Rabu, Januari 16, 2019

Sunan abu daud kitab pusaka sesi 09

Sunan abu daud kitab pusaka sesi 09

١٣ -  الفرائض » ١٠٧٧ -  في الرجل يسلم على يدي الرجل
باب في الرَّجُلِ يُسْلِمُ عَلَى يَدَيِ الرَّجُلِ:
13. Waris » 1077. Seseorang masuk Islam karena (melalui) orang lain

٢٥٢٩ - حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ وَهِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ أَبُو دَاوُد وَهُوَ ابْنُ حَمْزَةَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَوْهَبٍ يُحَدِّثُ عُمَرَ بْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ قَبِيصَةَ بْنِ ذُؤَيْبٍ قَالَ هِشَامٌ عَنْ تَمِيمٍ الدَّارِيِّ أَنَّهُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَقَالَ يَزِيدُ إِنَّ تَمِيمًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا السُّنَّةُ فِي الرَّجُلِ يُسْلِمُ عَلَى يَدَيْ الرَّجُلِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ قَالَ هُوَ أَوْلَى النَّاسِ بِمَحْيَاهُ وَمَمَاتِهِ

2529. Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Khalid bin Mauhib Ar Ramli, dan Hisyam bin 'Ammar, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya, Abu Daud berkata; ia adalah Ibnu Hamzah, dari Abdul Aziz bin Umar, ia berkata; saya mendengar Abdullah bin Mauhib menceritakan kepada Umar bin Abdul Aziz, dari Qabishah bin Dzuaib, Hisyam berkata; dari Tamim Ad Dari, bahwa ia berkata;

wahai Rasulullah, -sedangkan Yazid? berkata; sesungguhnya Tamim berkata; wahai Rasulullah, apakah sunnah bagi seorang laki-laki yang masuk Islam di hadapan seorang muslim?

Beliau bersabda: "Ia(orangyg mengislamkan) adalah yang lebih layak untuk membela muslim tersebut dikala hidup dan matinya.".

١٣ -  الفرائض » ١٠٧٨ -  في بيع الولاء
باب في بَيْعِ الْوَلاَءِ:
13. Waris » 1078. Jual beli perwalian
(Bab menjual walad)

٢٥٣٠ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ
2530. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abdullah bin Dinar, dari

Ibnu Umar radliallahu 'anhuma, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang dari menjual perwalian dan menghibahkannya.

Salinan
٢٥٣٠ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ
عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَنْ بَيْعِ الْوَلَاء
ِ وَعَنْ هِبَتِهِ
2530. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abdullah bin Dinar, dari

Ibnu Umar radliallahu 'anhuma, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang dari menjual perwalian dan menghibahkannya.

١٣ -  الفرائض » ١٠٧٩ -  في المولود يستهل ثم يموت
باب في الْمَوْلُودِ يَسْتَهِلُّ ثُمَّ يَمُوتُ:
13. Waris » 1079. Anak yang(baru)dilahirkan menangis(berbunyi) kemudian meninggal.
Bagaimana dia dapat pusaka?

٢٥٣١ - حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْحَقَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قُسَيْطٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا اسْتَهَلَّ الْمَوْلُودُ وُرِّثَ

2531. Telah menceritakan kepada kami Husain bin Muadz, telah menceritakan kepada kami Abdul A'la, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Yazid? bin Abdullah bin Qusaith dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Apabila anak yang lahir (dalam keadaan) menangis, maka ia diwarisi.(diberi pusaka padanya)

Salinan
٢٥٣١ - حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُعَاذٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى
حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ
يَعْنِي ابْنَ إِسْحَقَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قُسَيْطٍ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ إِذَا اسْتَهَلَّ الْمَوْلُودُ وُرِّثَ

2531. Telah menceritakan kepada kami Husain bin Muadz, telah menceritakan kepada kami Abdul A'la, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Yazid? bin Abdullah bin Qusaith dari

Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Apabila anak yang lahir (dalam keadaan) menangis, maka ia diwarisi."
👉Kita dengar dia berbunyi اسْتَهَلَّ
Ia sudah layak atau berhak terima pusaka.

١٣ -  الفرائض » ١٠٨٠ -  نسخ ميراث العقد بميراث الرحم
باب نَسْخِ مِيرَاثِ الْعَقْدِ بِمِيرَاثِ الرَّحِمِ:
13. Waris » 1080. Penghapusan pewarisan karena sebab perjanjian dengan pewarisan karena sebab nasab
Mirah  مِيرَاثِ

٢٥٣٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ ثَابِتٍ حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
{ وَالَّذِينَ عَاقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ فَآتُوهُمْ نَصِيبَهُمْ }
كَانَ الرَّجُلُ يُحَالِفُ الرَّجُلَ لَيْسَ بَيْنَهُمَا نَسَبٌ
فَيَرِثُ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَنَسَخَ ذَلِكَ الْأَنْفَالُ فَقَالَ تَعَالَى
{ وَأُولُو الْأَرْحَامِ بَعْضُهُمْ أَوْلَى بِبَعْضٍ }

2532. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Tsabit, telah menceritakan kepadaku Ali bin Husain, dari ayahnya dari Yazid An Nahwi dari Ikrimah dari

Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, ia berkata; firman Allah: "Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setia(mrnjalin hubungan) dengan mereka, maka berilah kepada mereka bagiannya." Dahulu seorang laki-laki saling bersumpah dengan orang lain yang tidak memiliki nasab dengannya, kemudian yang satu mewarisi yang lainnya. Kemudian hal tersebut dihapuskan oleh Surat Al Anfal:
"Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) "

٢٥٣٣ - حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ
حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ
حَدَّثَنِي إِدْرِيسُ بْنُ يَزِيدَ
حَدَّثَنَا طَلْحَةُ بْنُ مُصَرِّفٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ فِي قَوْلِهِ تَعَالَى
{ وَالَّذِينَ عَاقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ فَآتُوهُمْ نَصِيبَهُمْ }
قَالَ كَانَ الْمُهَاجِرُونَ حِينَ قَدِمُوا الْمَدِينَةَ تُوَرَّثُ الْأَنْصَارَ دُونَ ذَوِي رَحِمِهِ لِلْأُخُوَّةِ الَّتِي آخَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَهُمْ فَلَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ
{ وَلِكُلٍّ جَعَلْنَا مَوَالِيَ مِمَّا تَرَكَ }
قَالَ نَسَخَتْهَا
{ وَالَّذِينَ عَقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ فَآتُوهُمْ نَصِيبَهُمْ }
مِنْ النَّصْرِ وَالنَّصِيحَةِ وَالرِّفَادَةِ وَيُوصِي لَهُ وَقَدْ ذَهَبَ الْمِيرَاثُ

Minit 5
2533. Telah menceritakan kepada kami Harun bin Abdullah, telah menceritakan kepada kami Abu Usamah, telah menceritakan kepadaku Idris bin Yazid?, telah menceritakan kepada kami Thalhah bin Musharrif dari Sa'id bin Jubair, dari
Ibnu Abbas mengenai firman Allah ta'ala: "Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setia dengan mereka, maka berilah kepada mereka bagiannya." Ia berkata;

dahulu orang-orang muhajirin ketika datang ke Madinah, orang-orang anshar diwarisi selain orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengannya karena persaudaraan yang telah Allah perintahkan,(dijalin oleh rasullah) diantara mereka. Kemudian tatkala turun ayat ini:
Minit 16
"Bagi tiap-tiap harta peninggalan dari harta yang ditinggalkan….." ia berkata; ayat tersebut dihapus ayat: "Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setia dengan mereka, maka berilah kepada mereka bagiannya."
Yaitu berupa pertolongan, nasehat, serta bantuan, berwasiat kepadanya dan warisan telah pergi.
👉Ada pun pusaka telah tiada.

٢٥٣٤ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
وَعَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ يَحْيَى الْمَعْنَى
قَالَ أَحْمَدُ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ
عَنْ ابْنِ إِسْحَقَ عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ
قَالَ كُنْتُ أَقْرَأُ عَلَى أُمِّ سَعْدٍ بِنْتِ الرَّبِيعِ
وَكَانَتْ يَتِيمَةً فِي حِجْرِ أَبِي بَكْرٍ فَقَرَأْت
ُ { وَالَّذِينَ عَقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ } فَقَالَتْ لَا تَقْرَأْ
{ وَالَّذِينَ عَقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ }
إِنَّمَا نَزَلَتْ فِي أَبِي بَكْرٍ وَابْنِهِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
حِينَ أَبَى الْإِسْلَامَ فَحَلَفَ أَبُو بَكْر
ٍ أَلَّا يُوَرِّثَهُ فَلَمَّا أَسْلَمَ أَمَرَ اللَّهُ تَعَالَى نَبِيَّهُ عَلَيْهِ السَّلَام
أَنْ يُؤْتِيَهُ نَصِيبَهُ زَادَ عَبْدُ الْعَزِيزِ فَمَا أَسْلَمَ
حَتَّى حُمِلَ عَلَى الْإِسْلَامِ بِالسَّيْفِ
قَالَ أَبُو دَاوُد مَنْ قَالَ عَقَدَتْ جَعَلَهُ حِلْفًا وَمَنْ قَالَ عَاقَدَتْ جَعَلَهُ حَالِفًا قَالَ وَالصَّوَابُ حَدِيثُ طَلْحَةَ عَاقَدَتْ

2534. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal dan Abdul Aziz bin Yahya secara makna, Ahmad berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salamah, dari Ibnu Ishaq dari

Daud bin Al Hushain, ia berkata; dahulu aku membacakan riwayat kepada
Ummu Sa'd binti Ar Rabi' dan ia dahulu adalah seorang yatim di dalam asuhan Abu Bakr,
kemudian aku(perawi Daud bin Husin) membaca: WALLADZIINA 'AQADAT AIMAANUKUM "Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setia dengan mereka……" Kemudian Ummu Sa'd berkata; janganlah engkau membaca; WALLADZIINA 'AQADAT AIMAANUKUM "(ain tak panjang)Dan (jika ada) orang-orang yang kamu telah bersumpah setia dengan mereka.."
Minit 22
sesungguhnya ayat tersebut turun mengenai Abu Bakr dan anaknya yaitu Abdurrahman ketika ia menolak masuk Islam, kemudian Abu Bakr bersumpah bahwa ia tidak akan memberinya warisan. Kemudian tatkala Abdurrahman telah masuk Islam, maka Allah Ta'ala memerintahkan NabiNya shallallahu 'alaihi wasallam agar memberikan kepadanya bagiannya. Abdul Aziz menambahkan; tidaklah ia masuk Islam hingga ia didorong masuk Islam dengan acungan pedang. Abu Daud berkata; barangsiapa yang mengucapkan 'aqadat maka ia menjadikan sebuah sumpah, sedangkan orang yang mengatakan; 'aaqadat maka ia menjadikannya orang yang bersumpah. Ia berkata; dan yang benar adalah hadits Thalhah yaitu: 'aaqadat.
2535. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ali bin Husain, dari ayahnya, dari Yazid? An Nahwi, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas: "Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah…" serta "Dan orang-orang yang beriman dan belum berhijrah…." Dahulu orang badui tidak mewarisi orang muhajir dan ia tidak diwarisi orang muhajir, kemudian ayat tersebut dihapus, Allah berfirman: "Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat)."

٢٥٣٥ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاس
ٍ { وَالَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا }
{ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يُهَاجِرُوا }
فَكَانَ الْأَعْرَابِيُّ لَا يَرِثُ الْمُهَاجِرَ وَلَا يَرِثُهُ الْمُهَاجِرُ فَنَسَخَتْهَا فَقَالَ
{ وَأُولُو الْأَرْحَامِ بَعْضُهُمْ أَوْلَى بِبَعْضٍ }

2535. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ali bin Husain, dari ayahnya, dari Yazid? An Nahwi, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas:
"Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah…" serta "Dan orang-orang yang beriman dan belum berhijrah…." Dahulu orang badui tidak mewarisi orang muhajir dan ia tidak diwarisi orang muhajir, kemudian ayat tersebut dihapus,
Allah berfirman: "Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat)."

Tajuk ini berkenaan orang lain yg boleh juga pusaka.
Dia nak bincang 3 perkara atau 3 bentuk walad(hak untuk mendapat pusaka) dr orang tiada hubungan darah.
1.walad ul ita koh
Sebab merdekakan hamba itu sekiranya hamba sudah tiada orang lain yg darah dagingnya.
Jika Tuan mati pun hamba dapat.
2.Walad ul Islam.
Satu ore Islam  yg menyebabkan Islamnya seorang kafir.
Jika mati,pernah dlm sejarah syariat Islampernah diberi pusaka walaupun sudah mansukh.
3.Walad ul muawalad atau Walad al aqdi.
Sama2 Islam yg ada perjanjian(sumpah setia)
Pernah dlm sejarah Islam ,antara muhajirin dan ansar.kemudian di mansukhkan.tidak 100 %tapi jumhur tiada.
Imam abu daud nak ceritala.
Tujuan abu daud ,nak cerita dalil masing2 dlm bab fikh sebab tu di panggil sunan.
Imam Abu Daud nakmcerita bg orang yg terima walad ul Islam inilah dalilnya.

Nisbah kepada Salman
Nisbahkan kepada  fatimah padahal bukan keturunan.
Menyebabkan orang masuk Islam.
Bg orang kata boleh inilah dalilnya.
Bg orang kata tak boleh ,bgnya dalil ini dhaif.
Bgm dgn umar abdul aziz, dia duduk diatas dari perawi yg dhaif.
Jadi kepada tabiin ,tidak dhaif,cuma selepasnya itu yg dhaif.

Minit 49

٢٥٢٩ - حَدَّثَنَا
يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ 👉
و
2orang tok guru abu daud.
َهِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ 👉
قَالَا
👉Kedua2 orang tok guru ni,dia ambil daripada yahya
حَدَّثَنَا
يَحْيَى👉
قَالَ أَبُو دَاوُد وَهُوَ
ابْنُ حَمْزَةَ 👉
👉Imam abu daud tolong sebut yahya mana?iaitu yahya bin hamzah.
عَنْ
عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ 👉
👉Yahya ini ambil Abdul Aziz bin Umar.
Abdul Aziz bin Umar kata,saya dengar
Abdullah bin Mauhib bercerita kepada Umar bin Abdul Aziz yg dia ambil Qabisah bin Zuaib,
Hisham kata(dia salah seorang dari guru imam abu daud,guru abu daud ada dua.satu ,Yazid bin khalid dan dua ,Hisyam bin Ammar)ada perbezaan sedikit iaitu Hisyam bin Ammar kata,Qabisah bin Zuaib ambil drp Tamim Addari.Tamim Addari ni sahabat Nabi la.
Bahawa dr Tamim Addari,bhw beliau berkata wahai rasullah,ini dipanggil lafaz tahhamul iaitu lafaz yg diterima.
yakni berdasarkan riwayat ,Yazid bin Khalid 

قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَوْهَب
ٍ يُحَدِّثُ عُمَرَ بْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ
عَنْ قَبِيصَةَ بْنِ ذُؤَيْبٍ
قَالَ هِشَامٌ عَنْ تَمِيمٍ الدَّارِيِّ
أَنَّهُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ
وَقَالَ
يَزِيدُ
👈إِنَّ تَمِيمًا
Bukan عن
Kalu riwayat عن,riwayat secara annak annak(riwayat hisyam)
Kalu riwayat إِنَّ (sesungguhnya),riwayat secara (riwayat yazid).
Apa beza?
Maknanya riwayat Hisyam lebih kuat dari riwayat Yazid.
Boleh jadi riwayat mursal (putus)
Tak jelas Qabisah yg riwayat.
Yg tak mahu terima kata muttarid(tak jelas)
Khilaf pada riwayat ini pada beberapa perkata iaitu عنdan إِنَّ

Yg kedua khilaf
Abdullah bin Mauhib bercerita kepada Umar bin Abdul Aziz yg dia ambil dr Qabisah bin  mauhid.
Disini ada khilaf,tirmizi mengatakan setengah ulamak kata Abdullah bin Wahab bukan Abdullah bin Mauhid,kata pengarangbyg betul adalah Abdullah bin Mauhid...
Makna ada khilaf  dikalangan ulamak rijal.

Yg kedua adakah dia Abdullah bin Mauhid meriwayatkan  secara langsung atau tidak,tak jelas .

قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا السُّنَّةُ فِي الرَّجُلِ يُسْلِمُ عَلَى يَدَيْ الرَّجُلِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ قَالَ هُوَ أَوْلَى النَّاسِ بِمَحْيَاهُ وَمَمَاتِهِ

2529. Telah menceritakan kepada kami
Yazid bin Khalid bin Mauhib Ar Ramli, dan
Hisyam bin 'Ammar, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami
Yahya,
Abu Daud berkata; ia adalah
Ibnu Hamzah, dari
Abdul Aziz bin Umar, ia berkata; saya mendengar
Abdullah bin Mauhib menceritakan kepada
Umar bin Abdul Aziz, dari
Qabishah bin Dzuaib,
Hisyam berkata; dari
Tamim Ad Dari, bahwa ia berkata;

wahai Rasulullah, -sedangkan
Yazid? berkata; sesungguhnya
Tamim berkata; wahai Rasulullah, apakah sunnah bagi seorang laki-laki yang masuk Islam di hadapan seorang muslim?

Beliau bersabda: "Ia(orangyg mengislamkan) adalah yang lebih layak untuk membela muslim tersebut dikala hidup dan matinya.".

3.ittirob keadaan tak tetap.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan