Halaman

Sabtu, Januari 07, 2023

Sunan Abu Daud Kitab Jihad sesi 020m

Sunan Abu Daud Kitab Jihad sesi 020m

Sunan Abu Daud Kitab Jihad sesi 020t

881. Larangan memotong rambut dan telinga kuda
(43)باب في كَرَاهَةِ جَزِّ نَوَاصِي الْخَيْلِ وَأَذْنَابِهَا
Bab larang memotong bulu didahi kuda dan ekornya

882. Warna kuda yang disukai
(44)باب فِيمَا يُسْتَحَبُّ مِنْ أَلْوَانِ الْخَيْلِ
Bab warna kuda dianggap eluk.

883. Apakah kuda betina disebut faras (kuda perang)
(45)باب هَلْ تُسَمَّى الأُنْثَى مِنَ الْخَيْلِ فَرَسًا
Bab adakah kuda betina boleh dinamakan faras.

884. Kuda yang dibenci
(46)باب مَا يُكْرَهُ مِنَ الْخَيْلِ
Bab kuda yg di anggap tidak eluk atau tidak disukai.



٩ -  الجهاد » ٨٨١ -  في كراهية جز نواصي الخيل وأذنابها
9. Jihad » 881. Larangan memotong rambut dan telinga kuda
(43)باب في كَرَاهَةِ جَزِّ نَوَاصِي الْخَيْلِ وَأَذْنَابِهَا
Bab larang memotong bulu didahi kuda dan ekornya

٢١٨٠ - حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ عَنْ الْهَيْثَمِ بْنِ حُمَيْدٍ ح و حَدَّثَنَا خُشَيْشُ بْنُ أَصْرَمَ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ جَمِيعًا عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ نَصْرٍ الْكِنَانِيِّ عَنْ رَجُلٍ وَقَالَ أَبُو تَوْبَةَ عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ شَيْخٍ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ عَنْ عُتْبَةَ بْنِ عَبْدٍ السُّلَمِيِّ وَهَذَا لَفْظُهُ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَقُصُّوا نَوَاصِي الْخَيْلِ وَلَا مَعَارِفَهَا وَلَا أَذْنَابَهَا فَإِنَّ أَذْنَابَهَا مَذَابُّهَا وَمَعَارِفَهَا دِفَاؤُهَا وَنَوَاصِيَهَا مَعْقُودٌ فِيهَا الْخَيْرُ
2180. S1..Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah dari Al Haitsam bin Humaid, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: 
S2..Telah menceritakan kepada kami Husyaisy bin Ashram, telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim, 
seluruhnya berasal dari
Tsaur bin Yazid dari 
Nashir Al Kinani, dari seorang laki-laki, Abu Taubah berkata; dari Tsaur bin Yazid, dari seorang syekh dari Bani Sulaim, dari 'Utbah bin Abdussalami, dan ini adalah lafazhnya, bahwa ia telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Janganlah kalian cukur (pangkas bulu di dahi dan tengkuknya dan juga ekornya) jambul kuda, dan (jangan juga) rambut leher, serta ekornya, karena sesungguhnya ekornya adalah yang akan membelanya (menghalau lalat), rambut lehernya adalah pakaian yang akan menghangatkannya, dan pada jambulnya (dahi) terikat (padanya) seluruh kebaikan.

- itlaq qul ma hal wa irol datil hal li..
-sebutkan tempat tetapi yg  dimaksudkan sesuatu yg ada di bhg itu.
-contoh  bhs malaysia disebut cukur kepala , yg di maksudkan  cukur rambut.
- contoh ada jantung maksud ada penyakit jantung.
Minit 7
- perawi mahjul sifatnya, Nashir Al Kinani
- seorang lagi perawi majhul, seorang laki-laki
- hadits ini dhaif sebab 2 orang perawinya majhul.
- maksud kebaikan terikat/tersimpul didahinya= mungkin dapat hasil ghanimah yg gunanya dlm peperangan.
- kuda yg digunakan untuk berjihad oleh tuannya.
- tak dak sial, bergantung kerana kepada tuannya.
-sesuatu perkara ada baik buruknya
-jaga kuda eluk-eluk
-kenderaan sekarang pula ialah kereta


٩ -  الجهاد » ٨٨٢ -  فيما يستحب من ألوان الخيل
9. Jihad » 882. Warna kuda yang disukai
(44)باب فِيمَا يُسْتَحَبُّ مِنْ أَلْوَانِ الْخَيْلِ
Bab warna kuda dianggap eluk.

٢١٨١ - حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ .حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ سَعِيدٍ الطَّالْقَانِيُّ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُهَاجِرِ الْأَنْصَارِيُّ .حَدَّثَنِي عَقِيلُ بْنُ شَبِيبٍ عَنْ أَبِي وَهْبٍ الْجُشَمِيِّ وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِكُلِّ كُمَيْتٍ أَغَرَّ مُحَجَّلٍ أَوْ أَشْقَرَ أَغَرَّ مُحَجَّلٍ أَوْ أَدْهَمَ أَغَرَّ مُحَجَّلٍ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ الطَّائِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُهَاجِرٍ حَدَّثَنَا عَقِيلُ بْنُ شَبِيبٍ عَنْ أَبِي وَهْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِكُلِّ أَشْقَرَ أَغَرَّ مُحَجَّلٍ أَوْ كُمَيْتٍ أَغَرَّ فَذَكَرَ نَحْوَهُ قَالَ مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ مُهَاجِرٍ وَسَأَلْتُهُ لِمَ فُضِّلَ الْأَشْقَرُ قَالَ لِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ سَرِيَّةً فَكَانَ أَوَّلَ مَنْ جَاءَ بِالْفَتْحِ صَاحِبُ أَشْقَرَ
2181. Telah menceritakan kepada kami Harun bin Abdullah, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Sa'id Ath Thalqani, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Muhajir Al Anshari, telah menceritakan kepadaku 'Aqil bin Syabib, dari Abu Wahb Al Jusyami, dan ia pernah menyertai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hendaknya kalian memiliki kuda hitam kemerah-merahan yang dahinya dan kakinya berwarna putih, atau yang berwarna blonde yang dahi (ada warna putih) dan kakinya berwarna putih(bersilang putih), atau kuda hitam yang dahi dan kakinya berwarna putih." Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Auf Ath Thai, telah menceritakan kepada kami Abu Al Mughirah, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhajir, telah menceritakan kepada kami 'Aqil bin Syabib, dari Abu Wahb, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Setiap kuda yang berwarna blonde yang dahi dan kakinya berwarna putih, atau kuda yang kemerah-merahan yang dahi dan kakinya berwarna putih." Ia menyebutkan seperti hadits tersebut. Muhammad bin Muhajir berkata; dan aku bertanya kepada 'Aqil; kenapa lebih diutamakan yang berwarna kemerahan? Ia berkata; karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah mengutus sebuah pasukan dan orang yang paling pertama membawa berita kemenangan adalah orang yang memiliki kuda kemerah-merahan. 

-apa maksud warna kuda?
- loni kenderaannya apa?
- apa kaitan dengan warna?
-pada kegunaannya ..maksud hadits ini, ambil kira semua perkara
- kuda merah kehitaman dan dahinya warna putih.
Minit 37
-berseri-seri مُحَجَّلٍ
-ada tanda-tanda kudanya baik.
-kaki warna putih
- kita bukan nak kuda tetapi yg semasa seperti kapalterbang peluru berpandu yg termasuk مَّا ٱسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ

Al-Anfal 8:60
وَأَعِدُّوا۟ لَهُم مَّا ٱسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ وَمِن رِّبَاطِ ٱلْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِۦ عَدُوَّ ٱللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَءَاخَرِينَ مِن دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ ٱللَّهُ يَعْلَمُهُمْۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنتُمْ لَا تُظْلَمُونَ 
Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizhalimi (dirugikan).

-seperti juga misalnya kapalselam
Yg Nabi saw beritahu sesuai dengan zaman nya, kita fikirlah sendirinapa yg boleh menyelamatkan dari musuh.
- jgn terikat dengan yg zahir.
- kuda , terikwt dgn zamannya.
- mestikah kuda berwarna merah?
- kuda lain jika dijaga dan dilatih dengan baik , bgmn?
-bukan kuda merah sentiasa
Minit 46
- orang kafir makan memenuhi 7 usus ,orang Islam makan memenuhi 1 perut.
Ini bukan semua keadaan tetapi ini peristiwa khusus.
Istilah fekah, waakiatul ai nin laa umum ba la ha.
(Peristiwa khusus yg tidak boleh diumumkan)
Berhubung dgn orang itu dan ketika itu shj
Sufyan Assauri makan byk.
Imam nasaei makan ayam setiap hari.

٢١٨٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ.  حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ شَيْبَانَ عَنْ عِيسَى بْنِ عَلِيٍّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُمْنُ الْخَيْلِ فِي شُقْرِهَا
2182. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ma'in, telah menceritakan kepada kami Husain bin Muhammad, dari Syaiban, dari Isa bin Ali, dari ayahnya, dari kakeknya yaitu Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kebaikan dan berkah kuda ada pada warna blondenya(warna merah kehitaman)."
- ini pun seperti hadits sebelumnya, peristiwa khusus.
Minit 50
- peristiwa gali parit, sebab ketika berperang dgn kuda
Dan apa  faedah parit bila musuh datang dengan kapalterbang, jet...
- yg Nabi saw sebut tentang urusan dunia terikat  dengan zamannya.
- masjid zaman Nabi saw sesuai sebab lantainya pasir guna pelita atau jamu.
-perubahan perlu ,agama tidak menolak perubahan.
- pembangunan bukan tak eluk bg Islam ,yg tak eluk atau tak boleh adalah berbangga-bangga
- Al hajju arafah...jadi perlulah difikirkan
- kemalangan boleh berlaku di mana-mana pun.
- terlalu mementing ketenteraan sehingga rakyat terabai miskin papa kedana.
1jam 07

٩ -  الجهاد » ٨٨٣ -  هل تسمى الأنثى من الخيل فرسا
9. Jihad » 883. Apakah kuda betina disebut faras (kuda perang)
(45)باب هَلْ تُسَمَّى الأُنْثَى مِنَ الْخَيْلِ فَرَسًا
Bab adakah kuda betina boleh dinamakan faras.
- perkataan faras
- bukan kah untuk guna jantan shj?
- sebenarnya dia nak beritahu mana2 kuda boleh diguna dalam perang.
-kuda  jantan betina tiada beza sebab ianya sama kuat.
- Nabi saw beri pemberian lebih bg tentera berkuda .
Sebab kesusahan mengendalikan.
- begitulah pengendalian kapalterbang perang.
Kerajaan sekarang pula perlu memikirkan tentang tentera utara contohnya .
Kuda betina atau jantan sama kuda.
Mungkin kuda jantan lebih tetapi betina juga kuat.


٢١٨٣ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ مَرْوَانَ الرَّقِيُّ. حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ عَنْ أَبِي حَيَّانَ .حَدَّثَنَا أَبُو زَرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُسَمِّي الْأُنْثَى مِنْ الْخَيْلِ فَرَسًا
2183. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Marwan Ar Raqi, telah menceritakan kepada kami Marwan bin Mu'awiyah, dari Abu Hayyan, telah menceritakan kepada kami Abu Zur'ah, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menamakan kuda betina Faras. 

٩ -  الجهاد » ٨٨٤ -  ما يكره من الخيل
9. Jihad » 884. Kuda yang dibenci
(46)باب مَا يُكْرَهُ مِنَ الْخَيْلِ
Bab kuda yg di anggap tidak eluk atau tidak disukai.

٢١٨٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ سَلْمٍ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْرَهُ الشِّكَالَ مِنْ الْخَيْلِ وَالشِّكَالُ يَكُونُ الْفَرَسُ فِي رِجْلِهِ الْيُمْنَى بَيَاضٌ وَفِي يَدِهِ الْيُسْرَى بَيَاضٌ أَوْ فِي يَدِهِ الْيُمْنَى وَفِي رِجْلِهِ الْيُسْرَى قَالَ أَبُو دَاوُد أَيْ مُخَالِفٌ
2184. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Salm bin Ibnu Abdurrahman dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak menyukai kuda syikal, syikal adalah kuda betina yang pada kaki kanannya terdapat warna putih, dan pada tangan kirinya terdapat warna putih atau pada tangan kanannya(kaki depan) dan kaki kirinya. Abu Daud berkata; yaitu secara silang. 
-tangan ialah kaki depan.
- pengalaman-pengalaman Nabi saw dengan kuda.
Minit 1jam 06
- kerajaan zaman sekarang perlu kena tahu bgmn nak memilih senjata yg eluk..
- kerajaan perlu berfikir antara rakyat yg miskin dqn keperluan senjata
- jadi kena cari kepandaian dan kefahaman memilih senjata jika dizaman sekarang

1jam 09 minit/20minit.
٩ -  الجهاد » ٨٨٥ -  ما يؤمر به من القيام على الدواب والبهائم
9. Jihad » 885. Perlakukan yang diperintahkan untuk hewan tunggangan 
(47)باب مَا يُؤْمَرُ بِهِ مِنَ الْقِيَامِ عَلَى الدَّوَابِّ وَالْبَهَائِمِ
Bab perintah menjaga atau mengurus dengan baik binatang-binatang kenderaan dan ternakan

٢١٨٥ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ النُّفَيْلِيُّ . حَدَّثَنَا مِسْكِينٌ يَعْنِي بْنَ بُكَيْرٍ.  حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُهَاجِرٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي كَبْشَةَ السَّلُولِيِّ عَنْ سَهْلِ ابْنِ الْحَنْظَلِيَّةِ قَالَ مَرَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبَعِيرٍ قَدْ لَحِقَ ظَهْرُهُ بِبَطْنِهِ فَقَالَ اتَّقُوا اللَّهَ فِي هَذِهِ الْبَهَائِمِ الْمُعْجَمَةِ فَارْكَبُوهَا صَالِحَةً وَكُلُوهَا صَالِحَةً
2185. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad An Nufaili, telah menceritakan kepada kami Miskin bin Bukair, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhajir, dari Rabi'ah bin Yazid, dari Abu Kabsyah As Saluli, dari 
Sahl bin Al Hanzhaliyyah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah melewati seekor unta punggungnya telah menempel dengan perutnya (tersangat kurus) . Kemudian beliau berkata: "Bertakwalah kepada Allah dalam merawat (berhubung dengan ) binatang-binatang ternak yang tidak bisa (boleh) berbicara ini, dan tunggangilah dengan dalam keadaan layak, dan makanlah dalam keadaan layak!"

- ini perintah nabi saw supaya jaga binatang2 kepunyaan sendiri termasuk binatang untuk berperang atau binatang ternakan.
-jaga pemberian makanannya.
-rahsia  Nabi saw
- nabi cari tempat yg berdinding atau terlindung untuk buang air atau bukan tempat lalu lalang.
- najis Nabi saw seperti  manusia lain.
- brelawi, najis Nabi dianggap suci.
- mukjizat Nabi saw ada binatang mengadu kepadanya
-ini menunjukan tidak menjaga binatang dengan baik adalah suatu larangan dan dapat dosaatau mendapat keampunan Allah bila jaga dengan baik.
-melatih binatang-binatang perlu dari semasanya kecil

٢١٨٦ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ.  حَدَّثَنَا مَهْدِيٌّ . حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ سَعْدٍ مَوْلَى الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ أَرْدَفَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَلْفَهُ ذَاتَ يَوْمٍ فَأَسَرَّ إِلَيَّ حَدِيثًا لَا أُحَدِّثُ بِهِ أَحَدًا مِنْ النَّاسِ وَكَانَ أَحَبُّ مَا اسْتَتَرَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِحَاجَتِهِ هَدَفًا أَوْ حَائِشَ نَخْلٍ قَالَ فَدَخَلَ حَائِطًا لِرَجُلٍ مِنْ الْأَنْصَارِ فَإِذَا جَمَلٌ فَلَمَّا رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَنَّ وَذَرَفَتْ عَيْنَاهُ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَسَحَ ذِفْرَاهُ فَسَكَتَ فَقَالَ مَنْ رَبُّ هَذَا الْجَمَلِ لِمَنْ هَذَا الْجَمَلُ فَجَاءَ فَتًى مِنْ الْأَنْصَارِ فَقَالَ لِي يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ أَفَلَا تَتَّقِي اللَّهَ فِي هَذِهِ الْبَهِيمَةِ الَّتِي مَلَّكَكَ اللَّهُ إِيَّاهَا فَإِنَّهُ شَكَا إِلَيَّ أَنَّكَ تُجِيعُهُ وَتُدْئِبُهُ

2186. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Mahdi, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Ya'qub dari Al Hasan bin Sa'd mantan budak Al Hasan bin Ali, dari 
Abdullah bin Ja'far, ia berkata; Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam pada suatu hari pernah memboncengkanku dibelakangnya (pada suatu hari) kemudian beliau membisikkan suatu perkataan kepadaku yang tidak aku ceritakan kepada siapapun dari manusia. Dan sesuatu yang paling Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam senangi untuk menutupi hajatnya  (qada hajat) adalah tanah tinggi atau pohon kurma yang rimbun. Ia berkata; kemudian beliau memasuki kebun seorang laki-laki anshar, dan kemudian tiba-tiba terdapat unta. Tatkala unta tersebut melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam maka ia merintih (berbunyi) dan kedua matanya mengeluarkan air mata. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendatanginya dan mengusap tulang di belakang(bawah telinga)  telinganya, lalu unta tersebut terdiam. Lalu beliau berkata: "Siapakah pemilik unta ini?" kemudian terdapat seorang pemuda anshar yang datang dan berkata; saya wahai Rasulullah. Kemudian beliau berkata: "Tidakkah engkau bertakwa(tidak takut ) kepada Allah dalam bertindak terhadap binatang ternak yang telah Allah berikan ini? Sesungguhnya unta tersebut telah mengeluhkan kepadaku bahwa engkau menyakitinya dan membuatnya menjadi letih."

٢١٨٧ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ فَاشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ فَوَجَدَ بِئْرًا فَنَزَلَ فِيهَا فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا كَلْبٌ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنْ الْعَطَشِ فَقَالَ الرَّجُلُ لَقَدْ بَلَغَ هَذَا الْكَلْبَ مِنْ الْعَطَشِ مِثْلُ الَّذِي كَانَ بَلَغَنِي فَنَزَلَ الْبِئْرَ فَمَلَأَ خُفَّهُ فَأَمْسَكَهُ بِفِيهِ حَتَّى رَقِيَ فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ لَأَجْرًا فَقَالَ فِي كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

2187. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al Qa'nabi dari Malik dari Sumai, mantan budak Abu Bakr dari Abu Shalih As Samman dari 
Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Ketika seorang laki-laki berjalan di sebuah jalan, dan ia merasakan sangat kehausan, ternyata ia mendapatkan sebuah sumur. Lalu ia menuruninya lalu minum, kemudian ia keluar dan tiba-tiba terdapat anjing yang menjulurkan lidahnya, ia makan tanah yang lembab karena kehausan. Lalu orang tersebut berkata; sungguh anjing ini telah kehausan seperti yang pernah aku rasakan. Kemudian ia turun ke sumur dan ia memenuhi (mengisi) sepatunya lalu ia memegangnya menggunakan mulutnya dan naik ke atas kemudian memberi minum anjing tersebut. Maka Allah berterima kasih(suka) kepadanya dan mengampuni dosanya." Kemudian mereka berkata; wahai Rasulullah, apakah kami mendapatkan pahala karena berbuat baik kepada hewan? Beliau berkata: "Dalam setiap hewan yang memiliki hati(setiap yg hidup) yang basah terdapat (ada) pahala."

٩ -  الجهاد » ٨٨٦ -  في نزول المنازل
9. Jihad » 886. Berhenti di persinggahan
(48)باب في نُزُولِ الْمَنَازِلِ
Bab berhenti di perhentian

٢١٨٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنِي. مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ. حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ حَمْزَةَ الضَّبِيِّ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ كُنَّا إِذَا نَزَلْنَا مَنْزِلًا لَا نُسَبِّحُ حَتَّى تُحَلَّ الرِّحَالُ
2188. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Hamzah Adh Dhabbi, ia berkata; saya mendengar 
Anas bin Malik, berkata; dahulu kami apabila singgah di suatu tempat maka kami tidak melakukan shalat (solat sunat) hingga(menempatkan unta pada tempat yg sesuai) menurunkan beban dari hewan tunggangan kami. 

- sahabat memang suka beribadah tetapi suruhan jaga binatang suruhan Allah juga, jadi urus binatang itu dulu.






Tiada ulasan:

Catat Ulasan