Sunan Abu daud kitab solat sesi 151s
٢ - الصلاة » ٤٦٨ - تحزيب القرآن
2. Shalat » 468. Membagi Al-Qur'an (dalam beberapa bagian)
-alquran perlu dibaca dengan betul.
- alquran dibaca dalam solat.
-sekurang-kurangnya al fatihah.
- sebut perkataan sehingga mengubah makna dengan sengaja akan berdosa.
١١٨٨ - حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَلْقَمَةَ وَالْأَسْوَدِ قَالَا أَتَى ابْنَ مَسْعُودٍ رَجُلٌ فَقَالَ إِنِّي أَقْرَأُ الْمُفَصَّلَ فِي رَكْعَةٍ فَقَالَ أَهَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ وَنَثْرًا كَنَثْرِ الدَّقَلِ لَكِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ النَّظَائِرَ السُّورَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ النَّجْمَ وَالرَّحْمَنَ فِي رَكْعَةٍ وَاقْتَرَبَتْ وَالْحَاقَّةَ فِي رَكْعَةٍ وَالطُّورَ وَالذَّارِيَاتِ فِي رَكْعَةٍ وَإِذَا وَقَعَتْ وَنُونَ فِي رَكْعَةٍ وَسَأَلَ سَائِلٌ وَالنَّازِعَاتِ فِي رَكْعَةٍ وَوَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ وَعَبَسَ فِي رَكْعَةٍ وَالْمُدَّثِّرَ وَالْمُزَّمِّلَ فِي رَكْعَةٍ وَهَلْ أَتَى وَلَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فِي رَكْعَةٍ وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ وَالْمُرْسَلَاتِ فِي رَكْعَةٍ وَالدُّخَانَ وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ فِي رَكْعَةٍ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا تَأْلِيفُ ابْنِ مَسْعُودٍ رَحِمَهُ اللَّهُ
1188. Telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Musa telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Isra`il dari Abu Ishaq
dari 'Alqomah dan Al Aswad keduanya berkata; seorang laki-laki datang kepada Ibnu Mas'ud seraya berkata; "Aku biasa membaca Al Mufashal (surah-surah mufashal)dari surat Qaaf atau Al Hujurat sampai an Naas) dalam satu raka'at." Maka Ibnu Mas'ud berkata; "Apakah membaca al Qur'an itu seperti melantunkan sya'ir atau prosa prosa tentang runtuhnya kurma (yang rendah mutunya)/(buah tamar yang huduh)dari pohonnya? Padahal Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa membaca surat-surat yang sepadan, dua surat dalam satu raka'at, yaitu An Najm dan Ar Rahman dalam satu raka'at."Iqtarabat" dan "Al Haqqah" dalam satu raka'at."At Thur" dan "Adz Dzariyat" dalam satu raka'at."Idza Waqa'at" dan "Nuun" dalam satu raka'at."sa`ala saa`ilu" dan "wan naazi'aati" dalam satu raka'at."wailul lil muthaffifin" dan "abasa" dalam satu raka'at."Al Mudattsir" dan "Al Muzammil" dalam satu raka'at."Hal attaa" dan "Laa uqsimu bi yaumil Qiyaamah" dalam satu raka'at."Amma yatasaa`alun" dan "Wal mursalaati" dalam satu raka'at."Ad dukhaan" dan "Idzas syamsu kuwwirat" dalam satu raka'at." Abu Daud berkata; "Ini adalah tulisan(susunan) Ibnu Mas'ud rahimahullah."
Hadits 1188
dari 'Alqomah dan Al Aswad keduanya berkata; seorang laki-laki datang kepada Ibnu Mas'ud seraya berkata; "Aku biasa membaca Al Mufashal (surah-surah mufashal)dari surat Qaaf atau Al Hujurat sampai an Naas) dalam satu raka'at." Maka Ibnu Mas'ud berkata; "Apakah membaca al Qur'an itu seperti melantunkan sya'ir atau prosa prosa tentang runtuhnya kurma (yang rendah mutunya)/(buah tamar yang huduh)dari pohonnya? Padahal Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa membaca surat-surat yang sepadan, dua surat dalam satu raka'at, yaitu An Najm dan Ar Rahman dalam satu raka'at."Iqtarabat" dan "Al Haqqah" dalam satu raka'at."At Thur" dan "Adz Dzariyat" dalam satu raka'at.
-nabi saw baca 2 surah dalam satu rakaat.
-jangan lebih-lebih
"Idza Waqa'at" dan "Nuun" dalam satu raka'at.
"sa`ala saa`ilu" dan "wan naazi'aati" dalam satu raka'at.
"wailul lil muthaffifin" dan "abasa" dalam satu raka'at."
Al Mudattsir" dan "Al Muzammil" dalam satu raka'at."
Hal attaa" dan "Laa uqsimu bi yaumil Qiyaamah" dalam satu raka'at."
Amma yatasaa`alun" dan "Wal mursalaati" dalam satu raka'at.
"Ad dukhaan" dan "Idzas syamsu kuwwirat" dalam satu raka'at."
-Idza Waqa'at"(56) dan "Nuun" (68)dalam satu raka'at.
"sa`ala saa`ilu" (70)dan "wan naazi'aati" (79)dalam satu raka'at.
"wailul lil muthaffifin"(83) dan "abasa"(80) dalam satu raka'at."
Al Mudattsir"(74) dan "Al Muzammil"(73) dalam satu raka'at."
Hal attaa(76)" dan "Laa uqsimu bi yaumil Qiyaamah"(75) dalam satu raka'at."
Amma yatasaa`alun"(78) dan "Wal mursalaati"(77) dalam satu raka'at.
"Ad dukhaan" (44)dan "Idzas syamsu kuwwirat" (81)dalam satu raka'at."
Abu Daud berkata; "Ini adalah tulisan(susunan) Ibnu Mas'ud rahimahullah."
-boleh difahami dengan 2 makna
-yang dia dengar yang nabi baca dalam solat
-dalam mashaf Ibnu Masud lagu ni, bermakna tak sama yang ada pada kita loni.
-penting belajar hadits.
-cerita susunan mashaf Ibnu Masud tiada fatihah dan muawuzatain adalah karut sahaja.
-menilai hadits bukan sanad sahaja atau riwayat sahaja untuk dipertimbangkan.
-sedang Ibnu Masud baca surah ini dalam solat.
-orang yang belajar di Kufah semua sanad sampai kepadanya. Ini juga boleh menunjukan cerita itu karut dan fitnah.
-Syiah telah tokok tambah quran, maka syiah mempergunakan mashaf fitnah untuk menyerang orang sunnah balik.
- quran mutawatir , jika benar cerita fitnah itu, quran akan jadi tidak mutawatir.
- dari segi dirayah ,kelebihan malam lailatulqadar adalah beribadah, kelebihan malam nisfu apa dalil ibadahnya.
Kena buat apa malam itu.Pergi kekubur?
-sini pun guna dirayah juga.
Perintah nabi atau ijtihat sahabat.
-fa mi bi syau kin.(penanda 7 hizb).
-ini menunjukan tertib surah yang ada ini bermula dizaman nabi saw lagi.
-juga tiada surah tertib turun.yang ada hanya mauduk.
١١٨٩ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا مَسْعُودٍ وَهُوَ يَطُوفُ بِالْبَيْتِ فَقَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ
1189. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Manshur dari Ibrahim
dari Abdurrahman bin Yazid dia berkata; aku pernah bertanya kepada Abu Mas'ud ketika dia sedang Thawaf di Ka'bah, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca dua ayat dari akhir surat Al Baqarah pada(mana-mana) malam harinya, maka dianggap cukup."
Hadits 1189
dari Abdurrahman bin Yazid dia berkata; aku pernah bertanya kepada Abu Mas'ud ketika dia sedang Thawaf di Ka'bah, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca dua ayat dari akhir surat Al Baqarah pada(mana-mana) malam harinya, maka dianggap cukup."
-apa makna cukup(memadai) dan ayat mana?
-ayat pertama
Al-Baqarah 2:285
ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَاۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”
-ayat kedua.
Al-Baqarah 2:286
لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَاۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”
-bermakna: bermacam2 pendapat ulamak
1.qiamulail tak perlu baca sebuah quran cukup bagi orang yang tidak mampu sehingga tidak perlu baca sebuah alquran ,sudah memadai
2. jika baca yang tu tak perlu baca semua quran sudah cukup samada diluar atau didalam solat iaitu dari segi isi kandungan.secara kasar isi kandungannya.
3. Dalam bab aqidah sudah ada.
4. Memadai melindungi dari perkara umum yang tak eluk...baca sekali atau 2 kali.
5.Memadai melindungi dari gangguan syaitan.
6.Memadai melindungi dari gangguan manusia dan jin.
7.Memadai kepadanyq dari segi pahala dengan sebab baca dari segi pahala. Contoh makan 2biji sudah cukup dah namun tetap tak sama seperti nasi dari 2 biji pil.
-campur dengan ayat kursi.
- quran ini banyak faedah selain dari dapat pahala dan boleh beri tenaga rohani kita.
-setiap ayat quran ada khasiatnya tersendiri
١١٩٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنَا عَمْرٌو أَنَّ أَبَا سَوِيَّةَ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ حُجَيْرَةَ يُخْبِرُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنْ الْغَافِلِينَ وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْقَانِتِينَ وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْمُقَنْطِرِينَ قَالَ أَبُو دَاوُد ابْنُ حُجَيْرَةَ الْأَصْغَرُ عَبْدُ اللَّهِ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ابْنِ حُجَيْرَةَ
1190. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepada kami 'Amru bahwa Abu Sawiyah telah mengabarkan kepadanya, bahwa dia pernah mendengar Ibnu Hujairah mengabarkan
dari Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa bangun (shalat malam) dan membaca sepuluh ayat, maka dia tidak akan di catat sebagai orang-orang yang lalai. Barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seratus ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang tunduk dan patuh, dan barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seribu ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang dermawan.(jutawan pahala)/(hartawan)" Abu Daud berkata; Ibnu Hujairah Al Ashgar adalah Abdullah bin Abdurrahman ibnu Hujairah."
Hadits 1190
dari Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa bangun (shalat malam) dan membaca sepuluh ayat, maka dia tidak akan di catat sebagai orang-orang yang lalai. Barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seratus ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang tunduk dan patuh, dan barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seribu ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang dermawan.(jutawan pahala)/(hartawan)"
-makna قَامَ ialah baca atau melaksanakan alquran paling kurang 10 ayat sudah tidak lalai.
-1000 ayat jadi kaya. Kaya jiwa. Tidak akan meminta2 dari manusia... Dia kaya dari segi rohani dan berkecukupan.
-jika di dunia telah dapat faedah baca , pasti lagi nyata diakhirat nanti.
Abu Daud berkata; Ibnu Hujairah Al Ashgar adalah Abdullah bin Abdurrahman ibnu Hujairah."
١١٩١ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى الْبَلْخِيُّ وَهَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَا أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ حَدَّثَنِي عَيَّاشُ بْنُ عَبَّاسٍ الْقِتْبَانِيُّ عَنْ عِيسَى بْنِ هِلَالٍ الصَّدَفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَتَى رَجُلٌ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَقْرِئْنِي يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ اقْرَأْ ثَلَاثًا مِنْ ذَوَاتِ الر فَقَالَ كَبُرَتْ سِنِّي وَاشْتَدَّ قَلْبِي وَغَلُظَ لِسَانِي قَالَ فَاقْرَأْ ثَلَاثًا مِنْ ذَوَاتِ حاميم فَقَالَ مِثْلَ مَقَالَتِهِ فَقَالَ اقْرَأْ ثَلَاثًا مِنْ الْمُسَبِّحَاتِ فَقَالَ مِثْلَ مَقَالَتِهِ فَقَالَ الرَّجُلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَقْرِئْنِي سُورَةً جَامِعَةً فَأَقْرَأَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ حَتَّى فَرَغَ مِنْهَا فَقَالَ الرَّجُلُ وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ لَا أَزِيدُ عَلَيْهَا أَبَدًا ثُمَّ أَدْبَرَ الرَّجُلُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْلَحَ الرُّوَيْجِلُ مَرَّتَيْنِ
1191. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Musa Al Balhi dan Harun bin Abdullah keduanya berkata; telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Yazid telah mengabarkan kepada kami Sa'id bin Abu Ayyub telah menceritakan kepadaku 'Ayyasy bin Abbas Al Qitbani dari Isa bin Hilal Ash Shadafi
dari Abdullah bin 'Amru dia berkata; seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sambil berkata; "Wahai Rasulullah, koreksilah(ajarlah) bacaanku!" Maka beliau pun berkata kepadanya: "Bacalah tiga surat yang di dahului(dimulakan) Alif Laam Ra'." Lelaki itu berkata; "Umurku sudah tua, dan hatiku sudah mengeras(tak berapa ingat dan mudah lupa), serta lidahku juga sudah kelu( keras)." Beliau berkata: "Kalau begitu bacalah surat yang di dahului Haa' Mim." Maka lelaki itupun mengatakan seperti perkataannya yang tadi. Beliau berkata: "Bacalah tiga surat yang diawali dengan sabbaha." Dan lelaki itupun mengatakan seperti perkataannya yang pertama, lalu dia mengatakan, "Wahai Rasulullah, yang aku mau anda membacakan kepadaku satu surat yang mencakup keseluruhan." Maka beliau menyuruhnya membaca surat Idzaa zulzilatil ardlu, hingga selesai. Laki-laki itu berkata; "Demi Dzat Yang telah mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak akan menambahinya untuk selamanya(sama sekali)." Lalu orang itupun berpaling dan pergi meninggalkan beliau, lalu Rasulullah pun bersabda: "Sungguh beruntung orang itu, sungguh beruntung orang(yang pergi) itu" Beliau mengucapkannya hingga dua kali.
Hadits 1191
dari Abdullah bin 'Amru dia berkata; seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sambil berkata; "Wahai Rasulullah, koreksilah(ajarlah) bacaanku!" Maka beliau pun berkata kepadanya: "Bacalah tiga surat yang di dahului(dimulakan) Alif Laam Ra'."
-ini bukti sudah terkumpul
-surah yang bermula dengan alif laam ra
10.yunus(109)makkiyah
11.hud(123)makkiyah
12.yusuf(111)makkiyah
14.ibrahim(52)makkiyah
15.Al hijr(99)makkiyah
Ada 2 makna;
1. Belum tahu
2.sudah tahu
Lelaki itu berkata; "Umurku sudah tua, dan hatiku sudah mengeras(tak berapa ingat dan mudah lupa), serta lidahku juga sudah kelu( keras)." Beliau berkata: "Kalau begitu bacalah surat yang di dahului Haa' Mim."
-surah yang mula dengan haa mim.
Maka lelaki itupun mengatakan seperti perkataannya yang tadi. Beliau berkata: "Bacalah tiga surat yang diawali dengan sabbaha."
-boleh juga
Dan lelaki itupun mengatakan seperti perkataannya yang pertama, lalu dia mengatakan, "Wahai Rasulullah, yang aku mau anda membacakan kepadaku satu surat yang mencakup keseluruhan."
-royat yang mana.
Maka beliau menyuruhnya membaca surat Idzaa zulzilatil ardlu, hingga selesai.
-menunjukan nabi saw baca.
-ini qiraah atau cara baca.
-sahabat ini orang Arab yang sudah tua lidahnya berat.
Laki-laki itu berkata; "Demi Dzat Yang telah mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak akan menambahinya untuk selamanya(sama sekali)."
-dia cuma baca yang itu.
-yang mudah bagi dia dan sebagai wirid.
-bukan tak mahu baca ayat quran yang lain.tidak munasabah
Lalu orang itupun berpaling dan pergi meninggalkan beliau, lalu Rasulullah pun bersabda: "Sungguh beruntung
orang itu, sungguh beruntung orang(yang pergi) itu" Beliau mengucapkannya hingga dua kali.
-pujian nabi saw keatas orang ini
-nampak lekehالرُّوَيْجِلُ tetapi berjaya.
-begitulah alquran sedikit sudah berjaya apa lagi banyak..
-berpandukan surah ini sahaja sudah cukup untuk hidup.
٢ - الصلاة » ٤٦٩ - في عدد الآي
2. Shalat » 469. Jumlah ayat
١١٩٢ - حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَرْزُوقٍ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنَا قَتَادَةُ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سُورَةٌ مِنْ الْقُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ
1192. Telah menceritakan kepada kami 'Amru bin Marzuq telah mengabarkan kepada kami Syu'bah telah mengabarkan kepada kami Qatadah dari 'Abbas Al Jusyami dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Ada suatu surat dari al qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia di ampuni, yaitu; "Tabaarakalladzii biyadihil mulku…"
-semua nabi yang bagi tahu ini satu contoh atau bukti.Susunan pun sudah jelas.
-30 ayat sudah boleh beri syafaat dan ampunkan dosa.
-ini menunjukan bismillah bukan satu ayat dari surah itu.
- imam syafie berpendapat ayat dari surah.
- bismillah hanya untuk berkat.
-bismillah adalah ayat quran tetapi bukan dari satu bahagian dari tiap2 surah.
-kenapa ada tiap surah? Sebab nabi yang bubuh.
Sssss
٢ - الصلاة » ٤٧٠ - باب
Ini pecahan bab-bab sujud.
Berapakah tempat sujud dalam tilawah alquran?
١١٩٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ بْنِ الْبَرْقِيِّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا نَافِعُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ الْحَارِثِ بْنِ سَعِيدٍ الْعُتَقِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُنَيْنٍ مِنْ بَنِي عَبْدِ كُلَالٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْرَأَهُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِي الْقُرْآنِ مِنْهَا ثَلَاثٌ فِي الْمُفَصَّلِ وَفِي سُورَةِ الْحَجِّ سَجْدَتَانِ قَالَ أَبُو دَاوُد رُوِيَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى عَشْرَةَ سَجْدَةً وَإِسْنَادُهُ وَاهٍ
1193. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahim bin Al Buraqi telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Maryam telah mengabarkan kepada kami Nafi' bin Yazid dari Al Harits bin Sa'id Al 'Utaqi dari Abdullah bin Munain dari Bani Abdul Kulal, dari 'Amru bin Al 'Ash bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah membacakan untuknya lima belas ayat sajadah dalam Al Qur'an, di antaranya tiga ayat terdapat dalam surat Al Mufashal (dari surat Qaaf atau Al Hujurat sampai an naas), dan dalam surat Al Hajj dua ayat sajadah." Abu Daud berkata; "di riwayatkan dari Abu Darda` dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terdapat sebelas ayat sajadah, sedangkan sanadnya lemah."
١١٩٤ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ السَّرْحِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي ابْنُ لَهِيعَةَ أَنَّ مِشْرَحَ بْنَ هَاعَانَ أَبَا الْمُصْعَبِ حَدَّثَهُ أَنَّ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ حَدَّثَهُ قَالَ قُلْتُ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفِي سُورَةِ الْحَجِّ سَجْدَتَانِ قَالَ نَعَمْ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْهُمَا فَلَا يَقْرَأْهُمَا
1194. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin 'Amru bin As Sarh telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah menceritakan kepadaku Ibnu Lahi'ah bahwa Misrah bin Ha'an Abu Al Mush'ab telah bercerita kepadanya bahwa 'Ubah bin 'Amir telah menceritakan kepadanya, dia berkata; aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam; "Apakah dalam surat Al Haj terdapat dua ayat sajadah?" beliau menjawab: "ya, benar. Barangsiapa tidak sujud ketika membacanya, maka janganlah ia membaca kedua ayat sajadah tersebut."
Minit 9
Tiada ulasan:
Catat Ulasan