Sunan Abu daud kitab solat sesi 161s
٢ - الصلاة » ٤٩٧ - استحباب الترتيل في القراءة
2. Shalat » 497. Disunahkan untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil
Bab bagaimana membaca alquran dengan baik?
Bab membaca alquan dengan baik.
١٢٥٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنِي عَاصِمُ بْنُ بَهْدَلَةَ عَنْ زِرٍّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا
1252. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad telah menceritakan kepada Kami Yahya dari Sufyan, telah menceritakan kepadaku 'Ashim bin Bahdalah dari Zirr
-riwayat ini tak berapa kuat sebab adanya Ashim bin Bahdalah dan Zirr.
-sebab bab fadail boleh lah kita pakai.
dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dikatakan kepada orang yang membaca Al Qur'an:
-di dalam syurga nanti.
-maksud لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ
1.orang selalu baca quran dan mengamalkannya.
-tak buat apa yang quran suruh.
-ada yang kata - لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ
2.adalah orang yang hafal quran.
"Bacalah, dan (meningkat )naiklah,
-darjat meningkat naik di syurga.
-ini hasil dia baca didunia dulu.
-dia dapat pahala sebab semasa hidup didunia jadi daging darah pembacanya.
-orang ini sangat yakin dengan alquran.
-orang hafal akan menaik darjatnya sebab tak berhenti baca.ini kerana kelebihan alquran itu.
serta bacalah dengan tartil (jangan terburu-buru), sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia, sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca."
١٢٥٣ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسًا عَنْ قِرَاءَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كَانَ يَمُدُّ مَدًّا
1253. Telah menceritakan kepada Kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada Kami Jarir
dari Qatadah, ia berkata; saya bertanya kepada Anas mengenai bacaan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian ia berkata; beliau benar-benar memanjangkannya(dengan sempurna)
-mengikut kaedah yang betul.
-tempat ada mad asli baca mad asli atau panjang.
-mad mutasil dan mad munfasil
١٢٥٤ - حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ يَعْلَى بْنِ مَمْلَكٍ أَنَّهُ سَأَلَ أُمَّ سَلَمَةَ عَنْ قِرَاءَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَلَاتِهِ فَقَالَتْ وَمَا لَكُمْ وَصَلَاتَهُ كَانَ يُصَلِّي وَيَنَامُ قَدْرَ مَا صَلَّى ثُمَّ يُصَلِّي قَدْرَ مَا نَامَ ثُمَّ يَنَامُ قَدْرَ مَا صَلَّى حَتَّى يُصْبِحَ وَنَعَتَتْ قِرَاءَتَهُ فَإِذَا هِيَ تَنْعَتُ قِرَاءَتَهُ حَرْفًا حَرْفًا
1254. Telah menceritakan kepada Kami Yazid bin Khalid bin Mauhib Ar Ramli, telah menceritakan kepada Kami Al Laits dari Ibnu Abu Mulaikah dari Ya'la bin Mamlak bahwa ia bertanya kepada
Ummu Salamah mengenai bacaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam serta shalat beliau. Kemudian ia berkata; ada apa dengan kalian dan shalatnya (atau manalah nak bandingkan solat kamu dengan solatnya atau apa perlu kamu tahu tentang solatnya kerana solatnya sangat sempurna ), beliau melakukan shalat dan tidur seukuran lamanya shalat beliau, kemudian beliau melakukan shalat seukuran lamanya tidur beliau, kemudian beliau tidur seukuran lama beliau melakukan shalat hingga pagi hari. Kemudian Ummu Salamah menggambarkan bacaan Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam dan ia menggambarkan (adalah bacaannya) bacaannya sehuruf-sehuruf.
-Imam Ahmad dalam musnadnya(وَمَا لَكُمْ وَصَلَاتَهُ) jadi
مَا لَكُمْ وَلِصَلَاتَهُ
-jika kita baca seperti riwayat abu daud ini وَمَا لَكُمْ وَصَلَاتَهُ
Wau ada atof mukodar yang di andaikan ada...mana lah nak sama bacaan kamu dengan bacaannya dan manalah nak sama solat kamu dengan solatnya.jadi wau ada atof iaitu sesuatu yang mukodar. Wau di وَلِصَلَاتَهُ adalah wau maiyah.
-Yang kedua,apa yang kamu boleh jika kamu tahu.
Sebab kamu tanya dia nak royatla.
-dia tidur sejam dia solat sejam atau tidur ½ jam bangun solat ½ .
-gambaran bacaan nabi saw; haraf demi haraf dengan sempurna.
-haraf demi haraf juga bermaksud ayat demi ayat.bacaan sempurna kerana dia berhenti bila satu ayat sempurna.itu bacaan dalam solat malam. Walau boleh jika nak sambung . Tak boleh berhenti ditengah perkataan مضاف الية yakni berhenti pada مضاف, contoh لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ...berhenti pada لَيْلَةُ
Al-Qadr 97:3
لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
-berhenti yang tidak merusakan makna...ini lah makna harfan harfan.
١٢٥٥ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ قُرَّةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَهُوَ عَلَى
نَاقَةٍ يَقْرَأُ بِسُورَةِ الْفَتْحِ وَهُوَ يُرَجِّعُ
1255. Telah menceritakan kepada Kami Hafsh bin Umar, telah menceritakan kepada Kami Syu'bah dari Mu'awiyah bin Qurrah
dari Abdullah bin Mughaffal, ia berkata; saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada saat penaklukan Mekkah berada di atas unta membaca surat Al Fath, (baca dengan eluk atau berlagu sesuai dengan tajwid)dan beliau mengulang-ulangnya(tarjik).
-mad yang yang beralun suaranya.
-ada yang kata sebab berada diatas unta.
-ada yang kata memang sebab bacaan quran itu sendiri.
١٢٥٦ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ طَلْحَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْسَجَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ
1256. Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami Jarir dari Al A'masy dari Thalhah dari Abdurrahman bin 'Ausajah
dari Al Bara` bin 'Azib ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perindahlah(Hiaskan) Al Qur'an dengan suara kalian."
-quran sudah comel, biar lagi comel.زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ
Atau suara yang indah hanya comel disisi Allah jika kita baca quran.
١٢٥٧ - حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَيَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ بِمَعْنَاهُ أَنَّ اللَّيْثَ حَدَّثَهُمْ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي نَهِيكٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ وَقَالَ يَزِيدُ عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ وَقَالَ قُتَيْبَةُ هُوَ فِي كِتَابِي عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَمْرٍو عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي نَهِيكٍ عَنْ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ
1257. Telah menceritakan kepada Kami Abu Al Walid Ath Thayalisi, serta Qutaibah bin Sa'id serta Yazid bin Khalid bin Mauhib Ar Ramli secara makna bahwa Al Laits telah menceritakan kepada mereka dari Abdullah bin Abu Mulaikah dari Abdullah bin Abu Nuhaik
dari Sa'd bin Abu Waqqash. Yazid berkata dari Ibnu Mulaikah dari Sa'id bin Abu Sa'id, Qutaibah berkata; dalam catatanku adalah dari Sa'id bin Abu Sa'id,
-Said bin Said tak sempat jumpa Nabi saw.
-jika riwayat ini maka riwayat mursal
-jika riwayat dari Saad bin Abi Waqqas(sahabat) maka riwayat marfuk.
ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bukan dari golongan Kami orang yang tidak memperindah bacaan Al Qur'an (orang tidak berpada dengan alquran atau merasa cukup atau merasa kaya dengan alquran)."
-tidak bertajawid dan tartil atau kaedah yang betul
-bukan mesti jadi tukang lagu.
-satu lagi makna; tidak berpada atau cukup atau kaya dengan alquran yang diterima oleh semua ulamak.
-tiada khilaf semua orang baca quran walau tiada lagu sudah dapat pahala. Maknanya bukan yang baca tanpa lagu . Yang lebih sesuai ada lah orang yang tidak merasa cukup alquran. Atau lagu itu adalah nengikut kaedah tajwid.
-maksud orang tidak merasa cukup dengan alquran adalah tidak cari alquran bila nak buat undang-undang, tetapi cari undang-undang lain dari yang alquran untuk ambil sebagai panduan.
-bukan dari kalangan kita ,adakah jadi bukan Islam?
Ya bila rasa quran tidak sesuai atau tidak cukup untuk dijadikan panduan.
Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami Sufyan bin 'Uyainah dari 'Amr dari Ibnu Abu Mulaikah dari 'Ubaidullah bin Abu Nuhaik dari Sa'd, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata seperti itu.
١٢٥٨ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْوَرْدِ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي مُلَيْكَةَ يَقُولُ قَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي يَزِيدَ مَرَّ بِنَا أَبُو لُبَابَةَ فَاتَّبَعْنَاهُ حَتَّى دَخَلَ بَيْتَهُ فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ فَإِذَا رَجُلٌ رَثُّ الْبَيْتِ رَثُّ الْهَيْئَةِ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ قَالَ فَقُلْتُ لِابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ يَا أَبَا مُحَمَّدٍ أَرَأَيْتَ إِذَا لَمْ يَكُنْ حَسَنَ الصَّوْتِ قَالَ يُحَسِّنُهُ مَا اسْتَطَاعَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْأَنْبَارِيُّ قَالَ قَالَ وَكِيعٌ وَابْنُ عُيَيْنَةَ يَعْنِي يَسْتَغْنِي بِهِ
1258. Telah menceritakan kepada Kami Abdul A'la bin Hammad, telah menceritakan Abdul Jabbar bin Al Ward, ia berkata; saya mendengar Ibnu Abu Mulaikah berkata; Ubaidullah bin Abu Yazid berkata; Abu Lubabah lewat didepan Kami, lalu Kami mengikutinya hingga dia masuk ke rumahnya dan Kamipun masuk menemuinya, ternyata ia adalah seorang laki-laki perabotan rumahnya sedikit dan kondisinya(lusuh pakaian) memburuk, kemudian aku mendengar dia berkata; aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bukan dari golongan Kami orang yang tidak memperindah(berasa cukup dengan alquran) bacaan Al Qur'an." Abdul Jabbar berkata; aku bertanya kepada Ibnu Abu Malikah; wahai Abu Muhammad, bagaimana pendapatmu apabila ia tidak bagus suaranya? Ia menjawab; ia perindah suaranya semampunya.
- kedua2 makna boleh digunakan.
-orang yang berjiwa besar kerana merasa jiwanya kaya dengan quran.لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ
61. Hal-hal yang melunakkan hati » 3423. Kekayaan sejati adalah kekayaan jiwa
٥٩٦٥ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو حَصِينٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ
5965. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus telah menceritakan kepada kami Abu Bakr telah menceritakan kepada kami Abu Hashin dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta,
akan tetapi kekayaan itu adalah kaya hati."
-boleh kedua2 makna.
-bukan mesti jadi qari sahaja.
-jika berlagu sahaja tetapi jiwa miskin tidak termasuk makna.
-berlagu mengikut tajwid bukan sesuka hati.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sulaiman Al Anbari, ia berkata; Waki' dan Ibnu 'Uyainah berkata; yaitu ia menyibukkan dengan Al Qur'an.
❣❣❣
١٢٥٩ - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْمَهْرِيُّ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عُمَرُ بْنُ مَالِكٍ وَحَيْوَةُ عَنْ ابْنِ الْهَادِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا أَذِنَ اللَّهُ لِشَيْءٍ مَا أَذِنَ لِنَبِيٍّ حَسَنِ الصَّوْتِ يَتَغَنَّى بِالْقُرْآنِ يَجْهَرُ بِهِ
1259. Telah menceritakan kepada Kami Sulaiman bin Daud Al Mahri, telah mengabarkan kepada Kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Umar bin Malik serta Haiwah dari Ibnu Al Had dari Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits dari Abu Salamah bin Abdurrahman
dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah Allah memberikan izin untuk melakukan sesuatu sebagaimana Allah memberikan izin kepada seorang nabi yang indah suaranya memperindah bacaan Al Qur'an, dan mengeraskannya."
٢ - الصلاة » ٤٩٨ - التشديد فيمن حفظ القرآن ثم نسيه
2. Shalat » 498. Teguran bagi orang yang menghafal Al-Qur'an kemudian melupakannya
-bab ancaman terhadap orang yang hafal alquran yang lupa
١٢٦٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ أَخْبَرَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ عِيسَى بْنِ فَائِدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ امْرِئٍ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ ثُمَّ يَنْسَاهُ إِلَّا لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَجْذَمَ
1260. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Al 'Ala`, telah mengabarkan kepada Kami Ibnu Idris dari Yazid bin Abu Ziyad dari Isa bin Faid
dari Sa'd bin 'Ubadah ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seseorang membaca Al Qur'an kemudian ia melupakannya melainkan ia bertemu Allah 'azza wajalla pada hari Kiamat dalam keadaan mulutnya ompong."(dalam keadaan berpenyakit kusta)
Minit 9
Tiada ulasan:
Catat Ulasan