باب مَا يَقُولُ إِذَا سَمِعَ الْمُنَادِي:
10. Adzan » 389. Apa yang diucapkan ketika mendengar suara mu'adzin
٥٧٦ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ النِّدَاءَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ الْمُؤَذِّنُ
576. Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Ibnu Syihab dari 'Atha bin Yazid Al Laitsi dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila kalian mendengar adzan, maka jawablah seperti apa yang diucapkan mu'adzin."
٥٧٧ - حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ فَضَالَةَ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنِي عِيسَى بْنُ طَلْحَةَ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ يَوْمًا فَقَالَ مِثْلَهُ إِلَى قَوْلِهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
577. Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Fadlalah berkata, telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Yahya dari Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits berkata, telah menceritakan kepadaku 'Isa bin Thalhah, bahwa pada suatu hari dia mendengar Mu'awiyyah mengucapkan seperti (apa yang diucapkan mu'adzin) hingga ucapannya: "Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah."
٥٧٨ - حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ قَالَ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى نَحْوَهُ قَالَ يَحْيَى وَحَدَّثَنِي بَعْضُ إِخْوَانِنَا أَنَّهُ قَالَ لَمَّا قَالَ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ وَقَالَ هَكَذَا سَمِعْنَا نَبِيَّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
578. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Rahawaih berkata, telah menceritakan kepada kami Wahab bin Jarir berkata, telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Yahya seperti itu, Yahya berkata, dan telah menceritakan kepadaku Sebagian saudara kami bahwa dia berkata, "Jika mu'adzin mengucapkan, 'Hayya 'Alash shalah '(Marilah melaksanakan shalat) ', dia menjawab, "Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billah '(Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan izin Allah) '. Dia berkata, "Demikianlah kami mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda."
👉Jawap azan dgn perbuatan tiada khilaf ,WAJIB.
Jawap dgn mulut atau ucapan tidak wajib...imam tohawi dll imam.
Muftabihi=pendapat yg dipilih dlm mazhab hanafi tidak wajib.
Dalil ini menjadikan perintah yg asal tidak wajib(jawap azan)
Kaedah fekah:Perintah selepas larangan tidak memberi makna wajib.
Contoh ziarah kubur,...kamu ziarahlah..ini bukan perintah selepas larangan itu wajib,harus dan paling tinggi eluk shj .
Nabi saw sendiri tidak jawap bila mengintai dengar (istamaal bukan samaal dengar)suara azan ..tiba2 nabi saw mendengar suara ucapab allah hu akbar ,lalu nabi saw kata faqola alalfitrah(engkau islam)..dan bila orang itu ucap asyahdu allailahaillallah maka nabi saw kata telah selamatlah engkau dari neraka.
Jika berdosa tak jawap azan,nabi saw buat dosa?ini menunjukan jawap azan bukan wajib dan tidak berdosa jika tak jawap.
Dari wajib kepada mustahab.
Jawap sama seolah2 mengejek2.
Tapi ada pula yg kata boleh bergantung kepada niat.
Ada berpegang pada zahir hadis ,orang yg bersolat pun kena jawap azan.
Ttapi boleh jawap selepas buang air atau bersetubuh atau selesai solat.
Orang bermukim,atau yg melakukan iqamat perlu dijawab berdasarkan hadis ..ada solat diantara 2 azan..iqamat dikatakan juga azan.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan