Sunan Abu daud kitab solat sesi 169s
١٣٠٠ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ الثَّقَفِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ الْأَسَدِيِّ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ كُنْتُ رَجُلًا إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ مِنْهُ بِمَا شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِي وَإِذَا حَدَّثَنِي أَحَدٌ مِنْ أَصْحَابِهِ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ قَالَ وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ { وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ } إِلَى آخِرِ الْآيَةِ
1300. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad telah menceritakan kepada Kami Abu 'Awanah dari Utsman bin Al Mughirah Ats Tsaqafi dari Ali bin Rabi'ah Al Asadi
dari Asma` bin Al Hakam Al Fazari,
-dari segi matan hujung hadits ada banyak lagi didalam hadits2 lain dan adalah sahih tetapi permulaan (matan)hadits ini ada masalah.
-selain dari itu perawi yang bermasalah ada juga .
-Ali bin Rabi'ah Al Asadi, siapakah dia ini?
Al bajadi sama ke dengan Al asadi?
Bukhari kata tak sama.
Ada yang kata tak sama.
-Asma` bin Al Hakam Al Fazari,ini lelaki.
Sebelum ini jumpa nama Juwairiyah ,nama lelaki juga.
-Imam Bukhari kata Asma ini hanya meriwayatkan hadits ini sahaja .
ia berkata; aku mendengar Ali radliallahu 'anhu berkata; aku adalah seorang laki-laki yang apabila mendengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sebuah hadits maka Allah memberiku manfaat dari haditsnya(sebanyak yang dikehendakiNya) sesuai dengan kehendakNya. Dan apabila ada seseorang diantara para sahabatnya menceritakan kepadaku maka aku memintanya agar bersumpah,
- Ali ada banyak juga meriwayatkan dari orang lain tetapi tiada pun Ali meminta untuk bersumpah.
-jarang2 ada yang minta bersumpah tetapi ia adalah Umar.
-jadi bahagian meminta bersumpah itu adalah mungkar.
apabila ia bersumpah maka aku membenarkannya. Ali berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Bakr dan Abu Bakr radliallahu 'anhu telah benar
-sahabat lain tidak benarkah?
-ramai lagi sahabat2 besar.
-bagaimana dengan kaedah semua sahabat2 adalah benar
-riwayat yang bermasalah akan ada perkara yang meraguikan
bahwa ia berkata; aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang hamba(orang Islam) melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik (mengelukan wuduknya),
-ihsan wuduk=ambil wuduk dengan penuh kesedaran bahawa ambil wuduk sudah proses taubat yaitu basuh anggota2 sesaorang itu kepada neraka yaitu 7 anggota.basuh yang anggota itu.itulahlah makna mengelukannya.
Satu lagi makna mengelukan wuduk kita jaga dari segi zahir kita jaga apa2 yang khilaf, contoh apa yang Imam Malik atau yang sependapat dengannya kata wuduk kena gosok, maka kita gosoklah.Jangan tak gosok. Walaupun masih sah mengikut orang lain siram sahaja sudah cukup,sebab bila gosok lebih memenuhi makna bersungguh-sungguh kalu kita gosok lebih bersih. Dan jika basuh sekali telah memadai jika satu kali tetapi mengelukan atau ihsan wuduk dengan basuh 3 kali seperti Nabi saw buat.kemudian berdoa pula( Allah hum ma ja al ni minal muta to hi rin waj al ni min ibadika solihin) atau apa lagi yang patut sebab sungguh2 kita nak bertaubat.
Minit 18
-3kali isyarat 3 rukun taubat
1.berhenti
2.menyesal
3.berazam tidak akan buat lagi
-ihsanutuhur sentiasa hadir dalam ingatan kita.
kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka'at
-dari sinilah ulamak buat kesimpulan solat sunat taubat.
kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya." Kemudian beliau membaca ayat ini: "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri (melakukan dosa hingga akhir ayat), mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui(dalam keadaan sedar)."
-ini cara perlu dilakuan bila melakukan dosa untuk minta ampun,
mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu.kemudian solat 2 rakaat dan selepas itu istighafar.
١٣٠١ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ قَالَ سَمِعْتُ عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيُّ عَنْ الصُّنَابِحِيِّ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ يَا مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ وَأَوْصَى بِذَلِكَ مُعَاذٌ الصُّنَابِحِيَّ وَأَوْصَى بِهِ الصُّنَابِحِيُّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ
1301. Telah menceritakan kepada Kami 'Ubaidullah bin Umar bin Maisarah telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Yazid Al Muqri`, telah menceritakan kepada Kami Haiwah bin Syuraih, ia berkata; aku mendengar 'Uqbah bin Muslim berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Abdurrahman Al Hubuli dari Ash Shunabihi
dari Mu'adz bin Jabal bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menggandeng tangannya
dan berkata: "Wahai Mu'adz, demi Allah, aku mencintaimu." Kemudian beliau berkata: "Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan, "ALLAAHUMMA A'INNII 'ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBAADATIK" (Ya Allah, bantulah(tolonglah) aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah kepadaMu dengan baik.) Mu'adz mewasiatkan dengan hal tersebut kepada Ash Shunabihi dan Ash Shunabihi mewasiatkan(berpesan) hal tersebut kepada Abdurrahman.
-tajuk istighafar tapi boleh masuk dalam bentuk doa atau zikir.
-jika ikut semata2 ,ada ke orang kita ikut tu baca atau tidak?
-adakala nabi ulang ada juga sekali sahaja.
-ingat Allah tiada pencen.
-ingat kepada Tuhan bukan mudah.
-kena ingat sehingga sampai mati.
-sakit lagi semakin kena ingat
-dirikan solat untuk mengingati Daku(tuhan)
-nak bersyukur pun payah.
Syukur= menggunakan sesuatu nikmat yang Allah bagi sesuai dengan kehendak Allah dan keredaanNya.
Kata, buat dan ingat.
Mulut=guna mulut sesuai dengan keredaan Allah.
-untuk makan, minum, yang halal dan baik, bukan semata2 ucap alhamdulillah tetapi ambil rasuah contoh.
Fikiran=fikir yang apa Allah reda.
-kafur=sangat ingkar pada nikmat Allah pada setiap sudut.
Orang kafir contoh orang tidak syukur.
Minta Allah Jangan serah pada diri kita sendiri kepada diri kita,biar Allah yang kawal.
Nak ibadat sempurna juga bukan senang.bukan ibadat haji semat-mata. Ibadat yang sempurna kena minta tolong dengan Allah.
-Tidak wajib tetapi molek
-Shunabihi, ini tabiin besar (dia hanya sempat jumpa sahabat dimana ketika itu nabi baru wafat 5 hari sebelum sempat dia jumpa nabi) jadi dia bukan sahabat
- duduk di Syam.
- ini salah satu hadits musalsal.
- ini musalsal dengan lafaz.
- tiada jaminan hadits musalsal sahih.
- begitu juga hadits qudsi,tidak secara mutlaq kerana ia juga bergantung kepada sanad.mungkin sahih atau mungkin tidak.
Hadits 1301
اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah kepadaMu dengan baik.
١٣٠٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ حُنَيْنَ بْنَ أَبِي حَكِيمٍ حَدَّثَهُ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ اللَّخْمِيِّ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ
1302. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Salamah Al Muradi, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Wahb dari Al Laits bin Sa'd bahwa Hunain bin Abu Hakim telah menceritakan kepadanya dari Ali bin Rabah Al Lakhmi dari 'Uqbah bin 'Amir, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah memerintahkan Kami untuk membaca surat-surat mu'awwidzât (surat yang berisi permintaan perlindungan kepada Allah, seperti Al Falaq, dan An Nâs) setiap selesai shalat.
-dari sini lah ulamak kata eluk baca surah ini selepas solat.
- ini lafaz jamak.kenapa?
-ada juga kata ini termasuk surah ikhlas dan alkafirun.
-ini bukan bererti mesti atau wajib tetapi eluk dan sesuai jika ada sebab.
- yang penting kita tahu ini sunnah.
-nabi kadang2 terus ceramah selepas solat pun ada.
-dan bukan hanya boleh baca selepas solat sahaja.
١٣٠٣ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ سُوَيْدٍ السَّدُوسِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعْجِبُهُ أَنْ يَدْعُوَ ثَلَاثًا وَيَسْتَغْفِرَ ثَلَاثًا
1303. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Ali bin Suwaid As Sadusi, telah menceritakan kepada Kami Abu Daud dari Israil dari Abu Ishaq dari 'Amru bin Maimun
dari Abdullah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam senang berdoa tiga kali dan beristighfar tiga kali.
-bukan mesti 3 kali.sekali pun boleh.
-bergantung pada keadaan kita.
-istighafar boleh lebih tetapi selepas solat nabi buat 3 kali.
١٣٠٤ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ عَنْ هِلَالٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ ابْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ قَالَتْ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُعَلِّمُكِ كَلِمَاتٍ تَقُولِينَهُنَّ عِنْدَ الْكَرْبِ أَوْ فِي الْكَرْبِ أَللَّهُ أَللَّهُ رَبِّي لَا أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا هِلَالٌ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ وَابْنُ جَعْفَرٍ هُوَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ
1304. Telah menceritakan Musaddad, telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Daud dari Abdul Aziz bin Umar dari Hilal
-maula Umar bin Abdul Aziz.
dari Umar bin Abdul Aziz dari Ibnu Ja'far
dari Asma` binti 'Umais,
-suami2 dia:
1.Jaafar
2.Abu Bakar.
3.Ali bin Abi Talib
-memandikan jenazah Fatimah.
-dia yang mula2 mengesyorkan penggunaaan keranda.
-nabi saw terima cadangannya.
ia berkata; Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam berkata kepadaku: "Maukah aku ajarkan kamu kalimat-kalimat yang dapat kamu baca ketika dalam keadaan susah yaitu "ALLAAHU, ALLAAHU RABBII, LAA USYRIKU BIHI SYAIAN" (Allah, Allah adalah tuhanku, aku tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun). Abu Daud berkata; Hilal yang ini adalah mantan (maula)budak Umar bin Abdul aziz sedangkan Ibnu Ja'far adalah Abdullah bin Ja'far.
-hadits ini dhaif tapi boleh dipakai dan tidak kuat dari segi ingatannya.
-hadits sahih ,ingatan perawinya kuat ingatan.
-bukan semua hadits dhaif tidak boleh dipakai.
-hadits dhaif lebih kuat dari rokyi
-kalu dhaif jiddan baru tak boleh.
- ini hanya sebab perawi.
- hadits yang ada pada kita nak sampai ke nabi perlu ada orang lain.orang lain tu la kena dipastikan dulu tidak dhaif...jangan ingat dia yang bawa hadits jurus maka hadits terus sahih seperti nak kata pasti bawa kereta eluk sebab dia orang jurus tidak boleh sebab jurus perkara lain dan bawa kereta perkara lain..begitulah orang yang bawa hadits nabi saw.
Hadits 1304
أَللَّهُ أَللَّهُ رَبِّي لَا أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا
Allah, Allah adalah tuhanku, aku tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun
١٣٠٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ ثَابِتٍ وَعَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ وَسَعِيدٍ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ أَنَّ أَبَا مُوسَى الْأَشْعَرِيَّ قَالَ كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَلَمَّا دَنَوْا مِنْ الْمَدِينَةِ كَبَّرَ النَّاسُ وَرَفَعُوا أَصْوَاتَهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ لَا تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلَا غَائِبًا إِنَّ الَّذِي تَدْعُونَهُ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ أَعْنَاقِ رِكَابِكُمْ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَبَا مُوسَى أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ فَقُلْتُ وَمَا هُوَ قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ أَنَّهُمْ كَانُوا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُمْ يَتَصَعَّدُونَ فِي ثَنِيَّةٍ فَجَعَلَ رَجُلٌ كُلَّمَا عَلَا الثَّنِيَّةَ نَادَى لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ فَقَالَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّكُمْ لَا تُنَادُونَ أَصَمَّ وَلَا غَائِبًا ثُمَّ قَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ حَدَّثَنَا أَبُو صَالِحٍ مَحْبُوبُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا أَبُو إِسْحَقَ الْفَزَارِيُّ عَنْ عَاصِمٍ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ أَبِي مُوسَى بِهَذَا الْحَدِيثِ وَقَالَ فِيهِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ
1305. Telah menceritakan kepada Kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada Kami Hammad dari Tsabit dan Ali bin Zaid serta Sa'id Al Jurairi
dari Abu Utsman An Nahdi bahwa
Abu Musa Asy'ari berkata; aku pernah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam suatu perjalanan, kemudian tatkala mereka mendekati Madinah orang-orang bertakbir, dan mengeraskan (meninggikan) suara mereka. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai para manusia,
- kenapa tidak sebut wahai sahabat2 ku?
-kerana dia diutus untuk semua umat manusia.
sesungguhnya kalian tidak berdoa kepada Dzat Yang tuli, dan tidak pula Yang tidak hadir(yang jauh). Sesungguhnya Dzat kalian seru ada diantara kalian dan leher hewan kendaraan kalian." Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Abu Musa, maukah aku tunjukkan kepada harta terpendam (gedung yakni simpanan kita) diantara harta-harta terpendam Surga?" Maka aku katakan; apakah itu? Beliau berkata: "LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH" (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Allah). Telah menceritakan kepada Kami Musaddad, telah menceritakan kepada Kami Yazid bin Zurai' telah menceritakan kepada Kami Sulaiman At Taimi dari Abu Utsman
dari Abu Musa Asy'ari bahwa mereka pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sementara mereka menaiki Tsaniyah(kawasan tinggi), kemudian seseorang setiap kali menaiki Tsaniyah(kawasan tinggi) berseru: LAA ILAAHA ILLALLAAHU, WALLAAHU AKBAR. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya kalian tidak berseru kepada Dzat yang Tuli(bisu), dan tidak pula Yang tidak hadir(yang tiada)." Kemudian beliau berkata: "Wahai Abdullah bin Qais!....." kemudian Sulaiman menyebutkan hadits tersebut secara makna.
Telah menceritakan kepada Kami Abu Shalih Mahbub bin Musa, telah mengabarkan kepada Kami Abu Ishaq Al Fazari dari 'Ashim dari Abu Utsman dari Abu Musa dengan hadits ini. Dan dalam hadits tersebut ia berkata; kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai para manusia, (kasihan ni diri kamu) pelankan suara dalam hati kalian!"
-hadits ini menunjukan bertempik deras tak boleh untuk berzikir.
-Bunyi cukup sekadar hanya orang yang dekat dapat dengar. Tuhan dekat bererti dekat dari segi ilmu.Semakin dekat semakin tahu. Tuhan dapat lihat sehingga kedalam hati manusia.
-baca perlahan lebih baik.
1:17 minit
-Riwayat yang ke 3 ini perawi yang pertama iaitu Abu Shalih.
Telah menceritakan kepada Kami Abu Shalih
-perawi yang tidak kuat sanadnya tetapi hadits ini sahih
-dalam bukhari dan muslim hadits ini ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ ada.
Matan nya sahih,kita perlu berhati bukan apa yang dhaif.
Mahbub bin Musa, telah mengabarkan kepada Kami Abu Ishaq Al Fazari dari 'Ashim dari Abu Utsman dari Abu Musa dengan hadits ini. Dan dalam hadits tersebut ia berkata; kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai para manusia, (kasihan ni diri kamu) pelankan suara dalam hati kalian!"
Hadits 1305( لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ yang di panggil haukolah)
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
Tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Allah
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ
١٣٠٦ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ الْإِسْكَنْدَرَانِيُّ حَدَّثَنِي أَبُو هَانِئٍ الْخَوْلَانِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا عَلِيٍّ الْجَنْبِيَّ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ
1306. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Rafi', telah menceritakan kepada Kami Abu Al Husain Zaid bin Al Hubab, telah menceritakan kepada Kami Abdurrahman bin Syuraih Al Iskandarani, telah menceritakan kepadaku
Abu Hani` Al Khaulani bahwa ia mendengar Abu Ali Al Hanbi bahwa ia mendengar Abu Sa'id Alkhudri radliallahu 'anhu mengatakan bahwa Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang mengatakan;
-mengatakan iaitu مَنْ قَالَ ada banyak makna , ada yang bererti percaya, kalau kata lagi jelas
RADHIITU BILLAAHI RABBAN WA BIL-ISLAAMI DIINAN WA BIMUHAMMADIN RASUULAN (Aku ridha Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku dan Muhammad sebagai rasul), maka wajib(pastilah) baginya untuk masuk Surga. (nescaya dia mendapat syurga)
-bukan hanya kata2 dimulut semata2.
-maksud pasti masuk syurga:
Minit 1:23
-jika lambatpun boleh masuk juga sebab serupa dengan kita mengucap 2 kalimah syahadah.
Hadits 1306
رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا
Aku berpuashati Allah sebagai tuhan ku,Islam sebagai agamaku dan Muhamad sebagai rasul
(Aku ridha Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku dan Muhammad sebagai rasul)
١٣٠٧ - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْعَتَكِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
1307. Telah menceritakan kepada Kami Sulaiman bin Daud Al 'Ataki, telah menceritakan kepada Kami Ismail bin Ja'far dari Al 'Ala` bin Abdurrahman dari ayahnya
dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali."
-setinggi mana pun manusia masih perlu kepada rahmat Allah
-juga bukti nabi saw bukan tuhan.
-tanda kita menghargai jasa dan pengorbanan
-selawat bermakna beri rahmat kepadanya.
-contoh orang yang diberi rahmat seperti boleh senyum, boleh berjaya tanpa ibubapa, pitih hanya yang zahir.
-selawat macam mana?
Ngaji hadits sebut nama terus selawat.
Baca dan belajar hadits pun selawat juga walau secara tidak langsung.
-jika setaro banyak jasa nabi masih tak terasa untuk didoakan,orang lain apalah lagi.
١٣٠٨ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْجُعْفِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالَ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ قَالَ يَقُولُونَ بَلِيتَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِمْ
1308. Telah menceritakan kepada Kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada Kami Al Husain bin Ali Al Ju'fi dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani
dari Aus bin Aus, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Hari Jum'at adalah diantara hari-hari kalian(kamu) yang terbaik, maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu, karena sesungguhnya shalawat kalian disampaikan(dikemukakan) kepadaku." Para sahabat bertanya; wahai Rasulullah, bagaimana shalawat Kami disampaikan kepadamu, sementara anda telah meninggal? Beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah tabaraka wa ta'ala telah mengharamkan (kepada tubuh nabi2) jasad para nabi shallAllahu 'alaihim wa sallam atas tanah."
-bulan puasa, malam hari lebih dari siang harinya.
-hari jumaat, ada waktu yang Allah makbulkan doa.
-malam pula ⅓ akhir malam.
- ini dalil hari jumaat ada kelebihan.
-tetapi untuk mati , hari Isnin paling baik sebab nabi saw mati hari Isnin. Hadits mati hari jumaat lebih baik tidak sahih walaupun ada dalam tirmizi.
-hadits untuk hadits yang dipertikaikan oleh ulamak hadits termasuk Imam Bukhari kata matlul yakni berpenyakit.
-perawinya bermasalah ,ini masalah aqidah tidak boleh hadits ini.
1308. Telah menceritakan kepada Kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada Kami Al Husain bin Ali Al Ju'fi dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani dari Aus bin Aus,
- sebelum ini dah pernah jumpa dalam tajuk jumaah
Tiada ulasan:
Catat Ulasan