau kurang pahala sebab langgar perintah nabi saw.
Anjing terjadi dari ludah iblis?walaupun ada dlm kitab tetapi tiada asas!.
٢٤٦٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْلَا أَنَّ الْكِلَابَ أُمَّةٌ مِنْ الْأُمَمِ لَأَمَرْتُ بِقَتْلِهَا فَاقْتُلُوا مِنْهَا الْأَسْوَدَ الْبَهِيمَ
2462. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yazid, telah menceritakan kepada kami Yunus, dari Al Hasan, dari
Abdullah bin Mughaffal, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya anjing itu tidak termasuk salah satu umat diantara berbagai umat, niscaya aku diperintahkan untuk membunuhnya. Bunuhlah anjing yang hitam pekat.
٢٤٦٣ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَمَرَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَتْلِ الْكِلَابِ
حَتَّى إِنْ كَانَتْ الْمَرْأَةُ تَقْدَمُ مِنْ الْبَادِيَةِ
يَعْنِي بِالْكَلْبِ فَنَقْتُلُهُ
ثُمَّ نَهَانَا عَنْ قَتْلِهَا وَقَالَ عَلَيْكُمْ بِالْأَسْوَدِ
2463. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Khalaf, telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim dari Ibnu Juraij, ia berkata; telah mengabarkan kepadaku Abu Az Zubair dari
Jabir, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan untuk membunuh seluruh anjing hingga seorang wanita datang dari pelosok dengan membawa anjing, lalu kami membunuhnya. Kemudian beliau melarang kami dari membunuh anjing dan berkata: "Bunuhlah yang hitam!"
👉Ini adalah proses dr berat kepada ringan.
Anjing yg benkeng ijmak boleh bunuh .
Yg tidak mudarat,tidak boleh bunuh.
Mula2 suruh bunuh .
Kemudian yg hitam legam.
Kemudian larangan semua jenis anjing bila tiada mudharat.
Mu'lah alayulqari ,tak setuju, tak perlu bunuh semua.
Minit 35
Tiada ulasan:
Catat Ulasan