Rabu, Ogos 02, 2017

Sunan abu daud kitab haji sesi 16

٥ -  المناسك » ٥٨٢ -  الرجل يحج عن غيره
5. Manasik » 582. Menghajikan orang lain

١٥٤٤ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ الْفَضْلُ بْنُ عَبَّاسٍ رَدِيفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَاءَتْهُ امْرَأَةٌ مِنْ خَثْعَمٍ تَسْتَفْتِيهِ فَجَعَلَ الْفَضْلُ يَنْظُرُ إِلَيْهَا وَتَنْظُرُ إِلَيْهِ فَجَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْرِفُ وَجْهَ الْفَضْلِ إِلَى الشِّقِّ الْآخَرِ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ فَرِيضَةَ اللَّهِ عَلَى عِبَادِهِ فِي الْحَجِّ أَدْرَكَتْ أَبِي شَيْخًا كَبِيرًا لَا يَسْتَطِيعُ أَنْ يَثْبُتَ عَلَى الرَّاحِلَةِ أَفَأَحُجُّ عَنْهُ قَالَ نَعَمْ وَذَلِكَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ

1544. Telah menceritakan kepada Kami
Al Qa'nabi, dari
Malik dari Ibnu Syihab dari
Sulaiman bin Yasar dari
Abdullah bin Abbas, ia berkata;
Al Fadhl bin Abbas pernah membonceng
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian datang seorang wanita dari
Khats'am yang bertanya kepada beliau; dan
Al Fadhl melihat kepadanya, dan wanita tersebut melihat kepadanya.
Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memalingkan wajah Al Fadhl ke sisi yang lain. Wanita tersebut berkata; wahai Rasulullah, sesungguhnya kewajiban yang Allah bebankan kepada para hambaNya untuk melakukan haji telah menjumpai ayahku yang tua renta, dan tidak mampu untuk duduk di atas kendaraan. Apakah aku boleh berhaji untuknya? Beliau mengatakan: "Ya." Dan hal tersebut di saat terjadinya haji wada'.
👉Bolehkah buat haji untuk orang lain?
Adakah semestinya kena buat haji untuk dirinya sendiri dulu??
Tidak boleh buat kesimpulan wanita boleh melihat lelaki.
Lelaki atau perempuan mesti alihkan pandangan jika tiada keperluan dan boleh menimbulkan fitnah.
Syarat =mampu pergi.
Tidak wajib haji sebab tak cukup syarat,walaupun duit ada.
Makna haji yg ditanya adalah haji sunat shj.
Ada juga pendapat kata haji yg wajib.sebab kemampuan lain ada.
Kenapa kata ferdu keatasnya?
Jika salah ,nabi mesti tegur.
Jawapan ,ferdu dr segi hukum tu turun.
Ada riwayat kata mak,ada ygkata ayah dan ada yg kata datuk.
Hafiz cuba jamak.
Yg ada ketika itu ialah ada anak dan ayah perempuan .
A'rabi itu dtg untuk tayang pada nabi sebenarnya.yakni secara tidak langsung.
Bagaimana boleh tahu?
Ada dlm riwayat lain memberitahu kisah ini.
Perempuan itu telah menjadi isteri Al Fadhl bin Abbas.
Tetapi nabi tak tertarik hati pada perempuan
Bapa perempuan ialah Hussain bin auf alkot aami.

١٥٤٥ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ وَمُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بِمَعْنَاهُ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ سَالِمٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَوْسٍ عَنْ أَبِي رَزِينٍ قَالَ حَفْصٌ فِي حَدِيثِهِ رَجُلٌ مِنْ بَنِي عَامِرٍ أَنْهِ قَال يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أَبِي شَيْخٌ كَبِيرٌ لَا يَسْتَطِيعُ الْحَجَّ وَلَا الْعُمْرَةَ وَلَا الظَّعْنَ قَالَ احْجُجْ عَنْ أَبِيكَ وَاعْتَمِرْ

1545. Telah menceritakan kepada Kami
Hafsh bin Umar dan
Muslim bin Ibrahim secara makna, mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami
Syu'bah dari
An Nu'man bin Salim dari
'Amr bin Aus dari
Abu Razin,
Hafsh berkata; dalam haditsnya; terdapat seorang laki-laki dari
Bani Amir berkata; wahai Rasulullah, sesungguhnya ayahku telah tua renta, ia tidak mampu untuk melakukan haji dan umrah serta bersafar.
Beliau bersabda: "Berhaji dan berumrahlah untuk ayahmu!"
👉Ini Cerita orang lain pula kerana ramai yg bertanya nabi saw tentang haji.
Masing2 bertanya dan ada yg tanya perkara yg sama.
Perempuan boleh buat bg pihak lelaki.lelalkimjuga boleh buat untuk pihak lelaki

١٥٤٦ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِسْمَعِيلَ الطَّالَقَانِيُّ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ الْمَعْنَى وَاحِدٌ قَالَ إِسْحَقُ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ ابْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَزْرَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ قَالَ مَنْ شُبْرُمَةُ قَالَ أَخٌ لِي أَوْ قَرِيبٌ لِي قَالَ حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ قَالَ لَا قَالَ حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ

1546. Telah menceritakan kepada Kami
Ishaq bin Isma'il Ath Thalaqani serta
Hannad bin As Sari dengan satu makna,
Ishaq berkata; telah menceritakan kepada Kami
'Abdah bin Sulaiman dari
Ibnu Abu 'Arubah dari
Qatadah dari
'Azrah dari Sa'id bin Jubair dari
Ibnu Abbas bahwa Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan;
LABBAIKA 'AN SYUBRUMAH (ya Allah, aku memenuhi seruanmu untuk Syubrumah), beliau bertanya:
"Siapakah Syubrumah tersebut?" Dia menjawab; saudaraku! Atau kerabatku! Beliau bertanya: "Apakah engkau telah melaksanakan haji untuk dirimu sendiri?" Dia menjawab; belum! Beliau berkata: "Laksanakan haji untuk dirimu, kemudian berhajilah untuk Syubrumah."
👉ulamak berselisih pendapat boleh atau tidak untuk orang belum buat haji.
Syafie tidak boleh.
Haji itu akan jadi untuk orang yg buat sebab dia sendiri belum buat.
Ada yg kata makruh.
Hadis ini marfuk dan maukuf.
Baihaqi sahih.
Yg lain ada yg kata doif.
Qatadah adalah muddalis,riwayatnya secara an anak .
Ibadah
Diri=solat
Harta=zakat
Tergabung=tubuh dan harta seperti haji.
Haji boleh orang lain buat.
Uzur yg tiada harapan pulih ,jika ada harapan sembuh tidak boleh.

٥ -  المناسك » ٥٨٣ -  كيف التلبية

5. Manasik » 583. Bagaimana cara talbiyah

١٥٤٧ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ تَلْبِيَةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ قَالَ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ يَزِيدُ فِي تَلْبِيَتِهِ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ بِيَدَيْكَ وَالرَّغْبَاءُ إِلَيْكَ وَالْعَمَلُ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا جَعْفَرٌ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أَهَلَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ التَّلْبِيَةَ مِثْلَ حَدِيثِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ وَالنَّاسُ يَزِيدُونَ ذَا الْمَعَارِجِ وَنَحْوَهُ مِنْ الْكَلَامِ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْمَعُ فَلَا يَقُولُ لَهُمْ شَيْئًا

1547. Telah menceritakan kepada Kami Al Qa'nabi dari Malik dari Nafi' dari
Abdullah bin Umar bahwa talbiyah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah: "LABBAIKALLAAHUMMA LABBAIK, LABBAIKA LAA SYARIIKALAKA LABBAIK, INNAL HAMDA WAN NI'MATA LAKA WAL MULKA LAA SYARIIKALAK (aku memenuhi seruanMu ya Allah, aku memenuhi seruanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku memenuhi seruanMu. Sesunggguhnya segala puji dan kenikmatan, serta seluruh kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu).
Nafi' berkata; dan
Abdullah bin Umar menambahkan dalam talbiyah; LABBAIKA, LABBAIKA, LABBAIK, WA SA'DAIK, WAL KHAIRU BIYADAIK, WAR RAGHBU ILAIKA WAL 'AMALU (aku memenuhi seruanMu, aku memenuhi seruanMu, aku memenuhi seruanMu, dan dalam rangka untuk menyenangkanMu, segala kebaikan ada di tanganMu, harapan dan amalan tertuju kepadaMu).
Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Yahya bin Sa'id, telah menceritakan kepada Kami Ja'far, telah menceritakan kepada Kami ayahku dari Jabir bin Abdullah, ia berkata; dan orang-orang menambahkan kata; Dzal ma'arij, dan semisalnya.
Sedang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendengar dan tidak mengatakan sesuatupun kepada mereka
👉 talbiyah=labaika llah hummalabaih.

LABBAIKALLAAHUMMA LABBAIK,
LABBAIKA LAA SYARIIKALAKA LABBAIK,
INNAL HAMDA WAN NI'MATA LAKA WAL MULKA LAA SYARIIKALAK
(aku memenuhi seruanMu ya Allah,
aku memenuhi seruanMu,
tidak ada sekutu bagiMu, aku memenuhi seruanMu. Sesunggguhnya segala puji dan kenikmatan, serta seluruh kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu).
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ
إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ
وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَك
Nafi' berkata; dan
Abdullah bin Umar menambahkan dalam talbiyah; LABBAIKA,
LABBAIKA,
LABBAIK,
WA SA'DAIK,
WAL KHAIRU BIYADAIK,
WAR RAGHBU ILAIKA WAL 'AMALU
(aku memenuhi seruanMu,
aku memenuhi seruanMu,
aku memenuhi seruanMu,
dan dalam rangka untuk menyenangkanMu,
segala kebaikan ada di tanganMu,
harapan dan amalan tertuju kepadaMu).
لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ
وَسَعْدَيْكَ
وَالْخَيْرُ بِيَدَيْكَ وَالرَّغْبَاءُ إِلَيْك
Seruan nabi ibrahim.
Seruan nya juga dari allah.
Kedua2nya tidak bercanggah.
Jadi boleh tambah talbiyah cuma jangan bercanggah.
Berpada dgn ucapan nabi sudah cukup.cuma jika nak tambah boleh.
Talbiyah seperti rukun tetapi yg wajib sekurang2nya sekali ada pun pada waktu lain berulang2 pada setiap ada perubahan keadaan,masuk pagi ,petang,ketika masuk ,keluar,berpisah,bersesak,tidak bersesak,semuanya talbiyah..ini semua mustahap ,buat boleh pahala dan jika bercampur dgn takbir ,tahmid dan lain2 juga boleh dan dapat pahala

١٥٤٨ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ خَلَّادِ بْنِ السَّائِبِ الْأَنْصَارِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَانِي جِبْرِيلُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمَرَنِي أَنْ آمُرَ أَصْحَابِي وَمَنْ مَعِي أَنْ يَرْفَعُوا أَصْوَاتَهُمْ بِالْإِهْلَالِ أَوْ قَالَ بِالتَّلْبِيَةِ يُرِيدُ أَحَدَهُمَا

1548. Telah menceritakan kepada Kami Al Qa'nabi dari Malik dari Abdullah bin Abu Bakr bin Muhammad bin 'Amr bin Hazm dari Abdul Malik bin Abu Bakr bin Abdurrahman bin Al Haritsb Hisyam dari
Khallad bin As Saib Al Anshari dari ayahnya bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Jibril shallallahu 'alaihi wasallam telah datang kepadaku dan memerintahkanku agar memerintahkan para sahabatku dan orang-orang yang bersamanya agar mengeraskan suara mereka ketika bertahlil atau beliau mengatakan dengan talbiyah."
Beliau menginginkan salah satu darinya.
👉 Hanya lelaki disuruh angkat suara.perempuan tidak
Orang2 yg bersama2 ku juga sahabat juga.
Sama dgn sahabi وَمَنْ مَعِي

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Nabi Muhammad (s.a.w) ialah Rasul Allah; dan orang-orang yang bersama dengannya bersikap keras dan tegas terhadap orang-orang kafir yang (memusuhi Islam), dan sebaiknya bersikap kasih sayang serta belas kasihan kasihan sesama sendiri (umat Islam). Engkau melihat mereka tetap beribadat rukuk dan sujud, dengan mengharapkan limpah kurnia (pahala) dari Tuhan mereka serta mengharapkan keredaanNya. Tanda yang menunjukkan mereka (sebagai orang-orang yang soleh) terdapat muka mereka - dari kesan sujud (dan ibadat mereka yang ikhlas). Demikianlah sifat mereka yang tersebut di dalam Kitab Taurat; dan sifat mereka di dalam Kitab Injil pula ialah: (bahawa mereka diibaratkan) sebagai pokok tanaman yang mengeluarkan anak dan tunasnya, lalu anak dan tunasnya itu menyuburkannya, sehingga ia menjadi kuat, lalu ia tegap berdiri di atas (pangkal) batangnya dengan keadaan yang mengkagumkan orang-orang yang menanamnya. (Allah menjadikan sahabat-sahabat Nabi Muhammad, s.a.w dan pengikut-pengikutnya kembang biak serta kuat gagah sedemikian itu) kerana Ia hendak menjadikan orang-orang kafir merana dengan perasaan marah dan hasad dengki - dengan kembang biaknya umat Islam itu. (Dan selain itu) Allah telah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal soleh dari mereka, keampunan dan pahala yang besar.
-Sura Al-Fath, Ayah 29
🍄🍄🍄

٥ -  المناسك » ٥٨٤ -  متى يقطع التلبية

5. Manasik » 584. Kapan selesai waktu untukmembaca talbiyah

١٥٤٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبَّى حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ الْعَقَبَةِ

1549. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Waki' telah menceritakan kepada Kami Ibnu Juraij dari 'Atha` dari Ibnu Abbas dari Al Fadhl bin Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah hingga melempar jumrah 'aqabah.

١٥٥٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ غَدَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ مِنًى إِلَى عَرَفَاتٍ
مِنَّا الْمُلَبِّي وَمِنَّا الْمُكَبِّرُ

1550. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Numair, telah menceritakan kepada Kami Yahya bin Sa'id dari Abdullah bin Abu Salamah dari Abdullah bin Abdullah bin Umar dari ayahnya, ia berkata; Kami pergi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari Mina menuju 'Arafah, diantara Kami ada yang bertalbiyah dan diantara Kami ada yang bertakbir.

٥ -  المناسك » ٥٨٤ -  متى يقطع التلبية

5. Manasik » 584. Kapan selesai waktu untul membaca talbiyah
١٥٤٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبَّى حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ الْعَقَبَةِ

1549. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Waki' telah menceritakan kepada Kami Ibnu Juraij dari 'Atha` dari Ibnu Abbas dari Al Fadhl bin Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah hingga melempar jumrah 'aqabah.

١٥٥٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ غَدَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ مِنًى إِلَى عَرَفَاتٍ مِنَّا الْمُلَبِّي وَمِنَّا الْمُكَبِّرُ

1550. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Numair, telah menceritakan kepada Kami Yahya bin Sa'id dari Abdullah bin Abu Salamah dari Abdullah bin Abdullah bin Umar dari ayahnya, ia berkata; Kami pergi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari Mina menuju 'Arafah, diantara Kami ada yang bertalbiyah dan diantara Kami ada yang bertakbir.

٥ -  المناسك » ٥٨٥ -  متى يقطع المعتمر التلبية
5. Manasik » 585. Kapan orang yang umrah selesai dari mambaca talbiyah

١٥٥١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُلَبِّي الْمُعْتَمِرُ حَتَّى يَسْتَلِمَ الْحَجَرَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ وَهَمَّامٌ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ مَوْقُوفًا

1551. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad telah menceritakan kepada Kami Husyaim dari Ibnu Abu Laila dari 'Atho` dari Ibnu Abbas dari Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam berkata: "Seorang yang melakukan umrah hendaknya mengucapkan talbiyah hingga mengusap hajar aswad. Abu Daud berkata: hadits tersebut diriwayatkan oleh Abdul Malik bin Abu Sulaiman dan Hammam dari 'Atho` dari Ibnu Abbas secara mauquf.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan