٥ - المناسك » ٥٦٣ - الكري
5. Manasik » 563. Orang sewaan
👉Orang yg menyewakan kenderaannya الكري(kari).
satu makna menyewakan dan boleh dgn makna orang yg menyewakan
👉Upah atau bayaran yg diberikan.
١٤٧٣ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ الْمُسَيِّبِ حَدَّثَنَا أَبُو أُمَامَةَ التَّيْمِيُّ قَالَ كُنْتُ رَجُلًا أُكَرِّي فِي هَذَا الْوَجْهِ وَكَانَ نَاسٌ يَقُولُونَ لِي إِنَّهُ لَيْسَ لَكَ حَجٌّ فَلَقِيتُ ابْنَ عُمَرَ فَقُلْتُ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ إِنِّي رَجُلٌ أُكَرِّي فِي هَذَا الْوَجْهِ وَإِنَّ نَاسًا يَقُولُونَ لِي إِنَّهُ لَيْسَ لَكَ حَجٌّ فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ أَلَيْسَ تُحْرِمُ وَتُلَبِّي وَتَطُوفُ بِالْبَيْتِ وَتُفِيضُ مِنْ عَرَفَاتٍ وَتَرْمِي الْجِمَارَ قَالَ قُلْتُ بَلَى قَالَ فَإِنَّ لَكَ حَجًّا جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ مِثْلِ مَا سَأَلْتَنِي عَنْهُ فَسَكَتَ عَنْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يُجِبْهُ حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ } فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَرَأَ عَلَيْهِ هَذِهِ الْآيَةَ وَقَالَ لَكَ حَجٌّ
1473. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad, telah menceritakan kepada Kami Abdul Wahid bin Ziyad, telah menceritakan kepada Kami Al 'Ala` bin Al Musayyab, telah menceritakan kepada Kami
Abu Umamah At Taimi, ia berkata;
aku menyewakan sesuatu pada saat perjalanan untuk berhaji,
orang-orang mengatakan; engkau tidak mendapatkan pahala haji,
kemudian aku menemui Ibnu Umar dan aku katakan; wahai Abdurrahman, aku adalah orang yang menyewakan sesuatu saat perjalanan untuk berhaji, dan orang-orang mengatakan bahwa aku tidak mendapatkan pahala haji?
Maka Ibnu Umar berkata; bukankah kamu berihram, mengucapkan talbiyah (niat), dan melakukan thawaf di ka'bah, bertolak dari Arafah dan melempar jumrah? Aku menjawab: ya! Dia berkata; kamu mendapatkan pahala haji.
Telah datang datang seorang laki-laki kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan bertanyakan apa yang engkau tanyakan kepadaku, kemudian Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam tidak menjawabnya hingga ayat ini turun: "Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezki hasil perniagaan) dari Tuhanmu." Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutus seseorang untuk membacakan ayat ini dan mengatakan kepada orang yang bertanya: engkau mendapatkan pahala haji
١٤٧٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ مَسْعَدَةَ
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ
عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ
عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّاسَ فِي أَوَّلِ الْحَجِّ كَانُوا يَتَبَايَعُونَ بِمِنًى وَعَرَفَةَ وَسُوقِ ذِي الْمَجَازِ وَمَوَاسِمِ الْحَجِّ فَخَافُوا الْبَيْعَ وَهُمْ حُرُمٌ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سُبْحَانَهُ
{ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ }
فِي مَوَاسِمِ الْحَجِّ قَالَ فَحَدَّثَنِي عُبَيْدُ بْنُ عُمَيْرٍ أَنَّهُ كَانَ يَقْرَؤُهَا فِي الْمُصْحَفِ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ كَلَامًا مَعْنَاهُ
أَنَّهُ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّاسَ فِي أَوَّلِ مَا كَانَ الْحَجُّ كَانُوا يَبِيعُونَ
فَذَكَرَ مَعْنَاهُ إِلَى قَوْلِهِ مَوَاسِمِ الْحَجِّ
1474. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada Kami Hammad bin Mas'adah, telah menceritakan kepada Kami
Ibnu Abu Dzi`bin dari 'Atha` bin Abu Rabah dari 'Ubaid bin 'Umair
dari Abdullah bin Abbas bahwa orang-orang ketika pertama kali melakukan haji mereka tidak berjual beli di Mina serta 'Arafah dan pasar Dzul Majaz, serta pada musim-musim haji. Mereka khawatir berjual beli sementara mereka sedang berihram.
Kemudian Allah menurunkan ayat: "Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezki hasil perniagaan) dari Tuhanmu, " Pada Musim-musim haji. Ia berkata; telah menceritakan kepadaku 'Ubaid bin 'Umair bahwa ia membaca ayat tersebut di dalam mushhaf.
Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Abu Fudaik, telah mengabarkan kepada Kami Ibnu Abu Dzi`b
dari 'Ubaid bin 'Umair.
Ahmad bin Shalih mengatakan sebuah perkataan yang maknanya bahwa ia adalah mantan budak Ibnu Abbas dari Abdullah bin Abbas bahwa pertama kali haji mereka berjual beli, …… -kemudian ia menyebutkan secara makna hingga perkataannya; dan musim-musim haji.
٥ - المناسك » ٥٦٤ - في الصبي يحج
5. Manasik » 564. Hajinya anak kecil
١٤٧٥ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عُقْبَةَ عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالرَّوْحَاءِ فَلَقِيَ رَكْبًا فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ قَالَ مَنْ الْقَوْمُ فَقَالُوا الْمُسْلِمُونَ
فَقَالُوا فَمَنْ أَنْتُمْ
قَالُوا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَفَزِعَتْ امْرَأَةٌ فَأَخَذَتْ بِعَضُدِ صَبِيٍّ فَأَخْرَجَتْهُ مِنْ مِحَفَّتِهَا
قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ لِهَذَا حَجٌّ
قَالَ نَعَمْ وَلَكِ أَجْرٌ
1475. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Sufyan bin 'Uyainah
dari Ibrahim bin 'Uqbah
dari Kuraib
dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berada di Rauha`,
kemudian bertemu dengan orang-orang yang menunggang kendaraan.
Beliau bertanya: "Siapakah kalian ini?" Mereka berkata; Kami adalah orang-orang muslim.
Kemudian mereka berkata; dan siapakah kalian?
Para sahabat berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Kemudian terdapat seorang wanita yang kaget, lalu ia memegang lengan seorang anak kecil dan mengeluarkannya dari tandunya dan berkata; wahai Rasulullah, apakah anak ini boleh melakukan haji?
Beliau bersabda: "Ya, dan engkau akan mendapatkan pahala."
👉Musa bin Uqbah adik beradik dgn Ibrahim bin Uqbah
Berada di Rauha ketika balik dari mekah(diketahui dari hadis nasai)
Sekedup yg tiada tudung مِحَفَّتِهَا
Haji budak,Khilaf,ada yg kata lepas dan ada yg kata tidak.
Bg imam tohawi kata tidak boleh disahkan.
Sekadar sah sahaja ,tapi bukan haji rukun islam.
Ada yg kata boleh kat ibubapa.
Ada yg kata budak dapat pahala sunat dan latihan.
Sah ihram kanak2 yg mumayiz untuk sunat bukan ferdu.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan