Selasa, Ogos 01, 2017

Sunan abu daud kitab haji sesi 15

٥ -  المناسك » ٥٨٠ -  في الإقران

١٥٣٦ - حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ حَدَّثَنِي الرَّبِيعُ بْنُ سَبْرَةَ عَنْ أَبِيهِ
قَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
حَتَّى إِذَا كَانَ بِعُسْفَانَ
قَالَ لَهُ سُرَاقَةُ بْنُ مَالِكٍ الْمُدْلَجِيُّ يَا رَسُولَ اللَّهِ اقْضِ لَنَا قَضَاءَ قَوْمٍ كَأَنَّمَا وُلِدُوا الْيَوْمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى قَدْ أَدْخَلَ عَلَيْكُمْ فِي حَجِّكُمْ هَذَا عُمْرَةً
فَإِذَا قَدِمْتُمْ فَمَنْ تَطَوَّفَ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ
فَقَدْ حَلَّ إِلَّا مَنْ كَانَ مَعَهُ هَدْيٌ

1536. Telah menceritakan kepada Kami
Hannad bin As Sari, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Abu Zaidah, telah mengabarkan kepada Kami
Abdul Aziz bin Umar bin Abdul Aziz, telah menceritakan kepadaku
Ar Rabi' bin Sabrah dari ayahnya, ia berkata; Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hingga setelah berada di 'Usfan,
Suraqah bin Malik Al Mudlaji berkata kepada beliau; wahai Rasulullah, putuskan untuk Kami dengan keputusan sebuah kaum seolah-olah mereka baru terlahir hari ini.
Kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah ta'ala telah memasukkan umrah dalam haji kalian ini. Apabila kalian datang maka orang yang melakukan thawaf di Ka'bah dan Shafa serta Marwa berarti ia telah bertahallul kecuali orang yang membawa hewan kurban."
👉 Suraqah bin Malik Al Mudlaji سُرَاقَةُ بْنُ مَالِكٍ الْمُدْلَجِيُّ
yg pernah kejar nabi saw semasa hijrah kerana nak tawaran.
Putuskan اقْضِatau bayinlana =terangkan kepada kami.
Lebih menunjukan haji tamatuk فَقَدْ حَلَّ إِلَّا مَنْ كَانَ مَعَهُ هَدْيٌ
Orang yg haji qiran boleh dikatakan tamatuk.walau hakikat memang lain.

١٥٣٧ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ نَجْدَة
َ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ ابْنِ جُرَيْج
ٍ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنِ خَلَّادٍ
حَدَّثَنَا يَحْيَى الْمَعْنَى
عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ مُسْلِمٍ
عَنْ طَاوُسٍ
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ أَخْبَرَهُ
قَالَ قَصَّرْتُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِشْقَصٍ عَلَى الْمَرْوَةِ أَوْ رَأَيْتُهُ يُقَصِّرُ عَنْهُ عَلَى الْمَرْوَةِ بِمِشْقَصٍ قَالَ ابْنُ خَلَّادٍ إِنَّ مُعَاوِيَةَ لَمْ يَذْكُرْ أَخْبَرَهُ

1537. Telah menceritakan kepada Kami
Abdul Wahhab bin Najdah, telah menceritakan kepada Kami
Syu'aib bin Ishaq dari
Ibnu Juraij, telah menceritakan kepada Kami
Abu Bakr bin Khallad, telah menceritakan kepada Kami Yahya secara makna, dari
Ibnu Juraij, telah mengabarkan kepadaku
Al Hasan bin Muslim dari
Thawus dari
Ibnu Abbas bahwa
Mu'awiyah bin Abu Sufyan telah mengabarkan kepadanya, ia berkata;
aku memendekkan rambut Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menggunakan bagian anak panah yang tajam di atas bukit Marwa,
atau aku (perawi)melihat beliau memendekkan rambut di atas bukit Marwa menggunakan bagian anak panah yang tajam.
Ibnu Khallad berkata;
sesungguhnya Mu'awiyah…. Ia tidak menyebutkan; telah mengabarkan kepadanya.
👉komen abu daud
Ibnu Khallad berkata;
sesungguhnya Mu'awiyah…. Ia tidak menyebutkan; telah mengabarkan kepadanya.

Abu daud ambil dari 2sumber.
Ambil dari Abdul wahab.
Ambil dari abu bakr bin khallad.

Ini bukan peristiwa haji tapi umrah
Atau
Juga makna haji juga
Atau dia gunting lagi yg ada lebih2.

١٥٣٨ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَمَخْلَدُ بْنُ خَالِدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْمَعْنَى قَالُوا
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ مُعَاوِيَةَ
قَالَ لَهُ أَمَا عَلِمْتَ أَنِّي قَصَّرْتُ
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِشْقَصِ أَعْرَابِيٍّ عَلَى الْمَرْوَةِ زَادَ الْحَسَنُ فِي حَدِيثِهِ لِحَجَّتِهِ

1538. Telah menceritakan kepada Kami
Al Hasan bin Ali serta
Makhlad bin Khalid dan Muhammad bin Yahya secara makna. Mereka mengatakan; telah menceritakan kepada Kami
Abdurrazzaq, telah mengabarkan kepada Kami
Ma'mar dari
Ibnu Thawus dari ayahnya, dari
Ibnu Abbas bahwa
Mu'awiyah berkata kepadanya; tidakkah engkau tahu bahwa aku yang memendekkan rambut Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menggunakan bagian anak panah yang tajam milik seorang badui di atas Bukit Marwa?
Al Hasan menambahkan dalam haditsnya kata; untuk haji beliau.
👉musykil kena diatas Marwah?
Cukur atau gunting di Mina.
Ramai ulamak tak mau pakai.
Riwayatnya syar.
Kecuali ditakwil.
Nabi tak boleh tahalul sebab dia bawa hadyu.
Apa maksud imam abu daud?
Nak bg tau Haji qiran?
Paling tinggi hadis  ini sesuai dgn haji qiran.
Kalu nak terima juga ,haji bukan makna haji tapi umrah.
Tapi haji qiran pun tak boleh.
Yg jelas ,bg ibnu umar nabi ihlal umrah..
Orang yg haji qiran boleh ihlal berbagai cara.
Labbaikabihajatin
Labbaikabiumrotin
Labbaikabihajjatinwaumrotin

Tamatuk dgn erti qiran.

١٥٣٩ - حَدَّثَنَا ابْنُ مُعَاذٍ أَخْبَرَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُسْلِمٍ الْقُرِّيِّ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ أَهَلَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعُمْرَةٍ وَأَهَلَّ أَصْحَابُهُ بِحَجٍّ

1539. Telah menceritakan kepada Kami Ibnu Mu'adz telah mengabarkan kepada Kami ayahku, telah menceritakan kepada Kami Syu'bah, dari Muslim Al Qurri, ia mendengar Ibnu Abbas berkata;
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah untuk melakukan Umrah sedangkan para sahabatnya bertalbiyah untuk melakukan haji.

١٥٤٠ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنِ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ قَالَ تَمَتَّعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَأَهْدَى وَسَاقَ مَعَهُ الْهَدْيَ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَبَدَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَهَلَّ بِالْعُمْرَةِ ثُمَّ أَهَلَّ بِالْحَجِّ وَتَمَتَّعَ النَّاسُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَكَانَ مِنْ النَّاسِ مَنْ أَهْدَى وَسَاقَ الْهَدْيَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ يُهْدِ فَلَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ قَالَ لِلنَّاسِ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ أَهْدَى فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ لَهُ مِنْ شَيْءٍ حَرُمَ مِنْهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَجَّهُ وَمَنْ لَمْ يَكُنْ مِنْكُمْ أَهْدَى فَلْيَطُفْ بِالْبَيْتِ وَبِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَلْيُقَصِّرْ وَلْيَحْلِلْ ثُمَّ لِيُهِلَّ بِالْحَجِّ وَلْيُهْدِ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ هَدْيًا فَلْيَصُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةً إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ وَطَافَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ قَدِمَ مَكَّةَ فَاسْتَلَمَ الرُّكْنَ أَوَّلَ شَيْءٍ ثُمَّ خَبَّ ثَلَاثَةَ أَطْوَافٍ مِنْ السَّبْعِ وَمَشَى أَرْبَعَةَ أَطْوَافٍ ثُمَّ رَكَعَ حِينَ قَضَى طَوَافَهُ بِالْبَيْتِ عِنْدَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ فَانْصَرَفَ فَأَتَى الصَّفَا فَطَافَ بِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ سَبْعَةَ أَطْوَافٍ ثُمَّ لَمْ يُحْلِلْ مِنْ شَيْءٍ حَرُمَ مِنْهُ حَتَّى قَضَى حَجَّهُ وَنَحَرَ هَدْيَهُ يَوْمَ النَّحْرِ وَأَفَاضَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ ثُمَّ حَلَّ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَرُمَ مِنْهُ وَفَعَلَ النَّاسُ مِثْلَ مَا فَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَهْدَى وَسَاقَ الْهَدْيَ مِنْ النَّاسِ

1540. Telah menceritakan kepada Kami Abdul Malik bin Syu'aib bin Al Laits, telah menceritakan kepadaku ayahku dari
kakekku dari
'Uqail dari Ibnu Syihab dari
Salim bin Abdullah bahwa Abdullah bin Umar berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan haji tamattu' pada saat haji wada' dengan melakukan umrah sebelum haji.
Maka beliau berkurban dan membawa hewan kurban dari Dzul Hulaifah, dan
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memulai bertalbiyah untuk melakukan umrah, kemudian bertalbiyah untuk melakukan haji.
Dan orang-orang melakukan tamatu' bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dengan melakukan umrah sebelum haji.
Maka diantara orang-orang ada yang berkurban dan membawa hewan kurban, dan diantara mereka ada orang yang tidak menyembelih kurban.
Kemudian tatkala Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang ke Mekkah beliau berkata kepada orang-orang: "Barang siapa diantara kalian yang menyembelih kurban maka tidak halal sesuatupun dari apa yang diharamkan baginya hingga ia menyelesaikan hajinya.
Dan barang siapa diantara kalian yang tidak menyembelih maka hendaknya ia melakukan thawaf di Ka'bah dan Shafa serta Marwa, dan
mencukur rambut serta bertahallul, kemudian bertalbiyah untuk melakukan haji dan menyembelih kurban.
Dan barang siapa diantara kalian yang tidak mendapatkan sembelihan maka hendaknya ia berpuasa tiga hari pada saat berhaji,
dan tujuh hari apabila ia kembali kepada keluarganya."
Sedangkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan thawaf ketika datang ke Mekkah, kemudian beliau mengusap rukun pertama kali kemudian beliau berlari-lari kecil tiga putaran dari tujuh putaran, dan berjalan biasa empat kali putaran,
kemudian beliau melakukan shalat ketika beliau telah menyelesaikan thawaf di Ka'bah di sisi Maqam dua raka'at.
Kemudian beliau mengucapkan salam dan pergi.
Lalu beliau mendatangi Shafa dan melakukan thawaf di Shafa dan Marwa sebanyak tujuh putaran.
Kemudian beliau tidak menghalalkan sesuatupun yang diharamkan baginya hingga menyelesaikan hajinya, dan menyembelih kurban, pada Hari Nahr, dan bertolak kemudian melakukan thawaf di Ka'bah.
Kemudian beliau telah halal dari segala sesuatu yang telah diharamkan baginya.
Orang-orang melakukan apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu orang-orang yang membawa hewan kurban diantara orang-orang tersebut.  👉Ini haji tamatuk tapi tak buka sebab bawa binatang korban.
Maqam ibrahim bukan makna kubur tapi batu bekas tapak kaki berdiri ketika nak buat kaabah.kenangan kepada kita.
Disitu tempat tok imam mengimamkan solat.
Ini juga dalil nabi buat haji qiran.haji qiran tawaf 2 kali:satu tawaf untuk haji satu tawaf untuk umrah.
Wajib puasa 3sebelum hari nahar (sebelum 10zulhijjah)sebelum hari nahar.
Boleh posa sebelum pakai ihram .
Tak boleh posa masa dok ihram umrah.
Posa hari tasyrik ada kata boleh ada kata tak boleh.syafei tak boleh.malik tak selesai umrah tidak boleh posa.seeluknya paling akhir hari posa adalah hari 10.
Yg sahih yg lebih 7hari bila balik kerumah atau ahli(isteri)
Maksudnya juga setelah selesai mengerjakan haji.
Malam kena niat setiap malam.
Antara nya juga setelah selesai buat yg 3hari yg kena posa.
Lambang kecintaan dgn orang2 yg mengasihi allah dgn mengucup hajarul aswad.
Kemuncak cinta adalah kasih kepada allah.
Istilam.

١٥٤١ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ حَفْصَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا شَأْنُ النَّاسِ قَدْ حَلُّوا وَلَمْ تُحْلِلْ أَنْتَ مِنْ عُمْرَتِكَ فَقَالَ إِنِّي لَبَّدْتُ رَأْسِي وَقَلَّدْتُ هَدْيِي فَلَا أُحِلُّ حَتَّى أَنْحَرَ الْهَدْيَ

1541. Telah menceritakan kepada Kami
Al Qa'nabi dari
Malik dari
Nafi' dari
Abdullah bin Umar, dari
Hafshah isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa ia berkata; wahai Rasulullah, kenapa orang-orang telah bertahalul sementara anda belum bertahalul dari umrahmu?
Beliau berkata; sesungguhnya aku telah mencelup rambut kepalaku dan mengalungi hewan kurbanku, maka aku tidak bertahalul hingga menyembelih kurban.

١٥٤٢ - حَدَّثَنَا هَنَّادٌ يَعْنِي ابْنَ السَّرِيِّ عَنْ ابْنِ أَبِي زَائِدَةَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَسْوَدِ عَنْ سُلَيْمِ بْنِ الْأَسْوَدِ أَنَّ أَبَا ذَرٍّ كَانَ يَقُولُ فِيمَنْ حَجَّ ثُمَّ فَسَخَهَا بِعُمْرَةٍ لَمْ يَكُنْ ذَلِكَ إِلَّا لِلرَّكْبِ الَّذِينَ كَانُوا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1542. Telah menceritakan kepada Kami Hannad yaitu Ibnu As Sari dari Ibnu Abu Zaidah, telah mengabarkan kepada Kami
Muhammad bin Ishaq dari
Abdurrahman bin Al Aswad dari
Sulaim bin Al Aswad bahwa
Abu Dzar berkata mengenai orang yang ingin haji lalu menggantinya dengan umrah;
hal tersebut tidak berlaku kecuali hanya bagi orang yang berkendaraan ketika bersama Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam.
👉

٥ -  المناسك » ٥٨١ -  الرجل يهل بالحج ثم يجعلها عمرة

5. Manasik » 581. Melakukan talbiyah haji lalu menggantinya untuk umrah

١٥٤٣ - حَدَّثَنَا النُّفَيْلِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ أَخْبَرَنِي رَبِيعَةُ بْنُ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ الْحَارِثِ بْنِ بِلَالِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَسْخُ الْحَجِّ لَنَا خَاصَّةٌ أَوْ لِمَنْ بَعْدَنَا قَالَ بَلْ لَكُمْ خَاصَّةٌ

1543. Telah menceritakan kepada Kami An Nufaili, telah menceritakan kepada Kami Abdul Aziz yaitu Ibnu Muhammad, telah mengabarkan kepadaku Rabi'ah bin Abu Abdurrahman dari
Al Harits bin Bilal bin Al Harits dari
ayahnya, ia berkata; aku katakan; wahai Rasulullah, mengganti haji khusus untuk kita atau untuk orang setelah kita?
Beliau menjawab: "Khusus untuk kita."
👉Imam abu daud berMazhab hambali.
Tetapi sebenarnya mereka tidak terikat atau bertaqlid walaupun mazhab gurunya.
Bg  imam ahmad tidak menerima hadis ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan