Sahih bukhari kitab azan sesi 049
١٠ - الأذان » ٤٢١ - حد المريض أن يشهد الجماعة
باب حَدِّ الْمَرِيضِ أَنْ يَشْهَدَ الْجَمَاعَةَ:
10. Adzan » 421. Batasan sakit untuk (tidak) menghadiri shalat jama'ah
٦٢٤ - حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَذَكَرْنَا الْمُوَاظَبَةَ عَلَى الصَّلَاةِ وَالتَّعْظِيمَ لَهَا قَالَتْ لَمَّا مَرِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَضَهُ الَّذِي مَاتَ فِيهِ فَحَضَرَتْ الصَّلَاةُ فَأُذِّنَ فَقَالَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ فَقِيلَ لَهُ إِنَّ أَبَا بَكْرٍ رَجُلٌ أَسِيفٌ إِذَا قَامَ فِي مَقَامِكَ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ وَأَعَادَ فَأَعَادُوا لَهُ فَأَعَادَ الثَّالِثَةَ فَقَالَ إِنَّكُنَّ صَوَاحِبُ يُوسُفَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ فَخَرَجَ أَبُو بَكْرٍ فَصَلَّى فَوَجَدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ نَفْسِهِ خِفَّةً فَخَرَجَ يُهَادَى بَيْنَ رَجُلَيْنِ كَأَنِّي أَنْظُرُ رِجْلَيْهِ تَخُطَّانِ مِنْ الْوَجَعِ فَأَرَادَ أَبُو بَكْرٍ أَنْ يَتَأَخَّرَ فَأَوْمَأَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَكَانَكَ ثُمَّ أُتِيَ بِهِ حَتَّى جَلَسَ إِلَى جَنْبِهِ قِيلَ لِلْأَعْمَشِ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي وَأَبُو بَكْرٍ يُصَلِّي بِصَلَاتِهِ وَالنَّاسُ يُصَلُّونَ بِصَلَاةِ أَبِي بَكْرٍ فَقَالَ بِرَأْسِهِ نَعَمْ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ بَعْضَهُ وَزَادَ أَبُو مُعَاوِيَةَ جَلَسَ عَنْ يَسَارِ أَبِي بَكْرٍ فَكَانَ أَبُو بَكْرٍ يُصَلِّي قَائِمًا
624. Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Hafsh bin Ghiyats berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Ibrahim dari Al Aswad berkata, "Kami pernah bersama 'Aisyah ketika kami menceritakan tentang masalah menekuni shalat berjama'ah dan mengutamakannya. Maka Aisyah pun berkata, "Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang sakit yang membawa pada ajalnya, waktu shalat tiba dan dikumandangkanlah adzan. Beliau lalu bersabda (kepada para isterinya): "Suruhlah Abu Bakar untuk memimpin shalat bersama orang-orang." Lalu dikatakan kepada beliau, "Sesungguhnya Abu Bakr adalah orang yang lemah dan mudah menangis (saat membaca Al Qur'an). Dia tidak akan mampu menggantikan posisi Tuan untuk memimpin orang-orang shalat." Beliau kembali mengulangi ucapannya, dan mereka juga memberi jawaban yang sama. Hal itu terus berulang hingga tiga kali, akhirnya beliau pun bersabda: "Kalian ini seperti isteri-isteri Yusuf! Perintahkanlah Abu Bakr agar memimpin shalat." Maka keluarlah Abu Bakr memimpin shalat jama'ah. Beliau kemudian merasa agak segar badannya, sehingga beliau keluar ke masjid dengan diapit oleh dua orang, seolah aku kedua kaki beliau menyentuh tanah karena sakit. Melihat kehadiran beliau, Abu Bakar berniat untuk mundur namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mencegahnya dengan isyarat agar ia tetap pada posisinya. Kemudian beliau di dudukkan di sisi Abu Bakar." Dikatakan kepada Al A'masy, "Apakah beliau shalat kemudian Abu Bakar shalat mengikuti shalatnya beliau, dan orang-orang shalat dengan mengikuti shalatnya Abu Bakar?" Lalu Al A'masy menjawab 'Ya' dengan anggukkan kepalanya." Abu Daud juga meriwayatkannya dari Syu'bah dari Al A'masy sebagiannya, dan Abu Mu'awiyah menambahkan, "Beliau shalat dengan duduk di sebelah kiri Abu Bakar, sementara Abu Bakr shalat dengan berdiri."
٦٢٥ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَتْ عَائِشَةُ لَمَّا ثَقُلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاشْتَدَّ وَجَعُهُ اسْتَأْذَنَ أَزْوَاجَهُ أَنْ يُمَرَّضَ فِي بَيْتِي فَأَذِنَّ لَهُ فَخَرَجَ بَيْنَ رَجُلَيْنِ تَخُطُّ رِجْلَاهُ الْأَرْضَ وَكَانَ بَيْنَ الْعَبَّاسِ وَرَجُلٍ آخَرَ قَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِابْنِ عَبَّاسٍ مَا قَالَتْ عَائِشَةُ فَقَالَ لِي وَهَلْ تَدْرِي مَنْ الرَّجُلُ الَّذِي لَمْ تُسَمِّ عَائِشَةُ قُلْتُ لَا قَالَ هُوَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ
🐈
Minit 5
باب حَدِّ الْمَرِيضِ أَنْ يَشْهَدَ الْجَمَاعَةَ:
Bab Had sakit untuk (tidak) menghadiri shalat jama'ah
-Imam bukhari dgn sanadnya meriwayatkan
٦٢٤ - حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاث
ٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي
قَالَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ
عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ
قَالَ كُنَّا عِنْدَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا
فَذَكَرْنَا الْمُوَاظَبَةَ عَلَى الصَّلَاةِ وَالتَّعْظِيمَ لَهَا
قَالَتْ لَمَّا مَرِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ مَرَضَهُ الَّذِي مَاتَ فِيهِ
فَحَضَرَتْ الصَّلَاةُ
فَأُذِّنَ فَقَالَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ
فَقِيلَ لَهُ إِنَّ أَبَا بَكْرٍ رَجُلٌ أَسِيف
ٌ إِذَا قَامَ فِي مَقَامِكَ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاس
ِ وَأَعَادَ فَأَعَادُوا لَهُ
فَأَعَادَ الثَّالِثَةَ
فَقَالَ إِنَّكُنَّ
صَوَاحِبُ يُوسُفَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ
فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ
فَخَرَجَ أَبُو بَكْرٍ
فَصَلَّى فَوَجَدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مِنْ نَفْسِهِ خِفَّةً
فَخَرَجَ يُهَادَى بَيْنَ رَجُلَيْنِ
كَأَنِّي أَنْظُرُ رِجْلَيْهِ
تَخُطَّانِ مِنْ الْوَجَعِ
فَأَرَادَ أَبُو بَكْرٍ أَنْ يَتَأَخَّرَ
فَأَوْمَأَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنْ مَكَانَكَ ثُمَّ أُتِيَ بِهِ
حَتَّى جَلَسَ
إِلَى جَنْبِهِ
قِيلَ لِلْأَعْمَشِ
وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُصَلِّي وَأَبُو بَكْرٍ يُصَلِّي بِصَلَاتِهِ
وَالنَّاسُ يُصَلُّونَ بِصَلَاةِ أَبِي بَكْرٍ
فَقَالَ بِرَأْسِهِ نَعَمْ
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ عَنْ شُعْبَةَ
عَنْ الْأَعْمَشِ بَعْضَهُ وَزَادَ
أَبُو مُعَاوِيَةَ
جَلَسَ عَنْ يَسَارِ أَبِي بَكْرٍ
فَكَانَ أَبُو بَكْرٍ يُصَلِّي قَائِمًا
624. Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Hafsh bin Ghiyats berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Ibrahim dari
👉Al Aswad berkata, "Kami pernah bersama 'Aisyah ketika kami menceritakan tentang masalah menekuni shalat berjama'ah dan mengutamakannya. Maka Aisyah pun berkata, "Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang sakit yang membawa pada ajalnya, waktu shalat tiba dan dikumandangkanlah adzan.
Beliau lalu bersabda (kepada para isterinya):
"Suruhlah Abu Bakar untuk memimpin shalat bersama orang-orang." Lalu dikatakan kepada beliau, "Sesungguhnya Abu Bakr adalah orang yang lemah (lembut hatinya)dan mudah menangis (saat membaca Al Qur'an). Dia tidak akan mampu menggantikan posisi Tuan untuk memimpin orang-orang shalat." Beliau kembali mengulangi ucapannya, dan mereka juga memberi jawaban yang sama.
Hal itu terus berulang hingga tiga kali, akhirnya beliau pun bersabda: "Kalian ini seperti perempuan2 dizaman Yusuf! Perintahkanlah Abu Bakr agar memimpin shalat." Maka keluarlah Abu Bakr memimpin shalat jama'ah. Beliau(saw) kemudian merasa agak segar badannya, sehingga beliau keluar ke masjid dengan diapit oleh dua orang, seolah aku kedua kaki beliau menyentuh(menyapu) tanah karena( masih)sakit. Melihat kehadiran beliau, Abu Bakar berniat untuk mundur namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mencegahnya dengan isyarat agar ia tetap pada posisinya(kedudukanya). Kemudian beliau di dudukkan di sisi Abu Bakar." Dikatakan kepada Al A'masy, "Apakah beliau shalat kemudian Abu Bakar shalat mengikuti shalatnya beliau, dan orang-orang shalat (orang ramai)dengan mengikuti shalatnya Abu Bakar?" Lalu Al A'masy menjawab 'Ya' dengan anggukkan kepalanya." Abu Daud juga meriwayatkannya dari Syu'bah dari Al A'masy sebagiannya, dan Abu Mu'awiyah menambahkan, "Beliau shalat dengan duduk di sebelah kiri Abu Bakar, sementara Abu Bakr shalat dengan berdiri."
Wabihimqola..
٦٢٥ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى
قَالَ أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ
عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَتْ عَائِشَةُ لَمَّا ثَقُلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَاشْتَدَّ وَجَعُهُ اسْتَأْذَنَ
أَزْوَاجَهُ أَنْ يُمَرَّضَ فِي بَيْتِي فَأَذِنَّ لَهُ فَخَرَجَ بَيْنَ رَجُلَيْن
ِ تَخُطُّ رِجْلَاهُ الْأَرْضَ
وَكَانَ بَيْنَ الْعَبَّاسِ وَرَجُلٍ آخَرَ
قَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ
فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِابْنِ عَبَّاس
ٍ مَا قَالَتْ عَائِشَةُ
فَقَالَ لِي وَهَلْ تَدْرِي مَنْ الرَّجُلُ الَّذِي
لَمْ تُسَمِّ عَائِشَةُ
قُلْتُ لَا قَالَ هُوَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ
625. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa berkata, telah mengabarkan kepada kami Hisyam dari Ma'mar dari Az Zuhri berkata, telah mengabarkan kepadaku
( -Imam bukhari dgn sanadnya meriwayatkan)
👉Ubaidullah bin 'Abdullah berkata, 'Aisyah berkata, "Ketika sakit Nabi shallallahu 'alaihi wasallam semakin parah dan berat, beliau minta izin kepada para isterinya untuk dirawat di rumahku. Lalu beliau pun diizinkan. Beliau kemudian keluar dengan dipapah oleh dua orang laki-laki sementara kedua kakinya menyapu tanah. Kedua laki-laki itu adalah 'Abbas dan seorang lagi." 'Ubaidullah berkata, "Apa yang dikisahkan oleh Aisyah itu kemudian aku ceritakan kepada 'Abdullah bin 'Abbas, maka dia pun berkata kepadaku, "Tahukah kamu, siapakah lelaki lain yang tidak disebutkan namanya oleh 'Aisyah itu? ' Aku jawab, "Tidak." Ibnu Abbas berkata, "Dia adalah 'Ali bin Abu Thalib."
-Bab ini ada dua hadis.
-begitu cara imam bukhari buat bab hadis.
Hadis yg dibawa selalu juga diulang pada bab lain tetapi itu mesti ada kelainannya.
-ada atrof ,contoh,kita ambil fatulbari.
حَدِّ الْمَرِيضِ أَنْ يَشْهَدَ الْجَمَاعَةَ
Sebut pada beberapa tempat atau byk kali.
Minit 14.
-Syarah fatul bari.
-Nak menguasai ilmu hadis perlu Belajar kitab hadis2 yg utama.
-T Abudaud B M N IM
-Malakah=kemampuan ilmu
Kita mempunyai kemampuan boleh faham yg lain.
Minit 20.
Imam muslim tidak ulang.ada yg kata dia tak sempat buat tajuk.dia bw semua hadis.
-Apa tujuan pengarang kitab hadis?
-Atrof.
Minit 27
-Hadis ibarat tepung.
-Hadis boleh dipakai dan dicampur dgn hadis lain.
-Setiap perkara mesti merujuk hadis.
-orang kita pandai buat kuih tapi buat kitab tak berapa pandai.
-bab had orang yg sakit menghadiri masjid أَنْ يَشْهَدَ الْجَمَاعَةَ
-ilmu hadis asal dari India.
-kalu kita tengok asal usul (sasilah)ilmu hadis dari syeikh waliyullah.
-kebykan حَدِّ.ada naskah tttجد.
-perkataan digunakan dengan erti had, ketajaman,kesungguhan, kelajuan
-kesungguhan orang sakit حَدِّ الْمَرِيض,sesuai!.
-memandangkan ini sesuai iaitu sebagai mengalakan orang sakit memandangkan besarnya pahala berjamaah.
-nak tengok orangnyg bersungguh kemasjid tengok nabi.
-makna asal حَدِّ adalah batas.
-jika ini makna ini dipakai ,maknanya sempadan atau batas,eluk atau keharusan.
-hadis jika manusia tahu kelebihannya akan merangkak kemasjid...
-terkencing terberak tak eluk.dipapah masih boleh atau eluk dan ada kelebihan.tengok nabi la.
-jika dipapah sudah tidak wajib tapi masih eluk dan ada kelebihan.
-Jika buta dan ada kemalangan sudah tiada kelebihan
-jika mengotorkan masjid dan menyusahkan orang lain sudah tidak wajib.
-bukan wajib sampai tak kira kesusahan .
-jika byk pitih eluk lagi .tapi tiada pitih dah tak eluk.
-apa hadnya?
-boleh pergi sendiri atau ada yg menolong.
-lepas makan durian...sendawa sampai pening orang sebelah.
-dlm keadaan mengancam nyawa,pesakit tidak diharus pergi kemasjid.
-ada bahaya ,jadi haram pula.
-pesakit tak mampu kawal diri ,terberak ,terkencing,termuntah,sudah tidak wajib.
-ada orang sakit ada yg nak sangat kemasjid.
Contoh rasullah saw ini sendiri.جِدْkesungguhan.
Mestikah dia pergi?
Tidak wajib ttapi mustahab ,boleh pahala.
-pensyarah bukhari
-Bahasa
Arab-byk
Urdu -byk
Parsi.
-tuhfatulqari syarah bukhari dlm bahasa urdu.
-syarahnya adalah berpuluh2 jilid.
-dah 1000 tahun ,tidak yg boleh menyaingi bukhari.
-ada yg kata bukhari buat sebab nak bg tau eluknya pergi ke masjid.
-atas pandai sesaorang.
-apabila ia melepasi had itu jadi haram.
-jika dia boleh pergi tanpa menyusahkan boleh lagi,masih molek.
-nabi nak cerita,
Terlalu menarik sehingga sanggup datang dengan merangkak..mubalaghah
Minit 1:02
-sekarang lihat hadis
624. Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Hafsh bin Ghiyats berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Ibrahim dari Al Aswad berkata, "Kami pernah bersama 'Aisyah ketika kami menceritakan tentang masalah
👉menekuni shalat berjama'ah dan mengutamakannya. Maka Aisyah pun berkata, "Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang
👉sakit
-berapa kali dia sakit.
-berapa hari?5hari.dia bukan pergi setiap waktu.
-dia ringan dari sakit hari keberapa?
yang membawa pada ajalnya,
👉waktu shalat tiba
-solat apa?ada yg kata solat isyak.solat secara duduk..
Minit 1:14
Minit 2:04
Tutup kepala semasa masuk tandas.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan