Halaman

Isnin, November 19, 2018

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 10

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 10
٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٧٨ -  ما جاء في لبس الجبة والخفين
باب مَا جَاءَ فِي لُبْسِ الْجُبَّةِ وَالْخُفَّيْنِ:

24. Baju » 1178. Memakai jubah dan khuff

١٦٩٠ - حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبِسَ جُبَّةً رُومِيَّةً ضَيِّقَةَ الْكُمَّيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1690. Telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Isa berkata, telah menceritakan kepada kami Waki' berkata, telah menceritakan kepada kami Yunus bin Abu Ishaq dari Asy Sya'bi dari Urwah Ibnul Mughirah bin Syu'bah dari Bapaknya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengenakan jubah dari Rum yang lubang lengannya sempit." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

١٦٩١ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عَيَّاشٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ هُوَ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ الشَّعْبِيِّ قَالَ قَالَ الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ أَهْدَى دِحْيَةُ الْكَلْبِيُّ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُفَّيْنِ فَلَبِسَهُمَا قَالَ أَبُو عِيسَى و قَالَ إِسْرَائِيلُ عَنْ جَابِرٍ عَنْ عَامِرٍ وَجُبَّةً فَلَبِسَهُمَا حَتَّى تَخَرَّقَا لَا يَدْرِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَكِيٌّ هُمَا أَمْ لَا وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَأَبُو إِسْحَقَ اسْمُهُ سُلَيْمَانُ وَالْحَسَنُ بْنُ عَيَّاشٍ هُوَ أَخُو أَبِي بَكْرِ بْنِ عَيَّاشٍ

1691. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Zaidah dari Al Hasan bin Ayyasy dari Abu Ishaq -yaitu Asy Syaibani- dari Asy Sya'biy berkata; Al Mughirah bin Syu'bah berkata, "Dihyah Al Kalbi memberi hadiah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sepasang sepatu, lalu beliau mengenakannya." Abu Isa berkata, " Isra'il menyebutkan dari Jabir, dari Amir, '…dan jubah, lalu beliau mengenakannya hingga rusak, beliau tidak tahu apakah keduanya dari kulit binatang yang disembelih atau binatang yang telah mati'. Ini adalah hadits hasan gharib. Abu Ishaq nama aslinya Sulaiman, sementara Al Hasan bin Ayyasy adalah saudara Abu Bakr bin Ayyasy."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٠ -  ما جاء في النهي عن جلود السباع
باب مَا جَاءَ فِي النَّهْيِ عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ:

24. Baju » 1180. Larangan kulit binatang buas

١٦٩٣ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ وَمُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْمَعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ أَنْ تُفْتَرَشَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ أَنَّهُ كَرِهَ جُلُودَ السِّبَاعِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَلَا نَعْلَمُ أَحَدًا قَالَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ أَبِيهِ غَيْرَ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ الرِّشْكِ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ وَهَذَا أَصَحُّ

1693. Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnul Mubarak dan Muhammad bin Bisyr dan Abdullah bin Isma'il bin Abu Khalid dari Sa'id bin Abu Arubah dari Qatadah dari Abul Malih dari Bapaknya ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang berhampar dengan kulit binatang buas." Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Abul Malih dari Bapaknya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang penggunaan kulit binatang buas." Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Qatadah dari Abul Malih Bahwasanya beliau membenci penggunaan kulit binatang buas." Abu Isa berkata, "Kami tidak mengetahui seorang pun yang menyebutkan dari Abu Malih, dari bapaknya selain Sa'id bin Abu Arubah. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Yazid Ar Risyk dari Abul Malih dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Bahwasanya beliau melarang penggunaan kulit binatang buas. Dan ini yang lebih shahih."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨١ -  ما جاء في نعل النبي صلى الله عليه وسلم

باب مَا جَاءَ فِي نَعْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

24. Baju » 1181. Sandal nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam

١٦٩٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ قُلْتُ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ كَيْفَ كَانَ نَعْلُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُمَا قِبَالَانِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1694. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Dawud berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah ia berkata, "Aku bertanya kepada Anas, 'Sandal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam itu seperti apa?" ia menjawab, "Sandalnya mempunyai dua tali." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

١٦٩٥ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ نَعْلَاهُ لَهُمَا قِبَالَانِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ

1695. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur berkata, telah mengabarkan kepada kami Habban bin Hilal berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam berkata, telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas berkata, "Sandal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai dua tali." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih, dan dalam bab yang sama terdapat hadits dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٢ -  ما جاء في كراهية المشي في النعل الواحدة

باب مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ الْمَشْيِ فِي النَّعْلِ الْوَاحِدَةِ:

24. Baju » 1182. Dimakruhkan memakai satu sandal

١٦٩٦ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَمْشِي أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ لِيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا أَوْ لِيُحْفِهِمَا جَمِيعًا قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ جَابِرٍ

1696. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah dari Malik. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Al Anshari berkata, telah menceritakan kepada kami Ma'n berkata, telah menceritakan kepada kami Malik dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah salah seorang dari kalian berjalan dengan satu sandal, namun hendaklah memakai semuanya atau melepas semuanya." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih. Ia berkata, "Dalam bab ini juga ada hadits dari Jabir."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٣ -  ما جاء في كراهية أن ينتعل الرجل وهو قائم

باب مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ:

24. Baju » 1183. Dimakruhkan memakai sandal ketika berdiri

١٦٩٧ - حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ مَرْوَانَ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ نَبْهَانَ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَرَوَى عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو الرَّقِّيُّ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ وَكِلَا الْحَدِيثَيْنِ لَا يَصِحُّ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ وَالْحَارِثُ بْنُ نَبْهَانَ لَيْسَ عِنْدَهُمْ بِالْحَافِظِ وَلَا نَعْرِفُ لِحَدِيثِ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ أَصْلًا

1697. Telah menceritakan kepada kami Azhar bin Marwan Al Bashri berkata, telah menceritakan kepada kami Al Harits bin Nabhan dari Ma'mar dari Ammar bin Abu Ammar dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang seorang memakai sandal sambil berdiri." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya gharib. Ubaidullah bin Amru Ar Raqqi juga meriwayatkan hadits ini dari Ma'mar, dari Qatadah, dari Anas. Tetapi kedua hadits ini menurut ahli hadits tidak shahih. Menurut mereka Al Harits bin Nabhan bukan seorang yang hafidz, dan kami juga tidak mengetahui hadits Qatadah dari Anas mempunyai sumber yang jelas."

١٦٩٨ - حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ السِّمْنَانِيُّ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ الرَّقِّيُّ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو الرَّقِّيُّ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ و قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ وَلَا يَصِحُّ هَذَا الْحَدِيثُ وَلَا حَدِيثُ مَعْمَرٍ عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

1698. Telah menceritakan kepada kami Abu Ja'far As Simnani berkata, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Ubaidullah Ar Raqqi berkata, telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Umar Ar Raqqi dari Ma'mar dari Qatadah dari Anas berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang seseorang memakai sandal sambil berdiri." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya gharib. Muhammad bin Isma'il berkata, "Hadits ini tidak shahih, hadits Ma'mar dari Ammar bin Abu Ammar, dari Abu Hurairah juga tidak shahih."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٤ -  ما جاء من الرخصة في المشي في النعل الواحدة

باب مَا جَاءَ مِنَ الرُّخْصَةِ فِي الْمَشْيِ فِي النَّعْلِ الْوَاحِدَةِ:

24. Baju » 1184. Rukhsah berjalan dengan satu sandal

١٦٩٩ - حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ دِينَارٍ حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ السَّلُولِيُّ كُوفِيٌّ حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ الْبَجَلِيُّ الْكُوفِيُّ عَنْ لَيْثٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ رُبَّمَا مَشَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ

1699. Telah menceritakan kepada kami Al Qasim bin Dinar berkata, telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur As Saluli -berasal dari Kufah- berkata, telah menceritakan kepada kami Huraim bin Sufyan Al Bajali Al Kufi dari Laits dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah ia berkata, "Barangkali Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berjalan dengan satu sandal."

👉Riwayat ini ada laits bin abi sulaim...dia dhaif.
Dan riwayat satu lagi maukuf
58 minit

١٧٠٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا مَشَتْ بِنَعْلٍ وَاحِدَةٍ وَهَذَا أَصَحُّ قَالَ أَبُو عِيسَى هَكَذَا رَوَاهُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ مَوْقُوفًا وَهَذَا أَصَحُّ

1700. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah Bahwasanya ia berjalan dengan satu sandal." Dan ini lebih shahih." Abu Isa berkata, "Seperti inilah Sufyan Ats Tsauri dan selainnya meriwayatkan hadits ini dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim secara mauquf. Dan ini lebih shahih."

👉Aisyah pakai sekejap .
Ini juga perintah  irsyadi..perintah untuk kebaikan kita.atau faedah dunia kita.

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٥ -  ما جاء بأي رجل يبدأ إذا انتعل

باب مَا جَاءَ بِأَيِّ رِجْلٍ يَبْدَأُ إِذَا انْتَعَلَ:

24. Baju » 1185. Kaki mana yang didahulukan ketika bersandal

١٧٠١ - حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ فَلْتَكُنْ الْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1701. Telah menceritakan kepadaku Al Anshari, telah menceritakan kepadaku Ma'n, telah menceritakan kepadaku Malik (dalam riwayat lain). Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah dari Malik dari Abu Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila sala h seorang dari kalian mengenakan sandal, hendaklah ia mendahulukan yang kanan. Dan jika ia ingin melepasnya, maka dahulukanlah yang kiri. Jadikanlah yang sebelah kanan adalah yang pertama saat memakai dan yang kiri pertama saat melepasnya." Abu Isa berkata, "Ini adalah hadits hasan shahih."
🍍🍍
.

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 10
٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٧٩ -  ما جاء في شد الأسنان بالذهب
باب مَا جَاءَ فِي شَدِّ الأَسْنَانِ بِالذَّهَبِ:

24. Baju » 1179. Melapisi gigi dengan emas

١٦٩٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ هَاشِمِ بْنِ الْبَرِيدِ وَأَبُو سَعْدٍ الصَّغَانِيُّ عَنْ أَبِي الْأَشْهَبِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ طَرَفَةَ عَنْ عَرْفَجَةَ بْنِ أَسْعَدَ قَالَ أُصِيبَ أَنْفِي يَوْمَ الْكُلَابِ فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَاتَّخَذْتُ أَنْفًا مِنْ وَرِقٍ فَأَنْتَنَ عَلَيَّ فَأَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَتَّخِذَ أَنْفًا مِنْ ذَهَبٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ بَدْرٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ الْوَاسِطِيُّ عَنْ أَبِي الْأَشْهَبِ نَحْوَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ إِنَّمَا نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ طَرَفَةَ وَقَدْ رَوَى سَلْمُ بْنُ زَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ طَرَفَةَ نَحْوَ حَدِيثِ أَبِي الْأَشْهَبِ وَقَدْ رَوَى غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّهُمْ شَدُّوا أَسْنَانَهُمْ بِالذَّهَبِ وَفِي الْحَدِيثِ حُجَّةٌ لَهُمْ و قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ سَلْمُ بْنُ زَرِينٍ وَهُوَ وَهْمٌ وَزَرِيرٌ أَصَحُّ وَأَبُو سَعْدٍ الصَّغَانِيُّ اسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مُيَسِّرٍ

1692. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Ali bin Hasyim bin Al Barid dan Abu Sa'd Ash Shaghani dari Abul Asy'hab dari

'Abdurrahman bin Tharafah dari Arfajah bin As'ad ia berkata, "Saat terjadi perang Al Kulab pada masa Jahilliyah hidungku terluka, lalu aku mengganti hidungku dari perak, tetapi justru hidungku menjadi busuk.

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan agar aku membuat hidung dari emas."

Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr berkata, telah menceritakan kepada kami Ar Rabi' bin Badr dan Muhammad bin Yazid Al Wasithi dari Abul Asyhab seperti hadits tersebut."

Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan gharib, kami hanya mengetahuinya dari hadits 'Abdurrahman bin Tharafah.

Salm bin Zarir juga meriwayatkan dari 'Abdurrahman bin Tharafah seperti hadits Abul Asyhab.

Banyak di antara ulama' yang telah meriwayatkan bahwa mereka meperkokoh gigi mereka dengan emas.
Mereka berhujah dengan hadits tersebut. 'Abdurrahman bin Mahdi berkata, "nama Salm bin Razin masih meragukan, sementara (Salm bin) Razin lebih shahih. Abu Sa'd Ash Shaghani nama aslinya adalah Muhammad bin Muyassir."

👉Arfajah buat hidung dr emas.
Imam tirmizi berdalil..jika hidung boleh,maka gigi pun boleh.
Peperangan dizaman jahiliyah يَوْمَ الْكُلَاب
Nama telaga الْكُلَاب
Nama perang berdasarkan tempat.
Perintah nabi sebagai amar irsyadi=untuk faedah dunia....tak berdosa kalu tak ikut.
Asal emas perhiasan untuk perempuan ,untuk lelaki ketika darurat begini.
Jadi diqias boleh  tampal gigi dgn emas.
Komen imam tirmizi,Hadis ni byk syawahid.
Imam tirmizi juga kata waham sebab

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٧٨ -  ما جاء في لبس الجبة والخفين
باب مَا جَاءَ فِي لُبْسِ الْجُبَّةِ وَالْخُفَّيْنِ:

24. Baju » 1178. Memakai jubah dan khuff

١٦٩٠ - حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبِسَ جُبَّةً رُومِيَّةً ضَيِّقَةَ الْكُمَّيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1690. Telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Isa berkata, telah menceritakan kepada kami Waki' berkata, telah menceritakan kepada kami Yunus bin Abu Ishaq dari Asy Sya'bi dari

Urwah Ibnul Mughirah bin Syu'bah dari Bapaknya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengenakan jubah dari Rum yang lubang lengannya sempit." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

١٦٩١ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عَيَّاشٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ هُوَ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ الشَّعْبِيِّ قَالَ قَالَ الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ أَهْدَى دِحْيَةُ الْكَلْبِيُّ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُفَّيْنِ فَلَبِسَهُمَا قَالَ أَبُو عِيسَى و قَالَ إِسْرَائِيلُ عَنْ جَابِرٍ عَنْ عَامِرٍ وَجُبَّةً فَلَبِسَهُمَا حَتَّى تَخَرَّقَا لَا يَدْرِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَكِيٌّ هُمَا أَمْ لَا وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَأَبُو إِسْحَقَ اسْمُهُ سُلَيْمَانُ وَالْحَسَنُ بْنُ عَيَّاشٍ هُوَ أَخُو أَبِي بَكْرِ بْنِ عَيَّاشٍ

1691. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Zaidah dari Al Hasan bin Ayyasy dari Abu Ishaq -yaitu Asy Syaibani- dari Asy Sya'biy berkata;

Al Mughirah bin Syu'bah berkata, "Dihyah Al Kalbi memberi hadiah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sepasang sepatu(khuf=stokin kulit), lalu beliau mengenakannya."

Abu Isa berkata, " Isra'il menyebutkan dari Jabir, dari Amir, '…dan jubah, lalu beliau mengenakannya hingga rusak, beliau tidak tahu apakah keduanya dari kulit binatang yang disembelih atau binatang yang telah mati'. Ini adalah hadits hasan gharib.

Abu Ishaq nama aslinya Sulaiman, sementara Al Hasan bin Ayyasy adalah saudara Abu Bakr bin Ayyasy."

👉 Dihyah Al Kalbi sahabat nabi yg comel.
Nabi tak tanya ,sembelih atau tidak ,asalkan suci setelah disamak...bukan syarat kena sembelih.

Pakai sampai lusuh..
Orang dulu ,pudar depa celup.
Manfaat dgn sebaik2.

🔕

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٠ -  ما جاء في النهي عن جلود السباع
باب مَا جَاءَ فِي النَّهْيِ عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ:

24. Baju » 1180. Larangan kulit binatang buas
👉Binatang ternakan boleh.

١٦٩٣ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْب
ٍ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ
وَمُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ
وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْمَعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ
عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ أَنْ تُفْتَرَشَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ
حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ أَبِيهِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ أَنَّهُ كَرِهَ جُلُودَ السِّبَاعِ
قَالَ أَبُو عِيسَى
وَلَا نَعْلَمُ أَحَدًا قَالَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ أَبِيهِ غَيْرَ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ الرِّشْكِ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ نَهَى عَنْ جُلُودِ السِّبَاعِ وَهَذَا أَصَحُّ

1693. Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnul Mubarak dan Muhammad bin Bisyr dan Abdullah bin Isma'il bin Abu Khalid dari Sa'id bin Abu Arubah dari

Qatadah dari Abul Malih dari Bapaknya ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang berhampar dengan kulit binatang buas."

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari

Abul Malih dari Bapaknya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang penggunaan kulit binatang buas."

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Qatadah dari Abul Malih Bahwasanya beliau membenci penggunaan kulit binatang buas."

Abu Isa berkata, "Kami tidak mengetahui seorang pun yang menyebutkan dari Abu Malih, dari bapaknya selain Sa'id bin Abu Arubah. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Yazid Ar Risyk dari Abul Malih dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Bahwasanya beliau melarang penggunaan kulit binatang buas. Dan ini yang lebih shahih."
👉Nabi larang kerana binatang buas dia ada bulu.
Samak tidak memberi kesan kepada bulu...pendapat baihaki.
Kulit binatang buas pakaian ahli surah dan kuyalah(orang sombong)
Minit 27.
Nabi larang:binatang buas untuk kulit ,sumbu,gading ,tulang rimau atau boyo kulit dia.

Sa'id bin Abu Arubah,celaru ingatanya.

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨١ -  ما جاء في نعل النبي صلى الله عليه وسلم

باب مَا جَاءَ فِي نَعْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

24. Baju » 1181. Sandal nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam

١٦٩٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ
حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ
قَالَ قُلْتُ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ كَيْفَ كَانَ نَعْلُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ لَهُمَا قِبَالَانِ قَالَ أَبُو عِيسَى
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1694. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Dawud berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam dari

Qatadah ia berkata, "Aku bertanya kepada Anas, 'Sandal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam itu seperti apa?" ia menjawab,

"Sandalnya mempunyai dua tali."

Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

١٦٩٥ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ
أَخْبَرَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ
حَدَّثَنَا هَمَّامٌ
حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ نَعْلَاهُ لَهُمَا قِبَالَانِ
قَالَ أَبُو عِيسَى
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ

1695. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur berkata, telah mengabarkan kepada kami Habban bin Hilal berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam berkata, telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas berkata, "Sandal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai dua tali."

Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih, dan dalam bab yang sama terdapat hadits dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah."
👉Ada ugama yg tak pakai selipar..orang yahudi.
Selipar untuk jaga kaki...sunnah nabi2 ...
Sesaorang dikira naik kenderaan selama mn dia pakai selipar.
Anas berkata, "Sandal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai dua tali."seperti selipar jepun.
Selipar nabi tiada bulu.lebih menjamin kebersihan.
👉Tak puas hati kata capar nabi!
Kena kira dgn molek..jika tidak...tidak boleh nisbah kepada nabi..
Maulana said falemburi...tak terima...
Tajam depan dan lebar belakang hanya tafsiran.
Tiada penetapan ttt.

👉Ada ulamak hadis(maulana asruf ali  li tanwi-ada kitab nailul syafar fi aalil mustafar,dah tak jumpa-sebab sudah tidak dicetak) kata boleh tabaruk dgn  lakaran selipar tapi telah ditegur dan dia dah tarik balik(dikritik oleh mufti besar qiyafatullah)
Kaedah taburuk...tabaruk asli nabbi..
Capar nabi yg asal sudah hilang...
Lakaran capal nabi..
Anas sebut ada dua tali ,tiada lakaran.
Minit 49
Adakah agama nak begitu..lakaran capal nabi 
Kenapa tak tabaruk dgn lakaran  kaabah?
Jadi ,jika capal lagi tak payah!
Sambil berdoa,gambarkan capal nabi..tidak harus.dan boleh rosak aqidah.
Kaabah hanya arah kiblat.
Pah tulis lagi allah dan muhamad pada capal nabi..,ini penghinaan..
Capal...lakaran ..meniaga...

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٢ -  ما جاء في كراهية المشي في النعل الواحدة

باب مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ الْمَشْيِ فِي النَّعْلِ الْوَاحِدَةِ:

24. Baju » 1182. Dimakruhkan memakai satu sandal

١٦٩٦ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ
ح و
حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ
حَدَّثَنَا مَعْنٌ
حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ لَا يَمْشِي أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ
لِيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا أَوْ لِيُحْفِهِمَا جَمِيعًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ جَابِرٍ

1696. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah dari Malik. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Al Anshari berkata, telah menceritakan kepada kami Ma'n berkata, telah menceritakan kepada kami Malik dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah salah seorang dari kalian berjalan dengan satu sandal, namun hendaklah memakai semuanya atau melepas semuanya." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih. Ia berkata, "Dalam bab ini juga ada hadits dari Jabir."

👉Tujuan pakai untuk lindungi kaki..
Tidak berlaku adil.
Stokin?serupa juga
Pakai atau pecat kedua..suruhan yg merupakan pilihan.
٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٣ -  ما جاء في كراهية أن ينتعل الرجل وهو قائم

باب مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ:

24. Baju » 1183. Dimakruhkan memakai sandal ketika berdiri

١٦٩٧ - حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ مَرْوَانَ الْبَصْرِيُّ
حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ نَبْهَان
َ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ قَالَ أَبُو عِيسَى
هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ
وَرَوَى عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو الرَّقِّيُّ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ
وَكِلَا الْحَدِيثَيْنِ
لَا يَصِحُّ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ وَالْحَارِثُ بْنُ نَبْهَانَ
لَيْسَ عِنْدَهُمْ بِالْحَافِظِ
وَلَا نَعْرِفُ لِحَدِيثِ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ أَصْلًا

1697. Telah menceritakan kepada kami Azhar bin Marwan Al Bashri berkata, telah menceritakan kepada kami Al Harits bin Nabhan dari Ma'mar dari Ammar bin Abu Ammar dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang seorang memakai sandal sambil berdiri." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya gharib. Ubaidullah bin Amru Ar Raqqi juga meriwayatkan hadits ini dari Ma'mar, dari Qatadah, dari Anas. Tetapi kedua hadits ini menurut ahli hadits tidak shahih. Menurut mereka Al Harits bin Nabhan bukan seorang yang hafidz, dan kami juga tidak mengetahui hadits Qatadah dari Anas mempunyai sumber yang jelas."

👉Imam tirmizi kata hadis ni tak sahih.
Kalu sahih pun irsyadi(suruhan pilihan)

١٦٩٨ - حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ السِّمْنَانِيُّ
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ الرَّقِّيُّ
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو الرَّقِّيُّ
عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَهَى أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ
و قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ
وَلَا يَصِحُّ هَذَا الْحَدِيثُ
وَلَا حَدِيثُ مَعْمَرٍ عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

1698. Telah menceritakan kepada kami Abu Ja'far As Simnani berkata, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Ubaidullah Ar Raqqi berkata, telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Umar Ar Raqqi dari Ma'mar dari Qatadah dari Anas berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang seseorang memakai sandal sambil berdiri." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya gharib. Muhammad bin Isma'il berkata, "Hadits ini tidak shahih, hadits Ma'mar dari Ammar bin Abu Ammar, dari Abu Hurairah juga tidak shahih."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٤ -  ما جاء من الرخصة في المشي في النعل الواحدة

باب مَا جَاءَ مِنَ الرُّخْصَةِ فِي الْمَشْيِ فِي النَّعْلِ الْوَاحِدَةِ:

24. Baju » 1184. Rukhsah berjalan dengan satu sandal

١٦٩٩ - حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ دِينَارٍ
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ السَّلُولِيُّ كُوفِيٌّ
حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ الْبَجَلِيُّ الْكُوفِيُّ عَنْ لَيْثٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ رُبَّمَا مَشَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ

1699. Telah menceritakan kepada kami Al Qasim bin Dinar berkata, telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur As Saluli -berasal dari Kufah- berkata, telah menceritakan kepada kami Huraim bin Sufyan Al Bajali Al Kufi dari Laits dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah ia berkata, "Barangkali Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berjalan dengan satu sandal."

١٧٠٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا مَشَتْ بِنَعْلٍ وَاحِدَةٍ وَهَذَا أَصَحُّ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَكَذَا رَوَاهُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ مَوْقُوفًا وَهَذَا أَصَحُّ

1700. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah Bahwasanya ia berjalan dengan satu sandal." Dan ini lebih shahih." Abu Isa berkata, "Seperti inilah Sufyan Ats Tsauri dan selainnya meriwayatkan hadits ini dari 'Abdurrahman Ibnul Qasim secara mauquf. Dan ini lebih shahih."

👉Aisyah pakai sekejap .
Ini juga perintah  irsyadi..perintah untuk kebaikan kita.atau faedah dunia kita.

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٥ -  ما جاء بأي رجل يبدأ إذا انتعل

باب مَا جَاءَ بِأَيِّ رِجْلٍ يَبْدَأُ إِذَا انْتَعَلَ:

24. Baju » 1185. Kaki mana yang didahulukan ketika bersandal

١٧٠١ - حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ
حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح و
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ فَلْتَكُنْ الْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1701. Telah menceritakan kepadaku Al Anshari, telah menceritakan kepadaku Ma'n, telah menceritakan kepadaku Malik (dalam riwayat lain).
Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah dari Malik dari Abu Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila sala h seorang dari kalian mengenakan sandal, hendaklah ia mendahulukan yang kanan. Dan jika ia ingin melepasnya, maka dahulukanlah yang kiri. Jadikanlah yang sebelah kanan adalah yang pertama saat memakai dan yang kiri pertama saat melepasnya." Abu Isa berkata, "Ini adalah hadits hasan shahih."

👉Nabi suka kanan,bersuci atau pakai baju..beradap..
Apakah tidak adil kepada kiri?
Hulur tangan bersalam..
Tidak timbul tak adil

Minit 4

Tiada ulasan:

Catat Ulasan