Halaman

Rabu, Jun 02, 2021

Sunan Abu daud kitab solat sesi 170s

Sunan Abu daud kitab solat sesi 170s
٢ -  الصلاة » ٥٠٤ -  النهي عن أن يدعو الإنسان على أهله وماله
2. Shalat  » 504. Larangan bagi seseorang untuk berdoa (kecelakaan) atas keluarga dan anaknya

١٣٠٩ - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ وَيَحْيَى بْنُ الْفَضْلِ وَسُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالُوا حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ مُجَاهِدٍ أَبُو حَزْرَةَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَوْلَادِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى خَدَمِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَمْوَالِكُمْ لَا تُوَافِقُوا مِنْ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى سَاعَةَ نَيْلٍ فِيهَا عَطَاءٌ فَيَسْتَجِيبَ لَكُمْ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا الْحَدِيثُ مُتَّصِلٌ عُبَادَةُ بْنُ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ لَقِيَ جَابِراً

1309. Telah menceritakan kepada Kami Hisyam bin 'Ammar dan Yahya bin Al Fadhl serta Sulaiman bin Abdurrahma, mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami Hatim bin Ismail, telah menceritakan kepada Kami Ya'qub bin Mujahid Abu Hazrah dari 'Ubadah bin Al Walid bin 'Ubadah bin Ash Shamit dari Jabir bin Abdullah, ia berkata; Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas diri kalian, janganlah kalian mendo'akan kecelakaan bagi anak-anak kalian, dan janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas pembantu kalian, dan janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas harta kalian, jangan sampai kalian berdoa tepat saat diperolehnya pemberian sehingga Allah mengabulkan do'a kalian. Abu Daud berkata; hadits ini adalah hadits yang muttashil (yaitu yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) sebab 'Ubadah bin Al Walid bin 'Ubadah bertemu dengan Jabir. 

٢ -  الصلاة » ٥٠٥ -  الصلاة على غير النبي صلى الله عليه وسلم
2. Shalat  » 505. Bershalawat untuk selaian Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam 

١٣١٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ الْأَسْوَدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ نُبَيْحٍ الْعَنَزِيِّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلِّ عَلَيَّ وَعَلَى زَوْجِي فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْكِ وَعَلَى زَوْجِكِ
1310. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Isa telah menceritakan kepada Kami Abu 'Awanah dari Al Aswad bin Qais dari Nubaih Al 'Anazi dari Jabir bin Abdullah bahwa terdapat seorang wanita yang berkata kepada Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam; doakan untukku dan suamiku! Maka Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam berkata: "Semoga Allah bershalawat untukmu dan suamimu". 

٢ -  الصلاة » ٥٠٦ -  الدعاء بظهر الغيب
2. Shalat  » 506. Doa untuk orang yang tidak ada di tempat

١٣١١ - حَدَّثَنَا رَجَاءُ بْنُ الْمُرَجَّى حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ أَخْبَرَنَا مُوسَى بْنُ ثَرْوَانَ حَدَّثَنِي طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ حَدَّثَتْنِي أُمُّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ حَدَّثَنِي سَيِّدِي أَبُو الدَّرْدَاءِ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَعَا الرَّجُلُ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَتْ الْمَلَائِكَةُ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

1311. Telah menceritakan kepada Kami Raja` bin Al murajji telah menceritakan kepada Kami An Nadhr bin Syumail, telah mengabarkan kepada Kami Musa bin Tsarwan telah menceritakan kepadaku Thalhah bin 'Ubaidullah bin Kariz, telah menceritakan kepadaku Ummu Ad Darda`, ia berkata; telah menceritakan kepadaku suamiku Abu Ad Darda` bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila seseorang mendoakan saudaranya secara sembunyi-sembunyi maka Malaikat akan berkata; aamiin, dan semoga engkau mendapatkan hal yang sama."

١٣١٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ السَّرْحِ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ أَسْرَعَ الدُّعَاءِ إِجَابَةً دَعْوَةُ غَائِبٍ لِغَائِبٍ

1312. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin 'Amru bin As Sarh, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Ziyad dari Abu Abdurrahman dari Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash bahwa Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya do'a yang paling cepat dikabulkan adalah do'a orang yang ghaib (tidak hadir) untuk saudaranya yang tidak hadir."

١٣١٣ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

1313. Telah menceritakan kepada Kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada Kami Hisyam Ad Dastuwai dari Yahya dari Abu Ja'far dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga doa yang akan dikabulkan, dan tidak diragukan padanya, yaitu: doa orang tua, doa orang yang bersafar, dan doa orang yang dizhalimi."

٢ -  الصلاة » ٥٠٧ -  ما يقول الرجل إذا خاف قوما
2. Shalat  » 507. Doa apa yang diucapkan oleh seseorang ketika takut dari suatu kaum

١٣١٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَافَ قَوْمًا قَالَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ

1314. Telah menceritakan dari Kami Muhammad bin Al Mutsanna, telah menceritakan kepada Kami Mu'adz bin Hisyam, telah menceritakan kepadaku ayahku dari Qatadah dari Abu Burdah bin Abdullah bahwa ayahnya telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila khawatir kepada suatu kaum beliau berdoa: "Ya Allah, sesungguhnya Kami menjadikanMu di leher-leher mereka (yaitu menghadapi mereka) dan Kami berlindung kepadaMu dari kejahatan mereka."


👉mmay nak bincang tajuk sesi lepas yang dikira belum puas hati sebab ringkas sangat.

 - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْجُعْفِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالَ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ قَالَ يَقُولُونَ بَلِيتَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِمْ
1308. Telah menceritakan kepada Kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada Kami Al Husain bin Ali Al Ju'fi dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani 
dari Aus bin Aus, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Hari Jum'at adalah diantara hari-hari kalian(kamu) yang terbaik, maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu, karena sesungguhnya shalawat kalian disampaikan(dikemukakan) kepadaku." Para sahabat bertanya; wahai Rasulullah, bagaimana shalawat Kami disampaikan kepadamu, sementara anda telah meninggal? Beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah tabaraka wa ta'ala telah mengharamkan (kepada tubuh nabi2) jasad para nabi shallAllahu 'alaihim wa sallam atas tanah."
-jadi pegangan ramai orang  yang tubuh nabi saw tidak hancur.
-nak dibuat pegangan kena bahas dan lihat setora mana hadits ini.
-nak bincang hadits ini ada dalam disini, ibnu majah ,nasaei, sahih ibnu hibban  dan lain2 lagi  .
- ramai ulamak kata sahih atas dasar dia ada dalamibnu hibban dan abu daud. Dan ramai yang kata tiada apa2 masalah dari segi sanad dan matannya termasuk sheikh nasirudin albani pun kata sahih.
-dia seorang yang kita hormat  dan berilmu dan setengah2 orang menganggap kata2nya muktamad.Itu tak kena. Orang yang mempertikaikan hadits ini bukan calang- calang orang juga.
-Munziri orang yang telah meringkaskan sunan Abi Daud ini.
-Dia kata Nasaei dan Ibnu Majah pun mengemukakan hadits ini.
- tapi hadits ini mempunyai ilat kecacatan yang sangat halus.
-Imam Bukhari dan lainnya telah mengisyaratkan kecacatan yang terdapat didalamnya.
-Aini pensyarah kitab bukhari dalam umdatulkori dan pensyarah sunan abi daud.
Dalam syarah sunan abi daud ,dia kata apa?
Ilatnya iaitu sanadnya  Al Husain bin Ali Al Ju'fi dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani dari Aus bin Aus
-sepatutnya Abdurrahman bin Yazid bin Jabir, bukan bin Jabir tapi At tamimi.
-Bukhari siapa?
Amiril mukmin fil hadits iaitu khalifah dalam ilmu hadits dan Tobibah hadits  iaitu doktor pakar hadits tahu dimana kecacatan hadits.
Bukharilah yang mempertikaikanya.
Abdurrahman bin Yazid bin Tamim , dia banyak riwayatnya mungkar. Ini bererti dia perawi dhaif. Bukan cucu Jabir.
Imam Tirmizi ada sebut dalam kitab ilal.
Khatib Baghdadi kata, Abdurrahman bin Yazid bin Tamim  yang ambil dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir tetapi tak betul.
-Ibnu Jabir siqah tetapi jika terputus tidak boleh pakai.
-Husain bin Ali tak sempat jumpa cucu Jabir tu.
-juga putus antara Abdurrahman bin Yazid bin Tamim dan Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani
Minit 24
-Abdurrahman bin Yazid bin Jabir  mati pada tahun berapa?
Pemeriksaan oleh ulamak hadis,
Mati pada tahun =154 H
-sekarang ni dia ambil dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani (Namanya :Syurahbil bin Aadas bin kalb). Dia ni sempat dengan zaman penaklukan Syria iaitu pada tahun ke 13 H
Dia ikut serta menakluk Syria.
Sedangkan Abdul Rahman bin Yazid bin Jabir  kena umur 150 baru dia sempat jumpa Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani.
Tiada seorang pun ulamak hadits yang mengatakan  kedua2 mereka atau salah seorangnya umur panjang sehingga 150 tahun .
Mesti ada sesaorang antara Abdul Rahman bin Yazid bin Jabir dengan Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani.
Siapa sesaorang itu?
Dengan ini munkotik atau putus.
Ini bahas dari segi sanad. Inil yang Imam Bukhari  kata ada kecacatan pada hadits ini. Yang betulnya Abdurrahman bin Yazid bin Tamim  seperti yang dikata oleh Imam Bukhari. Bukan Abdurrahman bin Yazid bin Jabir. Sebab  Husain bin Ali dia tak sempat dengan Abdurrahman bin Yazid bin Jabir.
Ini satu yang putus sanadnya.
 Satu lagi tempat putus antara Abdul Rahman bin Yazid bin Jabir dengan Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani.
Dengan sebab itu dia tidak boleh jadi sahih,jangan mudah terpedaya  dengan sesaorang ,kena semak sendiri.
Kita hormat albani tetapi banyak juga dia tergelincir.
Umpamanya hadits  thakolain dalam tirmizi  sahih padahal tidak sahih. Dia buat kerja banyak. Mudah2an  Allah swt mengampuni dia.
Satu lagi  riwayat berkenaan tubuh nabi tak dimakan oleh tanah.
Berbeza  lafaznya,yakni riwayat Ibnu Majah.
١٦٢٧ - حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ سَوَّادٍ الْمِصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلَالٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَيْمَنَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسَيٍّ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنَّهُ مَشْهُودٌ تَشْهَدُهُ الْمَلَائِكَةُ وَإِنَّ أَحَدًا لَنْ يُصَلِّيَ عَلَيَّ إِلَّا عُرِضَتْ عَلَيَّ صَلَاتُهُ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْهَا قَالَ قُلْتُ وَبَعْدَ الْمَوْتِ قَالَ وَبَعْدَ الْمَوْتِ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ فَنَبِيُّ اللَّهِ حَيٌّ يُرْزَقُ
1627. Telah menceritakan kepada kami Amru bin Sawad Al Mishri berkata, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb dari Amru bin Al Harits dari Sa'id bin Abu Hilal dari Zaid bin Aiman dari Ubadah bin Nusay dari Abu Darda ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari jum'at, sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang dari kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai. " Abu Darda berkata: "Aku bertanya, "Setelah meninggal juga?" Beliau menjawab: "Ya, setelah meninggal, sesungguhnya Allah mengharamkan bagi bumi untuk memakan tubuh para nabi, maka Nabi Allah akan selalu hidup dan diberi rizki. "
-sanad ni pun putus juga pada 2 tempat,lagilah dhaif.
-tempatnya Ubadah bin Nusay, ddia tak sempat dengan Abi Darda.mesti dia ambil daripada orang lain. Bukan secara langsung sebab tak sempat. Ertinya riwayat ini mursalah.
Begitu juga Zaid bin Aiman dia tak sempat jumpa dengan 
Ubadah bin Nusay.Demikian kata Imam Bukhari.
Maka jadi dhaif.
Maka tak boleh buat pegangan.
Yang kita sebut kenapa?
Takut jadi aqidah.
Nanti bila orang pertikai kata rosak pula.
Padahal nak jadi aqidah tidak boleh setara ini.
Hadits setara ini tidak boleh dijadikan aqidah.
Nak selawat boleh tiada kena mengena dengan tubuh dimakan bumi.
Ada riwayat lebih sahih ..setiap anak adam di makan oleh bumi kecuali sebahagian kecil.
Ini sahaja 2 sanad, riwayat abu darda dan  Aus bin Aus.
Kaedah taksis(nak khususkan) ,misalnya nabi saw bersabda
Yang boleh terima pusaka  kecuali nabi kerana  hadits yang tinggi dan mutawwatur.
Ada kemungkinan Allah jadi tubuh nabi tak dimakan bumi tetapi bukan aqidah.
Nak jadi aqidah kena 2
1.Qat i subut
2.Qat i dala lah.
Begitu juga hadits, kena sanad
Nak qat i subut hadits kena mutawatir.jika tidak  zanni
Satu lagi Qat i dala lah.
Hadits sahih yang mutawatir baru boleh dibuat usul aqidah.
Furuk aqidah boleh hadits sahih walaupun ahad.
Khilaf furuk aqidah  boleh,Usul aqidah tidak boleh.
Ini hadits dhaif tak boleh masuk furuk aqidah.
Sesaorang yang hancur boleh kita kata dia tak beramal?
Tidak boleh.
Bolehkah bila jumpa mayat tak reput itu mesti eluk?
Tidak boleh.
-hidup di alam barzah tidak memerlukan tubuh ini.
-jadi tidak boleh masuk furuk dan urul aqidah.
- jadi nabi  jumpa nabi musa bukan alam ini tapi alam misal.
-nabi duk solat dalam kubur? Itu hanya alam misal, pahala dia solat  masih tak putus.
-kemuliaan tidak ada kena mengena jasad hancur atau tidak.alam yang tak sama dengan alam ini.
- tabrani kata:hadits  tiada riwayat dari  Abdurrahman bin Yazid bin Jabir.
-furuk aqidah kena hadits sahih bukan dhaif.

٢ -  الصلاة » ٥٠٤ -  النهي عن أن يدعو الإنسان على أهله وماله
2. Shalat  » 504. Larangan bagi seseorang untuk berdoa (kecelakaan) atas keluarga dan anaknya

١٣٠٩ - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ وَيَحْيَى بْنُ الْفَضْلِ وَسُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالُوا حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ مُجَاهِدٍ أَبُو حَزْرَةَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَوْلَادِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى خَدَمِكُمْ وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَمْوَالِكُمْ لَا تُوَافِقُوا مِنْ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى سَاعَةَ نَيْلٍ فِيهَا عَطَاءٌ فَيَسْتَجِيبَ لَكُمْ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا الْحَدِيثُ مُتَّصِلٌ عُبَادَةُ بْنُ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ لَقِيَ جَابِراً
1309. Telah menceritakan kepada Kami Hisyam bin 'Ammar dan Yahya bin Al Fadhl serta Sulaiman bin Abdurrahma, mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami Hatim bin Ismail, telah menceritakan kepada Kami Ya'qub bin Mujahid Abu Hazrah dari 'Ubadah bin Al Walid bin 'Ubadah bin Ash Shamit dari Jabir bin Abdullah, ia berkata; Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas diri kalian, janganlah kalian mendo'akan kecelakaan bagi anak-anak kalian, dan janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas pembantu kalian, dan janganlah kalian mendo'akan kecelakaan atas harta kalian, jangan sampai kalian berdoa tepat saat diperolehnya pemberian sehingga Allah mengabulkan do'a kalian. Abu Daud berkata; hadits ini adalah hadits yang muttashil (yaitu yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) sebab 'Ubadah bin Al Walid bin 'Ubadah bertemu dengan Jabir. 

2 kemungkinan:
1.bila nak marah kita sumpah.tidak boleh kata.tidak boleh buat tak sedar.itu macam doa.jangan kata. akan jauh dari rahmat Allah.
2. Dia berdoa dalam keadaan mengantuk.sebab itu kena betul2 tahu apa yang kita minta.
Minit 50

Ini doa 
-doa kena perkara yang baik2.
-nak marah sabar boleh pahala.
- jika sumpah tiada pahala,rugi.
-sumpah  marah tak boleh.
-semua yang berlaku adalah kehendak Allah, binatang dijadikan untuk manusia.
-tuhan pilih kita jadi manusia.sangat bertuah.
-jika perangai binatang sudah berat .



٢ -  الصلاة » ٥٠٥ -  الصلاة على غير النبي صلى الله عليه وسلم
2. Shalat  » 505. Bershalawat untuk selaian Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam 

١٣١٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ الْأَسْوَدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ نُبَيْحٍ الْعَنَزِيِّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلِّ عَلَيَّ وَعَلَى زَوْجِي فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْكِ وَعَلَى زَوْجِكِ

1310. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Isa telah menceritakan kepada Kami Abu 'Awanah dari Al Aswad bin Qais dari Nubaih Al 'Anazi dari Jabir bin Abdullah bahwa terdapat seorang wanita yang berkata kepada Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam; doakan untukku dan suamiku! Maka Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam berkata: "Semoga Allah bershalawat untukmu dan suamimu". 
-selawat kepada bukan nabi.bolehkah?
-selawat dengan makna lughawi selawat bermakna doa.
-selawat dengan makna syarak iaitu kepada nabi saw.
-selawat kepada orang lain bermakna doa.
-solah dengan makna  doa bukan sembahyang.
-semua orang (orang besaf atau kecil)mengharapkan Allah 


٢ -  الصلاة » ٥٠٦ -  الدعاء بظهر الغيب
2. Shalat  » 506. Doa untuk orang yang tidak ada di tempat

-doa tanpa pengetahuannya.
-doa didepannya pun boleh.
-ini nak ajar doa bukan didepan sahaja tetapi juga dibelakang yang lebih ikhlas.
-doa ikhlas lebih diterima sebab tanpa menunjuk2.


١٣١١ - حَدَّثَنَا رَجَاءُ بْنُ الْمُرَجَّى حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ أَخْبَرَنَا مُوسَى بْنُ ثَرْوَانَ حَدَّثَنِي طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ حَدَّثَتْنِي أُمُّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ حَدَّثَنِي سَيِّدِي أَبُو الدَّرْدَاءِ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَعَا الرَّجُلُ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَتْ الْمَلَائِكَةُ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

1311. Telah menceritakan kepada Kami Raja` bin Al murajji telah menceritakan kepada Kami An Nadhr bin Syumail, telah mengabarkan kepada Kami Musa bin Tsarwan telah menceritakan kepadaku Thalhah bin 'Ubaidullah bin Kariz, telah menceritakan kepadaku Ummu Ad Darda`, ia berkata; telah menceritakan kepadaku suamiku Abu Ad Darda` bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila seseorang mendoakan saudaranya secara sembunyi-sembunyi maka Malaikat akan berkata; aamiin, dan semoga engkau mendapatkan hal yang sama."
-sanad hadits ini tak kuat.
-Ummu Darda ada 2 orang.
-Kharah  ,sahabiah Ummu darda kubra 
-yang kedua seorang tabiinyah , Hujaimah, Ummu Darda sughra.
-suami isteri secara umum akan bertemu kembali jika tak bercerai dan sepadan sama2 baik.
-doa malaikat makbul dan kita juga dapat.
-tujuan nak suruh ingat kepada saudara seagama

١٣١٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ السَّرْحِ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ أَسْرَعَ الدُّعَاءِ إِجَابَةً دَعْوَةُ غَائِبٍ لِغَائِبٍ

1312. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin 'Amru bin As Sarh, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku 
Abdurrahman bin Ziyad dari Abu Abdurrahman dari Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash bahwa Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya do'a yang paling cepat dikabulkan adalah do'a orang yang ghaib (tidak hadir) untuk saudaranya yang tidak hadir."
-walaupun ada dihadapannya.
-bagaimanapun hadits ini tidak sahih.sebab ada Abdurrahman bin Ziyad, orang Afriki.dia perawi dhaif
-tengok lah sebab ini bab fadail boleh pakai.
- quran ajar doa untuk orang mukmin. Yang dhaif dari segi sanad bukan dari segi maknanya.

١٣١٣ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

1313. Telah menceritakan kepada Kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada Kami Hisyam Ad Dastuwai dari Yahya dari Abu Ja'far
dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga doa yang akan dikabulkan, dan tidak diragukan padanya, yaitu: doa orang tua, doa orang yang bersafar, dan doa orang yang dizhalimi."
-doa mak pun sama
-hadits ini juga tak kuat.
-Abu Ja'far,perawi majhul, tapi boleh pakai, isinya sahih.


٢ -  الصلاة » ٥٠٧ -  ما يقول الرجل إذا خاف قوما
2. Shalat  » 507. Doa apa yang diucapkan oleh seseorang ketika takut dari suatu kaum
-apa doanya?

١٣١٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَافَ قَوْمًا قَالَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ
1314. Telah menceritakan dari Kami Muhammad bin Al Mutsanna, telah menceritakan kepada Kami Mu'adz bin Hisyam, telah menceritakan kepadaku ayahku dari Qatadah dari Abu Burdah bin Abdullah bahwa ayahnya telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila khawatir kepada suatu kaum beliau berdoa: "Ya Allah, sesungguhnya Kami menjadikanMu di leher-leher mereka (yaitu menghadapi mereka) dan Kami berlindung kepadaMu dari kejahatan mereka."
-Nabi saw juga takut?
-itu sifat manusia.
-jika hancur tiada masalah itu sifat manusia.
-tapi takut dia ,dia menyerahkan kepada Allah dan Allah gandakan pahala.
-Syiah kata ini hadits maudhuk.
-bagi kita tidak,itu sifat manusia boleh takut.
-hadits2 sahih tentang ini banyak lagi cuma yang ini sanadnya dhaif.
-dalam bab fadilat boleh guna hadits seperti ini.
-dalam quran ada doa selamatkan dari orang zalim.
رَبِّ نَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ 
Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zhalim itu.”


Al-Qasas 28:21
فَخَرَجَ مِنْهَا خَآئِفًا يَتَرَقَّبُۖ قَالَ رَبِّ نَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ 
Maka keluarlah dia (Musa) dari kota itu dengan rasa takut, waspada (kalau ada yang menyusul atau menangkapnya), dia berdoa, “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zhalim itu.”



Hadits 1314
اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ
Ya Allah aku letakan Engkau dihadapan mereka, biar Engkau menjadi penghalang antara aku dan mereka.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan