Sahih bukhari kitab puasa sesi 001-011t
Sahih bukhari kitab puasa sesi 001t-
1164. Kewajiban puasa ramadan
(1)باب وُجُوبِ صَوْمِ رَمَضَانَ: وَقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى:
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ}.
Bab kewajipan puasa bulan Ramadan.
Al-Baqarah 2:183
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
1165. Keutamaan puasa(2)باب فَضْلِ الصَّوْمِ
bab keutamaan berpuasa
1166. Kafarah puasa (3)باب الصَّوْمُ كَفَّارَةٌ
bab puasa menghapuskan dosa
1167. Ar rayyan untuk orang yang berpuasa
(4)باب الرَّيَّانُ لِلصَّائِمِينَ
bab pintu Ar rayan (yg menghilangkan dahaga) untuk orang berpuasa.
1168. Disebut ramadan atau bulan ramadan?
(5)باب هَلْ يُقَالُ رَمَضَانُ أَوْ شَهْرُ رَمَضَانَ وَمَنْ رَأَى كُلَّهُ وَاسِعًا:
وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((مَنْ صَامَ رَمَضَانَ)).
وَقَالَ: ((لاَ تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ)).
Bolehkah dipanggil Ramadan atau bulan Ramadan?dan orang yg berpendapat semuanya boleh.
Dan Nabi saw berkata :Sesiapa yg berpuasa Ramadan.
Dan dia kata jangan kamu mendahului Ramadan
Sahih bukhari kitab puasa sesi 002t
1168. Disebut ramadan atau bulan ramadan?
(5)باب هَلْ يُقَالُ رَمَضَانُ أَوْ شَهْرُ رَمَضَانَ وَمَنْ رَأَى كُلَّهُ وَاسِعًا:
وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((مَنْ صَامَ رَمَضَانَ)).
وَقَالَ: ((لاَ تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ)).
Bolehkah dipanggil Ramadan atau bulan Ramadan?dan orang yg berpendapat semuanya boleh.
Dan Nabi saw berkata :Sesiapa yg berpuasa Ramadan.
Dan dia kata jangan kamu mendahului Ramadan
1169. Barangsiapa berpuasa ramadan karena iman dan mengharap pahala
6. باب مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا وَنِيَّةً:
وَقَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((يُبْعَثُونَ عَلَى نِيَّاتِهِمْ)).
1170. Di bulan ramadan Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam lebih banyak beramal kebaikan
7. باب أَجْوَدُ مَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكُونُ فِي رَمَضَانَ:
1171. Orang yang tidak meninggalkan ucapan (dusta)kotor
8.باب مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فِي الصَّوْمِ:
1172. Apakah harus mengatakan 'Aku sedang berpuasa' ketika hina(dimaki)?
9. باب هَلْ يَقُولُ إِنِّي صَائِمٌ. إِذَا شُتِمَ:
1173. Puasa bagi orang yang khawatir atas dirinya karena (nafsu) ketelanjuran(zina)
10.باب الصَّوْمِ لِمَنْ خَافَ عَلَى نَفْسِهِ الْعُزُوبَةَ:
1174. Sabda Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam "Jika kalian melihat hilal…"
11.باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
((إِذَا رَأَيْتُمُ الْهِلاَلَ فَصُومُوا وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا)):
وَقَالَ صِلَةُ عَنْ عَمَّارٍ مَنْ صَامَ يَوْمَ الشَّكِّ فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
[تحفة 10354].
👉Pendapat pertama ,nampak anak bulan,puasa.
Pendapat kedua ,tak nampak puasa ,maka puasa esuk.
Pendapat ketiga,puasa berdasarkan kira2.
Bg imam bukhari kena tengok anak bulan.dan jumhur ulamak.
1175. Dua bulan Id tidak berkurang
12. باب شَهْرَا عِيدٍ لاَ يَنْقُصَانِ:
قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ قَالَ إِسْحَاقُ وَإِنْ كَانَ نَاقِصًا فَهْوَ تَمَامٌ.
وَقَالَ مُحَمَّدٌ لاَ يَجْتَمِعَانِ كِلاَهُمَا نَاقِصٌ
1176. Sabda Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam "Kami (kaum) yang tidak menulis dan menghintung…"
13. باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لاَ نَكْتُبُ وَلاَ نَحْسُبُ)):
1177. Ramadan tidak didahului dengan puasa satu atau dua hari
14. باب لاَ يَتَقَدَّمَنَّ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ:
Sahih bukhari kitab puasa sesi 003t
1178. Firman Allah "Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu…"
15.باب قَوْلِ اللَّهِ جَلَّ ذِكْرُهُ: {أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ
فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ}:
Dihalalkan bagi kamu, pada malam hari puasa, bercampur (bersetubuh) dengan isteri-isteri kamu.
Isteri-isteri kamu itu adalah sebagai pakaian bagi kamu dan kamu pula sebagai pakaian bagi mereka.
Allah mengetahui bahawasanya kamu mengkhianati diri sendiri,
lalu Ia menerima taubat kamu dan memaafkan kamu.
Maka sekarang setubuhilah isteri-isteri kamu dan carilah apa-apa(rezeki yg berupa anak2) yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kamu;
-Sura Al-Baqarah, Ayah 187
1179. Firman Allah "...dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar…."
16. باب قَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى: {وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ}:
فِيهِ الْبَرَاءُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
dan makanlah serta minumlah sehingga nyata kepada kamu benang putih (cahaya siang) dari benang hitam kegelapan malam), iaitu waktu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sehingga waktu malam (maghrib);
-Sura Al-Baqarah, Ayah 187
1180. Sabda Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam "Janganlah makan sahur kalian terhalangi…
16. باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
((لاَ يَمْنَعَنَّكُمْ مِنْ سَحُورِكُمْ أَذَانُ بِلاَلٍ)):
1181. Mengakhirkan makan sahur
17. باب تَأْخِيرِ السَّحُورِ:
1182. Berapa waktu antara sahur hingga shalat subuh
18. باب قَدْرِ كَمْ بَيْنَ السَّحُورِ وَصَلاَةِ الْفَجْرِ
1183. Berkah makan sahur
19. باب بَرَكَةِ السَّحُورِ مِنْ غَيْرِ إِيجَابٍ:
لأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ وَاصَلُوا وَلَمْ يُذْكَرِ السَّحُورُ.
Berkat makan sahur dari sambung.
1184. Niat puasa di siang hari
20. باب إِذَا نَوَى بِالنَّهَارِ صَوْمًا: وَقَالَتْ أُمُّ الدَّرْدَاءِ كَانَ أَبُو الدَّرْدَاءِ يَقُولُ عِنْدَكُمْ طَعَامٌ فَإِنْ قُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّي صَائِمٌ يَوْمِي هَذَا.
وَفَعَلَهُ أَبُو طَلْحَةَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ وَابْنُ عَبَّاسٍ وَحُذَيْفَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ.
Ada ke makanan?
1185. Orang yang berpuasa junub dipagi hari
21.باب الصَّائِمِ يُصْبِحُ جُنُبًا
1186. Orang yang berpuasa bercumbu
22. باب الْمُبَاشَرَةِ لِلصَّائِمِ: وَقَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا يَحْرُمُ عَلَيْهِ فَرْجُهَا.
1187. Orang yang berpuasa mencium
23. باب الْقُبْلَةِ لِلصَّائِمِ: وَقَالَ جَابِرُ بْنُ زَيْدٍ إِنْ نَظَرَ فَأَمْنَى يُتِمُّ صَوْمَهُ.
Sahih bukhari kitab puasa sesi 004t
1188. Mandinya orang yang berpuasa
24. باب اغْتِسَالِ الصَّائِمِ:
وَبَلَّ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ثَوْبًا، فَأَلْقَاهُ عَلَيْهِ، وَهُوَ صَائِمٌ. وَدَخَلَ الشَّعْبِيُّ الْحَمَّامَ وَهُوَ صَائِمٌ.
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ لاَ بَأْسَ أَنْ يَتَطَعَّمَ الْقِدْرَ، أَوِ الشَّيْءَ.
وَقَالَ الْحَسَنُ لاَ بَأْسَ بِالْمَضْمَضَةِ وَالتَّبَرُّدِ لِلصَّائِمِ.
وَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ إِذَا كَانَ صَوْمُ أَحَدِكُمْ فَلْيُصْبِحْ دَهِينًا مُتَرَجِّلاً.
وَقَالَ أَنَسٌ إِنَّ لِي أَبْزَنَ أَتَقَحَّمُ فِيهِ وَأَنَا صَائِمٌ. وَيُذْكَرُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ اسْتَاكَ وَهُوَ صَائِمٌ.
وَقَالَ ابْنُ عُمَرَ يَسْتَاكُ أَوَّلَ النَّهَارِ وَآخِرَهُ، وَلاَ يَبْلَعُ رِيقَهُ.
وَقَالَ عَطَاءٌ إِنِ ازْدَرَدَ رِيقَهُ لاَ أَقُولُ يُفْطِرُ.
وَقَالَ ابْنُ سِيرِينَ لاَ بَأْسَ بِالسِّوَاكِ الرَّطْبِ. قِيلَ لَهُ طَعْمٌ. قَالَ وَالْمَاءُ لَهُ طَعْمٌ، وَأَنْتَ تُمَضْمِضُ بِهِ. وَلَمْ يَرَ أَنَسٌ وَالْحَسَنُ
وَإِبْرَاهِيمُ بِالْكُحْلِ لِلصَّائِمِ بَأْسًا.
Ini mandi bg orang yg berpuasa.
Ibnu Umar membasahkan kain lalu dia pakai kain atau dia letakkan kain atas bahu atau tubuhnya dlm keadaan dia puasa.Syakbi masuk kedalam hammam dlm keadaan dia berpuasa.
(Jadi mandi untuk nak segarkan badan tak mengapa.
Hammam bilik mandi yg ada air panas.Ini cara bukhari bawa dalil yg dia setuju)
Ibnu Abbas kata tak apa ,barang siapa try barang hak ada dlm periuk.(Ini lebih dr mandi,tak pa).
Hasan Basri berkata tak apa berkumur2 dan bersejuk2 untuk orang yg berpuasa.
(Nak ambil wuduk sentiasa berkumur2)Dan hisap kehidung ,mengesan air bau dan warna,masuk dlm liang2 badan,tak apa.
Ibnu Masud berkata,bila sesaorang berpuasa biarlah pagi2 hari tu dia berminyak dan sisir rambut.
(Bukan bila puasa jadi huduh dan moyok.
Kalu bc Kitab muktabar ,jadi cergas dan segar atau eluk.
Puasa orang tak tahu,pah bila bila wat huduh dan letih orang akan nampak.jadi mungkin kurang keikhlasan kita.
Atas hati ,pakai comel dgn maksud nak susup ibadat ,bagus)
Anas berkata saya ada abzan atau kolam ,saya masuk berendam dlm kolam itu dlm keadaan berpuasa .
(Bukan sekadar mandi tapi berendam)
Ibnu Umar gosok gigi dipagi hari dan diakhir hari.
(Ada yg kata makruh.Walaupun tahu ni Ibnu Umar,tak mahu ikut , maka jadi sempit)
Ibnu Sirin berkata tak mengapa gosok gigi dgn siwak yg lembap atau basah yg segar lagi kayu sugi tu .
Orang kata kepada dia ,kan ianya ada rasa,dia jawab ,air pun ada rasa juga,pah mu wat kumur dgn air tu.
Anas dan Hasan dan Ibrahim berpendapat tidak apa2 kesalahan bg orang yg berpuasa untuk orang yg nak bercelak mata .
Yg ni pun boleh ,yg lain lagi boleh.
(Tak yakin lagi dgn bukhari?)
1189. Orang yang berpuasa makan dan minum karena lupa
25. باب الصَّائِمِ إِذَا أَكَلَ أَوْ شَرِبَ نَاسِيًا:
وَقَالَ عَطَاءٌ إِنِ اسْتَنْثَرَ، فَدَخَلَ الْمَاءُ فِي حَلْقِهِ، لاَ بَأْسَ، إِنْ لَمْ يَمْلِكْ.
وَقَالَ الْحَسَنُ إِنْ دَخَلَ حَلْقَهُ الذُّباب فَلاَ شَيْءَ عَلَيْهِ.
وَقَالَ الْحَسَنُ وَمُجَاهِدٌ إِنْ جَامَعَ نَاسِيًا فَلاَ شَيْءَ عَلَيْهِ.
Bab orang puasa ,pah dia makan atau minum kerana terlupa.
Atod kata ,sesaorang itu hisap air kehidung maka masuk air ketekak dia ,tak apa.sebab bukan dlm kemampuan dia nak kehek balik
Hasan Basri berkata ,kalau lalat masuk dlm tekak dia,tak apa,tak batal puasanya
Hasan Basri kata lagi,kalau sesaorang itu berjimak gn bininya dlm keadaan terlupa,tak apa.
1190. Siwak basah dan kering bagi orang yang berpuasa
26. باب سِوَاكِ الرَّطْبِ وَالْيَابِسِ لِلصَّائِمِ:
وَيُذْكَرُ عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَاكُ، وَهُوَ صَائِمٌ مَا لاَ أُحْصِي أَوْ أَعُدُّ.
وَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
((لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ)).
وَيُرْوَى نَحْوُهُ عَنْ جَابِرٍ وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلَمْ يَخُصَّ الصَّائِمَ مِنْ غَيْرِهِ.
وَقَالَتْ عَائِشَةُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ، مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ)).
وَقَالَ عَطَاءٌ وَقَتَادَةُ يَبْتَلِعُ رِيقَهُ.
Disebutkan dari Amir bin Rabiah ,Nabi saw gosok gigi tak terhitung banyaknya.
Abu Hurairah meriwayatkan dari Nabi saw,kalau tak sabit menyusahkan umat ku niscaya aku suruh umat aku gosok gigi setiap kali dia ambil wuduk.
Dan diriwayatkan juga seperti hok satni dari Jabir bin Khalid dari nabi saw,nabi tidak khususkan bg orang yg tidak puasa ,orang puasa tidak begitu.ada hadis begitu .jadi tak kira puasa atau tidak,gosok gigi molek sokmo sampai petang.
Aisyah kata gosok gigi itu membersihkan mulut dan membawa keredaan tuhan.
Pah ,Nabi sendiri yg buat dan jadi contoh kepada yg lain.
Pah bersih mulut ,pagi shj yg dimaksudkan .
Pah keredaan perlu dicari pagi shj ke?
Atod dan Qatadah kata ,dia boleh telan air liur dia selepas dia gosok gigi.
Jangan telan yg ada 'hijau'tu.
1191.
27.باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((إِذَا تَوَضَّأَ فَلْيَسْتَنْشِقْ بِمَنْخِرِهِ الْمَاءَ)). وَلَمْ يُمَيِّزْ بَيْنَ الصَّائِمِ وَغَيْرِهِ:
وَقَالَ الْحَسَنُ لاَ بَأْسَ بِالسَّعُوطِ لِلصَّائِمِ إِنْ لَمْ يَصِلْ إِلَى حَلْقِهِ، وَيَكْتَحِلُ.
وَقَالَ عَطَاءٌ إِنْ تَمَضْمَضَ ثُمَّ أَفْرَغَ مَا فِي فِيهِ مِنَ الْمَاءِ لاَ يَضِيرُهُ، إِنْ لَمْ يَزْدَرِدْ رِيقَهُ، وَمَاذَا بَقِيَ فِي فِيهِ، وَلاَ يَمْضَغُ الْعِلْكَ، فَإِنِ ازْدَرَدَ رِيقَ الْعِلْكِ لاَ أَقُولُ إِنَّهُ يُفْطِرُ. وَلَكِنْ يُنْهَى عَنْهُ فَإِنِ اسْتَنْثَرَ، فَدَخَلَ الْمَاءُ حَلْقَهُ، لاَ بَأْسَ، لَمْ يَمْلِكْ.
باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
((إِذَا تَوَضَّأَ فَلْيَسْتَنْشِقْ بِمَنْخِرِهِ الْمَاءَ))
Ini bab ,bila sesaorang itu ambil wuduk ,maka hisap air kehidung dia.
Nabi saw tidak membezakan antara orang puasa dgn orang tidak puasa.
Hasan Basri berkata,tidak mengapa dgn soud(hisap ko hidung).tak apa jika tak sampai ke tekak dia.
Atod berkata ,dia berkumur dan kemudian dia nak telan tak apa,dan kemudian dia nak telan lagi baki lagi yg ada dlm mulut dia tak apa.tak perlu la ludah meludah.
Dan tak mengapa juga sesaorang tu nak kunyah getah.Tapi tidak mengalakannya.makruh.
1192. Jika bersetubuh di (siang hari) ramadan
28.باب إِذَا جَامَعَ فِي رَمَضَانَ:
وَيُذْكَرُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ: ((مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ، مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلاَ مَرَضٍ لَمْ يَقْضِهِ صِيَامُ الدَّهْرِ، وَإِنْ صَامَهُ)). وَبِهِ قَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ.
وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَالشَّعْبِيُّ وَابْنُ جُبَيْرٍ وَإِبْرَاهِيمُ وَقَتَادَةُ وَحَمَّادٌ يَقْضِي يَوْمًا مَكَانَهُ.
Ini bab ,bila sesaorang itu berjimak dlm bulan ramadan.
Dan disebutkan oleh Abu Hurairah
Barangsiapa yg berbuka puasa di bulan ramadan tidak akan boleh mengqadakannya oleh puasa sepanjang tahun.
tertidur.
Tapi ada yg qias.
Begini juga pendapat Ibnu Masud kata Said bin Musayab , Syabi, Ibnu Jubair , Ibrahim , Qatadah dan Ahmad, dia kena ganti sehari yg dia tak puasa sat ni samada dia puasa hari tu atau dia puasa sekerat pah tu dia berbuka. tanpa uzur ,tanpa sakit.
Pah hok Abu Hurairah bw mari,tak dapat ganti atau qada walau sepanjang tahun?kemudian nanti.
1193. Jika seseorang bersetubuh di (siang hari) ramadan, sementara tidak memiliki sesuatu untuk ia sedekahkan…
29.باب إِذَا جَامَعَ فِي رَمَضَانَ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَيْءٌ فَتُصُدِّقَ عَلَيْهِ فَلْيُكَفِّرْ:
1194. Orang yang bersetubuh di siang hari bulan ramadan, apakah ia boleh memberikan makanan untuk keluarganya sebagai kafarah?
30. باب الْمُجَامِعِ فِي رَمَضَانَ هَلْ يُطْعِمُ أَهْلَهُ مِنَ الْكَفَّارَةِ إِذَا كَانُوا مَحَاوِيجَ
Sahih bukhari kitab puasa sesi 005t
1192. Jika bersetubuh di (siang hari) ramadan
28.باب إِذَا جَامَعَ فِي رَمَضَانَ:
وَيُذْكَرُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ: ((مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ، مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلاَ مَرَضٍ لَمْ يَقْضِهِ صِيَامُ الدَّهْرِ، وَإِنْ صَامَهُ)). وَبِهِ قَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ.
وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَالشَّعْبِيُّ وَابْنُ جُبَيْرٍ وَإِبْرَاهِيمُ وَقَتَادَةُ وَحَمَّادٌ يَقْضِي يَوْمًا مَكَانَهُ.
Ini bab ,bila sesaorang itu berjimak dlm bulan ramadan.
Dan disebutkan oleh Abu Hurairah
Barangsiapa yg berbuka puasa di bulan ramadan tidak akan boleh mengqadakannya oleh puasa sepanjang tahun.
tertidur.
Tapi ada yg qias.
Begini juga pendapat Ibnu Masud kata Said bin Musayab , Syabi, Ibnu Jubair , Ibrahim , Qatadah dan Ahmad, dia kena ganti sehari yg dia tak puasa sat ni samada dia puasa hari tu atau dia puasa sekerat pah tu dia berbuka. tanpa uzur ,tanpa sakit.
Pah hok Abu Hurairah bw mari,tak dapat ganti atau qada walau sepanjang tahun?kemudian nanti.
1193. Jika seseorang bersetubuh di (siang hari) ramadan, sementara tidak memiliki sesuatu untuk ia sedekahkan…
29.باب إِذَا جَامَعَ فِي رَمَضَانَ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَيْءٌ فَتُصُدِّقَ عَلَيْهِ فَلْيُكَفِّرْ:
1194. Orang yang bersetubuh di siang hari bulan ramadan, apakah ia boleh memberikan makanan untuk keluarganya sebagai kafarah?
30. باب الْمُجَامِعِ فِي رَمَضَانَ هَلْ يُطْعِمُ أَهْلَهُ مِنَ الْكَفَّارَةِ إِذَا كَانُوا مَحَاوِيجَ
1195. Berbekam dan muntah bagi orang yang berpuasa
31.باب الْحِجَامَةِ وَالْقَيْءِ لِلصَّائِمِ:
Sahih bukhari kitab puasa sesi 006t
1196. Puasa dan berbuka dalam safar
32. باب الصَّوْمِ فِي السَّفَرِ وَالإِفْطَارِ:
1197. Berpuasa beberapa hari di bulan ramadan kemudian pergi bersafar
33 . باب إِذَا صَامَ أَيَّامًا مِنْ رَمَضَانَ ثُمَّ سَافَرَ
Bab tiada tajuk.
1198. Sabda Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam kepada orang yang dipayungi dan panas yang sangat…
Bab panas sangat.
34.باب قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ، وَاشْتَدَّ الْحَرُّ: ((لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصَّوْمُ فِي السَّفَرِ)):
1199. Sebagian sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam tidak mencela sebagian kepada sebagian yang lain…
35. باب لَمْ يَعِبْ أَصْحَابُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا فِي الصَّوْمِ وَالإِفْطَارِ:
1200. Berbuka saat safar supaya dilihat oleh orang
باب مَنْ أَفْطَرَ فِي السَّفَرِ لِيَرَاهُ النَّاسُ
1201. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah,
باب: {وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ}:
قَالَ ابْنُ عُمَرَ وَسَلَمَةُ بْنُ الأَكْوَعِ: نَسَخَتْهَا:
{شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
(Masa yang diwajibkan kamu berpuasa itu ialah) bulan Ramadan yang padanya diturunkan Al-Quran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia, dan menjadi keterangan-keterangan yang menjelaskan petunjuk dan (menjelaskan) perbezaan antara yang benar dengan yang salah. Oleh itu, sesiapa dari antara kamu yang menyaksikan anak bulan Ramadan (atau mengetahuinya), maka hendaklah ia berpuasa bulan itu; dan sesiapa yang sakit atau dalam musafir maka (bolehlah ia berbuka, Kemudian wajiblah ia berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (Dengan ketetapan yang demikian itu) Allah menghendaki kamu beroleh kemudahan, dan Ia tidak menghendaki kamu menanggung kesukaran. Dan juga supaya kamu cukupkan bilangan puasa (sebulan Ramadan), dan supaya kamu membesarkan Allah kerana mendapat petunjukNya, dan supaya kamu bersyukur.
-Sura Al-Baqarah, Ayah 185
1202. Kapan mengganti puasa ramadan
باب مَتَى يُقْضَى قَضَاءُ رَمَضَانَ:
Bab bila kah qada puasa ramadan?
👉tiada ajawapan bukhari ,tengok dlm hadis,
Aisyah puasa dlm bulan syaban.tarikh akhir.?
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ لاَ بَأْسَ أَنْ يُفَرَّقَ لِقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى:
{فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ}
👉Berturut2 atau tidak?
Pakai yg umum ini.
Dan berkata ibnu abbas,tidak mengapa puasa asing2 seperti kata allah taala ,maka kiralah beberapa hari lain.
وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ فِي صَوْمِ الْعَشْرِ لاَ يَصْلُحُ حَتَّى يَبْدَأَ بِرَمَضَانَ.
Dan berkata said bin musayib ,
وَقَالَ إِبْرَاهِيمُ إِذَا فَرَّطَ حَتَّى جَاءَ رَمَضَانُ آخَرُ يَصُومُهُمَا
Dan berkata ibrahim ,apabila ...hingga ramadan akhir ...
، وَلَمْ يَرَ عَلَيْهِ طَعَامًا.
Dan tidak nampak makanan
وَيُذْكَرُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مُرْسَلاً،
Dan sebut abu hurairah secara mursal
وَابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ يُطْعِمُ.
Dan ibmu abbas ,sesungguhnya dia makan
وَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهُ الإِطْعَامَ إِنَّمَا قَالَ:
Dan allah tak sebut kecuali makanan, hanya kata beberapa bilangan hari yg lain.
{فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ}
👉Ini kata2 atau mazhab imam bukhari,tiada fidyah.tuhan tak royat.pendapat imam bukhari
Kalu beberapa tahun?
Tiada dlm hadis yg marfuk.
Kalau ada dlm atsar2
Atsar2 diletak dlm tarjamatulbab menunjukan yg bukhari setuju atau kecenderungannya.
Jika takkhir,hingga masuk ramadan yg lain kena fidyah ,malik ,syafie dan ahmad.
Jadi ini perkara khilaf
1203. Wanita haid meninggalkan puasa dan shalat
باب الْحَائِضِ تَتْرُكُ الصَّوْمَ وَالصَّلاَةَ:
وَقَالَ أَبُو الزِّنَادِ إِنَّ السُّنَنَ وَوُجُوهَ الْحَقِّ لَتَأْتِي كَثِيرًا عَلَى خِلاَفِ الرَّأْيِ، فَمَا يَجِدُ الْمُسْلِمُونَ بُدًّا مِنِ اتِّبَاعِهَا، مِنْ ذَلِكَ أَنَّ الْحَائِضَ تَقْضِي الصِّيَامَ وَلاَ تَقْضِي الصَّلاَةَ.
Sahih bukhari kitab puasa sesi 007t
1204. Orang yang wafat dan meninggalkan hutang puasa
باب مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَوْمٌ:
Orang mati dlm keadaan meninggalkan puasa.
وَقَالَ الْحَسَنُ إِنْ صَامَ عَنْهُ ثَلاَثُونَ رَجُلاً يَوْمًا وَاحِدًا جَازَ
Hasan Basri berkata jika 30 orang puasa hari yg sama ,boleh.
1205. Kapan orang yang berpuasa boleh berbuka
باب مَتَى يَحِلُّ فِطْرُ الصَّائِمِ:
Bila sesorang yg berpuasa itu boleh berbuka.
وَأَفْطَرَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ حِينَ غَابَ قُرْصُ الشَّمْسِ.
👉Dan bila dia boleh masuk buka puasa dan abu said al kuqri berbuka pada masa Bulat matahari atau jatuh matahari.
bila malam dtg dari sini dan siang pergi dari sini
1206. Berbuka dengan air atau selainnya sekadarnya
باب يُفْطِرُ بِمَا تَيَسَّرَ عَلَيْهِ بِالْمَاءِ وَغَيْرِهِ
1207. Mesegerakan buka puasa
باب تَعْجِيلِ الإِفْطَارِ
1208. Jika berbuka puasa ramadan kemudian matahari muncul kembali
باب إِذَا أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ ثُمَّ طَلَعَتِ الشَّمْسُ
1209. Puasanya anak kecil
باب صَوْمِ الصِّبْيَانِ
Bab puasa kanak2.
وَقَالَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لِنَشْوَانٍ فِي رَمَضَانَ وَيْلَكَ، وَصِبْيَانُنَا صِيَامٌ. فَضَرَبَهُ.
Berkata saidina umar kepada orang yg mabuk pada bulan puasa.cis kamu nibudak2 kita pun puasa.lalu dia pukul orang itu.
1213. Barangsiapa bersumpah agar saudaranya mau berbuka puasa
باب مَنْ أَقْسَمَ عَلَى أَخِيهِ لِيُفْطِرَ فِي التَّطَوُّعِ وَلَمْ يَرَ عَلَيْهِ قَضَاءً، إِذَا كَانَ أَوْفَقَ لَهُ:
Bab orang yg bersumpah untuk berbuka dlm puasa sunat dan ia berpendapat tiada qada atas orang itu kalu itu lebih sesuai untuknya.
👉Hak sunat adalah berpada2.
Hak sunat kena jaga jiran2 kita dll.
Ada juga yg tak sunat dianggap atau dipegangnkemas keming.
Sahih bukhari kitab puasa sesi 008t
1214. Puasa Sya'ban
باب صَوْمِ شَعْبَانَ:
1215. Penjelasan tentang puasa dan berbukanya Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam
باب مَا يُذْكَرُ مِنْ صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِفْطَارِهِ:
1216. Hak tamu dalam hal puasa
باب حَقِّ الضَّيْفِ فِي الصَّوْمِ:
1217. Hak badan dalam hal puasa
باب حَقِّ الْجِسْمِ فِي الصَّوْمِ
1218. Puasa dahr
باب صَوْمِ الدَّهْرِ
1219. Hak keluarga dalam hal puasa
باب حَقِّ الأَهْلِ فِي الصَّوْمِ:
رَوَاهُ أَبُو جُحَيْفَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
1220. Berpuasa satu hari dan berbuka satu hari
باب صَوْمِ يَوْمٍ وَإِفْطَارِ يَوْمٍ
1221. Puasa Daud
باب صَوْمِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
1222. Puasa pada hari-hari bidl (tanggal tiga belas, empat belas dan lima belas)
باب صِيَامِ أَيَّامِ الْبِيضِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ
1223. Barangsiapa mengunjungi suatu kaum kemudian berbuka bersama mereka
باب مَنْ زَارَ قَوْمًا فَلَمْ يُفْطِرْ عِنْدَهُمْ:
1224. Puasa di akhir bulan
باب الصَّوْمِ آخِرَ الشَّهْرِ:
1225. Puasa khusus di hari jumat
باب صَوْمِ يَوْمِ الْجُمُعَةِ،
فَإِذَا أَصْبَحَ صَائِمًا يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَعَلَيْهِ أَنْ يُفْطِرَ:
Sahih bukhari kitab puasa sesi 009t
1226. Boleh mengkhususkan satu hari tertentu
باب هَلْ يَخُصُّ شَيْئًا مِنَ الأَيَّامِ:
Adakah boleh mengkhususkan mana2 hari untuk berpuasa ?.
Ada hadis pun yg tidak menepati syarat bukhari.
Yg sebelum ini kata 13,14,15?
Nas yg terang mengkhususkan hari2 tu tiada yg mengikut syarat bukhari.
Boleh ikut hadis tu,tetapi tidak memenuhi syarat bukhari.
1227. Puasa di hari Arafah
باب صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ
1228. Puasa di hari Idul Fitri
باب صَوْمِ يَوْمِ الْفِطْرِ
1229. Puasa di hari Idul Adlha
باب الصَّوْمِ يَوْمَ النَّحْرِ
1230. Puasa di hari-hari tasyriq
باب صِيَامِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ:
👉Umumnya adalah hari 11,12,13,hari mengeringkan daging.
Aisyah puasa pada hari mina.
1231. Puasa Asyura`
باب صِيَامِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ:
1232. Keutamaan orang yang menegakkan ramadan
باب فَضْلِ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ:
Ada setengah naskah sebut solat tarawih.
Agar tak keliru:
Solat tarawih= قَامَ رَمَضَانَ:
Qiamulail =solat tahajud
Sahih bukhari kitab puasa sesi 010t
1233. Keutamaan malam lailatur qadar
باب فَضْلِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ:
وَقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى
: {إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلاَئِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلاَمٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ}.
قَالَ ابْنُ عُيَيْنَةَ:
bab keutamaan malam qadar.
Allah berfirman
Sesunggunhnya kami telah menurunkannya pada malam lailatulqadar.Tahukah kanu apa itu nalam lailatur Qadar.
Ibnu Uyainah berkata
مَا كَانَ فِي الْقُرْآنِ:
Apa yg tersebut dlm quran
{مَا أَدْرَاكَ} فَقَدْ أَعْلَمَهُ،
Memang Allah swt telah beritahu kepadanya(yakni kepada nabi)
وَمَا قَالَ: {وَمَا يُدْرِيكَ} فَإِنَّهُ لَمْ يُعْلِمْهُ.
Dan hok mana allah swt tak beritahu,Allah tidak memberitahu kepadanya.[تحفة 18773 أ].
1234. Mencari malam lailatul qadar di tujuh hari terakhir
باب الْتِمَاسِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فِي السَّبْعِ الأَوَاخِرِ:
Sahih bukhari kitab puasa sesi 010matan
١٦ - صلاة التراويح » ١٢٣٣ - فضل ليلة القدر
1235. Mencari malam lailatul qadar pada hari ganjil di sepuluh hari terakhir.
باب تَحَرِّي لَيْلَةِ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ:
فِيهِ عُبَادَةُ.
1236. Waktu lailatul qadar dijadikan "Misteri" karena percekcokan sahabat
باب رَفْعِ مَعْرِفَةِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ لِتَلاَحِي النَّاسِ
1237. Beramal disepuluh hari terakhir
باب الْعَمَلِ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ
1238. Iktikaf di sepuluh hari terakhir.
باب الاِعْتِكَافِ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ وَالاِعْتِكَافِ فِي الْمَسَاجِدِ كُلِّهَا:
لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ}.
Sahih bukhari kitab puasa sesi 011t
1239. Wanita haid menyisir kepala orang yang sedang iktikaf
باب الْحَائِضُ تُرَجِّلُ الْمُعْتَكِفَ
1240. Tidak masuk ke dalam rumah kecuali untuk suatu keperluan
باب لاَ يَدْخُلُ الْبَيْتَ إِلاَّ لِحَاجَةٍ
1241. Mandi untuk orang yang itikaf
باب غَسْلِ الْمُعْتَكِفِ:
Membasuh kepala orang yg beriktikaf
1242. Iktikaf di malam hari
باب الاِعْتِكَافِ لَيْلاً:
Bab iktikaf pada waktu malam.
1243. Wanita beriktikaf
باب اعْتِكَافِ النِّسَاءِ:
Bab iktikaf perempuan.
1244. Tenda dalam masjid
باب الأَخْبِيَةِ فِي الْمَسْجِدِ:
Ini bab kemah2 dlm masjid
1245. Apakah orang yang iktikaf boleh keluar ke pintu masjid untuk suatu keperluannya
باب هَلْ يَخْرُجُ الْمُعْتَكِفُ لِحَوَائِجِهِ إِلَى باب الْمَسْجِدِ:
Bab bolehkah seorang keluar untuk hajat2nya kepintu masjid.
1246. Iktikaf dan keluarnya nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam dipagi hari ke dua puluh
باب الاِعْتِكَافِ:
وَخَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَبِيحَةَ عِشْرِينَ.
1247. Wanita mustahadlah beriktikaf
باب اعْتِكَافِ الْمُسْتَحَاضَةِ
1248. Wanita mengunjungi suaminya yang sedang iktikaf
باب زِيَارَةِ الْمَرْأَةِ زَوْجَهَا فِي اعْتِكَافِهِ
1249. Apakah orang yang iktikaf boleh melakukan pembelaan atas dirinya
باب هَلْ يَدْرَأُ الْمُعْتَكِفُ عَنْ نَفْسِهِ
1250. Orang yang keluar dari tempat iktikafnya dipagi hari
باب مَنْ خَرَجَ مِنَ اعْتِكَافِهِ عِنْدَ الصُّبْحِ:
1251. Iktikaf di bulan syawwal
باب الاِعْتِكَافِ فِي شَوَّالٍ
1252. Pendapat bahwa seseorang tidak harus berpuasa saat iktikaf.
باب مَنْ لَمْ يَرَ عَلَيْهِ صَوْمًا إِذَا اعْتَكَفَ
1253. Jika dimasa jahiliyah bernadzar untuk iktikaf, kemudian ia masuk Islam
باب إِذَا نَذَرَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ أَنْ يَعْتَكِفَ ثُمَّ أَسْلَمَ
1254. Iktikaf di sepuluh hari kedua di bulan ramadan
باب الاِعْتِكَافِ فِي الْعَشْرِ الأَوْسَطِ مِنْ رَمَضَانَ
1255. Barangsiapa berniat untuk iktikaf kemudian mempunyai keinginan untuk keluar (tidak melanjutkan
باب مَنْ أَرَادَ أَنْ يَعْتَكِفَ ثُمَّ بَدَا لَهُ أَنْ يَخْرُجَ
1256. Orang yang beritikaf memasukkan kepalanya ke dalam rumah untuk dibasuh
باب الْمُعْتَكِفِ يُدْخِلُ رَأْسَهُ الْبَيْتَ لِلْغَسْلِ
Tiada ulasan:
Catat Ulasan