٥ - المناسك » ٥٧٩ - في إفراد الحج
5. Manasik » 579. Haji ifrad
١٥٢٣ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ
قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَأَصْحَابُهُ لِأَرْبَعِ لَيَالٍ خَلَوْنَ مِنْ ذِي الْحِجَّةِ فَلَمَّا
طَافُوا بِالْبَيْتِ وَبِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اجْعَلُوهَا عُمْرَةً إِلَّا مَنْ كَانَ مَعَهُ الْهَدْيَ
فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ التَّرْوِيَةِ أَهَلُّوا بِالْحَجِّ فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ النَّحْرِ قَدِمُوا فَطَافُوا بِالْبَيْتِ
وَلَمْ يَطُوفُوا بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ
1523. Telah menceritakan kepada Kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada Kami Hammad,
dari Qais bin Sa'd
dari 'Atho` bin Abu Rabah
dari Jabir, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang bersama para sahabatnya selama empat malam selain malam Bulan Dzul Hijjah.
Kemudian tatkala mereka telah melakukan thawaf di Ka'bah dan Shafa serta Marwa,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jadikanlah umrah, kecuali orang yang membawa hewan kurban."
Kemudian pada saat Hari Tarwiyah, mereka bertalbiyah untuk melakukan haji.
Dan ketika Hari Nahr mereka datang dan melakukan thawaf di Ka'bah, dan tidak berthawaf di Shafa serta Marwa.
👉sampai قَدِمَ
4 hb لِأَرْبَعِ لَيَالٍ atau empat telah berlalu atau 4hb zulhijjah.
Tawaf yg bermaksud saei.
kata ulamak ,Fasakh haji kepada umrah ini khusus untuk sahabat shj tahun itu tapi haji tamatuk sampai bila2.
Jika tengok hadis ini shj boleh mengelirukan.
Suruh tukar bg yg tak bawa binatang qurban.
Fasakh haji dgn umrah untuk hilangkan kebiasaan jahiliyah.
Hari tarwiyah adalah 8hb berihlal haji(orang yg melakukan tamatuk.
Hari narh(hari leher-sembelih unta) adalah hari raya 10hb.
Bagi orang yg buat haji tamatuk bilamdia selesai buat umrah,tawaf dah dan saei dah.dan bila hari tarwiyah niat haji bila sudahsemua mari tawaf tapi tak saei dah ini .
Kepada orang yg melakukan haji ifrad dan haji qiran ,bagi mazhab malik dan syafie memang tak perlu ,tawaf dan saei hanya sekali shj.
Tetapi bagi mazhab hanafi tawaf dan saei mesti 2 kali.
Hadis ini jadi masalah kepada yg berpendapat tawaf dan saei 2kali.tawaf tu tak apa 2 kali tapi saei tu hanya sekali yg melakukan haji tamatuk dan begitu juga bg yg melakukan haji qiran tawaf dan saei 2 kali.
Hadis ini bercanggah dgn hadis lain.
Wajib bersaei lagi sekali.
Takwilan 1
Takwilan 2
Takwilan 3
Takwilan 4
Semua takwilan mengada2.
Orang yg mengatakan perlu kena.
Tapi yg kata tak perlu sudah cukup.
Qarin =orang melakukan haji qiran.
Qarin perlu tawaf sekali shj.
Begitu juga muffrid(orang yg melakukan haji ifrad)
١٥٢٤ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ
حَدَّثَنَا حَبِيبٌ يَعْنِي الْمُعَلِّمَ عَنْ عَطَاءٍ
حَدَّثَنِي جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَهَلَّ هُوَ وَأَصْحَابُهُ بِالْحَجِّ وَلَيْسَ مَعَ أَحَدٍ مِنْهُمْ يَوْمَئِذٍ هَدْيٌ إِلَّا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَطَلْحَةَ وَكَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَدِمَ مِنْ الْيَمَنِ وَمَعَهُ الْهَدْيُ فَقَالَ أَهْلَلْتُ بِمَا أَهَلَّ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ أَصْحَابَهُ أَنْ يَجْعَلُوهَا عُمْرَةً يَطُوفُوا ثُمَّ يُقَصِّرُوا وَيُحِلُّوا إِلَّا مَنْ كَانَ مَعَهُ الْهَدْيُ فَقَالُوا أَنَنْطَلِقُ إِلَى مِنًى وَذُكُورُنَا تَقْطُرُ فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَوْ أَنِّي اسْتَقْبَلْتُ مِنْ أَمْرِي مَا اسْتَدْبَرْتُ مَا أَهْدَيْتُ وَلَوْلَا أَنَّ مَعِي الْهَدْيَ لَأَحْلَلْتُ
1524. Telah menceritakan kepada Kami
Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi, telah menceritakan kepada Kami
Habib yaitu Al Mu'allim
dari 'Atho`, telah menceritakan kepada Kami
Jabir bin Abdullah bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan talbiyah bersama para sahabatnya untuk melakukan haji,
dan pada saat itu tidak ada seorang pun diantara mereka yang membawa hewan kurban kecuali Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan Thalhah.
Ali radliallahu 'anhu datang dari Yaman dengan membawa hewan kurban,
kemudian ia berkata; aku bertalbiyah seperti talbiyah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan para sahabatnya agar menjadikannya umrah, mereka melakukan thawaf dan mencukur rambut serta bertahallul,
kecuali orang yang membawa hewan kurban.
Kemudian mereka berkata; apakah Kami pergi ke Mina, sementara dzakar-dzakar Kami meneteskan mani? Kemudian hal tersebut sampai kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,
lalu beliau berkata: "Jika dulu tampak kepadaku perkara yang terlihat saat ini maka aku tidak akan berkurban, dan seandainya aku tidak membawa hewan kurban niscaya aku akan bertahallul."
👉Ini menunjukan nabi haji ifrad.
Bg abu daud bermazhab ahmad hambali bukan dia mengutamakan haji ifrad.
Qarin boleh kata labbaikabihajjatin
Kemudian kata labbaikabiumrotin.atau kedua2nya
Tamatuk maklum
Dalam makna yg umum,haji qiran dikatakan juga haji tamatuk.
Mutamatik=haji tamatuk.
Ttitik sungguh ko?
Berlebih2 dlm cerita.
Biasanya jika dekat akan menyebabkan teringat2.
Sedang satu sisi yg lain dgn sebab baru tu lah boleh tumpukan kepada ibadah.
Perintah Penukaran tiada dlm quran.nabi dapat kat mana?melalui saluran mana?jadi wahyu bukan melalui quran shj.itu la yg dipanggil hadis.
Semua quran melalui jibrail.
Tuhan berhubung dgn nabi ,juga wahyu juga.
Menunjukan Nabi saw tak tahu.dipakistan dan turki,nabi tahu belako.dan tahu benda ghaib.ni tahun ke10 doh ni. Bila tahu semua ?
Hadis ni:kalu aku tahu perkara ghaib.menolak aqidah yg salah,memberi sifat tuhan kepada nabi ,tahu perkara ghaib.
Nabi hanya tahu apa yg allah bg tahu shj.itu kedudukan nabi saw.
Menitis dgn maksud baru selesai .
ini kaedah mubalaghafilkador.
Berlebih2 dlm cerita (mubalaghah fikador)
Terdedah sikit dah dikirakan telanjang
١٥٢٥ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ جَعْفَرٍ حَدَّثَهُمْ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ الْحَكَمِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ هَذِهِ عُمْرَةٌ اسْتَمْتَعْنَا بِهَا فَمَنْ لَمْ يَكُنْ عِنْدَهُ هَدْيٌ فَلْيُحِلَّ الْحِلَّ كُلَّهُ وَقَدْ دَخَلَتْ الْعُمْرَةُ فِي الْحَجِّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا مُنْكَرٌ إِنَّمَا هُوَ قَوْلُ ابْنِ عَبَّاسٍ
1525. Telah menceritakan kepada Kami
Utsman bin Abu Syaibah bahwa
Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada mereka
dari Syu'bah
dari Al Hakam dari
Mujahid
dari Ibnu Abbas
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:
"Ini adalah umrah yang kita nikmati, barang siapa yang tidak membawa hewan kurban maka hendaknya ia bertahallul secara menyeluruh,
sungguh umrah telah masuk dalam haji hingga hari Kiamat."
Abu Daud berkata; ini adalah hadits munkar, hal tersebut adalah perkataan Ibnu Abbas.
👉ini adalah kata2 ibnu abbas (Ini adalah umrah yang kita nikmati..kalu nabi kata ,kita termasuk semua dan bg orang yg kata nabi buat haji tamatuk )
Yg sebenarnya ini maukuf.
Kenapa imam abundaud kata mungkar?
Sebab seolah2 nabi yg sebut sedang ibnu abbas yg sebut.
Tapi adakah ibnu abbas guna fikiran dia sendiri ke?
Tak boleh,mesti dia tahu dari nabi saw juga.
Kalau begitu orang panggil Maukuf bilhuk mi marfuk.
Bila maukuf bil huk mi marfuk maka serupa lah dgn marfuk juga ,tetapi kenapa dok bahas panjang.ni baso dia dah sebab ini ilmu.ia pergi sampai halus.ini cara dia.sebab dia sebut mungkar.
Maksud umrah masuk dlm haji sampai hari qiamat?
Samada dlm btk qiran atau tamatuk.
Boleh buat umrah juga dlm bulan2 haji atau buat haji qiran atau buat haji tamatuk,tak sebagaimana arab jahiliyah umrah tak boleh buat dlm musim haji .
Mungkarnya adalah nisbah,yg dikatakan nabi kata.
Ini adalah umrah yg kita nikmati وَقَدْ هَذِهِ عُمْرَةٌ اسْتَمْتَعْنَا
Kita termasuk dia,nabi saw
Mungkar kot mana?
Sanad dia maukuf .
Mungkin juga عُمْرَةٌ اسْتَمْتَعْنَا
Sepatutnya kamu bukan kita.
Bila dikata mungkar ,tidak semestinya tidak dibantah ulamak.
Bukan yg nabi kata دَخَلَتْ الْعُمْرَةُ فِي الْحَجِّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة
🍈🍈🍈
١٥٢٦ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنِي أَبِي حَدَّثَنَا النَّهَّاسُ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَهَلَّ الرَّجُلُ بِالْحَجِّ ثُمَّ قَدِمَ مَكَّةَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ وَبِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ فَقَدْ حَلَّ وَهِيَ عُمْرَةٌ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ رَجُلٍ عَنْ عَطَاءٍ دَخَلَ أَصْحَابُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُهِلِّينَ بِالْحَجِّ خَالِصًا فَجَعَلَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عُمْرَةً
1526. Telah menceritakan kepada Kami
'Ubaidullah bin Mu'adz,
telah menceritakan kepadaku ayahku,
telah menceritakan kepada Kami An Nahhas,
dari 'Atho`
dari Ibnu Abbas
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
beliau bersabda: "Apabila seseorang bertalbiyah untuk melakukan haji, kemudian ia datang ke Mekkah, dan melakukan thawaf di Ka'bah serta Shafa dan Marwa, maka sungguh ia telah bertahallul, dan itu adalah umrah." Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan Ibnu Juraij dari seseorang
dari 'Atha`; para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam masuk Mekkah dengan bertalbiyah untuk melakukan haji secara murni, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjadikannya umrah.
Ini riwayat2 diambil dari ibnu abbas.
١٥٢٧ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ شَوْكَرٍ وَأَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَا حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ قَالَ ابْنُ مَنِيعٍ أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ أَبِي زِيَادٍ الْمَعْنَى عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَهَلَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْحَجِّ فَلَمَّا قَدِمَ طَافَ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَقَالَ ابْنُ شَوْكَرٍ وَلَمْ يُقَصِّرْ ثُمَّ اتَّفَقَا وَلَمْ يُحِلَّ مِنْ أَجْلِ الْهَدْيِ وَأَمَرَ مَنْ لَمْ يَكُنْ سَاقَ الْهَدْيَ أَنْ يَطُوفَ وَأَنْ يَسْعَى وَيُقَصِّرَ ثُمَّ يُحِلَّ زَادَ ابْنُ مَنِيعٍ فِي حَدِيثِهِ أَوْ يَحْلِقَ ثُمَّ يُحِلَّ
1527. Telah menceritakan kepada Kami
Al Hasan bin Syaukar,
dan Ahmad bin Mani', mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami
Husyaim
dari Yazid bin Abu Ziyad,
Ibnu Mani' berkata; telah mengabarkan kepada Kami Yazid bin Abu Ziyad secara makna
dari Mujahid
dari Ibnu Abbas, ia berkata;
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah untuk melakukan haji, kemudian tatkala datang, beliau berthawaf di Ka'bah, dan Shafa serta Marwa. Ibnu Syaukar berkata;
dan beliau tidak mencukur rambut, kemudian keduanya bersepakat (dalam kalimat selanjutnya); dan beliau tidak bertahallul karena keberadaan hewan kurban, dan beliau memerintahkan orang yang tidak menuntun hewan kurban agar berthawaf dan bersa'i serta mencukur rambut, kemudian bertahallul.
Ibnu Mani' dalam haditsnya menambahkan; atau menggundul rambut kemudian bertahallul.
١٥٢٨ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي حَيْوَةُ أَخْبَرَنِي أَبُو عِيسَى الْخُرَاسَانِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمسَيِّبِ أَنَّ رَجُلًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَشَهِدَ عِنْدَهُ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَرَضِهِ الَّذِي قُبِضَ فِيهِ يَنْهَى عَنْ الْعُمْرَةِ قَبْلَ الْحَجِّ
1528. Telah menceritakan kepada Kami
Ahmad bin Shalih,
telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Wahb, telah mengabarkan kepadaku Haiwah,
telah mengabarkan kepadaku
Abu Isa Al Khurasani
dari Abdullah bin Al Qasim
dari Sa'id bin Al Musayyab
bahwa seseorang
dari sahabat Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam mendatangi Umar bin Al Khathab radliallahu 'anhu dan bersaksi bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada waktu sakitnya yang menghantarkan beliau kepada kematian telah melarang untuk melaksanakan umrah sebelum haji.
١٥٢٩ - حَدَّثَنَا مُوسَى أَبُو سَلَمَةَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي شَيْخٍ الْهُنَائِيِّ خَيْوَانَ بْنِ خَلْدَةَ مِمَّنْ قَرَأَ عَلَى أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ مِنْ أَهْلِ الْبَصْرَةِ أَنَّ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ قَالَ لِأَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلْ تَعْلَمُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ كَذَا وَكَذَا وَعَنْ رُكُوبِ جُلُودِ النُّمُورِ قَالُوا نَعَمْ قَالَ فَتَعْلَمُونَ أَنَّهُ نَهَى أَنْ يُقْرَنَ بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَقَالُوا أَمَّا هَذَا فَلَا فَقَالَ أَمَا إِنَّهَا مَعَهُنَّ وَلَكِنَّكُمْ نَسِيتُمْ
1529. Telah menceritakan kepada Kami
Musa Abu Salamah,
telah menceritakan kepada Kami
Hammad
dari Qatadah
dari Abu Syekh Al Hunai Khaiwan bin Khaldah
dari orang yang membaca riwayat kepada
Abu Musa Al Asy'ari
dari penduduk Bashrah bahwa
Mu'awiyah bin Abu Sufyan berkata
kepada para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; apakah kalian mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang dari ini dan ini, serta duduk di atas kulit harimau?
Mereka berkata; ya. Ia berkata; kalian mengetahui bahwa beliau melarang mengiringkan antara haji dan umrah? Mereka berkata; adapun hal ini maka Kami tidak mengetahui.
Kemudian ia berkata; ketahuilah hal tersebut ada bersama mereka para isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam akan tetapi kalian lupa.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan