Sahih muslim kitab fitnah&tanda qiamat sesi 023
٥٤ - الفتن وأشراط الساعة » ١٣٩٠ - قرب الساعة
54. Fitnah dan tanda kiamat » 1390. Dekatnya(hampirnya) hari kiamat.
٥٢٤٣ - حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْأَقْمَرِ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا عَلَى شِرَارِ النَّاسِ
5243. Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Ali bin Al Aqmar dari Abu Al Ahwash dari Abdullah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kiamat tidak terjadi kecuali atas manusia-manusia buruk."(ketika yg tinggal didunia ini manusia2 jahat sahaja)
٥٢٤٤ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَعَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ عَنْ أَبِي حَازِمٍ أَنَّهُ سَمِعَ سَهْلًا يَقُولُا سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُشِيرُ بِإِصْبَعِهِ الَّتِي تَلِي الْإِبْهَامَ وَالْوُسْطَى وَهُوَ يَقُولُ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ هَكَذَا
5244. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Manshur telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Abdurrahman dan Abdulaziz bin Abu Hazim dari Abu Hazim dari Sahal bin Sa'id berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id, teks miliknya, telah menceritakan kepada kami Ya'qub dari Abu Hazim bahwa ia mendengar Sahal berkata: Aku mendengar nabi shallallahu 'alaihi wasallam (sambil mengisyaratkan)menunjuk dengan jari telunjuk dan jari tengah, beliau bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti ini."
٥٢٤٥ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ قَتَادَةَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ قَالَ شُعْبَةُ وَسَمِعْتُ قَتَادَةَ يَقُولُ فِي قَصَصِهِ كَفَضْلِ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَلَا أَدْرِي أَذَكَرَهُ عَنْ أَنَسٍ أَوْ قَالَهُ قَتَادَةُ
5245. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Muhammad bin Basyar keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah berkata: Aku mendengar Qatadah telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti dua (jari) ini." Syu'bah berkata: Aku mendengar Qatadah berkata dalam kisahnya: Seperti keutamaan (lebih panjang)salah satunya atas yang lain. Aku tidak tahu apakah ia menyebutkannya dari Anas ataukah Qatadah yang mengatakannya(kata2nya sendiri)
٥٢٤٦ - و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ الْحَارِثِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ قَتَادَةَ وَأَبَا التَّيَّاحِ يُحَدِّثَانِ أَنَّهُمَا سَمِعَا أَنَسًا يُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ هَكَذَا وَقَرَنَ شُعْبَةُ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ الْمُسَبِّحَةِ وَالْوُسْطَى يَحْكِيهِ و حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذَا و حَدَّثَنَاه مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ حَمْزَةَ يَعْنِي الضَّبِّيَّ وَأَبِي التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيثِهِمْ
5246. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Habib Al Haritsi telah menceritakan kepada kami Khalid bin Al Harits telah menceritakan kepada kami Syu'bah berkata: Aku mendengar Qatadah dan Abu At Tayyah menceritakan bahwa keduanya mendengar Anas menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti ini." Syu'bah menyandingkan (rapatkan) jari telunjuk dan jari tengah saat menceritakannya. Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami ayahku. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Walid telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu At Tayyah dari Anas dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan matan serupa. Telah menceritakannya kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Adi dar Syu'bah dari Hamzah Adh Dhabbi dan Abu At Tayyah dari Anas dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti hadits mereka.
٥٢٤٧ - و حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَعْبَدٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ قَالَ وَضَمَّ السَّبَّابَةَ وَالْوُسْطَى
5247. Telah menceritakan kepada kami Abu Ghassan Al Misma'i telah menceritakan kepada kami Mu'tamir dari ayahnya dari Ma'bad dari
Anas berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti dua (jari) ini." Anas berkata: Beliau melekatkan jari telunjuk dan jari tengah.
٥٢٤٨ - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ الْأَعْرَابُ إِذَا قَدِمُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلُوهُ عَنْ السَّاعَةِ مَتَى السَّاعَةُ فَنَظَرَ إِلَى أَحْدَثِ إِنْسَانٍ مِنْهُمْ فَقَالَ إِنْ يَعِشْ هَذَا لَمْ يُدْرِكْهُ الْهَرَمُ قَامَتْ عَلَيْكُمْ سَاعَتُكُمْ
5248. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Hisyam dari ayahnya dari
Aisyah berkata: Orang-orang badui apabila mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, mereka bertanya mengenai hari kiamat: Kapan akan terjadi? Beliau melihat kepada orang paling muda di antara mereka dan bersabda: "Apabila orang ini masih hidup dan ia belum tua, berarti kiamat kalian telah terjadi."
٥٢٤٩ - و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَتَى تَقُومُ السَّاعَةُ وَعِنْدَهُ غُلَامٌ مِنْ الْأَنْصَارِ يُقَالُ لَهُ مُحَمَّدٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنْ يَعِشْ هَذَا الْغُلَامُ فَعَسَى أَنْ لَا يُدْرِكَهُ الْهَرَمُ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ
5249. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad dari Hammad bin Salamah dari Tsabit dari
Anas seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kapan terjadinya kiamat dan didekatnya ada anak kecil dari Anshar bernama Muhammad, beliau menjawab: "Bila anak ini masih hidup, mungkin ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi."
٥٢٥٠ - و حَدَّثَنِي حَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ حَدَّثَنَا مَعْبَدُ بْنُ هِلَالٍ الْعَنَزِيُّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَتَى تَقُومُ السَّاعَةُ قَالَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُنَيْهَةً ثُمَّ نَظَرَ إِلَى غُلَامٍ بَيْنَ يَدَيْهِ مِنْ أَزْدِ شَنُوءَةَ فَقَالَ إِنْ عُمِّرَ هَذَا لَمْ يُدْرِكْهُ الْهَرَمُ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ قَالَ قَالَ أَنَسٌ ذَاكَ الْغُلَامُ مِنْ أَتْرَابِي يَوْمَئِذٍ
5250. Telah menceritakan kepadaku Hajjaj bin Asy Sya'ir telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid telah menceritakan kepada kami Ma'bad bin Hilal Al Anazi dari
Anas bin Malik, seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kapan terjadinya kiamat. Beliau terdiam sejenak lalu melihat anak kecil dari Azd Syanu`ah yang ada didepan beliau, beliau menjawab: "Bila anak ini masih hidup, ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi." Anas berkata: Anak itu sebayaku saat itu.(sekitar umur 17 tahun)
٥٢٥١ - حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَنَسٍ قَالَ مَرَّ غُلَامٌ لِلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ وَكَانَ مِنْ أَقْرَانِي فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنْ يُؤَخَّرْ هَذَا فَلَنْ يُدْرِكَهُ الْهَرَمُ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ
5251. Telah menceritakan kepada kami Harun bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Affan bin Muslim telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas berkata: Anak (hamba)Mughirah bin Syu'bah, sebayaku, melintasi lalu nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bila anak ini panjang umur, ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi."
٥٢٥٢ - حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَقُومُ السَّاعَةُ وَالرَّجُلُ يَحْلُبُ اللِّقْحَةَ فَمَا يَصِلُ الْإِنَاءُ إِلَى فِيهِ حَتَّى تَقُومَ وَالرَّجُلَانِ يَتَبَايَعَانِ الثَّوْبَ فَمَا يَتَبَايَعَانِهِ حَتَّى تَقُومَ وَالرَّجُلُ يَلِطُ فِي حَوْضِهِ فَمَا يَصْدُرُ حَتَّى تَقُومَ
5252. Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari
Abu Hurairah sampai pada nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Kiamat terjadi sementara orang tengah memeras unta perahan, belum juga wadahnya sampai ke mulutnya hingga kiamat terjadi, dua orang saling berjual beli baju, belum juga keduanya berjual beli hingga kiamat terjadi dan seseorang memperbaiki telaganya(kolam), belum juga ia kembali hingga kiamat terjadi."
Hadits 5243
👉dari Abdullah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kiamat tidak terjadi kecuali atas manusia-manusia buruk."(ketika yg tinggal didunia ini manusia2 jahat sahaja)
Hadits 5244
👉dari Abu Hazim dari Sahal bin Sa'id berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id, teks miliknya, telah menceritakan kepada kami Ya'qub dari Abu Hazim bahwa ia mendengar Sahal berkata: Aku mendengar nabi shallallahu 'alaihi wasallam (sambil mengisyaratkan)menunjuk dengan jari telunjuk dan jari tengah, beliau bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti ini."
Hadits 5245
👉Aku mendengar Qatadah telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti dua (jari) ini." Syu'bah berkata: Aku mendengar Qatadah berkata dalam kisahnya: Seperti keutamaan (lebih panjang)salah satunya atas yang lain. Aku tidak tahu apakah ia menyebutkannya dari Anas ataukah Qatadah yang mengatakannya(kata2nya sendiri)
-hadits sebelumnya tengok arah melintang.
-bukan dekat masanya
-maksudnya tidak ada lagi nabi lain .
-bila ada yang mendakwa jadi nabi jangan terperdaya.
-sekadar nak bagi tau dekat .
Hadits 5246
👉Anas menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti ini." Syu'bah menyandingkan (rapatkan) jari telunjuk dan jari tengahإِصْبَعَيْهِ الْمُسَبِّحَةِ وَالْوُسْطَى
saat menceritakannya. Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami ayahku. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Walid telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu At Tayyah dari Anas dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan matan serupa. Telah menceritakannya kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Adi dar Syu'bah dari Hamzah Adh Dhabbi dan Abu At Tayyah dari Anas dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti بِمِثْلِ hadits mereka.
Hadits 5247
👉Anas berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diutus dan kiamat seperti dua (jari) ini." Anas berkata: Beliau melekatkan jari telunjuk dan jari tengah.السَّبَّابَةَ وَالْوُسْطَى
-gabungan jari telunjuk dan jari tengah.
-nabi ganti perkataan الْمُسَبِّحَةِ dengan السَّبَّابَةَ
-boleh mengguna perkataan seperti sembahyang .
-nabi saw sentiasa berusaha mempnggunakan pwrkataan yang lebih baik.
-air sembahyang pun boleh pakai juga bukan mesri wuduk.
Catitan:yang mula2 dia ambil tu iaitu Anas adalah riwayat usul.itu istilah dalam kitab muslim ini.selepas itu yang seterusnya saluran lain sampai ke Anas juga dipanggil mutabaah iaitu sahabat yang atas sekali adalah sahabat yang sama.tetapi dibawahnya saluran itu berbeza.
Riwayat Anas kepada riwayat Sahal bin Said adalah syawahid. Syawahid ini sebab2 yang mula2 2 riwayat daripada Sahl sahabat nabi orang lain, selepas ini banyak riwayat yang dia bawa sahabat lain pula iaitu Anas .Jadi
riwayat Anas dinisbahkan atau dikaitkan dengan riwayat Sahl sebelum kita panggil syawahid sebab sahabat lain.
Lepas riwayat tu Anas dan Anas itu dipanggil mutabaah.
Samada syawahid atau mutabaah bertujuan menguatkan maksud hadits yang mula-mula.
Al-Mutabaat plural lafaz al-mutaba'ah Dan Al -syawahid plural lafaz al-syahid merupakan riwayat atau hadits yang menyokong suatu hadits.
Al-Mutabaah ialah persetujuan sesaorang perawi itu terhadap perawi yang lain dengan syarat riwayat tersebut dari guru yang sama atau sesiapa diatasnya dalam sanad tersebut dari riwayat sahabat yang sama. Ia mempunyai dua jenis
1.Mutaba'ah yang sempurna(tammah)iaitu persetujuan riwayat tersebut berlaku langsung dari kalangan perawi satu peringkat (batch atau rakan seguru) dengan perawi yang disokong dari guru yang sama.
2.Mutaba'ah yang kurang sempurna(qasirah) iaitu persetujuan riwayat oleh perawi yang berlaku diperingkat sanad atasan seperti rakan seguru kepada gurunya atau guru kepada gurunya hingga ke sanad tertinggi iaitu tabiin.
Al-Syahid pula ialah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat lain yang menyokong lafaz atau makna hadits yang disokong . Sebahagian kecil ulamak menamakan mutabaah qasirah sebagai syahid.
Contoh:
Al-Syafie riwayat dari Malik,
Dari Abdullah bin Dinar,
Dari Ibnu Umar ra suatu hadits(riwayat utama yang ingin disokong).
Al-Qa'nabiy riwayat dari Malik,
Dari Abdullah bin Dinar,
Dari Ibnu Umar ra hadits yang sama.
Abu Usamah riwayat dari Ubaidillah bin Umar,
Dari Nafi' dari Ibnu Umar ra hadis yang sama.
Asim bin Muhamad riwayat dari ayahnya Muhamad bin Zayd dari Ibnu Umar hadits yang sama.
Hadits yang sama tersebut diriwayatkan oleh sahabat lain selain Ibnu Umar ra iaitu Abu Hurairah ra dan Ibnu Abbas.
Kesimpulannya:
Al-Qa'nabiy merupakan mutabi'tam (sempurna) kepada al-Syafi'iy kerana beliau menyokong riwayat al-Syafi'iy langsung dari guru yang sama iaitu Malik dengan sanad hadits tersebut.
Nafi' dan Muhamadv bin Zayd merupakan mutabi' qasir(kurang sempurna) kepada jalan al-syafi'iy kerana persetujuan riwayat berlakun diperingkat atasan sanad iaitu menyokong riwayat Abdullah bin Dinar dalam sanad al-Syafi'iy.
Hadits Abu Hurairah ra dan Ibnu Abbas ra merupakan syahid kepada hadits Ibnu Umar ra tersebut.
Hadits 5248(riwayat usul)
👉dari Aisyah berkata: Orang-orang badui apabila mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, mereka bertanya mengenai hari kiamat: Kapan akan terjadi? Beliau melihat kepada orang paling muda di antara mereka dan bersabda: "Apabila orang ini masih hidup dan ia belum tua, berarti kiamat kalian telah terjadi."
-apa maknanya ni?
-kiamat kalian(kamu) bererti generasi kamu.
-kiamat kamu yang bererti masa mati sesaorang.
- kiamat kecil boleh jadi macam makna seperti
kematian ketua keluarga atau dengan sebab kematian itu berlaku perubahan yang besar pada keluarga itu.
-ada bangsa yang pupus yang ada hanya nama sahaja.
-menjaga keselamatan boleh memberi kesan tempuh kiamat pada sesaorang.
Hadits 5249(riwayat syawahid)
👉dari Anas seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kapan terjadinya kiamat dan didekatnya ada anak kecil dari Anshar bernama Muhammad, beliau menjawab: "Bila anak ini masih hidup, mungkin ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi."
-sudah ada yang nama Muhamad.
-bahkan semasa Nabi saw lahir pun sudah ada yang bernama Muhamad.
- berakhirnya generasi sahabat termasuk bererti qiamat juga.
Hadits 5250
👉dari Anas bin Malik, seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kapan terjadinya kiamat. Beliau terdiam sejenak lalu melihat anak kecil (budak)dari Azd Syanu`ah(keturunan) yang ada didepan beliau, beliau menjawab: "Bila anak ini masih hidup, ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi." Anas berkata: Anak itu sebayaku saat itu.(sekitar umur 17 atau 18 tahun)
-sungguh berlaku qiamat iaitu berakhirnya generasi sahabat.
Hadits 5251
👉dari Anas berkata: Anak (hamba)Mughirah bin Syu'bah, sebayaku, melintasi lalu nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bila anak ini panjang umur, ia tidak sampai tua hingga kiamat terjadi."
-kata2 nabi seolah "mulut masin"
Hadits 5252
👉dari Abu Hurairah sampai pada nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Kiamat terjadi sementara orang tengah memeras unta perahan, belum juga wadahnya sampai ke mulutnya hingga kiamat terjadi, dua orang saling berjual beli baju, belum juga keduanya berjual beli hingga kiamat terjadi dan seseorang memperbaiki telaganya (kolam), belum juga ia kembali hingga kiamat terjadi."
-ini qiamat yang sebenar.
٥٤ - الفتن وأشراط الساعة » ١٣٩١ - ما بين النفختين
54. Fitnah dan tanda kiamat » 1391. Antara dua tiupan sangkakala
٥٢٥٣ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُونَ قَالُوا يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أَرْبَعُونَ يَوْمًا قَالَ أَبَيْتُ قَالُوا أَرْبَعُونَ شَهْرًا قَالَ أَبَيْتُ قَالُوا أَرْبَعُونَ سَنَةً قَالَ أَبَيْتُ ثُمَّ يُنْزِلُ اللَّهُ مِنْ السَّمَاءِ مَاءً فَيَنْبُتُونَ كَمَا يَنْبُتُ الْبَقْلُ قَالَ وَلَيْسَ مِنْ الْإِنْسَانِ شَيْءٌ إِلَّا يَبْلَى إِلَّا عَظْمًا وَاحِدًا وَهُوَ عَجْبُ الذَّنَبِ وَمِنْهُ يُرَكَّبُ الْخَلْقُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
5253. Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib Muhammad bin Al Ala` telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Abu Shalih dari
Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Antara dua tiupan sangkakala terdapat empat puluh." Mereka bertanya: Hai Abu Hurairah? Empatpuluh harikah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Mereka bertanya: Empatpuluh bulankah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Mereka bertanya: Empatpuluh tahunkah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Kemudian Allah menurunkan air dari langit lalu menumbuhkan seperti tumbuhnya tanaman. Ia (nabi saw)berkata: Tidak ada seorang pun melainkan telah usang kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dari situlah manusia disusun pada hari kiamat.
Tulang ekorعَجْبُ الذَّنَبِ
٥٢٥٤ - و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ يَعْنِي الْحِزَامِيَّ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ ابْنِ آدَمَ يَأْكُلُهُ التُّرَابُ إِلَّا عَجْبَ الذَّنَبِ مِنْهُ خُلِقَ وَفِيهِ يُرَكَّبُ
5254. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Al Mughirah Al Hizami dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Setiap anak cucu Adam dimakan tanah kecuali tulang ekor. Dari situlah ia diciptakan dari Disitulah ia disusun (kembali)."
٥٢٥٥ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ قَالَ هَذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنْهَا وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ فِي الْإِنْسَانِ عَظْمًا لَا تَأْكُلُهُ الْأَرْضُ أَبَدًا فِيهِ يُرَكَّبُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالُوا أَيُّ عَظْمٍ هُوَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ عَجْبُ الذَّنَبِ
5255. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi' telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami Ma'mar dari Hammam bin Munabbih berkata: Inilah yang diceritakan oleh
Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia menyebut beberapa hadits diantaranya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya pada diri manusia ada satu tulang yang tidak dimakan bumi selamanya. Padanyalah ia disusun (kembali) pada hari kiamat." Mereka bertanya: Tulang apa itu wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Tulang ekor."
Hadits 5253
👉dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Antara dua tiupan sangkakala terdapat empat puluh." Mereka bertanya: Hai Abu Hurairah? Empatpuluh harikah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Mereka bertanya: Empatpuluh bulankah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Mereka bertanya: Empatpuluh tahunkah? Abu Hurairah berkata: Aku enggan menjawab. Kemudian Allah menurunkan air dari langit lalu menumbuhkan seperti tumbuhnya tanaman. Ia (nabi saw) berkata: Tidak ada seorang pun melainkan telah usang kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor عَجْبُ الذَّنَبِ. Dari situlah manusia disusun pada hari kiamat.
-lamanya masa.
-bangkit dari kubur.
-dariعَجْبُ الذَّنَبِ akan dibentuk manusia nanti.
-sebagai tanda kepada malaikat.
Hadits 5254
👉dari Abu Hurairah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Setiap anak cucu Adam dimakan tanah kecuali tulang ekor. Dari situlah ia diciptakan dari situlah ia disusun (kembali)."
Hadits 5255
👉dari Hammam bin Munabbih berkata: Inilah yang diceritakan oleh Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia menyebut beberapa hadits diantaranya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya pada diri manusia ada satu tulang yang tidak dimakan bumi selamanya. Padanyalah ia disusun (kembali) pada hari kiamat." Mereka bertanya: Tulang pada apa itu wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Tulang ekor."
-ada pendapat juga termasuk yang dikecualikan dari yang hancur.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan