Selasa, Julai 09, 2019

Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 16

Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 16

Sambungan.
١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٠٢ -  في بيان مواضع قسم الخمس وسهم ذي القربى

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1102. Penjelasan tentang tempat-tempat pendistribusian bagian seperlima dan saham dzi qurba

٢٥٩٦ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى
حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْقُرَشِيُّ
قَالَ أَبُو جَعْفَرٍ
يَعْنِي ابْنَ عِيسَى
كُنَّا نَقُولُ إِنَّه مِنْ الْأَبْدَالِ
قَبْلَ أَنْ نَسْمَعَ
أَنَّ الْأَبْدَالَ مِنْ الْمَوَالِي
قَالَ حَدَّثَنِي الدَّخِيلُ بْنُ إِيَاسِ بْنِ نُوحِ بْنِ مُجَّاعَةَ
عَنْ هِلَالِ بْنِ سِرَاجِ بْنِ مُجَّاعَةَ
عَنْ أَبِيهِ
عَنْ جَدِّهِ مُجَّاعَةَ
أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ يَطْلُبُ دِيَةَ أَخِيهِ
قَتَلَتْهُ بَنُو سَدُوسٍ
مِنْ بَنِي ذُهْلٍ
فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَوْ كُنْتُ جَاعِلًا لِمُشْرِكٍ دِيَةً
جَعَلْتُ لِأَخِيكَ وَلَكِنْ سَأُعْطِيكَ مِنْهُ
عُقْبَى فَكَتَبَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِائَةٍ مِنْ الْإِبِلِ
مِنْ أَوَّلِ خُمُسٍ
يَخْرُجُ مِنْ مُشْرِكِي بَنِي ذُهْلٍ
فَأَخَذَ طَائِفَةً مِنْهَا
وَأَسْلَمَتْ بَنُو ذُهْلٍ

فَطَلَبَهَا بَعْدُ مُجَّاعَةُ إِلَى أَبِي بَكْرٍ وَأَتَاهُ بِكِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَكَتَبَ لَهُ أَبُو بَكْرٍ
بِاثْنَيْ عَشَرَ أَلْفَ صَاعٍ مِنْ صَدَقَةِ الْيَمَامَة
ِ أَرْبَعَةِ آلَافٍ
بُرًّا وَأَرْبَعَةِ آلَافٍ شَعِيرًا
وَأَرْبَعَةِ آلَافٍ تَمْرًا
وَكَانَ فِي كِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ لِمُجَّاعَةَ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
هَذَا كِتَابٌ مِنْ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ
لِمُجَّاعَةَ بْنِ مَرَارَةَ
مِنْ بَنِي سُلْمَى
إِنِّي أَعْطَيْتُهُ مِائَةً مِنْ الْإِبِلِ
مِنْ أَوَّلِ خُمُسٍ يَخْرُجُ
مِنْ مُشْرِكِي بَنِي ذُهْلٍ
عُقْبَةً مِنْ أَخِيهِ

2596. Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Isa, telah menceritakan kepada kami 'Anbasah bin Abdul Wahid Al Qurasyi,
Abu Ja'far berkata; yaitu Ibnu Isa. Dahulu kami mengatakan bahwa ia termasuk diantara Abdal (wali dan ahli ibadah) sebelum kami mendengar bahwa abdal adalah dari para mantan budak. Ia berkata; telah menceritakan kepadaku Ad Dakhil bin Iyas bin Nuh bin Mujja'ah dari Hilal bin Siraj bin Mujja'ah dari ayahnya dari kakeknya yaitu Mujja'ah bahwa ia datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menuntut diyah saudaranya yang telah dibunuh Bani Sadus diantara Bani Dzuhl. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya aku menjadikan bagi seorang musyrik diyah maka aku jadikan bagi saudaramu. Akan tetapi aku akan memberikan kepadamu sebagian darinya sebagai ganti." Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menulis untuknya seratus unta dari bagian seperlima pertama yang keluar dari orang-orang musyrik Bani Dzuhl. Kemudian ia mengambil sebagian darinya, dan Bani Hudzl masuk Islam, kemudian Mujja'ah menuntutnya kepada Abu Bakr dan ia datang kepadanya dengan membawa surat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian Abu Bakr menulis untuknya dua belas ribu sha' dari sedekah dari Yamamah, yaitu empat ribu gandum dan empat ribu jewawut, dan empat ribu kurma. Dan di dalam surat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam untuk Mujja'ah adalah: Bismillahirrahmanirrahiim, ini adalah surat dari Muhammad seorang nabi untuk Mujja'ah bin Mararah dari Bani Salma, sesungguhnya aku telah memberikan kepadanya seratus unta dari bagian seperlima pertama yang keluar dari orang-orang musyrik Bani Dzuhl sebagai ganti dari saudaranya.

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٠٣ -  ما جاء في سهم الصفي

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1103. Penjelasan tentang saham Ash Shafi (harta ghanimah yang diambil sebelum dibagikan)

٢٥٩٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عَامِرٍ الشَّعْبِيِّ قَالَ كَانَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَهْمٌ يُدْعَى الصَّفِيَّ إِنْ شَاءَ عَبْدًا وَإِنْ شَاءَ أَمَةً
وَإِنْ شَاءَ فَرَسًا يَخْتَارُهُ قَبْلَ الْخُمُسِ

2597. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Mutharrif dari 'Amir Asy Sya'bi, ia berkata; dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memiliki saham yang disebut Shafi, apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil budak laki-laki, dan apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil budak perempuan dan apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil kuda yang beliau pilih sebelum seperlima.

٢٥٩٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ وَأَزْهَرُ
قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ عَوْن
ٍ قَالَ سَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ سَهْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَالصَّفِيِّ قَالَ كَانَ يُضْرَبُ لَهُ بِسَهْمٍ
مَعَ الْمُسْلِمِينَ
وَإِنْ لَمْ يَشْهَدْ وَالصَّفِيُّ يُؤْخَذُ لَهُ رَأْسٌ
مِنْ الْخُمُسِ قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ

2598. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim, dan Azhar, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Aun ia berkata; saya bertanya kepada Muhammad mengenai saham Nabi shallallahu 'alaihi wasallam serta shafi. Ia berkata; dahulu beliau diberi satu saham bersama orang-orang muslim walaupun beliau tidak menghadiri peperangan. Sedangkan shafi diambilkan untuk beliau pokok dari seperlima sebelum segala sesuatu.

٢٥٩٩ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ السُّلَمِيُّ
حَدَّثَنَا عُمَرُ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْوَاحِدِ عَنْ سَعِيدٍ
يَعْنِي ابْنَ بَشِيرٍ عَنْ قَتَادَةَ
قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا غَزَا كَانَ لَهُ سَهْمٌ صَافٍ
يَأْخُذُهُ مِنْ حَيْثُ شَاءَهُ فَكَانَتْ صَفِيَّةُ
مِنْ ذَلِكَ السَّهْمِ
وَكَانَ إِذَا لَمْ يَغْزُ بِنَفْسِهِ
ضُرِبَ لَهُ بِسَهْمِهِ وَلَمْ يُخَيَّرْ

2599. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid As Sulami, telah menceritakan kepada kami Umar bin Abdul Wahid, dari Sa'id bin Basyir dari Qatadah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila berperang maka baginya saham murni yang beliau ambil dari sisi manapun yang beliau kehendaki. Dan Shafiyyah adalah termasuk dari saham tersebut. Dan apabila beliau tidak berperang sendiri beliau diberi sahamnya dan tidak diberi pilihan.

٢٦٠٠ - حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَتْ صَفِيَّةُ مِنْ الصَّفِيِّ

2600. Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Hisyam bin 'Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata; Shafiyyah termasuk bagian khusus (untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam). 

٢٦٠١ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الزُّهْرِيُّ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَمْرٍو عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
قَالَ قَدِمْنَا خَيْبَرَ فَلَمَّا فَتَحَ اللَّهُ تَعَالَى الْحِصْنَ ذُكِرَ لَهُ جَمَالُ صَفِيَّةَ بِنْتِ حُيَيٍّ وَقَدْ قُتِلَ زَوْجُهَا وَكَانَتْ عَرُوسًا فَاصْطَفَاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لِنَفْسِهِ فَخَرَجَ بِهَا حَتَّى بَلَغْنَا سُدَّ الصَّهْبَاءِ
حَلَّتْ فَبَنَى بِهَا

2601. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Manshur, telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Abdurrahman Az Zuhri dari 'Amr bin Abu 'Amr dari Anas bin Malik, ia berkata; kami datang ke Khaibar, kemudian tatkala Allah ta'ala telah menaklukkan benteng tersebut diceritakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kecantikan Shafiyyah binti Huyai, sementara suaminya telah terbunuh. Dan ia adalah seorang pengantin. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memilihnya untuk dirinya, kemudian beliau keluar bersamanya hingga setelah kami sampai di Suddu Ash Shahba` Shafiyyah telah keluar dari 'iddah, kemudian beliau mencampurinya.

٢٦٠٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ صَارَتْ صَفِيَّةُ لِدِحْيَةَ الْكَلْبِيِّ
ثُمَّ صَارَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

2602. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Abdul Aziz bin Shuhaib dari Anas bin Malik, ia berkata; Shafiyyah telah menjadi milik Dihyah Al Kalbi, kemudian menjadi milik Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

٢٦٠٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَلَّادٍ الْبَاهِلِيُّ حَدَّثَنَا بَهْزُ بْنُ أَسَدٍ
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ
قَالَ وَقَعَ فِي سَهْمِ دِحْيَةَ جَارِيَةٌ جَمِيلَةٌ
فَاشْتَرَاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِسَبْعَةِ أَرْؤُس
ٍ ثُمَّ دَفَعَهَا إِلَى أُمِّ سُلَيْمٍ
تَصْنَعُهَا وَتُهَيِّئُهَا
قَالَ حَمَّادٌ
وَأَحْسَبُهُ قَالَ
وَتَعْتَدُّ فِي بَيْتِهَا صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ

2603. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khallad Al Bahili, telah menceritakan kepada kami Bahz bin Asad, telah menceritakan kepada kami Hammad, telah mengabarkan kepada kami Tsabit, dari Anas, ia berkata; telah jatuh di saham Dihyah seorang budak cantik, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membelinya dengan tujuh ar-us, kemudian beliau menyerahkannya kepada Ummu Sulaim, agar ia mempersiapkannya. Hammad berkata; dan aku yakin Anas berkata; dan Shafiyyah binti Huyai ber'iddah di rumahnya.

٢٦٠٤ - حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ ح و حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْمَعْنَى
قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ
عَنْ أَنَسٍ قَالَ جُمِعَ السَّبْيُ يَعْنِي بِخَيْبَرَ
فَجَاءَ دِحْيَةُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَعْطِنِي جَارِيَةً
مِنْ السَّبْيِ قَالَ اذْهَبْ فَخُذْ جَارِيَةً
فَأَخَذَ صَفِيَّةَ
بِنْتَ حُيَيٍّ فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَعْطَيْتَ دِحْيَةَ
قَالَ يَعْقُوبُ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ
سَيِّدَةَ قُرَيْظَةَ وَالنَّضِيرِ
ثُمَّ اتَّفَقَا مَا تَصْلُحُ إِلَّا لَكَ
قَالَ ادْعُوهُ بِهَا
فَلَمَّا نَظَرَ إِلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ لَهُ خُذْ جَارِيَةً مِنْ السَّبْيِ
غَيْرَهَا وَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْتَقَهَا وَتَزَوَّجَهَا

2604. Telah menceritakan kepada kami Daud bin Mu'adz, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits. Dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Ibrahim secara makna, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Ulayyah dari Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari Anas, ia berkata; para tawanan telah dikumpulkan di Khaibar, kemudian Dihyah datang dan berkata; wahai Rasulullah, berikan kepadaku seorang budak wanita dari tawanan tersebut. Beliau berkata; pergi dan ambillah seorang budak wanita. Kemudian ia mengambil Shafiyyah binti Huyai. Lalu terdapat seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; wahai Nabi Allah, anda telah memberi Dihyah -Ya'qub mengatakan; Shafiyyah binti Huyai seorang wanita pemimpin Quraizhah, dan Nadhir-. kemudian mereka berdua sama lafazhnya; tidaklah ia layak kecuali untukmu. Beliau berkata: "Panggilkan dia dengan membawanya!" kemudian tatkala Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melihat kepada Shafiyyah beliau berkata: "Ambillah budak dari tawanan tersebut selainnya!" Dan sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membebaskan Shafiyyah dan menikahinya.

٢٦٠٥ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيم
َ حَدَّثَنَا قُرَّةُ قَالَ سَمِعْتُ يَزِيدَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنَّا بِالْمِرْبَد
فَجَاءَ رَجُلٌ أَشْعَثُ الرَّأْسِ بِيَدِهِ قِطْعَةُ أَدِيمٍ أَحْمَرَ
فَقُلْنَا كَأَنَّكَ مِنْ أَهْلِ الْبَادِيَةِ
فَقَالَ أَجَلْ قُلْنَا نَاوِلْنَا هَذِهِ الْقِطْعَة
َ الْأَدِيمَ الَّتِي فِي يَدِكَ
فَنَاوَلَنَاهَا فَقَرَأْنَاهَا فَإِذَا فِيهَا
مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ إِلَى بَنِي زُهَيْرِ بْنِ أُقَيْشٍ
إِنَّكُمْ إِنْ شَهِدْتُمْ
أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
وَأَقَمْتُمْ الصَّلَاةَ
وَآتَيْتُمْ الزَّكَاةَ
وَأَدَّيْتُمْ الْخُمُسَ مِنْ الْمَغْنَم
ِ وَسَهْمَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّفِيَّ
أَنْتُمْ آمِنُونَ بِأَمَانِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ
فَقُلْنَا مَنْ كَتَبَ لَكَ هَذَا الْكِتَابَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

2605. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Qurrah, ia berkata; saya mendengar Yazid bin Abdullah, ia berkata; dahulu kami pernah berada di tempat penambatan unta, kemudian terdapat seorang laki-laki yang datang dalam keadaan berambut acak-acakan. Di tangannya terdapat selembar kulit merah, kemudian kami katakan; sepertinya engkau berasal dari pelosok. Kemudian ia berkata; benar. Kami katakan; berikan selembar kulit yang ada di tanganmu ini! Lalu ia memberikan kulit tersebut kepada kami dan kami membacanya. Ternyata isinya adalah: Dari Muhammad Rasulullah kepada Bani Zuhair bin Uqaisy. Sesungguhnya apabila kalian bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, kalian tegakkan shalat dan kalian berikan zakat serta kalian tunaikan seperlima dari rampasan perang dan kalian berikan saham Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang khusus, maka kalian adalah aman dengan keamanan dari Allah dan rasulNya. Kemudian kami katakan; siapakah yang menulis surat ini untukmu? Ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Minit 11

Sambungan.
١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٠٢ -  في بيان مواضع قسم الخمس وسهم ذي القربى

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1102. Penjelasan tentang tempat-tempat pendistribusian bagian seperlima dan saham dzi qurba

٢٥٩٦ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى
حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْقُرَشِيُّ
قَالَ أَبُو جَعْفَرٍ
يَعْنِي ابْنَ عِيسَى
كُنَّا نَقُولُ إِنَّه مِنْ الْأَبْدَالِ
قَبْلَ أَنْ نَسْمَعَ
أَنَّ الْأَبْدَالَ مِنْ الْمَوَالِي
قَالَ حَدَّثَنِي الدَّخِيلُ بْنُ إِيَاسِ بْنِ نُوحِ بْنِ مُجَّاعَةَ
عَنْ هِلَالِ بْنِ سِرَاجِ بْنِ مُجَّاعَةَ
عَنْ أَبِيهِ
عَنْ جَدِّهِ مُجَّاعَةَ
أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ يَطْلُبُ دِيَةَ أَخِيهِ
قَتَلَتْهُ بَنُو سَدُوسٍ
مِنْ بَنِي ذُهْلٍ
فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَوْ كُنْتُ جَاعِلًا لِمُشْرِكٍ دِيَةً
جَعَلْتُ لِأَخِيكَ وَلَكِنْ سَأُعْطِيكَ مِنْهُ
عُقْبَى فَكَتَبَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِائَةٍ مِنْ الْإِبِلِ
مِنْ أَوَّلِ خُمُسٍ
يَخْرُجُ مِنْ مُشْرِكِي بَنِي ذُهْلٍ
فَأَخَذَ طَائِفَةً مِنْهَا
وَأَسْلَمَتْ بَنُو ذُهْلٍ

فَطَلَبَهَا بَعْدُ مُجَّاعَةُ إِلَى أَبِي بَكْرٍ وَأَتَاهُ بِكِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَكَتَبَ لَهُ أَبُو بَكْرٍ
بِاثْنَيْ عَشَرَ أَلْفَ صَاعٍ مِنْ صَدَقَةِ الْيَمَامَة
ِ أَرْبَعَةِ آلَافٍ
بُرًّا وَأَرْبَعَةِ آلَافٍ شَعِيرًا
وَأَرْبَعَةِ آلَافٍ تَمْرًا
وَكَانَ فِي كِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ لِمُجَّاعَةَ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
هَذَا كِتَابٌ مِنْ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ
لِمُجَّاعَةَ بْنِ مَرَارَةَ
مِنْ بَنِي سُلْمَى
إِنِّي أَعْطَيْتُهُ مِائَةً مِنْ الْإِبِلِ
مِنْ أَوَّلِ خُمُسٍ يَخْرُجُ
مِنْ مُشْرِكِي بَنِي ذُهْلٍ
عُقْبَةً مِنْ أَخِيهِ

2596. Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Isa, telah menceritakan kepada kami 'Anbasah bin Abdul Wahid Al Qurasyi,
Abu Ja'far berkata; yaitu Ibnu Isa(guru imam abu daud). Dahulu kami mengatakan bahwa ia(anbasah) termasuk diantara Abdal (wali dan ahli ibadah) sebelum kami mendengar bahwa abdal adalah dari para mantan budak. Ia berkata; telah menceritakan kepadaku
Ad Dakhil bin Iyas bin Nuh bin Mujja'ah dari
Hilal bin Siraj bin Mujja'ah dari
ayahnya dari
kakeknya yaitu Mujja'ah bahwa ia datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menuntut diyah saudaranya yang telah dibunuh Bani Sadus(salah satu puak) diantara Bani Dzuhl. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya aku menjadikan bagi seorang musyrik diyah maka aku jadikan bagi saudaramu. Akan tetapi aku akan memberikan kepadamu sebagian darinya sebagai ganti(sebab itu orang kafir)." Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menulis(surat) untuknya seratus unta dari bagian seperlima pertama yang keluar dari orang-orang musyrik Bani Dzuhl. Kemudian ia mengambil sebagian darinya, dan Bani Hudzl masuk Islam, kemudian Mujja'ah menuntutnya kepada Abu Bakr dan ia datang kepadanya dengan membawa surat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian Abu Bakr menulis untuknya dua belas ribu sha' (gantang)dari sedekah dari Yamamah, yaitu empat ribu gandum dan empat ribu jewawut, dan empat ribu kurma. Dan di dalam surat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam untuk Mujja'ah adalah: Bismillahirrahmanirrahiim, ini adalah surat dari Muhammad seorang nabi untuk Mujja'ah bin Mararah dari Bani Sulma, sesungguhnya aku telah memberikan kepadanya seratus unta dari (khumus)bagian seperlima pertama yang keluar dari orang-orang musyrik Bani Dzuhl sebagai ganti (pampasan)dari saudaranya(bukan nama diat tetapi atas nama ganti)
👉Jika tengok syarah mudah banyak.
-guru imam abu daud= Anbasah bin Abdul Wahid Al Qurasyi( الْمَوَالِي)
Disini  الْمَوَالِي  bukan dgn makna hamba bebasan tetapi bangsawan.
-ada yg kata tentang abdal ini tidak sahih dan ada yg kata tidak sahih.
Wali qutub dan wali abduh sangat masyhur dikalangan orang sufi.
-bercanggah dgn byk hadis sahih yg menunjukan nabi bg diyat kat orang kafir
-perawi dhaif atau tertutup ,duduk dibalik tabir,orang yg tidak diketahui.

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٠٣ -  ما جاء في سهم الصفي

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1103. Penjelasan tentang saham Ash Shafi (harta ghanimah yang diambil sebelum dibagikan)

Sofaya juga mengenai fai.(tak perang)
Dulu sofaya mengenai ghanimah(perang)
Nabi dapat istimewa.
Makna nabi dapat dr kedua2 rampasan dr orang kafir

٢٥٩٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عَامِرٍ الشَّعْبِيِّ قَالَ كَانَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَهْمٌ يُدْعَى

👈 الصَّفِيَّ إِنْ شَاءَ عَبْدًا وَإِنْ شَاءَ أَمَةً
وَإِنْ شَاءَ فَرَسًا يَخْتَارُهُ قَبْلَ الْخُمُسِ

2597. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Mutharrif dari 'Amir Asy Sya'bi, ia berkata; dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memiliki saham yang disebut 👉Shafi, apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil budak laki-laki, dan apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil budak perempuan dan apabila beliau menghendaki maka beliau mengambil kuda yang beliau pilih sebelum seperlima.

-hadis ini mursal
-pada dasarnya hadis mursal hadis dhaif .
-tetapi ada yg kata mursal sya'bi kuat.
-mursal ibnu sirin byk yg sahih atau kuat. Cnn

٢٥٩٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ وَأَزْهَرُ
قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ عَوْن
ٍ قَالَ سَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ سَهْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَالصَّفِيِّ قَالَ كَانَ يُضْرَبُ لَهُ بِسَهْمٍ
مَعَ الْمُسْلِمِينَ
وَإِنْ لَمْ يَشْهَدْ وَالصَّفِيُّ يُؤْخَذُ لَهُ رَأْسٌ
مِنْ الْخُمُسِ قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ

2598. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim, dan Azhar, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Aun ia berkata; saya bertanya kepada Muhammad mengenai saham Nabi shallallahu 'alaihi wasallam serta shafi. Ia berkata; dahulu beliau diberi satu saham bersama orang-orang muslim walaupun beliau tidak menghadiri peperangan. Sedangkan shafi diambilkan untuk beliau pokok dari seperlima sebelum segala sesuatu.

-ada hadis dari ibnu aun hadis dhaif.
Ia perawi hasan
-mursal qatadah tak kuat.
Dia sendiri orang kuat.

٢٥٩٩ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ السُّلَمِيُّ
حَدَّثَنَا عُمَرُ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْوَاحِدِ عَنْ سَعِيدٍ
يَعْنِي ابْنَ بَشِيرٍ عَنْ قَتَادَةَ
قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا غَزَا كَانَ لَهُ سَهْمٌ صَافٍ
يَأْخُذُهُ مِنْ حَيْثُ شَاءَهُ فَكَانَتْ صَفِيَّةُ
مِنْ ذَلِكَ السَّهْمِ
وَكَانَ إِذَا لَمْ يَغْزُ بِنَفْسِهِ
ضُرِبَ لَهُ بِسَهْمِهِ وَلَمْ يُخَيَّرْ

2599. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid As Sulami, telah menceritakan kepada kami Umar bin Abdul Wahid, dari
👉Sa'id bin Basyir
-perawi lemah
dari Qatadah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila berperang maka baginya saham murni yang beliau ambil dari sisi manapun yang beliau kehendaki. Dan Shafiyyah adalah termasuk dari saham tersebut. Dan apabila beliau tidak berperang sendiri beliau diberi sahamnya dan tidak diberi pilihan.

-sini isinya ada masalah.
Said  bin Basyir bukan umar
-nabi sentiasa boleh samada berperang atau tidak.
-syafiyah tu nabi dapat dari perang itu lah.ada yg kata nama syafiyah tu zainab.
-hatimulai =pencari kayu api malam
-abu daud bawa sebab nak suruh banding.biar kita boleh banding.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan