112. Orang yang Diajak Musyawarah adalah Orang
yang Dipercaya -128
193/256. Dari Abu Hurairah berkata,
قل النبي صلي الله عليه وسلم لأبي الهيشم: هل لك خادم؟ قال لا قال فإذا أتانا سبى فأتنا فأتى النبي صلى الله عليه وسلم برأسين ليس معهما ثالث فأتاه أبو الهيثم قال النبي صلى الله عليه وسلم اختر منهما قال يا رسول الله اختر لي فقال النبي صلى الله عليه وسلم إن المستشار مؤتمن خذ هذا فإني رايته يصلى واستوص به خيرا فقالت امرأته ما أنت ببالغ ما قال فيه النبي صلى الله عليه وسلم إلا أن تعتقه قال فهو عتيق فقال النبي صلى الله عليه وسلم إن الله لم يبعث نبيا ولا خليفة إلا وله بطانتان بطانه تأمره بالمعروف وتنهاه عن المنكر وبطانة لا تألوه خبالا ومن يوق بطانة السوء فقد وقى
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada Abu Al Haitsam,'Apakah engkau mempunyai pelayan? Dia menjawab, Tidak.' Nabi bersabda,'Apabila datang tawanan kepada kami, maka kemarilah (datangi kami).'
Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam didatangkan kepadanya dua tawanan, dan tidak ada orang yang ketiga yang menyertai kedua tawanan tersebut. Kemudian Abu Al Haitsam mendatangi Nabi, lalu Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda, 'Pilihlah salah satu dari keduanya.' Abu Al Haitsammenjawab, "Wahai Rasulullah! pilihkan untuk saya." Lalu Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda, 'Orang yang diajak musyawarah orang yang dipercaya, ambillah ini, karena saya melihat dia melakukan shalat, danberwasiatlah kebaikan kepadanya.' Kemudian istri Abu Al Haitsam berkata, Tidaklah engkau itu dikatakan orang yang menjalankan kepada perkataan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kecuali engkau memerdekakannya.' Abu AlHaitsam berkata, 'Maka dia (saya) merdekakan.' Kemudian Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda,' Sesungguhnya Allah tidak mengutus Nabi ataukhalifah, kecuali baginya dua perkara yang mengiringinya. Pengiring yangmemerintahkannya untuk berbuat kebaikan dan mencegah kemunkaran danpengiring yang merusak dirinya. Barang siapa dipelihara dari pengiring yang buruk, maka dia benar-benar terpelihara."'
Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (1641). (Tirmidzi, 34- Kitab Az-Zuhdu, 39- Bab Ma Ja’a fi Ma'isyati Ashabin-Nabiyyi shallallahu 'alaihiwasallam.
115.Saling Mencintai Diantara Manusia -131
197/260. Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallambersabda,
والذي نفسي بيده لا تدخلوا الجنة حتى تسلموا ولا تسلموا حتى تحابوا وأفشوا السلام تحابوا وإياكم والبغضة فإنها هي الحالقة لا أقول لكم تحلق الشعر ولكن تحلق الدين
"Demi Dzat yang jiwa raga saya berada pada kekuasaan-Nya! engkau tidak akan masuk surga sehingga kamu masuk Islam, kamu tidak akan masuk Islam sehingga kamu saling mencintai, sebarluaskan salam, niscaya kamu saling mencintai, dan jauhilah kebencian, karena ia yang mencukur. Saya tidak berkatakepadamu, 'mencukur rambut', tetapi (kebencian itu) mencukur agama.'"
Hasan lighairihi di dalam At-Ta'liqu Ar-Raghibu (3/226). (Muslim, KitabAl Iman, 22- Bab Bayanun Annahu la yadkhulul Jannata Illal Mukminuun,hadits 93 sampai ucapannya, Afsyus-Salama bainakum, wa Ma Ba'dahu(sesudahnya) tidak sedikitpun terdapat di dalam Kutubus-Sittah.
117. Bercanda -133
199/264. Dari Anas ibnu Malik berkata,
اتى النبي صلى الله عليه وسلم على بعض نسائه ومعهن أم سليم (وفي طريق أجري عنه: أن ألبراءبن ملك كان يحدوبالرجل،وكان أنبجشة يحدوبالنساء، وكان حسن الصوت/١٢٦٣) فقال يا أنجشة رويدا سوقك بالقوارير قال أبو قلابة فتكلم النبي صلى الله عليه وسلم بكلمة لو تكلم بها بعضكم لعبتموها عليه قوله سوقك بالقوارير
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengunjungi sebagian istri-istrinya dan Ummu Sulaim bersama mereka (menurut jalan riwayat yang lain dariAnas bahwa Al Barra' ibnu Malik pernah menyanyikan nasyid orang laki-laki dan Anjasyah menyanyikan nasyid untuk orang perempuan, dan dia bagus suaranya /1264). Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'WahaiAnjasyah! pelan-pelan engkau menyanyikan lagu untuk orang-orang perempuan.'Abu Qilabah berkata, 'Lalu Nabi sallallahu 'alaihi wasallam berbicara denganperkataan, "Sekiranya sebagian saudara kalian berbicara, maka niscaya kalian merasa beban (berat) atas orang itu dengan sabda Nabi shallallahu'alaihi wasallam, 'Pelan-pelan engkau menyanyikan lagu untuk orang-orang perempuan."""
Shahih, di dalam kitab Adh-Dhaifah nomor, 6059. (Bukhari, 78-Kitab AlAdah, 90- Bab Ma Yajuzu Minasy-Syar'i war-Rijzi wal Hida’i Muslim, 43- Kitab AlFadha’il, 18- Bab Rahmatun-Nabiyyi shallalahu 'alaihi wasallam Lin-Nisa’i hadits 71).
200/265. Dari Abu Hurairah, mereka berkata,
قالوا : يا رسول الله إنك تداعبنا قال إني لا أقول إلا حقا
"Wahai Rasulullah! Sesungguhnya engkau mencandai kami?" Nabishallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya saya tidak akan berkata kecuali perkataan yang benar."
Shahih, di dalam kitab Takhrijul-Misykah. (Tirmidzi, 25-Kiiab Al Birru wash-Shilah, 57- Bab Ma Ja'a fil-Mizah).
201/226. Dari Bakar ibnu Abdullah berkata,
كان أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم يتبادحون بالبطيخ فإذا كانت الحقائق كانوا هم الرجال
"Para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah saling melempar semangka, pada hakikatnya mereka adalah para tokoh-tokoh."
Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah - (435).
202/268. Dari Anas ibnu Malik berkata,
جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم يستحمله فقال أنا حاملك على ولد ناقة قال يا رسول الله وما أصنع بولد ناقة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم وهل تلد الإبل إلا النوق
"Seseorang datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memohon tunggangan, lalu Nabi berkata, 'Saya menaikkanmu di atas anak unta betina!' Orang itu berkata, 'Wahai Rasulullah! apa yang dapat saya lakukan terhadap anak unta betina?' Rasulullah menjawab,' Apakah ada unta yang melahirkan selain anak unta?'
Shahih, di dalam kitab Al Misykah (4886). (Abu Daud, 40-Kitab Al Adah,84- Bab Ma Ja’a..., Tirmidzi, 25- Kitab Al Birru wash-Shilah, 57- Bab Ma Ja^afilMizah).
Tiada ulasan:
Catat Ulasan