٩ - الجهاد » ٩٩٧ - في نفل السرية تخرج من العسكر
9. Jihad » 997. Nafl untuk regu ekspedisi yang keluar dari pasukan(nafal diberikan sariyah-pasukan tentera yg kecil)
👉Jamak kepada anfal ialah نفل
Nafal diberi kepada sariyah(pasukan yg kecil).
Pasukan kecik ini Serang dan dapat harta ghanimah,demo ni berhak mendapat nafal atau saguhati.
Pasukan yg besar serang dan dapat ghanimah.
Yg kecil tu dapat juga dari serangan dari pasukan besar walaupun mereka tidak bersama pasukan besar.
٢٣٦٢ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ نَجْدَة
َ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِم
ٍ ح
و حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَنْطَاكِيُّ
قَالَ حَدَّثَنَا مُبَشَّرٌ
ح
و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ الطَّائِيُّ
أَنَّ الْحَكَمَ بْنَ نَافِعٍ حَدَّثَهُمْ الْمَعْنَى
كُلُّهُمْ عَنْ شُعَيْبِ بْنِ أَبِي حَمْزَةَ
عَنْ نَافِعٍ
عَنْ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ
بَعَثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِي جَيْشٍ قِبَلَ نَجْدٍ وَانْبَعَثَتْ
سَرِيَّةٌ مِنْ الْجَيْشِ
فَكَانَ سُهْمَانُ الْجَيْشِ
اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
وَنَفَّلَ أَهْلَ السَّرِيَّةِ بَعِيرًا بَعِيرًا
فَكَانَتْ سُهْمَانُهُمْ
ثَلَاثَةَ عَشَرَ
ثَلَاثَةَ عَشَرَ
حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ عُتْبَةَ الدِّمَشْقِيُّ
قَالَ
قَالَ الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ
حَدَّثْتُ ابْنَ الْمُبَارَكِ
بِهَذَا الْحَدِيثِ قُلْتُ
وَكَذَا حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فَرْوَةَ
عَنْ نَافِعٍ قَالَ لَا تَعْدِلُ مَنْ سَمَّيْت
َ بِمَالِكٍ هَكَذَا أَوْ نَحْوَهُ
يَعْنِي مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ
2362. Telah menceritakan kepada kami
Abdul Wahhab bin Najdah, telah menceritakan kepada kami
✍Al Walid bin Muslim, dan telah diriwayatkan
dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami
✍Musa bin Abdurrahman Al Anthaki, ia berkata; telah menceritakan kepada kami
Mubasysyar, dan telah diriwayatkan
dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Auf Ath Tha`i, bahwa
✍Al Hakam bin Nafi', telah menceritakan kepada mereka secara makna,
seluruh mereka berasal dari
Syu'aib bin Abu Hamzah, dari
Nafi', dari
Ibnu Umar, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutus kami dalam sebuah pasukan menuju Najd,
kemudian diutuslah satu kesatuan militer dari pasukan tersebut,
saham pasukan tersebut adalah dua belas unta, dua belas unta.
Dan beliau memberikan tambahan kepada kesatuan militer satu unta, satu unta.
Sehingga saham mereka adalah tiga belas.
Telah menceritakan kepada kami
Al Walid bin 'Utbah Ad Dimasyqi, ia berkata;
Al Walid bin Muslim berkata;
aku menceritakan kepada
Ibnu Al Mubarak dengan hadits ini.
Aku katakan; demikianlah
Ibnu Abu Farwah menceritakan kepada kami dari
Nafi', ia berkata;
orang yang telah engkau sebutkan tidak sama dengan seorang Malik, yaitu Malik bin Anas.
(Iman malik)
👉Riwayat imam malik tak sebut lagu tu
Imam malik seorang yg hebat,ibnu almubarak seorang yg sangat alim mengakui kehebatanya.
Riwayat yg pertama tak boleh pakai jadi dhoif sebab riwayat syadh(ada percanggahan antara perawi thiqah dgn perawi yg lebih thiqah)
Pasukan kecil dapat 220ekor
Pasukan besar lebih byk lagi.
Perlu takwil=peserta sariyah-pasukan sariyah keluar daripasukan besar
Semua pasukan dapat ghanimah dr hasil ghanimah pasukan kecill?(200 ekor unta dan 200ekor kambing)
4000 orang tentera dibahagi 12ekor seorang? kandungannya tak benar.tak masuk aqal.ini la riwayat salah.sanad molek tapi kandungannya tak logik
Berbeza dgn hadis riwayat muslim.
Abu daud biasanya akan bawa hadisnyg tak kemas pada awalnya.
Iman malik tak riwayat seperti ini.
Waham,boleh ada pada manusia
Imam malik ada waham tapi tak byk.
Bila bercanggah antara 2orang yg hebat mesti pilih yg lebih hebat.
Imam malik disokong oleh Laits.
Dalam riwayat malik tidak disebutkan pasukan kecil dari pasukan besar.
Kena 60,000ekor baru dapat 12ekor seorang.
Kena tarjih dr segi diroyah(logik) jika sanad sahih pun tak boleh terima.
Contoh Tak logik,kapal nabi nuh tawaf kaabah.
Contoh lagi hadis selimut cucu dlm kitab muslim
Kena kenal perawi.
Jika terima hadis,tak masuk aqal sebab hasan tak lahir lagi.
Hasan lahir tahun ke7
Husin lahir tahun ke9
Peristiwa berlaku tahun ke4hijrah
Bukti tok bidan sambut kelahiran hasan balik tahun ke7 hijrah.
Ummu fadal,menyusu dgn anaknya yg mn?
Dia dok mn?
Dia Bini abbas.
Makna nya dia menyusukan husin
Tahkib=kaji
Menilai hadis menggunakan aqal.
Ada yg tak boleh guna aqal seperti jumlah pahala.
Ini jumlah unta,boleh dikira.
Riwayat ibnu umar.
Riwayat ibnu ishak pun tak sebut keluar dari pasukan yg besar.
Tujuan abu daud untuk jadikan orang yg baca kitabnya ahli hadis
٢٣٦٣ - حَدَّثَنَا
هَنَّادٌ قَالَ حَدَّثَنَا
عَبْدَةُ يَعْنِي ابْنَ سُلَيْمَانَ الْكِلَابِيَّ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ
عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ بَعَثَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً إِلَى نَجْدٍ فَخَرَجْتُ مَعَهَا فَأَصَبْنَا نَعَمًا كَثِيرًا
فَنَفَّلَنَا أَمِيرُنَا بَعِيرًا بَعِيرًا لِكُلِّ إِنْسَانٍ
ثُمَّ قَدِمْنَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َفَقَسَمَ بَيْنَنَا غَنِيمَتَنَا
فَأَصَابَ كُلُّ رَجُلٍ مِنَّا اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
بَعْدَ الْخُمُسِ
وَمَا حَاسَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالَّذِي أَعْطَانَا صَاحِبُنَا
وَلَا عَابَ عَلَيْهِ بَعْدَ مَا صَنَعَ
فَكَانَ لِكُلِّ رَجُل
ٍ مِنَّا ثَلَاثَةَ عَشَرَ بَعِيرًا بِنَفْلِهِ
2363. Telah menceritakan kepada kami Hannad, telah menceritakan kepada kami 'Abdah bin Sulaiman Al Kilabi dari Muhammad bin Ishaq dari
Nafi' dari
Ibnu Umar, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutus satu kesatuan militer ke Najd,
kemudian aku keluar bersama kesatuan militer tersebut dan kami mendapatkan banyak binatang ternak. Kemudian pemimpin kami memberikan tambahan satu unta, satu unta untuk setiap orang.
Kemudian kami datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan beliau membagikan rampasan perang kepada kami.
Sehingga setiap kami mendapatkan dua belas unta setelah diambil seperlima.
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak menghitung apa yang telah diberikan pemimpin kami kepada kami,
dan beliau tidak mencelanya setelah ia melakukan hal tersebut.
Sehingga setiap kami memiliki tiga belas unta dengan tambahan tersebut.
٢٣٦٤ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ
ح و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ
وَيَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ مَوْهَبٍ
قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ الْمَعْنَى
عَنْ نَافِعٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَر
َأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بَعَثَ سَرِيَّةً فِيهَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ
قِبَلَ نَجْدٍ فَغَنِمُوا إِبِلًا كَثِيرَةً
فَكَانَتْ سُهْمَانُهُمْ اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا
وَنُفِّلُوا بَعِيرًا بَعِيرًا
زَادَ ابْنُ مَوْهَبٍ
فَلَمْ يُغَيِّرْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
2364. Telah menceritakan kepada kami
Abdullah bin Maslamah dari
Malik, dan telah diriwayatkan
dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah, dan
Yazid bin Khalid bin Mauhab,
mereka berkata;
telah menceritakan kepada kami
Al Laits secara makna, dari
Nafi' dari
Abdullah bin Umar,
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengirim satu kesatuan militer yang padanya terdapat Abdullah bin Umar ke arah Najd.
Kemudian mereka mendapatkan rampasan unta yang banyak.
Saham mereka adalah dua belas unta dan mereka diberi tambahan satu ekor, satu ekor oleh
Ibnu Mauhab,
dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak mengubah hal tersebut.
٢٣٦٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ
قَالَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
قَالَ بَعَثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَرِيَّةٍ
فَبَلَغَتْ سُهْمَانُنَا اثْنَيْ عَشَرَ بَعِيرًا وَنَفَّلَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعِيرًا بَعِيرًا
قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ بُرْدُ بْنُ سِنَانٍ
عَنْ نَافِعٍ مِثْلَ حَدِيثِ عُبَيْدِ اللَّهِ وَرَوَاهُ أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ مِثْلَهُ
إِلَّا أَنَّهُ قَالَ
وَنُفِّلْنَا بَعِيرًا بَعِيرًا لَمْ يَذْكُرْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
2365. Telah menceritakan kepada kami
Musaddad telah menceritakan kepada kami
Yahya dari
'Ubaidullah, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Nafi', dari
Abdullah, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengutus kami dalam sebuah kesatuan militer.
Dan saham mereka mencapai dua belas unta.
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tambahan satu unta, satu unta.
Abu Daud berkata;
hadits tersebut diriwayatkan oleh
Burd bin Sinan dari
Nafi' seperti hadits
'Ubaidullah.
Dan telah diriwayatkan oleh
Ayyub dari
Nafi' seperti itu hanya saja ia berkata;
dan kami diberi tambahan satu unta, satu unta.
Dan ia tidak menyebutkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
👉Lafaznya sama مِثْلَهُ
٢٣٦٦ - حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ
قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي
ح و حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ أَبِي يَعْقُوبَ
قَالَ حَدَّثَنِي حُجَيْنٌ
قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْث
ُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَدْ كَانَ يُنَفِّلُ بَعْضَ مَنْ يَبْعَثُ مِنْ السَّرَايَا
لِأَنْفُسِهِمْ خَاصَّةَ النَّفَلِ سِوَى قَسْمِ عَامَّةِ الْجَيْشِ
وَالْخُمُسُ فِي ذَلِكَ وَاجِبٌ كُلُّهُ
2366. Telah menceritakan kepada kami
Abdul Malik bin Syu'aib bin Al Laits, ia berkata; telah menceritakan kepadaku
ayahku, dari
kakekku, dan telah diriwayatkan
dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami
Hajjaj bin Abu Ya'qub, ia berkata;
telah menceritakan kepadaku Hujain, ia berkata;
telah menceritakan kepada kami
Al Laits dari
'Uqail dari
Ibnu Syihab, dari
Salim dari
Abdullah bin Umar, bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah memberikan tambahan kepada sebagian orang yang beliau utus dari kesatuan-kesatuan militer khusus untuk mereka selain bagian yang diberikan kepada para pasukan secara umum.
Dan seperlima dalam hal tersebut adalah wajib semua.
٢٣٦٧ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ
حَدَّثَنَا حُيَيٌّ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
خَرَجَ يَوْمَ بَدْرٍ فِي ثَلَاثِ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اللَّهُمَّ إِنَّهُمْ حُفَاةٌ فَاحْمِلْهُمْ اللَّهُمَّ
إِنَّهُمْ عُرَاةٌ فَاكْسُهُمْ اللَّهُمَّ إِنَّهُمْ جِيَاعٌ فَأَشْبِعْهُمْ
فَفَتَحَ اللَّهُ لَهُ يَوْمَ بَدْرٍ
فَانْقَلَبُوا حِينَ انْقَلَبُوا وَمَا مِنْهُمْ رَجُلٌ
إِلَّا وَقَدْ رَجَعَ بِجَمَلٍ أَوْ جَمَلَيْنِ وَاكْتَسَوْا وَشَبِعُوا
2367. Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb, telah menceritakan kepada kami Huyai dari Abu Abdurrahman Al Hubuli, dari
Abdullah bin 'Amr, bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar pada saat perang Badr bersama tiga ratus lima belas orang. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa:
"Ya Allah, mereka adalah orang-orang yang tidak beralas kaki maka berilah mereka tunggangan,
mereka adalah orang-orang yang telanjang maka berilah mereka pakaian,
sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang lapar maka kenyangkanlah mereka."
Kemudian Allah memberi beliau kemenangan pada perang Badr.
Sehingga mereka berbalik kondisi mereka, tidak ada seorangpun diantara mereka melainkan ia telah pulang dengan membawa satu atau dua ekor unta,
dan mereka berpakaian serta merasa kenyang.
🍇🍇🍇🍇
٩ - الجهاد » ٩٩٨ - فيمن قال الخمس قبل النفل
9. Jihad » 998. Pendapat yang mengatakan "Seperlima dibagi sebelum Nafl"
٢٣٦٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ قَالَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ الشَّامِيِّ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ زِيَادِ بْنِ جَارِيَةَ التَّمِيمِيِّ عَنْ حَبِيبِ بْنِ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيِّ أَنَّهُ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنَفِّلُ الثُّلُثَ بَعْدَ الْخُمُسِ
2368. Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Katsir, ia berkata; telah mengabarkan kepada kami
Sufyan dari
Yazid bin Yazid bin Jabir Asy Syami, dari
Makhul dari
Ziyad bin Jariyah At Taimi dari
Habib bin Maslamah Al Fihri, bahwa ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tambahan sepertiga setelah diambil seperlima.
٢٣٦٩ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ الْجُشَمِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ ابْنِ جَارِيَةَ عَنْ حَبِيبِ بْنِ مَسْلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُنَفِّلُ الرُّبْعَ بَعْدَ الْخُمُسِ وَالثُّلُثَ بَعْدَ الْخُمُسِ إِذَا قَفَلَ
2369. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Umar bin Maisarah Al Jusyami, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Mu'awiyah bin Shalih dari Al 'Ala` bin Al Harits dari Makhul dari Ibnu Jariyah dari Habib bin Maslamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tambahan seperempat setelah diambil seperlima, dan sepertiga setelah diambil seperlima apabila berangkat.
٢٣٧٠ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَشِيرِ بْنِ ذَكْوَانَ وَمَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيَّانِ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا وَهْبٍ يَقُولُ سَمِعْتُ مَكْحُولًا يَقُولُ كُنْتُ عَبْدًا بِمِصْرَ لِامْرَأَةٍ مِنْ بَنِي هُذَيْلٍ فَأَعْتَقَتْنِي فَمَا خَرَجْتُ مِنْ مِصْرَ وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الْحِجَازَ فَمَا خَرَجْتُ مِنْهَا وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الْعِرَاقَ فَمَا خَرَجْتُ مِنْهَا وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الشَّامَ فَغَرْبَلْتُهَا كُلُّ ذَلِكَ أَسْأَلُ عَنْ النَّفَلِ فَلَمْ أَجِدْ أَحَدًا يُخْبِرُنِي فِيهِ بِشَيْءٍ حَتَّى لَقِيتُ شَيْخًا يُقَالُ لَهُ زِيَادُ بْنُ جَارِيَةَ التَّمِيمِيُّ فَقُلْتُ لَهُ هَلْ سَمِعْتَ فِي النَّفَلِ شَيْئًا قَالَ نَعَمْ سَمِعْتُ حَبِيبَ بْنَ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيَّ يَقُولُ شَهِدْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفَّلَ الرُّبُعَ فِي الْبَدْأَةِ وَالثُّلُثَ فِي الرَّجْعَةِ
2370. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Ahmad bin Basyir bin Dzakwan, serta Mahmud bin Khalid Ad Dimasyqi secara makna, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Marwan bin Muhammad, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah, ia berkata; saya mendengar Abu Wahb berkata; saya telah mendegar Makhul berkata; dahulu aku adalah seorang budak di Mesir milik seorang wanita dari Bani Hudzail, kemudian ia membebaskanku. Tidaklah aku keluar dari Mesir dan padanya terdapat ilmu kecuali aku telah menguasainya sepengetahuanku, kemudian aku datang ke Hijaz, tidaklah aku keluar darinya dan padanya terdapat ilmu melainkan aku telah menguasainya sepengetahuanku. Kemudian aku datang ke Irak, tidaklah aku keluar darinya dan padanya terdapat ilmu melainkan aku telah menguasainya sepengetahuanku. Kemudian aku datang ke Syam lalu aku mengetahui kondisi orang-orang yang ada di sana, setiap itu semua aku bertanya mengenai nafal (tambahan yang diberikan seorang pemimpin) dan aku tidak menjumpai seseorang yang memberitahukan mengenainya hingga aku bertemu dengan seorang syekh yang bernama Ziyad bin Jariyah At Taimi. Kemudian aku tanyakan kepadanya; apakah engkau pernah mendengar sesuatu mengenai nafal? Ia berkata; ya. Aku pernah mendengar Habib bin Maslamah Al Fihri berkata; aku menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memberikan tambahan seperempat ketika pergi dan sepertiga ketika kembali.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan