Halaman

Isnin, Oktober 15, 2018

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 06

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٦١ -  ما جاء في كراهية خاتم الذهب
باب مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ خَاتَمِ الذَّهَبِ:
24. Baju » 1161. Dimakruhkan memakai emas

١٦٥٩ - حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حُنَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ نَهَانِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ التَّخَتُّمِ بِالذَّهَبِ وَعَنْ لِبَاسِ الْقَسِّيِّ وَعَنْ الْقِرَاءَةِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ وَعَنْ لِبَاسِ الْمُعَصْفَرِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1659. Telah menceritakan kepada kami Salamah bin Syabib dan Al Hasan bin Ali Al Khallal dan tidak hanya seorang, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhri dari Ibrahim bin Abdullah bin Hunain dari Bapaknya dari Ali bin Abu Thalib ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang kami memakai cincin emas, memakai kain yang bersulam sutera, membaca Al-Qur'an saat rukuk dan sujud, serta kain yang dicelup dengan warna kuning kekuningan." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

١٦٦٠ - حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ حَمَّادٍ الْمَعْنِيُّ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ حَدَّثَنَا حَفْصٌ اللَّيْثِيُّ قَالَ أَشْهَدُ عَلَى عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ أَنَّهُ حَدَّثَنَا أَنَّهُ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ التَّخَتُّمِ بِالذَّهَبِ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَابْنِ عُمَرَ وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَمُعَاوِيَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ عِمْرَانَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَأَبُو التَّيَّاحِ اسْمُهُ يَزِيدُ بْنُ حُمَيْدٍ

1660. Telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Hammad Al Ma'ni Al Bashri berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits bin Sa'id dari Abu At Tayyah berkata, telah menceritakan kepada kami Hafsh Al Laitsi ia berkata, "Aku bersaksi atas Imran bin Hushain bahwa ia pernah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang memakai cincin emas." Ia berkata, "Dalam bab ini juga ada hadits dari Ali, Ibnu Umar, Abu Hurairah dan Mu'awiyah." Abu Isa berkata, "Hadits Imran ini derajatnya hasan shahih, sedangkan Abu At Tayyah nama aslinya adalah Yazid bin Humaid."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٦٢ -  ما جاء في خاتم الفضة
باب مَا جَاءَ فِي خَاتَمِ الْفِضَّةِ:
24. Baju » 1162. Cincin perak

١٦٦١ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَغَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبٍ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ خَاتَمُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ وَرِقٍ وَكَانَ فَصُّهُ حَبَشِيًّا قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَبُرَيْدَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

1661. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah dan banyak perwawi dari Abdullah bin Wahb dari Yunus dari Ibnu Syihab dari Anas ia berkata, "Cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terbuat dari perak, sedangkan mata cincinnya dari Habasyah." Ia berkata, "Dalam bab ini juga ada hadits dari Ibnu Umar dan Buraidah." Abu Isa berkata, "hadits ini derajatnya hasan shahih gharib dari jalur ini."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٦٣ -  ما جاء ما يستحب في فص الخاتم
باب مَا جَاءَ مَا يُسْتَحَبُّ فِي فَصِّ الْخَاتَمِ:

24. Baju » 1163. Mata cincin yang disunnahkan

١٦٦٢ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ الطَّنَافِسِيُّ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ أَبُو خَيْثَمَةَ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ خَاتَمُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فِضَّةٍ فَصُّهُ مِنْهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

1662. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan berkata, telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar bin Ubaidullah Ath Thanafisi berkata, telah menceritakan kepada kami Zuhair Abu Khaitsamah dari Humaid dari
Anas ia berkata, "Cincin Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbuat dari perak, demikian juga dengan mata cincinnya."
Abu Isa berkata, "hadits ini derajatnya hasan shahih gharib melalui jalur ini."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٦٤ -  ما جاء في لبس الخاتم في اليمين
باب مَا جَاءَ مَا يُسْتَحَبُّ فِي فَصِّ الْخَاتَمِ:

24. Baju » 1164. Memakai cincin dari sebelah kiri

١٦٦٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ الْمُحَارِبِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَنَعَ خَاتَمًا مِنْ ذَهَبٍ فَتَخَتَّمَ بِهِ فِي يَمِينِهِ ثُمَّ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ فَقَالَ إِنِّي كُنْتُ اتَّخَذْتُ هَذَا الْخَاتَمَ فِي يَمِينِي ثُمَّ نَبَذَهُ وَنَبَذَ النَّاسُ خَوَاتِيمَهُمْ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَجَابِرٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَعَائِشَةَ وَأَنَسٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ نَحْوَ هَذَا مِنْ غَيْرِ هَذَا الْوَجْهِ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ أَنَّهُ تَخَتَّمَ فِي يَمِينِهِ

1663. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ubaid Al Muharibi berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abu Hazim dari Musa bin Uqbah dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membuat cincin dari emas lalu memakainya di jari tangan kanan. Setelah itu beliau duduk di atas mimbar dan bersabda: "Sesungguhnya Aku telah mengenakan cincin ini di jari tangan kananku." Kemudian beliau membuang cincinnya, lantas orang-orang ikut membuang cincin mereka." Ia berkata, "Dalam bab ini juga ada hadits dari Ali, Jabir, Abdullah bin Ja'far, Ibnu Abbas, 'Aisyah dan Anas." Abu Isa berkata, "Hadits Ibnu Umar ini derajatnya hasan shahih. Telah diriwayatkan pula dari Nafi' dari Ibnu Umar dari jalur lain seperti hadits tersebut. Namun dia tidak menyebutkan bahwa Rasulullah mengenakan cincin pada jari tangan kanannya."

١٦٦٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ الصَّلْتِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نَوْفَلٍ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ وَلَا إِخَالُهُ إِلَّا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ قَالَ أَبُو عِيسَى قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدِيثُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ الصَّلْتِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نَوْفَلٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1664. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Humaid Ar Razi berkata, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Muhammad bin Ishaq dari Ash Shult bin Abdullah bin Naufal ia berkata, "Aku melihat Ibnu Abbas mengenakan cincin pada jari tangan kanannya, dan aku tidak mempunyai perkiraan lainnya kecuali ia mengatakan, 'Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memakai cincin pada jari tangan kanannya." Abu Isa berkata, "Muhammad bin Isma'il berkata, "Hadits Muhammad bin Ishaq, dari Ash Shalt bin Abdullah bin Naufal derajatnya hasan shahih."

١٦٦٥ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَ الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ يَتَخَتَّمَانِ فِي يَسَارِهِمَا هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1665. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Hatim bin Isma'il dari
Ja'far bin Muhammad dari Bapaknya ia berkata, "? Hasan dan Husain biasa memakai cincin pada tangan kirinya." Ini adalah hadits hasan shahih."

١٦٦٦ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ أَبِي رَافِعٍ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ جَعْفَرٍ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ قَالَ و قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ هَذَا أَصَحُّ شَيْءٍ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا الْبَابِ

1666. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dari
Hammad bin Salamah ia berkata, "Aku melihat Ibnu Abu Rafi' memakai cincin pada jari tangan kanannya, maka hal itu aku tanyakan kepadanya. Ia menjawab, "Aku melihat Abdullah bin Ja'far memakai cincin pada jari tangan kanannya."
Abdullah bin Ja'far berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa memakai cincin pada jari tangan kanannya."
Ia (Abu Isa) berkata, "Muhammad bin Isma'il berkata, "Ini adalah hadits yang paling shahih dari apa yang pernah diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam bab ini."

١٦٦٧ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَنَعَ خَاتَمًا مِنْ وَرِقٍ فَنَقَشَ فِيهِ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ثُمَّ قَالَ لَا تَنْقُشُوا عَلَيْهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ حَسَنٌ وَمَعْنَى قَوْلِهِ لَا تَنْقُشُوا عَلَيْهِ نَهَى أَنْ يَنْقُشَ أَحَدٌ عَلَى خَاتَمِهِ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ

1667. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal berkata, telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Tsabit dari
Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membuat cincin dari perak, lalu pada cincin tersebut beliau buat ukiran 'Muhammad Rasulullah'. Setelah itu beliau bersabda: "Janganlah kalian membuat ukiran pada cincin."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya shahih hasan. Sedangkan makna sabda Beliau 'Janganlah kalian membuat ukiran pada cincin', yaitu beliau melarang seseorang membuat ukiran pada cincinnya dengan tulisan 'Muhammad Rasulullah'."

١٦٦٨ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ وَالْحَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ قَالَا حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ نَزَعَ خَاتَمَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

1668. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur berkata, telah mengabarkan kepada kami Sa'id bin Amir dan Al Hajjaj bin Minhal keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Hammam dari Ibnu Juraij dari Az Zuhri dari
Anas beliau bersabda: "Jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam WC, beliau melepas cincinnya."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan gharib."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٦٥ -  ما جاء في نقش الخاتم
باب مَا جَاءَ فِي نَقْشِ الْخَاتَمِ:
24. Baju » 1165. Mengukir cincin

١٦٦٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ ثُمَامَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ نَقْشُ خَاتَمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحَمَّدٌ سَطْرٌ وَرَسُولُ سَطْرٌ وَاللَّهِ سَطْرٌ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَنَسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ

1669. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah Al Anshari berkata, telah menceritakan kepada kami Bapakku dari Tsumamah dari Anas bin Malik ia berkata, "Ukiran pada cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam 'Muhammad' dalam satu baris; 'Rasul' dalam satu baris; dan 'Allah' dalam satu baris."
Abu Isa berkata, "Hadits Anas ini derajatnya hasan shahih gharib."

١٦٧٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأَنْصَارِيُّ
حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ ثُمَامَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ نَقْشُ خَاتَمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةَ
أَسْطُرٍ مُحَمَّدٌ سَطْرٌ وَرَسُولُ سَطْرٌ وَاللَّهِ سَطْرٌ وَلَمْ يَذْكُرْ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى فِي حَدِيثِهِ ثَلَاثَةَ أَسْطُرٍ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ

1670. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar dan Muhammad bin Yahya dan tidak hanya seorang saja, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah Al Anshari berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Tsumamah dari
Anas ia berkata, "Ukiran cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ada tiga baris; Muhammad dalam satu baris; Rasul dalam satu baris dan Allah dalam satu baris." Muhammad bin Yahya tidak menyebutkan dalam haditsnya 'tiga baris'. Dalam bab ini juga ada hadits dari Ibnu Umar."

Minit 11

Minit 11.
Malam ni berhubung dgn cincin

Larangan كَرَاهِيَةِmengikut ulamak mutaqoddimin.
Makna larangan yg lebih kepada haram

Keharusan memakai cincin emas telah mansukh.

1659👉Ali bin Abu Thalib ia berkata,
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang kami
📏memakai cincin emas,
📏memakai kain yang bersulam sutera لِبَاسِ الْقَسِّيِّbaju yg diperbuat dinegeri qasi.campuran sutera dan kapas.
📏membaca Al-Qur'an saat rukuk dan sujud,
Rukuk dan sujud adalah tempat tasbih,
bc quran adalah dimasa qiam.
Ajaran alquran perlu ditegakkan,makna jika bc ketika rukuk bermakna merendahkan kedudukan alquran.
Benda molek tapi tak kena tempat tak boleh.
Kena ambil kira semua dan dan yg nabi saw ajar.
📏serta kain yang dicelup dengan warna kuning kekuningan."

1660.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang memakai cincin emas."
📏Abu Isa berkata, "Hadits Imran ini derajatnya hasan shahih, sedangkan Abu At Tayyah nama aslinya adalah Yazid bin Humaid."
📏Ada yg kata hasan shj.
Abu At Tayyah =Yazid bin Humaid."
Ore tak cari dia nak ambil hadis.
Hanya seorang sj meriwayat drp dia,maka tidak melepaskan dia dari Jahalah (majhul) =tidak dikenali(terangkat majhul) jika hanya seorang yg ambil hadis dari sesaorang.

Kemudian cincin perak
Hadis 1661
Anas ia berkata, "Cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terbuat dari perak, sedangkan mata cincinnya dari Habasyah." خَاتَمِ الْفِضَّةِ

Hadis
Hadis 1662
Anas ia berkata, "Cincin Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbuat dari perak, demikian juga dengan mata cincinnya."
Batu cincin فَصِّ الْخَاتَمِ
Minit 28
Ada sahabat pakai cincin tembaga ,nabi saw tidak berkenan.
Ada yg kata boleh  pakai suasa..sebab emas sikit sangat.
Mazhab Syafie,kalu asing balik campuran itu,boleh emas semula,maka itu tak boleh pakai suasa.
Yg ke dua tak boleh ,sebab haram campur yg halal jadi haram.
Cincin nabi saw ada juga drp perak.

Hadis 1667 Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membuat cincin dari perak, lalu pada cincin tersebut beliau buat ukiran 'Muhammad Rasulullah'.

Sahabat yg nak kahwin suruh cari cincin besi...lelaki boleh pakai cincin besi.
Minit 37

Had pakai cincin tak boleh lebih drp satu miskot 4.235gram.jika lebih kira makruh.

Cincin belah kanan.
Hadis 1663
Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membuat cincin dari emas lalu memakainya di jari tangan kanan. Setelah itu beliau duduk di atas mimbar dan bersabda: "Sesungguhnya Aku telah mengenakan cincin ini di jari tangan kananku." Kemudian beliau membuang cincinnya, lantas orang-orang ikut membuang cincin mereka."
👉Boleh pakai cincin belah mana2 pun bg imam abu daud.
Nabi buang sebab cincin emas tak boleh pakai.
Minit 45
Nabi pakai cincin perak belah kiri,sanad dhaif.
Ada hadis lain juga ,hadis mursal.
Ikut Hafiz ibnu hajar,bergantung kepada sebab memakai.

kehalusan perbahasan ulamak tentang cincin.
Kalu nak Jangok -belah kanan,lebih comel.
Cop- belah kiri..ambil dgn tangan kanan dan buat cop.
Tiada makruh,cuma mn yg lebih afdal.
Malik, kiri
Syafie, kanan perhiasan dan dimuliakan.
Minit 51
Minit 51
Bg orang yg bekerja menggunakan tangan kanan,lwbih sesuai pakai tangan kiri,kot2 mana pun boleh pakai belah mana2 pun.

Aku lihat nabi pakai...
Doh khilaf,pakai dua!!
Nabi saw tidak pakai dua..boros...
Tak tahan nya ada yg mempunyai  kepercayaan...hadis riwayat maudhuk..
Usul dirayat..mana hadis yg meyebut kelebihan batu permata adalah madhuk.

Hadis 1665 Hasan dan Husain biasa memakai cincin pada tangan kirinya."

Nabi buat cop,sebab nak cop disurat.
Hadis 1667 Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membuat cincin dari perak, lalu pada cincin tersebut beliau buat ukiran 'Muhammad Rasulullah'. Setelah itu beliau bersabda: "Janganlah kalian membuat ukiran pada cincin."
📏Ini khususiyat nabi.
Hadis 1670 Anas ia berkata, "Ukiran cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ada tiga baris; Muhammad dalam satu baris; Rasul dalam satu baris dan Allah dalam satu baris."

Dilarang Nama allah..takut cuai..masuk tandas..

Riwayat terakhir...
Hadis 1668 Hammam dari Ibnu Juraij dari Az Zuhri dari
Anas beliau bersabda: "Jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam WC, beliau melepas cincinnya."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan gharib."
Hadis ini mungkar (bg abu daud)sebab hammam ambil dari ibnu juraij.
Hadis ni dikritik ,
Hammam dia waham.
Hamman dia soduk.
Hadis ini syar dan mungkar(bg abu daud)
Sanad ini
1670. Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Basysyar dan Muhammad bin Yahya dan tidak hanya seorang saja, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami( Muhammad bin Abdullah Al Anshari berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Tsumamah dari )anak beranak anas....
Anas  nabi doa ko dia,mati di basrah
Tsumamah cucu anas bin malik.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan