Halaman

Selasa, Januari 05, 2021

Sahih bukhari kitab solat sesi 006

Sahih bukhari kitab solat sesi 006


٨ -  الصلاة » ٢٤٢ -  الصلاة في الجبة الشامية
8. Shalat » 242. Shalat dengan menggunakan jubah buatan negeri Syam(bukan Syria sahaja)
Syam dulu adalah Lubnan Israel Palestin Syria Jordan.

باب الصَّلاَةِ فِي الْجُبَّةِ الشَّأْمِيَّةِ: 
وَقَالَ الْحَسَنُ فِي الثِّيَابِ يَنْسُجُهَا الْمَجُوسِيُّ لَمْ يَرَ بِهَا بَأْسًا. 
وَقَالَ مَعْمَرٌ رَأَيْتُ الزُّهْرِيَّ يَلْبَسُ مِنْ ثِيَابِ الْيَمَنِ مَا صُبِغَ بِالْبَوْلِ. 
وَصَلَّى عَلِيٌّ فِي ثَوْبٍ غَيْرِ مَقْصُورٍ. 
Bab bersembahyang dengan memakai jubah Syam.
Tidak mengapa memakai kain  yang ditenun oleh orang2 Majusi.⁸⁰⁰
Ma'mar  menceritakan "Saya pernah melihat Az-Zuhri memakai kain Yaman yang dicelup air kencing.⁸⁰¹
Ali qbin Abi Talib bersembahyang dengan memakai kain yang belum dibasuh⁸⁰².⁸⁰³

⁸⁰¹ Atsar Zuhri ini diwasalkan  oleh Abdur Razzaaq di dalam Mushannafnya. Ada ulama  mengatakan kain  yang dipakai  Zuhri  itu telah dibasuh  terlebih dahulu untuk dihilangkan air kencing sebelum  beliau menggunakanya.
Ada juga ulamak mengatakan ,air kencing yang digunakan sebagai salah satu bahan pencelup itu ialah air kencing binatang yang halal dimakan  dagingnya. Sebahagian ulama seperti Imam Malik , Imam Bukhari  ra, Zuhri  dan lain-lain berpendapat air kencing  binayang yang halal dimakan  tidak najis . Nukilan ini bermaksud menyatakan  bahan najis yang digunakan  dalam proses pembuatan  sesuatu pakaian  tidak menghalang  daripada  pakaian itu  diguna pakai jika diakhir prosesnya  atau kemudiannyq najis itu dihilangkan.


⁸⁰² Atsar AIi ini diwashalkan Oleh lbnu Sa'ad di dalam Thabaqaatnya dan 'Abdullah bin Ahmad di dalam Kitab  llalnya. Maksud Bukhari menukilkan atsar 'Ali ini ialah untuk menjelaskan bahawa  Ali tidak mengusul periksa terlebih dahulu kain yang belum dibasuh itu adakah ia diperbuat daripada bahan najis atau tidak. Apa yang penting baginya ialah kain itu kelihatan bersih. Beliau juga tidak bertanya terlebih dahulu sama ada ia dibuat oleh orang Islam atau orang kafir, di negeri Islam atau di negeri kafir.


⁸⁰³Imam Bukhari mengadakan bab ini untuk beberapa tujuan. 
Pertama: Menyatakan keharusan memakai pakaian yang dibuat Oleh orang-orang kafir, asalkan ia suci. 
Kedua: Menyatakan bahawa kain yang datang dari negeri kafir boleh dipakai walaupun semasa bersembahyang selagi tidak dipastikan kenajisannya.
Ketiga: Menyatakan kain yang dibuat oleh orang-orang kafir atau dibuat di negeri kafir boleh dipakai terus walaupun sebelum dibasuh, selagi tidak kelihatan najis padanya atau tidak diberitahu oleh saksi yang boleh dipercayai bahawa kain itu dibuat menggunakan bahan najis.
Keempat: Menyatakan kedudukan kain yang dibuat oleh orang kafir sama jenis bagi orang Islam. Tidak ada beza di antara kain yang dibuat oleh orang Majusi, Kristian, Yahudi, Hindu, Budha dan Iain-lain, Kain yang dibuat mereka boleh dipakai Oleh orang Islam asalkan ia bersih. 
Kelima: Menyatakan kain yang dibuat sama ada oleh orang Islam atau orang kafir dengan menggunakan bahan-bahan najis akan menjadi bersih setelah dibasuh. 
Keenam: Menyatakan kain atau pakaian mengikut fesyen dan potongan yang lumrah di kalangan orang kafir tenentu seperti kot, pantelon dan sebagainya boleh dipakai untuk bersembahyang asalkan ia menutup 'aurat.


٣٥٠ - حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مُسْلِمٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ مُغِيرَةَ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَقَالَ يَا مُغِيرَةُ خُذْ الْإِدَاوَةَ فَأَخَذْتُهَا فَانْطَلَقَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى تَوَارَى عَنِّي فَقَضَى حَاجَتَهُ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ شَأْمِيَّةٌ فَذَهَبَ لِيُخْرِجَ يَدَهُ مِنْ كُمِّهَا فَضَاقَتْ فَأَخْرَجَ يَدَهُ مِنْ أَسْفَلِهَا فَصَبَبْتُ عَلَيْهِ فَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ ثُمَّ صَلَّى

350. Telah menceritakan kepada kami Yahya berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Muslim dari Masruq dari Mughirah bin Syu'bah berkata, "Aku pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam suatu perjalanan, beliau bersabda: "Wahai Mughirah, ambilkan segayung air." Aku lalu mencarikan air untuk beliau, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pergi manjuah hingga tidak terlihat olehku untuk buang hajat. Saat itu beliau mengenakan jubah lebar, beliau berusaha mengeluarkan tangannya lewat lubang lengan namun terlalu sempit. Lalu beliau mengeluarkan tangannya lewat bawah jubahnya, lantas aku sodorkan segayung air kemudian beliau berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat dengan mengusap kedua sepatunya lalu shalat."


٨ -  الصلاة » ٢٤٣ -  كراهية التعري في الصلاة وغيرها
8. Shalat » 243. Tidak disukainya badan terbuka (selain penutup aurat/bertelanjang)  ketika shalat dan juga di luar shalat

باب كَرَاهِيَةِ التَّعَرِّي فِي الصَّلاَةِ وَغَيْرِهَا: 
٣٥١ - حَدَّثَنَا مَطَرُ بْنُ الْفَضْلِ قَالَ حَدَّثَنَا رَوْحٌ قَالَ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ بْنُ إِسْحَاقَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَنْقُلُ مَعَهُمْ الْحِجَارَةَ لِلْكَعْبَةِ وَعَلَيْهِ إِزَارُهُ فَقَالَ لَهُ الْعَبَّاسُ عَمُّهُ يَا ابْنَ أَخِي لَوْ حَلَلْتَ إِزَارَكَ فَجَعَلْتَ عَلَى مَنْكِبَيْكَ دُونَ الْحِجَارَةِ قَالَ فَحَلَّهُ فَجَعَلَهُ عَلَى مَنْكِبَيْهِ فَسَقَطَ مَغْشِيًّا عَلَيْهِ فَمَا رُئِيَ بَعْدَ ذَلِكَ عُرْيَانًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

351. Telah menceritakan kepada kami Mathar bin Al Fadlal berkata, telah menceritakan kepada kami Rauh berkata, telah menceritakan kepada kami Zakaria bin Ishaq telah menceritakan kepada kami 'Amru bin Dinar berkata, aku mendengar Jabir bin 'Abdullah menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersama orang-orang Quraisy memindahkan batu Ka'bah sementara saat itu beliau mengenakan kain lebar." Pamannya, Al 'Abbas, lalu berkata kepadanya, "Wahai anak saudaraku, seandainya kainmu engkau letakkan pada pundakmu tentu batu akan lebih ringan. Maka beliau lepas dan dipakaikannya di pundaknya, tiba-tiba beliau terjatuh dan pingsan. Setelah peristiwa itu tidak pernah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terlihat telanjang."


Minit 4

٨ -  الصلاة » ٢٤٤ -  الصلاة في القميص والسراويل والتبان والقباء

8. Shalat » 244. Shalat dengan menggunakan kemeja, celana panang, celana dalam, dan selendang.

باب الصَّلاَةِ فِي الْقَمِيصِ وَالسَّرَاوِيلِ وَالتُّبَّانِ وَالْقَبَاءِ: 

٣٥٢ - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَامَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ الصَّلَاةِ فِي الثَّوْبِ الْوَاحِدِ فَقَالَ أَوَكُلُّكُمْ يَجِدُ ثَوْبَيْنِ ثُمَّ سَأَلَ رَجُلٌ عُمَرَ فَقَالَ إِذَا وَسَّعَ اللَّهُ فَأَوْسِعُوا جَمَعَ رَجُلٌ عَلَيْهِ ثِيَابَهُ صَلَّى رَجُلٌ فِي إِزَارٍ وَرِدَاءٍ فِي إِزَارٍ وَقَمِيصٍ فِي إِزَارٍ وَقَبَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ وَرِدَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ وَقَمِيصٍ فِي سَرَاوِيلَ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ وَقَمِيصٍ قَالَ وَأَحْسِبُهُ قَالَ فِي تُبَّانٍ وَرِدَاءٍ

352. Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Muhammad dari Abu Hurairah berkata, "Seorang laki-laki datang dan bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang shalat dengan menggunakan satu lembar baju. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Apakah setiap kalian memiliki dua helai baju?" Kemudian ada seseorang bertanya kepada 'Umar, lalu ia menjawab, "Jika Allah memberi kelapangan (kemudahan), maka pergunakanlah." Bila seseorang memiliki banyak pakaian, maka dia shalat dengan pakaiannya itu. Ada yang shalat dengan memakai kain dan rida (selendang besar), ada yang memakai kain dan gamis (baju panjang sampai kaki), ada yang memakai kain dan baju, ada yang memakai celana panjang dan rida', ada yang memakai celana panjang dan gamis, ada yang memakai celana panjang dan baju, ada yang memakai celana pendek dan rida', ada yang memakai celana pendek dan gamis." Abu Hurairah berkata, "Menurutku 'Umar mengatakan, "Dan ada yang memakai celana pendek dan rida'."

Tiada ulasan:

Catat Ulasan