الطهارة عن رسول الله » ١٨ - ما جاء في السواك
1. Bersuci » 18. Siwak
٢٢ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ
حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ
عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ
قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَدْ رَوَى هَذَا الْحَدِيثَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحَدِيثُ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِلَاهُمَا عِنْدِي صَحِيحٌ لِأَنَّهُ قَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذَا الْحَدِيثُ وَحَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ إِنَّمَا صَحَّ لِأَنَّهُ قَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ وَأَمَّا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ فَزَعَمَ أَنَّ حَدِيثَ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ أَصَحُّ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ وَعَلِيٍّ وَعَائِشَةَ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَحُذَيْفَةَ وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ وَأَنَسٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَابْنِ عُمَرَ وَأُمِّ حَبِيبَةَ وَأَبِي أُمَامَةَ وَأَبِي أَيُّوبَ وَتَمَّامِ بْنِ عَبَّاسٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَنْظَلَةَ وَأُمِّ سَلَمَةَ وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ وَأَبِي مُوسَى
22. telah menceritakan kepada kami
Abu Kuraib berkata,
telah menceritakan kepada kami Abdah bin Sulaiman dari Muhammad bin 'Amru dari Abu Salamah
dari Abu Hurairah ia berkata,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Sekiranya tidak memberatkan umatku sungguh akan aku perintahkan untuk bersiwak setiap kali akan shalat."
Abu Isa berkata;
"Hadits ini diriwayatkan oleh Muhammad bin Ishaq
dari Muhammad bin Ibrahim,
dari Abu Salamah,
dari Zaid bin Khalid,
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam."
Dan hadits Abu Salamah yang diriwayatkan
oleh Abu Hurairah dan Zaid bin Khalid
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, menurutku keduanya shahih.
Karena hadits itu tidak hanya diriwayatkan oleh satu jalur, yaitu dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tetapi dari jalur lainnya, sehingga hadits riwayat Abu Hurairah menjadi shahih.
Sedangkan Muhammad bin Isma'il mengklaim bahwa hadits Abu Salamah yang diriwayatkan dari Zaid bin Khalid derajatnya lebih shahih.
Abu Isa berkata;
"Dalam bab ini juga terdapat riwayat dari Abu Bakar Ash Shiddiq, Ali, Aisyah, Ibnu Abbas, Hudzaifah, Zaid bin Khalid, Anas, Abdullah bin 'Amru, Ibnu Umar, Ummu Habibah, Abu Ayyub, Tammam bin Abbas, Abdullah bin Handlallah, Ummu Salamah, Watsilah Al Asqa' dan Abu Musa.
Lebih sahih bg tirmizi adalah lebih umum.
Mullah(ustaz atau Maulana) alayuqori(mazhab Hanafi)
Orang afghanistan.
Sangat hebat.
Dalam kitab Almirqot,syarah misykatul.
Dia kata maksudnya ketika berwuduk semasa hendak solat
Kedudukan berus gigi sebelum wuduk atau solat?
Wabihi koola
وبه قالkata imam tirmizi
Dengan sanad yg sama
Menyatakan keagunganya حَدَّثَنَا
Abu Kuraib أَبُو كُرَيْبٍ
Perawi pertama.
Ini kunyahnya atau nama panggilannya.
Muhamd bin Alaq bin Kuraib Alhandaani Alkuufi.
Lebih Terkenal dgn nama kunyahnya,Abu Kuraib
Hadis ini diterima oleh ramai orang sebab itu حَدَّثَنَا
Siqoh lagi Haafiz.
Siqoh yg disokong oleh Haafiz ,maka kuat.
Haafiz maknya hafal hadis beratus ribu.Perawi dari generasi ke10.(apa maksud?)
Sempat dgn tabiin2 tetapi tak sempat bertemu kiibar tabiin makna peringkat tua.
Termasuk ibnu Madini dan ibnu Main yg termasuk tobaqot yg ke10.ini pendapat Hafiz ibnu hajar.
Istilah orang lain berbeza pula ,sedikit sj seperti ke9
Bila baca kitab Rijal tabakot dia yg mana sebagai istilah tak sama.tapi tak lari jauh.nak pasti kena tengok kitab Rijal masing2.imam Ahmad dan rohaweh termasuk dlm kumpulan ini.
Pengarang kitab utama sahih sittah
Mati pada248h
Ketika nak solat عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ
Yg lebih baik yg ketika berwuduk.
Boleh ketika nak solat ,ambil syarat tapi apa maknanya?
Khilaf sejak zaman sahabat lagi.
Adakah perkara ini boleh difikirkan apa maknanya?
Syawahid=membawa cerita yg sama
Syawahid dlm ilmu nahu makna lain pula.
Istilah yg digunakan imam tirmizi berlainan dari yg lain .mungkin disebabkan jasanya .
💑💑
١ - الطهارة عن رسول الله » ١٨ - ما جاء في السواك
1. Bersuci » 18. Siwak
٢٢ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ
قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَدْ رَوَى هَذَا الْحَدِيثَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَحَدِيثُ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِلَاهُمَا عِنْدِي صَحِيحٌ لِأَنَّهُ قَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
هَذَا الْحَدِيثُ
وَحَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ
إِنَّمَا صَحَّ لِأَنَّهُ قَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ
وَأَمَّا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ فَزَعَمَ
أَنَّ حَدِيثَ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ أَصَحُّ
قَالَ أَبُو عِيسَى
وَفِي الْبَاب
عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ
وَعَلِيٍّ
وَعَائِشَةَ
وَابْنِ عَبَّاسٍ
وَحُذَيْفَةَ
وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ
وَأَنَسٍ
وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
وَابْنِ عُمَرَ
وَأُمِّ حَبِيبَةَ
وَأَبِي أُمَامَةَ
وَأَبِي أَيُّوبَ
وَتَمَّامِ بْنِ عَبَّاسٍ
وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَنْظَلَةَ
وَأُمِّ سَلَمَةَ وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ وَأَبِي مُوسَى
22. telah menceritakan kepada kami
Abu Kuraib berkata, telah menceritakan kepada kami
Abdah bin Sulaiman dari
Muhammad bin 'Amru dari
Abu Salamah dari
Abu Hurairah ia berkata,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Sekiranya tidak memberatkan umatku sungguh akan aku perintahkan untuk bersiwak setiap kali akan shalat."
Abu Isa berkata; "Hadits ini diriwayatkan oleh Muhammad bin Ishaq
dari Muhammad bin Ibrahim,
dari Abu Salamah,
dari Zaid bin Khalid,
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam."
Dan hadits Abu Salamah yang diriwayatkan oleh
Abu Hurairah dan Zaid bin Khalid
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, menurutku keduanya shahih.
Karena hadits itu tidak hanya diriwayatkan oleh satu jalur, yaitu dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tetapi dari jalur lainnya, sehingga hadits riwayat Abu Hurairah menjadi shahih.
Sedangkan Muhammad bin Isma'il mengklaim bahwa hadits Abu Salamah yang diriwayatkan dari Zaid bin Khalid derajatnya lebih shahih.
Abu Isa berkata;
"Dalam bab ini juga terdapat riwayat
dari Abu Bakar Ash Shiddiq,
Ali,
Aisyah,
Ibnu Abbas,
Hudzaifah,
Zaid bin Khalid,
Anas,
Abdullah bin 'Amru,
Ibnu Umar,
Ummu Habibah,
Abu Ayyub,
Tammam bin Abbas,
Abdullah bin Handlallah,
Ummu Salamah,
Watsilah Al Asqa' dan
Abu Musa."
👉Riwayat yg diisyaratkan shj.siapa2 lagi yg meriwayatkan hadis siwak .tujuan untuk meringkaskannya.
Ini riwayat fil bab.
Boleh jadi ianya lebih sahih daripada yg dikemukakan
"Dalam bab ini juga terdapat riwayat
dari Abu Bakar Ash Shiddiq,
Ali,
Aisyah,
Ibnu Abbas,
Hudzaifah,
Zaid bin Khalid, Anas,
Abdullah bin 'Amru,
Ibnu Umar,
Ummu Habibah,
Abu Ayyub,
Tammam bin Abbas,
Abdullah bin Handlallah,
Ummu Salamah,
Watsilah Al Asqa' dan
Abu Musa."
Sanad bersambung yg dipanggil mausul
٢٣ - حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ
قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ
وَلَأَخَّرْتُ صَلَاةَ الْعِشَاءِ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ
قَالَ فَكَانَ زَيْدُ بْنُ خَالِدٍ
يَشْهَدُ الصَّلَوَاتِ فِي الْمَسْجِدِ
وَسِوَاكُهُ عَلَى أُذُنِهِ مَوْضِعَ الْقَلَمِ مِنْ أُذُنِ الْكَاتِب
ِ لَا يَقُومُ إِلَى الصَّلَاةِ إِلَّا أُسْتَنَّ
ثُمَّ رَدَّهُ إِلَى مَوْضِعِهِ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
23. telah menceritakan kepada kami
Hannad berkata, telah menceritakan kepada kami
Abdah bin Sulaiman dari
Muhammad bin Ishaq dari
Muhammad bin Ibrahim dari
Abu Salamah dari
Zaid bin Khalid Al Juhani ia berkata;
Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Seandainya tidak memberatkan ummatku niscaya aku akan perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan shalat, dan aku juga akan akhirkan shalat Isya hingga sepertiga malam."
Ia berkata; "Zaid bin Khalid menghadiri shalat di masjid, sementara siwaknya berada di telinganya seperti pena yang selalu berada di telinga seorang penulis, ia tidak bangkit menegakkan shalat hingga ia melakukan siwak terlebih dahulu. Setelah itu ia meletakkannya kembali pada tempatnya."
Abu Isa berkata; "Hadits ini derajatnya hasan shahih."
Ibnu Laeiah=perawi doif
Dia dikatakan bermasalah.
Dia kata suami ummu habibah,ubaidullah bin jahsy mati setelah jadi kristian jadi murtad dan mati dihabsyah.riwayat tentang aqidah.ini memburukan sahabat.
sedangkan ummu habibah sudah lama berkahwin dgn nabi dan mertua nabi abu suffiyan tidak bg tahu pun herclus ,raja rom bila ditanya adakah pengikut nabi yg murtad jawabnya tanya semasa hijrah kehabsyah,th ke6h.Th ke5 kenabian,orang islam hijrah kehabsyah.
Warna atau rasa hadis doif,berus gigi dibimbangi sampai merosakan gusi??
Nak perintahkan Berus setiap kali nak solat ,jika tak menyusahkan,ini warna hadis sahih.
Hasan cara tirmizi?
Muhamad bin ishak,kata imam tirmizi kata sahih.
Boleh kata ibnu ishak itu perawi sahih?
Bg imam tirmizi ialah yg dia isyarat dlm filbab.
Yg imam bukhari kata sahih itu bukan ibnu ishak tapi yg ada mutabik.
Cerita letak kayu sugi dicelah telinga bukan Zaid bin Khalid shj yg buat.ramai sahabat yg buat.
Jika ada ibnu ishak hanya hasan.
Dlm riwayat tirmizi byk yg dia kata sahih orang lain kata doif.
Kadang2 imam tirmizi kata 3,sahih,hasan,gharib.!???macam mn hadis yg sahih tapi gharib pula?
itu cara imam tirmizi.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan