Minit 10
باب في التَّقَدُّمِ:
Ini bab berpuasa sebelum masuk bulan ramadan.
٨ - الصوم » ٧٦٣ - في التقدم
8. Puasa » 763. Penjelasan tentang mendahului
١٩٨٣ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ وَسَعِيدٍ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي الْعَلَاءِ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِرَجُلٍ هَلْ صُمْتَ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ شَيْئًا قَالَ لَا قَالَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمًا وَقَالَ أَحَدُهُمَا يَوْمَيْنِ
1983. Telah menceritakan kepada kami
Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Hammad dari
Tsabit dari
Mutharrif dari
'Imran bin Hushain serta Sa'id Al Jurairi, dari
Abu Al 'Ala`, dari
Mutharrif dari
Imran bin Hushain bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepada seorang laki-laki; apakah engkau berpuasa pada Bulan Sya'ban?
Ia berkata; tidak.
Beliau berkata; apabila engkau berbuka (setelah ramadan)maka berpuasalah satu hari.
Salah seorang diantara mereka berdua mengatakan; dua hari.
👉bab keharusan berpuasa dihujung ramadan atau sebelum ramadan,dan ini bercanggah dgn hadis sebelum dan selepas ini.
Pakai kaedah jamak.
Diantara dua hadis yg bertentangan itu adalah..
Yg dilarang sehari dua sebelum ramadan jadi jika 3dan seterusnya hari sebelum tidak dilarang.
Dan kepada orang dag biasa berpuasa pun boleh tetapi jika tak pernah berpuasa tidak boleh.
Hadis ini hadis imran bin husin
Nombor satu benda keliru,ilmu alat penting
Ada benda perlu penerangan agar tidak terkeliru.
Kitab syarah abu daud seperti:
Balulmajhul -kitab yg hurai dgn baik tentang tempat musykil seperti qola abu daud biar selesai
Nailul madbud dan lain2 kitab abu abu daud ,dia tak tekan yg tu.sedang itu yg susah.
Jika tak baca matan shj boleh keliru.
Cu tengok sanad... Mutharrif dari
'Imran bin Hushain serta Sa'id Al Jurairi, dari Abu Al 'Ala`, dari Mutharrif dari Imran bin Hushain bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam...
Seolah2 mutharrif terima dari imran bin dan ( atof)said al jurairi...itu tak betul.
said al jurairi bukan sahabat boleh kita atof dgn imran...
Kemudian sebut pula dari.. Abu Al 'Ala` dan muthariff, apa makna ?...
Ini menunjukan sanad lain...dan setengah kitab ada takwil sanad yg dipanggil ha(ح)kalu tak ha lagu ni la.
Jadi sebenarnya Hammad ada dua guru
Satu dia ambil Tsabit dari muthariff dan mutariif ambil dari Imran bin Husin,habis setakat tu
DAn yg kedua Hammad ambil selain dari Tsabit, dia juga ambil dari said aljurairi ,said al jurairi ambil dari abi ala' ambil dari muthariff ,mutharif ambil dari imran bin husin ,imran bin husin ambil dari nabi saw.
Sanad pertama lebih tinggi sebab perawi nya kurang seorang,menyebabkan kesalahan makin kurang.
Hamad bin Zaid
Hammad bin Salamah.
Said aljurairi bukan sahabat dan bukan tabiin...ini lah sebab tak kemas ilmu alat jadi susah.
Cara baca tak serupa. وَسَعِيدٍ الْجُرَيْرِيِّ ikut quran ada nun kecil tapi hadis tidak ,baca baris bawah shj.
Begitu juga عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ
Jadi kena pandai ilmu alat seperti ilmu nahu sangat penting.
... هَلْ صُمْتَ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ شَيْئًا قَالَ لَا قَالَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمًا وَقَالَ أَحَدُهُمَا يَوْمَيْنِ
.... apakah engkau berpuasa pada Bulan Sya'ban?
Ia berkata; tidak.
Beliau berkata; apabila engkau berbuka (setelah ramadan)maka berpuasalah satu hari.
Salah seorang diantara mereka berdua mengatakan; dua hari.....
Seorang lelaki ini siapa?
Ia adalah imran itu sendiri..
Samada dia telah bernazar diakhir bulan atau hari ttt kebetulan ia biasa puasa dan terkena dihujung bulan syaban.maka dia tak puasa walaupun dia bernazar sedangkan dia dah tahu larangan nabi saw.
Disini ,tak disebutkan dgn jelas hammad ambil dari dua orang yg mana?.
Ada riwayat lain dgn jelas hammad ambil dari tsabit.
١٩٨٤ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْعَلَاءِ الزُّبَيْدِيُّ مِنْ كِتَابِهِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِي الْأَزْهَرِ الْمُغِيرَةِ بْنِ فَرْوَةَ قَالَ قَامَ مُعَاوِيَةُ فِي النَّاسِ بِدَيْرِ مِسْحَلٍ الَّذِي عَلَى بَابِ حِمْصَ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا قَدْ رَأَيْنَا الْهِلَالَ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا وَأَنَا مُتَقَدِّمٌ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَفْعَلَهُ فَلْيَفْعَلْهُ قَالَ فَقَامَ إِلَيْهِ مَالِكُ بْنُ هُبَيْرَةَ السَّبَئِيُّ فَقَالَ يَا مُعَاوِيَةُ أَشَيْءٌ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ شَيْءٌ مِنْ رَأْيِكَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صُومُوا الشَّهْرَ وَسِرَّهُ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدِّمَشْقِيُّ فِي هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ قَالَ الْوَلِيدُ سَمِعْتُ أَبَا عَمْرٍو يَعْنِي الْأَوْزَاعِيَّ يَقُولُ سِرُّهُ أَوَّلُهُ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ حَدَّثَنَا أَبُو مُسْهِرٍ قَالَ كَانَ سَعِيدٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ يَقُولُ سِرُّهُ أَوَّلُهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَقَالَ بَعْضُهُمْ سِرُّهُ وَسَطُهُ وَقَالُوا آخِرُهُ
1984. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al 'Ala` Az Zubaidi dari kitabnya, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al 'Ala`, dari
Abu Al Azhar Al Mughirah bin Firwah, ia berkata; Mu'awiyah berdiri diantara orang-orang di Dair Mishal yang berada di depan pintu(kota) Himsh, ia berkata; wahai para manusia; sesungguhnya kami telah melihat Hilal pada hari ini dan ini, dan aku akan mendahului. Barang siapa yang ingin melakukannya maka hendaknya ia melakukannya.
Al Mughirah,(perawi)berkata; kemudian Malik bin Hubairah As Sabai berdiri di sampingnya dan berkata; wahai
Mu'awiyah, apakah hal tersebut sesuatu yang engkau dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atau sesuatu yang berasal dari pendapatmu? Ia berkata; aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam. Mereka berkata; berpuasalah pada bulan tersebut dan sirrnya (awalnya).
Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Abdurrahman Ad Dimasyqi, mengenai hadits ini, ia berkata; Al Walid berkata; saya mendengar Abu 'Amr Al Auza'i berkata; sirrnya yaitu awalnya.(permulaan bulan)
Abu Daud berkata; sebagian mereka mengatakan sirrnya adalah pertengahannya, sedangkan yang lain mengatakan; akhirnya.
👉Suruhan yg menunjukan harus shj.,maknanya boleh.bukan nak canggah yg nabi larang tapi ini menunjukan larangan itu bukan haram.
Muawiyah ,khulafa arrasyidin.
Jadi boleh atau harus berpuasa pada hari syak.antara 30syaban @1ramadan atau 1ramadan @1syawal.
Akhir bulan syaban صُومُوا الشَّهْر.ada pengecualian atau harus atau boleh berpuasa. صُومُوا الشَّهْرَ وَسِرَّه
Kenapa sebut dua bulan beraya?
Ini pengunaan bahasa dlm bahasa arab.
باب إِذَا رُؤِيَ الْهِلاَلُ فِي بَلَدٍ قَبْلَ الآخَرِينَ بِلَيْلَةٍ:
Bab apabila kelihatan disuatu negeri lain anak bulan lebih dahulu dari negeri lain.
Adakah orang dinegeri lain itu kena turut kenegeri itu??
٨ - الصوم » ٧٦٤ - إذا رئي الهلال في بلد قبل الآخرين بليلة
8. Puasa » 764. Jika hilal telah terlihat di wilayah lain dengan selisih satu malam
١٩٨٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي حَرْمَلَةَ أَخْبَرَنِي كُرَيْبٌ أَنَّ أُمَّ الْفَضْلِ ابْنَةَ الْحَارِثِ بَعَثَتْهُ إِلَى مُعَاوِيَةَ بِالشَّامِ قَالَ فَقَدِمْتُ الشَّامَ فَقَضَيْتُ حَاجَتَهَا فَاسْتَهَلَّ رَمَضَانُ وَأَنَا بِالشَّامِ فَرَأَيْنَا الْهِلَالَ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ ثُمَّ قَدِمْتُ الْمَدِينَةَ فِي آخِرِ الشَّهْرَ فَسَأَلَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ ثُمَّ ذَكَرَ الْهِلَالَ فَقَالَ مَتَى رَأَيْتُمْ الْهِلَالَ قُلْتُ رَأَيْتُهُ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ قَالَ أَنْتَ رَأَيْتَهُ قُلْتُ نَعَمْ وَرَآهُ النَّاسُ وَصَامُوا وَصَامَ مُعَاوِيَةُ قَالَ لَكِنَّا رَأَيْنَاهُ لَيْلَةَ السَّبْتِ فَلَا نَزَالُ نَصُومُهُ حَتَّى نُكْمِلَ الثَّلَاثِينَ أَوْ نَرَاهُ فَقُلْتُ أَفَلَا تَكْتَفِي بِرُؤْيَةِ مُعَاوِيَةَ وَصِيَامِهِ قَالَ لَا هَكَذَا أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
1985. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far, telah mengabarkan kepadaku Muhammad bin Abu Harmalah, telah mengabarkan kepadaku
Kuraib, bahwa
Ummu Al Fadhl binti Al Harits telah mengutusnya pergi kepada Mu'awiyah di Syam. Ia berkata; aku datang ke Syam, dan menunaikan keperluannya, kemudian telah nampak hilal Ramadhan sementara aku berada di Syam.
Kami melihat hilal pada malam Jum'at kemudian aku datang ke Madinah pada akhir bulan.
Lalu Ibnu Abbas bertanya kepadaku. -kemudian ia menyebutkan hilal.
Kemudian Ibnu Abbas berkata; kapan kalian melihat hilal? Aku katakan; aku melihatnya pada malam Jum'at. Ia berkata; apakah engkau melihatnya?
Aku katakan; ya, dan orang-orang melihatnya.
Mereka berpuasa dan Mu'awiyah(khalifah) pun berpuasa.
Ibnu Abbas berkata; akan tetapi kami melihatnya pada malam sabtu, dan kami masih berpuasa hingga kami menyempurnakan tiga puluh hari atau kami melihat hilal. Aku katakan; tidakkah engkau cukup dengan (ru`yah) yang dilihat Mu'awiyah dan puasanya?
Ia berkata; tidak, demikianlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami.
👉Jadi jika ikut disyam ,puasa jadi 31pula.
Jadi ikut negerilah.
١٩٨٦ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنِي أَبِي حَدَّثَنَا الْأَشْعَثُ عَنْ الْحَسَنِ فِي رَجُلٍ كَانَ بِمِصْرٍ مِنْ الْأَمْصَارِ فَصَامَ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَشَهِدَ رَجُلَانِ أَنَّهُمَا رَأَيَا الْهِلَالَ لَيْلَةَ الْأَحَدِ فَقَالَ لَا يَقْضِي ذَلِكَ الْيَوْمَ الرَّجُلُ وَلَا أَهْلُ مِصْرِهِ إِلَّا أَنْ يَعْلَمُوا أَنَّ أَهْلَ مِصْرٍ مِنْ أَمْصَارِ الْمُسْلِمِينَ قَدْ صَامُوا يَوْمَ الْأَحَدِ فَيَقْضُونَهُ
1986. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Mu'adz, telah mengabarkan kepada kami Ayahku telah menceritakan kepadaku Al Asy'ats dari Al Hasan mengenai seorang laki-laki yang berada di sebuah negeri diantara beberapa negeri, kemudian ia berpuasa Hari Senin, dan dua orang laki-laki bersaksi bahwa mereka berdua telah melihat hilal pada malam Ahad. Kemudian Al Hasan berkata; tidaklah laki-laki tersebut dan penduduk negerinya mengqadha` hari tersebut kecuali mereka mengetahui bahwa penduduk suatu negeri diantara negeri-negeri muslimin telah melakukan puasa pada hari Ahad, maka mereka mengqadha`nya.
باب كَرَاهِيَةِ صَوْمِ يَوْمِ الشَّكِّ:
Ini bab larangan berpuasa pada hari syak.
Makruh tahrimi كَرَاهِيَةِatau haram,kenapa tak sebut haram?kerana bercermat.
٨ - الصوم » ٧٦٥ - كراهية صوم يوم الشك
8. Puasa » 765. Makruhnya berpuasa pada hari yang meragukan
١٩٨٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ صِلَةَ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عَمَّارٍ فِي الْيَوْمِ الَّذِي يُشَكُّ فِيهِ فَأَتَى بِشَاةٍ فَتَنَحَّى بَعْضُ الْقَوْمِ فَقَالَ عَمَّارٌ مَنْ صَامَ هَذَا الْيَوْمَ فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
1987. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah bin Numair, telah menceritakan kepada kami Abu Khalid Al Ahmar dari 'Amr bin Qais dari Abu Ishaq, dari
Shilah, ia berkata; kami pernah berada bersama 'Ammar pada hari yang diragukan, kemudian ia membawa seekor kambing dan sebagian orang menyingkir.
Kemudian 'Ammar berkata; barangsiapa yang berpuasa pada hari ini maka sungguh ia telah durhaka kepada Abu Al Qasim (Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam).
👉Ini hari syak..
Dan tak nampak anak bulan ramadan..tapi yg sebenar tak tahu.
Jadi ada orang yg tak mahu makan.
Dgn makna haram ,durhaka(langgar)
Ini dalil haramnya puasa hari syak.sahabat tak kata secara sj2.
Bg ahmad ada tiga pendapat,bila anak bulan terlindung.
Ini masalah tengok dalil2,dia terima belaka cuma dia nak tarjih yg mana?
1.wajib berpuasa
2.tidak harus berpuasa sunat kecuali puasa yg selalu diamalkan,qada ,nazar boleh...pendapat syafie.tidak harus puasa ramadan yg lain boleh
3.kena rujuk kepada pendapat pemerintah.
باب فِيمَنْ يَصِلُ شَعْبَانَ بِرَمَضَانَ:
Bab tentang orang menyambung puasa syaban dan ramadan.
٨ - الصوم » ٧٦٦ - فيمن يصل شعبان برمضان
8. Puasa » 766. Orang yang menyambung bulan Sya'ban dengan Ramadan
١٩٨٨ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُقَدِّمُوا صَوْمَ رَمَضَانَ بِيَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ صَوْمٌ يَصُومُهُ رَجُلٌ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الصَّوْمَ
1988. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Hisyam, dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah, dari
Abu Hurairah, dari
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Janganlah kalian mendahului puasa Ramadhan satu hari atau dua hari, kecuali puasa yang biasa dilakukan oleh seseorang, maka silahkan ia melakukan puasa tersebut!"
١٩٨٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ تَوْبَةَ الْعَنْبَرِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنْ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ
1989. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Taubah Al 'Anbari dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah dari
Ummu Salamah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa ia tidak pernah berpuasa sunah satu bulan penuh kecuali Bulan Sya'ban, beliau menyambungnya dengan Ramadhan.
باب في كَرَاهِيَةِ ذَلِكَ:
Bab larangan berpuasa dgn menyambung syaban dan ramadan.
٨ - الصوم » ٧٦٧ - في كراهية ذلك
8. Puasa » 767. Kemakruhan hal tersebut
١٩٩٠ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ قَدِمَ عَبَّادُ بْنُ كَثِيرٍ الْمَدِينَةَ فَمَالَ إِلَى مَجْلِسِ الْعَلَاءِ فَأَخَذَ بِيَدِهِ فَأَقَامَهُ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلَا تَصُومُوا فَقَالَ الْعَلَاءُ اللَّهُمَّ إِنَّ أَبِي حَدَّثَنِي عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذَلِكَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ وَشِبْلُ بْنُ الْعَلَاءِ وَأَبُو عُمَيْسٍ وَزُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ الْعَلَاءِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَكَانَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ لَا يُحَدِّثُ بِهِ قُلْتُ لِأَحْمَدَ لِمَ قَالَ لِأَنَّهُ كَانَ عِنْدَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصِلُ شَعْبَانَ بِرَمَضَانَ وَقَالَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافَهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَلَيْسَ هَذَا عِنْدِي خِلَافُهُ وَلَمْ يَجِئْ بِهِ غَيْرُ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ
1990. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad, ia berkata;
'Abbad bin Katsir datang ke Madinah kemudian ia datang ke Majelis Al 'Ala` dan menggandeng tangannya dan mengajaknya berdiri, kemudian berkata; ya Allah, orang ini telah menceritakan dari ayahnya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Apabila telah berlalu setengah dari bulan Sya'ban, maka janganlah kalian berpuasa!" kemudian
Al 'Ala` berkata; ya Allah, sesungguhnya ayahku telah menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti itu. Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Ats Tsuri, Syibl bin Al 'Ala`, Abu 'Umais, serta Zuhair bin Muhammad, dari Al 'Ala`. Abu Daud berkata; dan Abdurrahman tidak menceritakannya.
Aku katakan kepada Ahmad; mengapa ia mengatakan menurutnya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyambung Sya'ban dengan Ramadhan sementara Abu Hurairah mengatakan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sesuatu yang menyelisihinya?
Abu Daud berkata; menurutku hal ini tidaklah menyelisihinya, dan tidak ada yang meriwayatkannya selain Al 'Ala` dari ayahnya.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan