Rabu, September 12, 2018

Sunan Abu daud kitab wasiat sesi 08

١٢ -  الوصايا » ١٠٥٨ -  ما جاء في الدليل على أن الكفن من جميع المال
باب مَا جَاءَ فِي الدَّلِيلِ عَلَى أَنَّ الْكَفَنَ مِنْ جَمِيعِ الْمَالِ:
👉Harta dr simati.
Ini dalil kafan sesaorang yg mati tu boleh diambil dr keseluruhan hartanya.
Selepas itu baru kita hutang dan kemudian pusakanya.
Kalu ada lain yg nak urus boleh.
Ini bermakna selepas dia mati seluruh hartanya dah tak jadi hartanya lagi.

12. Wasiat » 1058. Dalil bahwa kain kafan dibeli dari harta yang dipunyai

٢٤٩١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِير
ٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْأَعْمَشِ
عَنْ أَبِي وَائِلٍ
عَنْ خَبَّابٍ
قَالَ مُصْعَبُ بْنُ عُمَيْرٍ
قُتِلَ يَوْمَ أُحُدٍ
وَلَمْ تَكُنْ لَهُ إِلَّا نَمِرَةٌ
كُنَّا إِذَا غَطَّيْنَا بِهَا رَأْسَهُ خَرَجَتْ رِجْلَاهُ
وَإِذَا غَطَّيْنَا رِجْلَيْهِ خَرَجَ رَأْسُهُ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
غَطُّوا بِهَا رَأْسَهُ وَاجْعَلُوا عَلَى رِجْلَيْهِ مِنْ الْإِذْخِرِ

2491. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari
Al A'masy dari Abu Wail, dari Khabbab, ia berkata; Mush'ab bin 'Umair telah terbunuh pada saat perang Uhud, dan ia hanya memiliki sehelai kain, apabila kami menutup kepalanya maka kedua kakinya keluar, dan apabila kami tutup kedua kakinya maka keluar kepalanya. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tutuplah kepalanya menggunakan kain tersebut dan letakkan idzkhir(sejenis rumput) di atas kedua kakinya!"
👉Kenapa letak bwh wasiat?
Kena selesaikan kafan dgn hartanya walaupun tiada wasiat sebab ini  hok orang mati selain dr hutang.

١٢ -  الوصايا » ١٠٥٩ -  في الرجل يهب الهبة ثم يوصى له بها أو يرثها
باب مَا جَاءَ فِي الرَّجُلِ يَهَبُ ثُمَّ يُوصَى لَهُ بِهَا أَوْ يَرِثُهَا:

👉Hibah atau pemberian.

12. Wasiat » 1059. Seseorang memberikan hibah, kemudian barang hibah tersebut diwasiatkan atau diwariskan kepadanya

👉Seolah2 ambil balik pemberian yg telah diberi.
Dlm satu kisah seorang diberi kuda,kuda itu jadi kurus,lalu tuan asal kuda yg memberi kuda itu ingin ambil balik lalu nabi kata jika dia nak jualpun kamu tidak boleh membeli kuda itu semula.

٢٤٩٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ
حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَطَاءٍ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بَنِ بُرَيْدَةَ
عَنْ أَبِيهِ بُرَيْدَةَ أَنَّ امْرَأَةً أَتَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كُنْتُ تَصَدَّقْتُ عَلَى أُمِّي بِوَلِيدَةٍ وَإِنَّهَا مَاتَتْ
وَتَرَكَتْ تِلْكَ الْوَلِيدَةَ
قَالَ قَدْ وَجَبَ أَجْرُكِ
وَرَجَعَتْ إِلَيْكِ فِي الْمِيرَاثِ
قَالَتْ وَإِنَّهَا مَاتَتْ وَعَلَيْهَا
صَوْمُ شَهْرٍ أَفَيُجْزِئُ أَوْ يَقْضِي عَنْهَا
أَنْ أَصُومَ عَنْهَا
قَالَ نَعَمْ قَالَتْ وَإِنَّهَا لَمْ تَحُجَّ أَفَيُجْزِئُ أَوْ يَقْضِي عَنْهَا
أَنْ أَحُجَّ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ

2492. Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kami
Abdullah bin 'Atha`, dari
Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, bahwa seorang wanita datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; dahulu aku bersedekah kepada ibuku dengan memberikan seorang budak wanita, dan beliau meninggal serta meninggalkan budak tersebut. Beliau berkata: "Telah tetap pahalamu dan budak tersebut kembali kepadamu diantara harta warisan." Wanita tersebut berkata; beliau meninggal dalam keadaan memiliki kewajiban berpuasa satu bulan. Apakah sah atau dapat menunaikan untuknya apabila aku berpuasa untuknya? Beliau berkata: "Ya." Wanita tersebtu berkata; sesungguhnya beliau belum berhaji, apakah sah atau dapat menunaikan untuknya apabila aku berhaji untuknya? Beliau berkata: "Ya."
👉Sedekah boleh kepada semua orang
👉Solat tidak boleh, yg boleh hajji dan puasa.

١٢ -  الوصايا » ١٠٦٠ -  ما جاء في الرجل يوقف الوقف
باب مَا جَاءَ فِي الرَّجُلِ يُوقِفُ الْوَقْفَ:

12. Wasiat » 1060. Seseorang memberikan wakaf

٢٤٩٣ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ
حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ ح و حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ
حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ ح و حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ
حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ ابْنِ عَوْنٍ
عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ أَصَابَ عُمَرُ أَرْضًا بِخَيْبَرَ فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ أَصَبْتُ أَرْضًا لَمْ أُصِبْ مَالًا قَطُّ أَنْفَسَ عِنْدِي مِنْهُ فَكَيْفَ تَأْمُرُنِي بِهِ قَالَ إِنْ شِئْتَ حَبَّسْتَ أَصْلَهَا وَتَصَدَّقْتَ بِهَا فَتَصَدَّقَ بِهَا عُمَرُ
أَنَّهُ لَا يُبَاعُ أَصْلُهَا
وَلَا يُوهَبُ
وَلَا يُوَرَّثُ لِلْفُقَرَاءِ
وَالْقُرْبَى
وَالرِّقَابِ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ
وَزَادَ عَنْ بِشْرٍ
وَالضَّيْفِ
ثُمَّ اتَّفَقُوا لَا جُنَاحَ عَلَى مَنْ وَلِيَهَا أَنْ يَأْكُلَ مِنْهَا بِالْمَعْرُوفِ وَيُطْعِمَ صَدِيقًا غَيْرَ مُتَمَوِّلٍ فِيهِ
زَادَ عَنْ بِشْرٍ قَالَ
وَقَالَ مُحَمَّدٌ غَيْرَ مُتَأَثِّلٍ مَالًا
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بِنُ دَاوُدَ الْمَهْرِيُّ
حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي اللَّيْثُ
عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ
عَنْ صَدَقَةِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
نَسَخَهَا لِي عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
هَذَا مَا كَتَبَ عَبْدُ اللَّهِ عُمَرُ فِي ثَمْغٍ فَقَصَّ مِنْ خَبَرِهِ نَحْوَ حَدِيثِ نَافِعٍ
قَالَ غَيْرَ مُتَأَثِّلٍ مَالًا فَمَا عَفَا عَنْهُ مِنْ ثَمَرِهِ
فَهُوَ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

قَالَ وَسَاقَ الْقِصَّةَ
قَالَ وَإِنْ شَاءَ وَلِيُّ ثَمْغٍ اشْتَرَى مِنْ ثَمَرِهِ رَقِيقًا لِعَمَلِهِ وَكَتَبَ مُعَيْقِيبٌ وَشَهِدَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْأَرْقَمِ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

هَذَا مَا أَوْصَى بِهِ عَبْدُ اللَّهِ عُمَرُ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ
إِنْ حَدَثَ بِهِ حَدَثٌ
أَنَّ ثَمْغًا وَصِرْمَةَ بْنَ الْأَكْوَعِ
وَالْعَبْدَ الَّذِي فِيهِ وَالْمِائَةَ سَهْمٍ الَّتِي بِخَيْبَرَ وَرَقِيقَهُ الَّذِي فِيهِ وَالْمِائَةَ الَّتِي أَطْعَمَهُ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالْوَادِي تَلِيهِ حَفْصَةُ مَا عَاشَتْ ثُمَّ يَلِيهِ ذُو الرَّأْيِ مِنْ أَهْلِهَا أَنْ لَا يُبَاعَ وَلَا يُشْتَرَى يُنْفِقُهُ حَيْثُ رَأَى مِنْ السَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ وَذَوِي الْقُرْبَى وَلَا حَرَجَ عَلَى مَنْ وَلِيَهُ
إِنْ أَكَلَ أَوْ آكَلَ أَوْ اشْتَرَى رَقِيقًا مِنْهُ.

2493. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yazid? bin Zurai', dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: dan telah mencerityakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Mufadhdhal, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami
Yahya dari Ibnu 'Aun, dari Nafi' dari Ibnu Umar, ia berkata; Umar mendapatkan tanah Khaibar, kemudian ia datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; aku telah mendapatkan tanah dan belum pernah mendapatkan harta yang lebih berharga menurutku daripadanya. Apakah yang anda perintahkan kepadaku? Beliau berkata: "Apabila engkau mau, maka engkau tahan pokoknya dan bersedekah dengannya.,(hasil masulnya)"
Kemudian Umar bersedekah dengannya, dengan syarat bahwa pokoknya tidak dijual, dan tidak diberikan, serta tidak diwariskan untuk orang-orang faqir, para kaum kerabat, serta para budak. Dan dengan syarat di jalan Allah, serta ibnu Sabil.
Dan ia(perawi) menambahkan dari(saluran riwayat) Bisyr; serta tamu.
Kemudian lafazh mereka sama: "Tidak mengapa bagi orang yang mengurusnya untuk memakan sebagian darinya dengan cara yang baik. Memberi makan teman, tanpa mengembangkannya."
Dan Muhammad mengatakan; tidak mengumpulkan dan menjadikannya harta pokok.
Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Daud Al Mahri, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah mengabarkan kepadaku Al Laits, dari Yahya bin Sa'id mengenai sedekah Umar bin Al Khathab radliallahu 'anhu, ia berkata; Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar bin Al Khathab menyalinnya untukku; bismillahirrahmanirrahim, ini(surat) adalah yang ditulis hamba Allah Umar apabila terjadi sesuatu padanya, bahwa Tsamgh(nama tempat tanah), dan Shirmah bin Al Akwa'(nama tanah juga) (dua harta milik Umar di Madinah) serta budak yang ada padanya(hamba yg mengurus tanah tu), dan seratus saham yang ada di Khaibar, budak yang ada padanya(hamba yg mengurukanya), serta seratus (wasaq)(bahagian) yang telah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam berikan kepadanya di sebuah bukit akan diurus oleh Hafshah selama ia masih hidup, kemudian orang-orang yang memiliki pemikiran yang baik dari kalangan keluarganya(yakni keluarga habsah) Tidak boleh dijual, dan tidak boleh dibeli, ia nafkahkan ke tempat yang ia pandang baik, kepada orang yang meminta, dan orang miskin yang tidak mendapat bagian, para kaum kerabat, dan tidak mengapa orang yang mengurusnya untuk makan atau memberi makan, atau membeli budak darinya(hamba yg mengurus tanah)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan