Sunan Abu Daud kitab haji sesi 04(2020)
المناسك » ٥٦٥ - في المواقيت
5. Manasik » 565. Miqat-miqat
١٤٧٦ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَلِأَهْلِ الشَّامِ الْجُحْفَةَ وَلِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ وَبَلَغَنِي أَنَّهُ وَقَّتَ لِأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَعَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَا وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَعْنَاهُ وَقَالَ أَحَدُهُمَا وَلِأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ وَقَالَ أَحَدُهُمَا أَلَمْلَمَ قَالَ فَهُنَّ لَهُمْ وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ أَهْلِهِنَّ مِمَّنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ وَمَنْ كَانَ دُونَ ذَلِكَ قَالَ ابْنُ طَاوُسٍ مِنْ حَيْثُ أَنْشَأَ قَالَ وَكَذَلِكَ حَتَّى أَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنْهَا
1476. Telah menceritakan kepada Kami Qa'nabi, dari Malik. Dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: telah menceritakan kepada Kami
Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada Kami Malik
dari Nafi' dari Ibnu Umar, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan Dzul Hulaifah sebagai miqat bagi penduduk Madinah Al Juhfah,
serta bagi penduduk Najd Qarnul manazil, dan telah Dzul Hulaifah sebagai miqat bagi penduduk Madinah Al Juhfah, kepadaku berita bahwa beliau
menetapkan Yalamlam sebagai miqat penduduk Yaman. Telah menceritakan kepada Kami Sulaiman bin Harb, telah menceritakan kepada Kami Hammad dari 'Amr bin Dinar dari Thawus dari Ibnu Abbas, dan dari Ibnu Thawus dari ayahnya, mereka berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menetapkan …… -secara makna-. Dan salah seorang diantara mereka berkata; dan Yalamlam sebagai miqat bagi penduduk Yaman. Sedangkan salah seorang dari mereka berkata; Alamlam. Beliau bersabda: Tempat-tempat tersebut adalah miqat untuk mereka dan orang yang datang ke tempat-tempat tersebut yang bukan penduduknya, diantara orang yang ingin berhaji dan berumrah. Dan orang yang diluar hal tersebut Thawus berkata; maka dari tempat ia memulai berihram." Ia berkata; dan seperti itu hingga penduduk Mekkah, mereka bertalbiyah darinya.
👉 mawakit adalah jamak.
abu daud bg tau miqat makani.
Miqat zamani waktu yg ditentukan
Miqat adalah tempat2 yg ditentukan untukmemulakan haji
Dzul Hulaifah (sebelah tihamah)
sebagai miqat bagi penduduk Madinah Al Juhfah,
serta bagi penduduk Najd Qarnul manazil,
dan Yalamlam sebagai miqat penduduk Yaman.
Maula =bekas hamba yg telah dimerdekaan
Nafi' hamba maula Ibnu Umar
١٤٧٧ - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ بَهْرَامَ الْمَدَائِنِيُّ حَدَّثَنَا الْمُعَافِىُّ بْنُ عِمْرَانَ عَنْ أَفْلَحَ يَعْنِي ابْنَ حُمَيْدٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَّتَ لِأَهْلِ الْعِرَاقِ ذَاتَ عِرْقٍ
1477. Telah menceritakan kepada Kami Hisyam bin Bahram Al Madaini, telah menceritakan kepada Kami Al Mu'afi bin 'Imran dari Aflah yaitu Ibnu Humaid dari Al Qasim bin Muhammad dari Aisyah radliallahu 'anha bahwa Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam menetapkan Dzatu 'Irq sebagai miqat bagi penduduk Irak.
👉 Dzatu 'Irq sebagai miqat bagi penduduk Irak.
Nabi dapat petunjuk walaupun pada zaman nabi belum jatuh ketangan islam
Perawi yg boleh diterima Aflah
Yahya tak mahu ambil hadis dari Aflah.
١٤٧٨ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَهْلِ الْمَشْرِقِ الْعَقِيقَ
1478. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Waki', telah menceritakan kepada Kami Sufyan dari Yazid bin Abu Ziyad
dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhu, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Bagi penduduk bagian timur(masyriq) miqatnya adalah Al 'Aqiq.
👉 penduduk bagian timur miqatnya adalah Al 'Aqiq.
Ada yg kata hadis ini hadis mungkar dan tidak sahih dan bertentangan dgn hadis yg sebelumnya.
Aqiq kedudukannya jauh.
Miqat bg setengah2 penduduk iraq.
Asal Dzatu 'Irq adalah aqiq.tetapi aqiq lebih jauh.
Hadis ini tak kuat
١٤٧٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يُحَنَّسَ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي سُفْيَانَ الْأَخْنَسِيِّ عَنْ جَدَّتِهِ حُكَيْمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ أَهَلَّ بِحَجَّةٍ أَوْ عُمْرَةٍ مِنْ الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى إِلَى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ أَوْ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ شَكَّ عَبْدُ اللَّهِ أَيَّتُهُمَا قَالَ قَالَ أَبُو دَاوُد يَرْحَمُ اللَّهُ وَكِيعًا أَحْرَمَ مِنْ بَيْتِ الْمَقْدِسِ يَعْنِي إِلَى مَكَّةَ
1479. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Abu Fudaik dari Abdullah bin Abdurrahman bin Yuhannas
dari Yahya bin Abu Sufyan Al Akhnasi
dari neneknya yaitu Hukaimah dari Ummu Salamah istri Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam bahwa ia telah mendengar Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang bertalbiyah untuk melakukan haji atau umrah dari Masjid Al Aqsha hingga Masjid Al Haram
maka akan dihapuskan dosanya yang telah lalu dan yang akan datang, atau wajib ia mendapatkan Surga.
Abdullah merasa ragu yang manakah yang beliau ucapkan.
Abu Daud berkata; semoga Allah merahmati Waki' sebab dia telah melaksanakan ihram dari Baitul Maqdis sampai ke Mekkah.
👉Hadis ini tidak sahih
Sebab ada yahya bin abi sufiyan
Ibnu munzir kata boleh pakai ihram sebelum miqat.
Miqat zamani tidak boleh mendahuluinya.
Miqat makani boleh mendahuluinya.
Boleh pakai ihram sebelum miqat ,tak bg hanya sebab untuk tidak menyusahkan orang yg hendak mengerjakan haji
١٤٨٠ - حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرِو بْنِ أَبِي الْحَجَّاجِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا عُتْبَةُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ السَّهْمِيُّ حَدَّثَنِي زُرَارَةُ بْنُ كُرِيْمٍ أَنَّ الْحَارِثَ بْنَ عَمْرٍو السَّهْمِيَّ حَدَّثَهُ قَالَ أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ بِمِنًى أَوْ بِعَرَفَاتٍ وَقَدْ أَطَافَ بِهِ النَّاسُ قَالَ فَتَجِيءُ الْأَعْرَابُ فَإِذَا رَأَوْا وَجْهَهُ قَالُوا هَذَا وَجْهٌ مُبَارَكٌ قَالَ وَوَقَّتَ ذَاتَ عِرْقٍ لِأَهْلِ الْعِرَاقِ
1480. Telah menceritakan kepada Kami Abu Ma'mar Abdullah bin 'Amr bin Abu Al Hajjaj, telah menceritakan kepada Kami Abdul Warits, telah menceritakan kepada Kami 'Utbah bin Abdul Malik As Sahmi, telah menceritakan kepadaku Zurarah bin Kuraim
bahwa Al Harits bin 'Amr As Sahmi telah menceritakan kepadanya, ia berkata; saya datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sementara beliau berada di Mina atau 'Arafah, dan orang-orang telah mengelilingi beliau.
Al Harits bin 'Amr berkata; kemudian beberapa orang badui datang dan melihat wajah beliau, mereka berkata; ini adalah wajah yang mendapat berkah. Al Harits berkata; dan beliau menetapkan Dzatu 'Irq sebagai miqat bagi penduduk Irak.
👉bukan sahabat ,Zurarah bin Kuraim,hadisnya tidak boleh dibuat hujjah
Hadis in bertaraf hasan.disokong oleh badarudin aini
Minit 44
٥ - المناسك » ٥٦٦ - الحائض تهل بالحج
5. Manasik » 566. Apakah ada haji untuk wanita haid
١٤٨١ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ نُفِسَتْ أَسْمَاءُ بِنْتُ عُمَيْسٍ بِمُحَمَّدِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ بِالشَّجَرَةِ فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَا بَكْرٍ أَنْ تَغْتَسِلَ فَتُهِلَّ
1481. Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami 'Abdah dari 'Ubaidullah dari Abdurrahman bin Al Qasim dari ayahnya dari Aisyah, ia berkata;
Asma` binti 'Umais mengalami nifas karena melahirkan Muhammad bin Abu Bakr di bawah pohon. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan Abu Bakr agar Asma` mandi dan bertalbiyah.
👉Byk hukum sama antara orang haid dan bernifas.
Ihlal haji=pakai ihram dan bertalbiyah haji.
Suami Asma bin Umais(mandi -walaupun tak suci dan ihlal)
1.Jaafar
2.Abu bakar.
3.Ali
١٤٨٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى وَإِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَبُو مَعْمَرٍ قَالَا حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ شُجَاعٍ عَنْ خُصَيْفٍ عَنْ عِكْرِمَةَ وَمُجَاهِدٍ وَعَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْحَائِضُ وَالنُّفَسَاءُ إِذَا أَتَتَا عَلَى الْوَقْتِ تَغْتَسِلَانِ وَتُحْرِمَانِ وَتَقْضِيَانِ الْمَنَاسِكَ كُلَّهَا غَيْرَ الطَّوَافِ بِالْبَيْتِ قَالَ أَبُو مَعْمَرٍ فِي حَدِيثِهِ حَتَّى تَطْهُرَ وَلَمْ يَذْكُرْ ابْنُ عِيسَى عِكْرِمَةَ وَمُجَاهِدًا قَالَ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَلَمْ يَقُلْ ابْنُ عِيسَى كُلَّهَا قَالَ الْمَنَاسِكَ إِلَّا الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ
1482. Telah menceritakan kepada Kami
Muhammad bin Isa dan Isma'il bin Ibrahim Abu Ma'mar, mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami Marwan bin Syuja' dari Khushaif
dari Ikrimah serta Mujahid dan 'Atha`
dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Wanita yang mengalami haidh atau nifas apabila mendatangi miqat maka mereka mandi dan melakukan ihram serta melaksanakan seluruh ibadah haji kecuali thawaf di Ka'bah.
Abu Ma'mar berkata di dalam haditsnya; hingga ia suci. Ibnu Isa tidak menyebutkan Ikrimah dan Mujahid, ia menyebutkan dari 'Atha` dari Ibnu Abbas Ibnu Isa tidak menyebutkan; kata semuanya, ia menyebutkan; ibadah haji kecuali thawaf.
👉Zahir macam cerita tetapi maksud perintah.
Contoh ,allah telah merahmatinya maksud yg sebenar kena bubuh semuga
Hendaklah mandi dan lakukan kecuali tawaf.
Berbeza dgn Muhamad bin isa, Abu Ma'mar
٥ - المناسك » ٥٦٧ - الطيب عند الإحرام
5. Manasik » 567. Mengenakan wewangian saat haji
١٤٨٣ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أُطَيِّبُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِإِحْرَامِهِ قَبْلَ أَنْ يُحْرِمَ وَلِإِحْلَالِهِ قَبْلَ أَنْ يَطُوفَ بِالْبَيْتِ
1483. Telah menceritakan kepada Kami Al Qa'nabi dari Malik, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada Kami Malik dari Abdurrahman bin Al Qasim dari ayahnya dari Aisyah, ia berkata; aku memberi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam minyak wangi untuk ihramnya sebelum beliau melakukan ihram, dan untuk dalam keadaan tidak berihram sebelum beliau melakukan thawaf di Ka'bah.
👉
١٤٨٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّا عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى وَبِيصِ الْمِسْكِ فِي مَفْرِقِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ مُحْرِمٌ
1484. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Ash Shabbah Al Bazzaz, telah menceritakan kepada Kami Isma'il bin Zakariya dari Al Hasan bin 'Ubaidullah dari Ibrahim dari Al Aswad dari Aisyah, ia berkata; seolah-olah aku melihat kilatan minyak wangi pada belahan rambut Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sementara beliau dalam keadaan berihram.
👉Cerita aisyah selepas kewafatan nabi saw
المناسك » ٥٦٨ - التلبيد(talbid)
5. Manasik » 568. Mengepang rambut
١٤٨٥ - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْمَهْرِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمٍ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُهِلُّ مُلَبِّدًا
1485. Telah menceritakan kepada Kami Sulaiman bin Daud Al Mahri, telah menceritakan kepada Kami Ibnu Wahb, telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab
dari Salim yaitu Ibnu Abdullah dari ayahnya, ia berkata; saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah dalam keadaan mencelup rambutnya.
👉Supaya tak kelihatan teruk atau hidup seperti sami.
Sebelum tawaf ifadah ,nabi saw sudah pakai wangian.
١٤٨٦ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبَّدَ رَأْسَهُ بِالْعَسَلِ
1486. Telah menceritakan kepada Kami 'Ubaidullah bin Umar, telah menceritakan kepada Kami Abdul A'la, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Ishaq dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mencelup rambut kepalanya menggunakan madu.
Hadis ini tidak sahih.
Pakai madu boleh menyebabkan semut atau lalat dtg.
Tak masuk aqal بِالْعَسَلِ
ع madu
Ini riwayat ibnu ishak.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan