Kelas bahasa arab @i-paksi sesi 10
الكَلَامُ هُوَ اللَّفْظُ المُرَكَّبُ المَفِيدُ بِالوَضْعِِ
وَأَقْسَمُهُ ثَلَاثَةٌ :إسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لمعْنَى
فَالِاسْمُ يُعْرَفُ بِالخَفْضِ وَالتَّنْوِينِ وَدُخُولِ وَالأَلِفِ وَالأَمِ
وَحُرُوفِ الخَفْضِ
وَهِيَ مِنْ، وَإِلَى، وَعَنْ،وَعَلَى،وَفِي،وَرُبِّ،
وَالْبَاءُ،وَالْكَافُ،وَالَامُ،وَحُرُوفُ،وَهِيَ اَلْوَاوُ،وَالْبَا،وَالتَاءُ
وَالفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ وَالسِّيِنِ وَسَوْفَ وَتَاءِ التَّانِيْثِ السَّاكِنَة
وَالحَرْفُ مَا لَا يَصْلُحُ مَعَه دَلِيلُ الاسْمِ وَلَا دَلِيلُ الفِعْلِ
Macam2 kalam.
Telah berkata pengarang kitab ini(Ash Shanjay)
rahimahullah.
Al kalam (kalimat)adalah lafaz yg tersusun yg berfaedah dengan bahasa arab .
Penyusun kalimat itu ada 3,isim,feel dan dan huruf yg memiliki erti.
(1)Isim itu dapat dikenali dengan keberadaan khafadh,tanwin dan kemasukan alif dan lam.
Huruf khafadh itu adalah
dari مِنٍ,ke إِلَى,dari عَنْ,di فِيْ,jarang رُبِّ ,dengan بِ ,seperti كَ,untuk لِ.
Isim dapat dikenali juga dengan huruf qasam(sumpah)waw و،ba ب dan ta ت
(2)Feel itu dikenali dengan keberadaan
Sungguh Akan سَ,Akan سَوْفَ,Ta taknith yg mati. تَاءِ اَلتَأْنِيثِ اَلسَاكِنَةِ
(3)Huruf itu adalah sesuatu yg tidak memenuhi ciri2 isim dan feel.
🐈
Macam-macam Kalam
Telah berkata pengarang kitab ini (As Syaikh Ash Shanhajy) rahimahullah :
Al kalam (kalimat) adalah Lafadz yang tersusun yang berfaedah dengan bahasa arab. Penyusun kalimat itu ada tiga: Isim, fi’il, dan huruf yang memiliki arti.
(1) Isim itu dapat dikenali dengan keberadaan khafadh, tanwin, dan kemasukan alif dan lam. Huruf khafadh itu adalah :
مِنْ (dari), إِلَى(ke), عَنْ (dari), عَلَى(di atas),فِي (di), رُبَّ (jarang), بِ (dengan), كَ (seperti), لِ (untuk) Isim dapat dikenali juga dengan huruf qasam (sumpah) yaitu waw, ba dan ta.
(2) Fiil itu dikenali dengan keberadaan:قَدْ (sungguh/terkadang), سَ (akan) ، سَوْفَ(akan) ، تَاءِ اَلتَّأْنِيثِ اَلسَّاكِنَةِ (ta ta’nits yang mati)
(3) Huruf itu adalah sesuatu yang tidak memenuhi ciri-ciri isim dan fi’il
bab bul ikrob
الإعراب هو تغيير أواخر الكلم لاختلاف العوامل الداخلة عليها لفظاً أو تقديراً .
وأقسامه أربعة : رفع ونصب وخفض وجزم
فللأسماء من ذلك الرفع والنصب والخفض ولا جزم فيها وللأفعال من ذلك الرفع والنصب والجزم ولا خفض فيها .
I’rab itu adalah berubahnya akhir kata karena perbedaan amil-amil yang masuk atasnya baik secara lafadz atau taqdir. Pembagian i’rab itu ada empat:
Rafa’ Nashab Khofadh /Jar Jazm.
Setiap isim itu bisa dalam kondisi rafa’, nashab, khafad akan tetapi tidak mungkin dalam kondisi jazm
Setiap fi’il itu bisa dalam kondisi rafa’, nashab, jazm akan tetapi tidak mungkin dalam kondisi khafadh.
بَابُاَلْإِعْرَابِ
الإِرَابُ هُوَ تَغْيِيرُ ٱوَاخِرِ الكَلِمِ لِاخْتِلَافِ العَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَليهَا
لَفْظَا ٱوتَقْدِيْرَا.
وَأَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ رَفْعٌ ،وَنَصْبٌ، وَخَفْضٌ، وَجَزْمٌ، فَلِلْأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ
اَلفْعُ، وَانَّصْبُ، وَالْخَفْضُ،وَلَاجَزْمَ فِيهَا، وَلِلْأَفْعَالِ مِنْ ذَلِكَ اَلرَفٍعُ،
وَالنَّصْبُ، وَالْجَزْمُ، وَلَا خَفْضَ فِيهَا
Bab Al Ikrob
Ikrob itu adalah berubahnya akhir kata kalimah kerana perbuatan amil2 yg masuk atas kalimah tersebut baik secara lafaz atau taqdir)
Pembahagian ikrob itu ada 4:
Rafak,
Nashab,
Khafat atau jar
Jazm
Setiap isim itu boleh dalam kondisi rafak,nashab,khafad akan tetapi tidak mungkin dlm kondisi jazm.
Setiap feel itu boleh rafak,nasab,jazam akan tetapi tidak mungkin dlm kondisi khafad.
🐈
Huruf tak berubah tetapi ia yg menyebabkan berlakunya perubahan.
Kenapa dibaca بِ pada القلم على المكتابِ?
Sebab ada على,dia adalah agen perubah.
Ini cuma ulangkaji.
ُ مَعْرِفةِ علاماتِ الإعرَابِ
BAB MENGENALI TANDA-TANDA I’RAB
1.TANDA ROFA'
للرفع أربع علامات : الضمة والواو والألف والنون
Bg Rafa’ memiliki/ada empat tanda:
Dhammah ُ
Huruf Waw و
Huruf Alif ا
Huruf Nun ن
2.TANDA NASHAB
وللنصب خمس علامات : الفتحة والألف والكسرة والياء وحذف النون
B. Nashab memiliki lima tanda:
Fathah
Huruf alif
kasrah
Huruf Ya
Hadzfunnuun (membuang nun)
3.TANDA JAR
وللخفض ثلاث علامات : الكسرة والياء والفتحة
Khafadh memiliki 3 tanda:
Kasrah
Huruf Ya
Fathah
4.TANDA JAZM
وللجزم علامتان : السكون والحذف
Jazm memiliki 2 tanda:
Sukun
Al hadzfu (membuang)
Minit 20.
Ingat dulu alamat2 ikrob ini.
Nahu makan masa nak faham nahu..ustaz5@6 bulan...
Perlu didedah dan diulang byk kali.
Ini nak bahas rofok.
Yg pertama
فأما الضمة فتكون علامة للرفع في أربعة مواضع : الاسم المفرد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذي لم يتصل بآخره شيء
Dhammah menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
Isim Mufrad,
Jama’ taktsir
Jama’ muannas salim, dan
Fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
(Biar dulu ,nanti akan jumpa lagi perbincangannya)
وأما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين : في جمع المذكر السالم وفي الأسماء الخمسة وهي : أبوك وأخوك وحموك وفوك وذو مال
Yg kedua
Huruf Waw menjadi tanda bagi rafa’ pada dua tempat :
1.Jama’ mudzakkar salim, dan
2.Isim-isim yang lima yaitu
أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ
(Bapak mu, saudara laki-laki mu , ipar mu, mulut mu, pemilik harta )
Yang ketiga
وأما الألف فتكون علامة للرفع في تثنية الأسماء خاصة
Huruf Alif menjadi tanda bagi rafa’ pada isim-isim tatsniyyah yang tertentu
Yang keempat.
وأما النون فتكون علامة للرفع في الفعل المضارع إذا اتصل به ضمير التثنية أو ضمير جمع أو ضمير المؤنثة المخاطبة
Huruf Nun menjadi tanda bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang bersambung dengan:
dhamir tatsniyah,dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah
Minit 28
Yg pertama
فأما الضمة فتكون علامة للرفع في أربعة مواضع : الاسم المفرد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذي لم يتصل بآخره شيء
Dhammah menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
Isim Mufrad,
Jama’ taktsir
Jama’ muannas salim, dan
Fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
👉Contoh جٕاءَ الطَّالِبُ
Dhammah menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
Perkataan الطَّالِبُ berada dlm keadaan rofok dan dia sendiri Isim Mufrad,
Isim mufrad mesti rofok dgn dhammah.
Dia tak boleh rofok dgn waw,tak boleh jadi الطَّالِبُو atau bubuh alif jadi الطَّالِبُا.tak menjadi.
Ini contoh pertama
Byk pula persoalan
Mana ta'hu ia isim mufrad dia rofok?
Nanti dulu!lain kali akan diberitahu.
Contoh lain ضَرَبَ مُحَمَّدٌ contoh yg masyhur
minit 32
minit 32
Kedua
Jama’ taktsir bagi جٕاءَ الطَّالِب ialah ٌجٕاءَ طُلَّاب
Kita guna contoh yg sama shj .
Kepada الطَّالِبُ jamak taksirnya gapo dia?
Jamak taksirnya طُلَّابٌ.
Tanda rofok dia dhommah
Ketiga
Jama’ muannas salim.
Kita guna contoh yg sama جَاءَتِ المُسْلِمَةُ
Dia rofok dgn dhommah.
Keempat
الذي لم يتصل بآخره شيء
Fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
Minit 35
Contoh Dulu tasrif usul
Tasrif usul yg berkait dgn sorof.
Disini contoh ضَرَبَ ini feel madi ,feel mudhariknya يَضْرِبُ
ٕضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبـــًا ضَارِبٌ مَضْرُوْبٌ اِضْرِبْ
لَاتَضْرِبْ مَضْرِبٌ مِضْرَبٌ ضُرْبَ يُضْرِبُ
ٕضَرَبَ فعل ماضي telah pukul
يَضْرِبُ فعل مضارع sedang/akan pukul
ضَرْبـــًا اسمٌ مصدرٍ pukulan
ضَارِبٌ اِسْمُ فَاعِلْ orang yg memukul
مَضْرُوْبٌ اِسْم ُمَفْعُولٍ yang dipukul
اِضْرِبْ فَعْلُ اَمْرٍ pukullah
لَاتَضْرِبْ فعل نهي jangan pukul
مَضْرِبٌ اسم زمن masa dipukul
مَضْرِبٌ اسم مكن tempat pukul
مِضْرَبٌ اسم آلة
ضُرِبَ فعل ماضي مجهول
tak diketahui siapa yg melakukan pukulan.
يُضْرِبُ فعل مضارع مجهول
Contoh Dulu tasrif usul
Tasrif usul yg berkait dgn sorof.
Disini contoh ضَرَبَ ini feel madi ,feel mudhariknya يَضْرِبُ
Feel mudhariknya يَضْرِبُ ini dia ada pula pecahannya.
Kita tulis pecahannya
Minit 40
Feel mudharik يَضْرِبُ ada pecahan.
Dibawah ini adalah pecahannya.
يَضْرِبُ يَضْرِبَانِ يَضْرِبُوْنَ تَضْرِبُ تَضْرِبَانَ يَضْرِبْنَ
تَضْربُِ تَضْرِبَانَ تَضْرِبُوْنَ تَضْرِبِيْنَ تَضْرِبَانَ تَضْرِبْنَ
َ اَضْرِبُ نَضْرِبُ
Jadi disini dia kata feel mudharik yg tidak bersambung dgn sesuatu diakhirnya.
يَضْرِبُ 1 dhommah
يَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبُ 2 dhommah
تَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبْنَ bersambung
تَضْرِبُ 3 dhommah
تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبِيْنَ bersambung
تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبْنَ bersambung
َ اَضْرِبُ 4 dhommah
نَضْرِبُ 5 dhommah
Ada 5 yg tak bersambung atau dhommah.
Ini maksud feel mudharik yg tidak bersambung dgn sesuatu diakhirnya.
Ini contoh rofok dgn dhommah
Yg kedua rofok dgn waw pada dua tempat...
وأما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين : في جمع المذكر السالم وفي الأسماء الخمسة وهي : أبوك وأخوك وحموك وفوك وذو مال
Huruf Waw menjadi tanda bagi rafa’ pada dua tempat :
1.Jama’ mudzakkar salim, dan
Contoh جَاءَ المُسْلِمُونَ
Sini mana waw?
Ini waw dia المُسْلِمُونَ ,jamak muzakkar salim.
Dia asal perkataan mufrad dia مُسْلِمٌ
Jamak dia المُسْلِمُونَ
2. Isim lima yaitu
أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ
(Bapak mu, saudara laki-laki mu , ipar mu, mulut mu, pemilik harta )
أَبُوكَ Bapak mu
أَخُوكَ saudara laki-laki mu
َحَمُوكَ ipar mu
َفُوكَ mulut mu
َذُو مَالٍ pemilik harta
Yang ketiga
وأما الألف فتكون علامة للرفع في تثنية الأسماء خاصة
Huruf Alif menjadi tanda bagi rafa’ pada isim tatsniyyah yang tertentu.
Contoh جَاءَ الطَالِبَانِ
Alif ini alamat rofok pada isim tasniyah.
Yang keempat.
وأما النون فتكون علامة للرفع في الفعل المضارع إذا اتصل به ضمير التثنية أو ضمير جمع أو ضمير المؤنثة المخاطبة
Huruf Nun menjadi tanda bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang bersambung dengan:
dhamir tatsniyah,dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah
Tadi feel mudharik iaitu يَضْرِبُ 1 dhommah
يَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبُ 2 dhommah
تَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبْنَ bersambung
تَضْرِبُ 3 dhommah
تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبِيْنَ bersambung
تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبْنَ bersambung
َ اَضْرِبُ 4 dhommah
نَضْرِبُ 5 dhommah
1,2,3,4,5rofok dgn dhommah.
Tapi ada juga yg rofok dgn ن.
Ada tiga iaitu feel mudharik yg bersambung dgn tasniyah
👈يَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبُ 2 dhommah
👈 تَضْرِبَانِ bersambung
يَضْرِبْنَ bersambung
تَضْرِبُ 3 dhommah
👈 تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبُوْنَ bersambung
تَضْرِبِيْنَ bersambung
👈تَضْرِبَانِ bersambung
تَضْرِبْنَ bersambung
َ اَضْرِبُ 4 dhommah
نَضْرِبُ 5 dhommah
Mana alamat rofok يَضْرِبَانِ nya?
Ia adalah ن
Jadi rofok dgn nun.
dhamir tatsniyah يَضْرِبَانِ
dhamir jama يَضْرِبُوْنَ
dhamir muannats mukhatabah ialah تَضْرِبِيْنَ
Baris akhir paling penting.
Semua baris penting.
Minit 57.
Pelajaran ke 9
Bab Na’at (sifat)
Kata sifat
Rumah yg cantik
Pen yg besar.
Dr segi hukum mesti sama dgn Man'ut(Sesuatu yg disifatkan)
بَيْتٌ كَبِرٌ
Rumah yg besar بَيْتٌ
Yg besar adalah sifat كَبِرٌ
بَيْتٌ كَبِرٌ
4 persamaan naat dan manut.
1.dr segi ikrob makna Serupa barisnya.
Naat rofok
Manut pun mesti rofok
2.dari segi bilangan,dua2 mesti mufrad atau jamak ,atau tasniyah ,kena sama
Naat mufrad بَيْتٌ
Jamak بَيْتٌ ialah بُيُتْ
Manut mufrad كَبِرٌ
3. Dua2 kena muzakkar
Naat muzakkar بَيْتٌ
Manut muzakkar كَبِرٌ
4 .dua2 makrifah atau nakirah ,dua2 kena sama.
Ada aliflam atau bertanwin.
Jika naat makrifah
Manut juga makrifah.
Jika naat nakirah.
Manut juga nakirah.
Ini nakirah بَيْتٌ كَبِرٌ
Contoh2..
Baca...
Latihan...
Ada isim yg tak boleh bertanwin...
Minit
1jam:15minit
Tiada ulasan:
Catat Ulasan