Selasa, Ogos 02, 2016

Sahih bukhari:kitab mandi sesi 6

Sesi 6

1/12
Bab 9
باب هَلْ يُدْخِلُ الْجُنُبُ يَدَهُ فِي الإِنَاءِ قَبْلَ أَنْ يَغْسِلَهَا إِذَا لَمْ يَكُنْ عَلَى يَدِهِ قَذَرٌ غَيْرُ الْجَنَابَةِ:
Bolehkan seseorang yang berjunub memasukkan tangannya ke dalam bekas air sebelum mencucinya jika tidak ada kekotoran selain janabah?

وَأَدْخَلَ ابْنُ عُمَرَ وَالْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ يَدَهُ فِي الطَّهُورِ، وَلَمْ يَغْسِلْهَا ثُمَّ تَوَضَّأَ. وَلَمْ يَرَ ابْنُ عُمَرَ وَابْنُ عَبَّاسٍ بَأْسًا بِمَا يَنْتَضِحُ مِنْ غُسْلِ الْجَنَابَةِ.
Ibnu Umar dan Barak bin Azib  memasukan tangan ke dalam air dgn tidak bersuci terlebih dahulu kemudian berwuduk dgnnya. Ibnu Umar dan Ibnu Abbas berpendapat tidak mengapa dgn percikan air yg digunakan mandi junub

«261» حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ أَخْبَرَنَا أَفْلَحُ عَنِ الْقَاسِمِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ تَخْتَلِفُ أَيْدِينَا فِيهِ.
[أطرافه 250، 263، 273، 299، 5956، 7339، تحفة 17435].
Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah telah mengabarkan kepada kami Aflah bin Humaid dari Al Qasim dari 'Aisyah berkata, "Aku pernah mandi bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari satu bejana(dgn menggunakan air dari bekas yg sama) dan tangan kami saling bersentuhan.(untuk mengambil air dari bekas itu)

«262» حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ غَسَلَ يَدَهُ.
[طرفاه 248، 272، تحفة 16860].
Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad dari Hisyam dari Bapaknya dari 'Aisyah berkata, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mandi janabat beliau membasuh tangannya.(yakni apa bila hdk mandi junub)"

«263» حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَفْصٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنْ جَنَابَةٍ. وَعَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ مِثْلَهُ.
[أطرافه 250، 261، 273، 299، 5956، 7339، تحفة 17367، 17493].
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu Bakar bin Hafsh dari 'Urwah dari 'Aisyah berkata, "Aku pernah mandi junub bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam satu bejana." Dan dari 'Abdurrahman bin Al Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah seperti itu."

«264» حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَبْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْمَرْأَةُ مِنْ نِسَائِهِ يَغْتَسِلاَنِ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ. زَادَ مُسْلِمٌ وَوَهْبٌ عَنْ شُعْبَةَ مِنَ الْجَنَابَةِ.
[تحفة 964- 75/ 1].

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Abdullah bin 'Abdullah bin Jabr berkata, aku mendengar Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan salah seorang dari isterinya mandi dalam satu bejana(menggunakan air dari bekas yg sama)." Muslim dan Wahb bin Jarir dari Syu'bah menambahkan, "Karena junub."(yakni selepas perkataan mandi)

Bab 10
باب تَفْرِيقِ الْغُسْلِ وَالْوُضُوءِ:
وَيُذْكَرُ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ غَسَلَ قَدَمَيْهِ بَعْدَ مَا جَفَّ وَضُوءُهُ.
Orang mencurah air dgn  tangan kanannya keatas tangan kirinya ketika mandi

«265» حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَحْبُوبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ قَالَ: حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَتْ مَيْمُونَةُ وَضَعْتُ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءً يَغْتَسِلُ بِهِ، فَأَفْرَغَ عَلَى يَدَيْهِ، فَغَسَلَهُمَا مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا، ثُمَّ أَفْرَغَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ، فَغَسَلَ مَذَاكِيرَهُ، ثُمَّ دَلَكَ يَدَهُ بِالأَرْضِ، ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ ثُمَّ غَسَلَ رَأْسَهُ ثَلاَثًا، ثُمَّ أَفْرَغَ عَلَى جَسَدِهِ، ثُمَّ تَنَحَّى مِنْ مَقَامِهِ فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ.
[أطرافه 249، 257، 259، 260، 266، 274، 276، 281، تحفة 18064].

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mahbub berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdul Wahid berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Salim bin Abu Al Ja'd dari Kuraib mantan budak Ibnu 'Abbas, dari Ibnu 'Abbas berkata, Maimunah berkata, "Aku menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau lalu menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali dua kali atau tiga kali. Lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada telapak tangan kirinya lalu mencuci kemaluannya, setelah itu menyentuhkan tangannya ke tanah/dinding. Kemudian berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung. Kemudian membasuh muka dan kedua tangannya, lalu membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Setelah itu beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya."

Bab 11.mandi dan berwuduk tanpa mualak
باب مَنْ أَفْرَغَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ فِي الْغُسْلِ:

. «266» حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ مَيْمُونَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ قَالَتْ وَضَعْتُ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غُسْلاً وَسَتَرْتُهُ، فَصَبَّ عَلَى يَدِهِ، فَغَسَلَهَا مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ- قَالَ سُلَيْمَانُ لاَ أَدْرِي أَذَكَرَ الثَّالِثَةَ أَمْ لاَ- ثُمَّ أَفْرَغَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ، فَغَسَلَ فَرْجَهُ، ثُمَّ دَلَكَ يَدَهُ بِالأَرْضِ أَوْ بِالْحَائِطِ، ثُمَّ تَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ، وَغَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ، وَغَسَلَ رَأْسَهُ، ثُمَّ صَبَّ عَلَى جَسَدِهِ، ثُمَّ تَنَحَّى فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ، فَنَاوَلْتُهُ خِرْقَةً، فَقَالَ بِيَدِهِ هَكَذَا، وَلَمْ يُرِدْهَا.
[أطرافه 249، 257، 259، 260، 265، 274، 276، 281، تحفة 18064].
Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Salim bin Abu Al Ja'di dari Kuraib sahaya Ibnu 'Abbas dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhu dari Maimunah binti Al Harits radliallahu 'anhu berkata,: "Aku menyediakan air untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk mandi, dan aku menutupinya. Maka Beliau menuangkan air dengan telapak tangan kanannya lalu mencuci keduanya satu atau dua kali. Lalu menuangkan air dengan telapak tangan kanannya ke atas telapak tangan kirinya kemudian mencuci kemaluannya lalu menyentuhkan tangannya ke tanah. Kemudian berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung. Kemudian membasuh mukanya dan kedua tangannya dan membasuh kepalanya tiga kali kemudian mengguyur seluruh badannya. Kemudian di akhirnya Beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya".

Tarjamatul bab,ini sangat istimewa.
Fekah Bukhari boleh dilihat pada tajuk bab.
Bolehkah?
Nak mengisyaratkan khilaf ulamak yg berlaku dlm masalah ini.boleh tengok sendiri.
Jika tangan orang berjunub tidak bernajis maka air yg disentuh tidak akan menjadi najis.ini pendapat ramai.
Golongan zohiriah kata tetap najis tapi imam Bukhari  hormat pd mereka.

2/12
Iman Bukhari tidak terima tapi tetap hormat.jgn pandang remeh dan lekeh pada pendapat ulamak zohiriah.
Kita mesti anggap orang Islam adalah satu kumpulan.
Dlm masalah fekah boleh terbuka.dlm soal kepercayaan baru tidak boleh main2 dan mesti pegang dgn  kemas.
Bukhari bawa pendapat sahabat2 Ibnu umar dan Barak bin azis menampakkan pandangan yg dia setuju.
Tangan jika zahirnya tidak  kotor maka bila tangan dicelup dlm air tidak kotor.
Tohir
Tohur الطَّهُورِ
Sahabat2 tidak memandai2 jika tak pernah tahu nabi buat.s ebab tu jika sahabat buat ,itu suatu pengesahan mengisyaratkan boleh dilakukan.
Ahli sunnah=orang ikut sunnah
Waljamaah=orang jemaah sahabat.

3/12
Najis hukum,najis pada hukum,pada zohir tidak.
Najis Aini,akan menyebabkan air yg dicelup jadi najis
Bukhari bw pendapat 2 orang sahabat
ابْنُ عُمَرَ وَابْنُ عَبَّاس
yg dia setuju.
Orang islam shj yg tahu najis hukum,orang kafir tak tahu
Aqidah orang kafir kotor walaupun zahirnya depa bersih.
Fikiran yg jahat pun kotor juga.
Sebab tu kena jaga fikiran dan akhlak dari kekotoran.

4/12
Jika orang yg berjanabah itu najis,maka air yg telah digunakan untuk mandi janabah itu jadi bernajis la.
Tapi air itu tidak kotor(air mustakmal),malah suci dan menyucikan.
Jika najis ,nabi tak ceduklah air tu tapi nabi dok ceduk untuk mandi.hujjah ini sangat kuat.

Juga hadis ini menunjukkan sentuhan kulit lelaki dan perempuan,wuduk tidak batal.bukhari nampaknya sependapat dengan imam Abu Hanifah.

Sentuh tu haram tapi wuduk tak batal mengikut Abu hanifah dan Bukhari.imam malik batal jika ada nafsu.

5/12
Boleh ubah kebiasaan,bila telah ada ilmu yg jelas.

Manusia yg Beriman sbgmn Kamu beriman(sahabat)pasti akan dapat petunjuk.

Imam Bukhari telah meriwayatkan secara jazam(yakin) dari sahabat.

Jika dr perbuatan sahabat atsar.
Atsar pun perlu pada Sanad.jika Sanad doif,atsar jadi doif.
Anwar Syah kasymiri kata,kitab sahih Bukhari kitab ajaib.

Hadis ni tak sebut secara  jelas mandi angkat hadis besar.lalu imam Bukhari bw hadis yg kedua supaya jelas.

«262» حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ غَسَلَ يَدَهُ.
[طرفاه 248، 272، تحفة 16860].
Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad dari Hisyam dari Bapaknya dari 'Aisyah berkata, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mandi janabat beliau membasuh tangannya.(yakni apa bila hdk mandi junub)"

6/12
Juga hadis yg ketiga pun sebut dgn jelas mandi janabah

263» حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَفْصٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنْ جَنَابَةٍ. وَعَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ مِثْلَهُ.
[أطرافه 250، 261، 273، 299، 5956، 7339، تحفة 17367، 17493].
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu Bakar bin Hafsh dari 'Urwah dari 'Aisyah berkata, "Aku pernah mandi junub bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam satu bejana." Dan dari 'Abdurrahman bin Al Qasim dari Bapaknya dari 'Aisyah seperti itu."

Imam Bukhari seorang yg sangat berdisiplin.
Juga Hadis yg ketiga.

264» حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَبْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْمَرْأَةُ مِنْ نِسَائِهِ يَغْتَسِلاَنِ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ. زَادَ مُسْلِمٌ وَوَهْبٌ عَنْ شُعْبَةَ مِنَ الْجَنَابَةِ.
[تحفة 964- 75/ 1].

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Abdullah bin 'Abdullah bin Jabr berkata, aku mendengar Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan salah seorang dari isterinya mandi dalam satu bejana(menggunakan air dari bekas yg sama)." Muslim dan Wahb bin Jarir dari Syu'bah menambahkan, "Karena junub."(yakni selepas perkataan mandi)

Bagi orang yg kata air yg dicelup itu najis boleh dtgkan dalil.ada ke?
Yg ini sangat jelas,jadi ittibat (tahu dalil) ini lebih baik dari Taqlid.(ikut mazhab Syafie tapi tak tahu dalil)

7/12
Fekah adalah hasil yg telah diproses
Terlampau cermat jadi was2
Hadis ke4 dibw oleh bukhari untuk membuktikannya bukan khusus untuk nabi dan Aisyah shj.
Kesimpulanya,Najis hukumi tidak menajiskan air.

باب تَفْرِيقِ الْغُسْلِ وَالْوُضُوءِ:
Orang mencurah air dgn  tangan kanannya keatas tangan kirinya ketika mandi
Curah ketika mn?
Maksudnya pada permulaan nak mandi.lepas tu basuh la kedua2 tangan
Loni mandi dgn paip hujan tak payah dok curah .konsep kanan dan kiri adalah untuk mengutama yg lebih molek.
Sebab nak guna tangan kiri untuk mencuci kemaluan
Tapi jika nak guna tangan kanan,maka kita perlu curah tangan kiri keatas tangan kanan.

وَيُذْكَرُ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ غَسَلَ قَدَمَيْهِ بَعْدَ مَا جَفَّ وَضُوءُهُ.
8/12
Bergantung kepada keadaan yg diperlukan.
Jika ingin memotong menggunakan pisau, tentunya pegang barang yg dipotong dgn tangan kiri dan tiada masalah memegang dgn tangan kiri.
Maksud asal tak bg pegang tangan kiri untuk jaga kebersihan.bila bersih bolehlah pegang.
Jgn disibukkan dgn kiri kanan sehingga menyusahkan.biasanya manusia ,belah kanan lebih kuat.
Tampung dgn tangan kanan bg tangan kiri tiada dlm sunnah.
Cemar pada uruf,bukan cemar pada uruf.ini boleh dijaga.

9/12
Uruf boleh pakai.
Boleh ambil gelas dgn tangan kiri dan tak perlu tampung.
Jika ambil makanan dgn tangan kiri secara lansung menyebabkan kotor baru tak boleh.jadi boleh ambil lauk dgn tangan kiri menggunakan sudu.
Nabi ada makan buah dgn tangan kiri dan sambil berjalan.
Jika mengutamakan semua perkara dgn tangan kiri dlm makan itu yg tak boleh.
Jgn terlajak,sehingga memandang rendah orang yg tiada janggut misalnya. manusia ada lebih dan kurang.contoh tuan ku Abdul Rahman ,dia telah mati dan lihat juga kebaikan nya mengislamkan orang bukan Islam.soal masuk Islam semata2 dan tidak sempurna keislamannya itu soal lain pula.soalnya dah masuk Islam.
Juga mesti tetap diatas kewarasan.jgn membuta tuli.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan