Sunan Abu daud kitab solat sesi 058
٢ - الصلاة » ٢٧٣ - قدر القراءة في صلاة الظهر والعصر
2. Shalat » 273. Kadar bacaan shalat zhuhur dan asar
٦٨٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ مُوسَى بْنِ سَالِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فِي شَبَابٍ مِنْ بَنِي هَاشِمٍ فَقُلْنَا لِشَابٍّ مِنَّا سَلْ ابْنَ عَبَّاسٍ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فَقَالَ لَا لَا فَقِيلَ لَهُ فَلَعَلَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي نَفْسِهِ فَقَالَ خَمْشًا هَذِهِ شَرٌّ مِنْ الْأُولَى كَانَ عَبْدًا مَأْمُورًا بَلَّغَ مَا أُرْسِلَ بِهِ وَمَا اخْتَصَّنَا دُونَ النَّاسِ بِشَيْءٍ إِلَّا بِثَلَاثِ خِصَالٍ أَمَرَنَا أَنْ نُسْبِغَ الْوُضُوءَ وَأَنْ لَا نَأْكُلَ الصَّدَقَةَ وَأَنْ لَا نُنْزِيَ الْحِمَارَ عَلَى الْفَرَسِ
685. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Abdul Warits
dari Musa bin Salim(Abi Jahdom) telah menceritakan kepada kami
Abdullah bin 'Ubaidullah dia berkata; aku menemui Ibnu Abbas ketika dia berada di tengah-tengah pemuda Bani Hasyim, lalu kami berkata kepada seorang pemuda di antara kami; "Tanyakanlah kepada Ibnu Abbas, apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca (surat) dalam shalat Dhuhur dan Ashar?" Ibnu Abbas menjawab; "Tidak, tidak membaca." Maka di katakan kepadanya lagi; "Barangkali dia membaca dalam hati." Maka Ibnu Abbas berkata; "Sungguh ini lebih jelek (buruk)dari (dugaan) yang pertama, beliau adalah seorang hamba yang di perintahkan untuk menyampaikan apa yang di tugaskan(diutuskanl kepada beliau, beliau tidak pernah mengistimewakan(mengkhususkan) kami dengan sesuatu pun di banding orang lain, kecuali tiga perkara; beliau memerintahkan kami untuk menyempurnakan wudlu`, kami tidak boleh makan zakat(sedekah) dan tidak boleh menjadikan (membiarkan)keledai(himar) untuk menjantani (mengawan dengan)kuda."
٦٨٦ - حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا حُصَيْنٌ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ لَا أَدْرِي أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ أَمْ لَا
686. Telah menceritakan kepada kami Ziyad bin Ayyub telah menceritakan kepada kami Husyaim telah mengabarkan kepada kami Hushain
dari 'Ikrimah dari Ibnu Abbas dia berkata; "Aku tidak tahu, apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca (surat Al Qur'an) pada waktu shalat Dhuhur dan Ashar ataukah tidak."
Riwayat 685, dia pasti Rasullah saw tak baca
Riwayat 686, dia tak pasti.
٦٨٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ مُوسَى بْنِ سَالِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى ابْنِ عَبَّاسٍ
685. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Abdul Warits dari Musa bin Salim(Abi Jahdom) telah menceritakan kepada kami Abdullah bin 'Ubaidullah dia berkata; aku menemui Ibnu Abbas.
-ada yang silap tertukar Abdullah bin 'Ubaidullah jadi Ubaidullah bin Abdullah.
-mukjizat hadits , umat jaga.
- mukjizat quran, Allah jaga.
Hadits 685
👉Maka Ibnu Abbas berkata; "Sungguh ini lebih jelek dari (dugaan) yang pertama, beliau adalah seorang hamba yang di perintahkan untuk menyampaikan apa yang di tugaskan kepada beliau, beliau tidak pernah mengistimewakan(mengkhususkan) kami dengan sesuatu pun di banding orang lain, kecuali tiga perkara; beliau memerintahkan kami untuk menyempurnakan wudlu`,
-beliau memerintahkan kami untuk menyempurnakan wudluخِصَالٍ أَمَرَنَا أَنْ نُسْبِغَ الْوُضُوءَ.
-basuh 3 kali yg 3 basuh.
-basuh lebih dari kawasan, tidak disepakati..
-juga gosok, tak disepakati..
kami tidak boleh makan zakat(sedekah)
-keluarga nabi tak boleh makan sedekah iaitu zakat.
-sedekah sunat ? Tak sepakat atau ada khilaf.
-usyur, setiap hasil yang tak disebut zakat dikenakan ¹/¹⁰ .
-sedekah pada orang kaya, boleh.
-ulamak hanafi cenderung tak boleh. Tetapi ini khilaf.
-imam Nawawi , sedekah wajib atau sunat juga tak boleh.
-maula juga dikira keluarganya juga , jadi tak boleh.
dan tidak boleh menjadikan (membiarkan)keledai(himar) untuk menjantani (mengawan dengan)kuda."
-larangan irsyadi (yang eluk) bukan dengan makna haram.
-sebab dalil quran ini menunjukan bukan larangan tahrimi
An-Nahl 16:8
وَٱلْخَيْلَ وَٱلْبِغَالَ وَٱلْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةًۚ وَيَخْلُقُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui.
-yang kata boleh, dipanggil baghal (hasil kacukan).
-ini nikmat, yang tidak haram.
-sebab itu larang tanzihi bukan larang tahrimi, larang untuk jaga baka.
-tiada yang khusus untuk sahabat yanb tertentu
-tertolak dakwaan syiah, ahli bait ada ilmu khusus. Kecuali beberapa perkara yang semua orang maklum.
-tertolak dakwaan orang tarikat atau sufi bahawa salsilah sampai kepada Saidina Ali. Ini pun pengaruh syiah juga.
-ada tarikat yang tiada salsilah , terus jumpa nabi saw kononnya dalam mimpi.
-apa yang sabit dalam hadits lah yang lebih baik atau yang nabi saw ajar.
- contoh tahlil yang terbaik لَآ إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ , bukan yang ada tambahan fi ku lin lam hatin dan seterusnya atau lain-lain.
Muhammad 47:19
فَٱعْلَمْ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَٱسْتَغْفِرْ لِذَنۢبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَىٰكُمْ
Maka ketahuilah, bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat usaha dan tempat tinggalmu.
-mimpi hanya untuknya sendiri , itu pun tak boleh yakin itu lebih baik dari yang telah nabi saw ajar dulu.
👉686. Telah menceritakan kepada kami Ziyad bin Ayyub telah menceritakan kepada kami Husyaim telah mengabarkan kepada kami Hushain
dari 'Ikrimah dari Ibnu Abbas dia berkata; "Aku tidak tahu,
-boleh , sahabat tidak tahu.
-ada riwayat berbeza-beza , ada yang kata baca
-kenapa tak tahu?
-ada ketika dia tak tahu maka dia beritahu dia tak tahu
apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca (surat Al Qur'an) pada waktu shalat Dhuhur dan Ashar ataukah tidak."
-membacaيَقْرَأُ maksud ketika berdiri.
-ketika lain tidak dipanggil baca.
-qawaid fikh; ijtihad tidak roboh dengan ijtihah
Seperti rumah yang telah siap, boleh digunakan oleh orang lain .
-ijtihah lain kemudiannya kerana adakala ada hujjah yang lebih baik.
-dalil; quran ,hadits atau sunnah atau ijmak .
-10 muharam nabi saw suruh berpuasa bukan buat bubur asyura.
-ikut yang betul sahih.
-Syiah mengenang pembunuhan Husin di Karbala buat makanan untuk diberi kepada orang lain.
-buatlah seperti kuih biasa.
Minit 48
-nabi saw tidak pernah buat kuih sempena 10 muharam.
٢ - الصلاة » ٢٧٤ - قدر القراءة في المغرب
2. Shalat » 274. Kadar bacaan dalam shalat maghrib.
٦٨٧ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ أُمَّ الْفَضْلِ بِنْتَ الْحَارِثِ سَمِعَتْهُ وَهُوَ يَقْرَأُ وَالْمُرْسَلَاتِ عُرْفًا فَقَالَتْ يَا بُنَيَّ لَقَدْ ذَكَّرْتَنِي بِقِرَاءَتِكَ هَذِهِ السُّورَةِ إِنَّهَا لَآخِرُ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَا فِي الْمَغْرِبِ
687. Telah menceritakan kepada kami Al Qa'nabi dari Malik dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah bin 'Utbah
dari Ibnu Abbas bahwa Ummu Fadl(Mak ibnu Abbas) binti Al Harits mendengarnya ketika dia membaca surat "WAL MURSALAATI 'URFAA(77:1)" maka Ummu Fadl berkata; "Wahai anakku, kamu telah mengingatkanku dengan bacaan suratmu itu, yaitu yang akhir bacaan(kuat) Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang pernah aku dengar pada shalat Maghrib."
-ada zohor yang terakhir tetapi tidak kuat.
٦٨٨ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِالطُّورِ فِي الْمَغْرِبِ
688. Telah menceritakan kepada kami Al Qa'nabi dari Malik dari Ibnu Syihab dari Muhammad bin
Jubair bin Muth'im dari ayahnya bahwa dia berkata; aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca surat At Thur (52)pada waktu shalat Maghrib."
٦٨٩ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ مَرْوَانَ بْنِ الْحَكَمِ قَالَ قَالَ لِي زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ مَا لَكَ تَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِطُولَى الطُّولَيَيْنِ قَالَ قُلْتُ مَا طُولَى الطُّولَيَيْنِ قَالَ الْأَعْرَافُ وَالْأُخْرَى الْأَنْعَامُ قَالَ وَسَأَلْتُ أَنَا ابْنَ أَبِي مُلَيْكَةَ فَقَالَ لِي مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ الْمَائِدَةُ وَالْأَعْرَافُ
689. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq dari Ibnu Juraij telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Mulaikah
dari 'Urwah bin Zubair
dari Marwan bin Al Hakam dia berkata; Zaid bin Tsabit berkata kepadaku; "Kenapa anda biasa membaca surat-surat (mutasol) pendek pada saat shalat Maghrib? Padahal aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca dua surat panjang dari surat-surat (ter) panjang dalam shalat Maghrib?." Ibnu Abu Mulaikah berkata; "Kataku; "Apakah dua surat panjang dari surat-surat panjang tersebut?" Urwah menjawab; "Yaitu Al A'raf (7)dan Al An'am(6)." Ibnu Juraij(perawi) berkata; Aku bertanya kepada Ibnu Abu Mulaikah, lalu menurut dirinya adalah surat Al Maidah (5) dan Al A'raf(7)."
٢ - الصلاة » ٢٧٥ - من رأى التخفيف فيها
2. Shalat » 275. Pendapat untuk meringankan bacaan di dalamnya
٦٩٠ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ أَنَّ أَبَاهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ بِنَحْوِ مَا تَقْرَءُونَ وَالْعَادِيَاتِ وَنَحْوِهَا مِنْ السُّوَرِ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ ذَاكَ مَنْسُوخٌ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا أَصَحُّ
690. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Hammad telah mengabarkan kepada kami
Hisyam bin 'Urwah bahwa dalam shalat Maghrib ayahnya (Urwah) biasa membaca (surat) sebatas kalian membaca surat "WAL 'ADIYAT"(100) dan surat semisalnya." Abu Daud berkata; "Ini menunjukkan bahwa hadits yang diatas terhapus, sedangkan hadits ini lebih shahih."
-ada 2 keadaan atau baca sedikit-sedikit dari surah yang panjang.
-mungkin juga baca agak laju.
-hadits 690 lebih sahih.
٦٩١ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ السَّرْخَسِيُّ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَقَ يُحَدِّثُ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ قَالَ مَا مِنْ الْمُفَصَّلِ سُورَةٌ صَغِيرَةٌ وَلَا كَبِيرَةٌ إِلَّا وَقَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَؤُمُّ النَّاسَ بِهَا فِي الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ
691. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sa'id As Sarkhasi telah menceritakan kepada kami Wahb bin Jarir telah menceritakan kepada kami ayahku dia berkata; saya mendengar Muhammad bin Ishaq menceritakan
dari 'Amru bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya bahwa dia berkata; "Tidak ada suatu surat yang pendek ataupun yang panjang melainkan aku telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membacanya ketika mengimami orang-orang dalam shalat wajib."
-nabi baca belaka
٦٩٢ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا قُرَّةُ عَنْ النَّزَّالِ بْنِ عَمَّارٍ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ أَنَّهُ صَلَّى خَلْفَ ابْنِ مَسْعُودٍ الْمَغْرِبَ فَقَرَأَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
692. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami ayahku dari Qurrah dari An Nazal bin 'Ammar dari Abu Utsman An Nahdi bahwa dia shalat Maghrib di belakang Ibnu Mas'ud, maka Ibnu Mas'ud membaca surat Al Ikhlash "Qul Huwallahu Ahad".
👉692. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami ayahku dari Qurrah dari An Nazal bin 'Ammar dari Abu Utsman An Nahdi bahwa dia shalat Maghrib di belakang Ibnu Mas'ud,
-suara merdu
maka Ibnu Mas'ud membaca surat Al Ikhlash "Qul Huwallahu Ahad".
-Imam Abu Daud, nak bagi tau ada khilaf dan kata yang baca panjang itu sudah mansukh jika kita terima sebab boleh habis waktu bila baca surah yang panjang.
-waktu solat magrib sangat pendek, sempatkah baca surah yang panjang itu?
- jadi mansukh yang panjang
-baca pendek atau sedikit dari surah panjang tidak lah mansukh.
-
👉689. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq dari Ibnu Juraij telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Mulaikah
dari 'Urwah bin Zubair dari Marwan bin Al Hakam dia berkata;
-Marwan juga mujtahid .
-hadits baca pendek banyak.
-Marwan tak jawab mungkin sebab jaga adat terhadap orang tua .
-Marwan tidak jahil.
Zaid bin Tsabit berkata kepadaku; "Kenapa anda(Marwan) biasa membaca surat-surat (mutasol) pendek pada saat shalat Maghrib? Padahal aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membaca dua surat panjang dari surat-surat (ter) panjang dalam shalat Maghrib?."
-Nabi saw buat untuk tunjuk contoh.
٢ - الصلاة » ٢٧٧ - القراءة في الفجر
2. Shalat » 277. Bacaan dalam shalat subuh.
٦٩٤ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا عِيسَى يَعْنِي ابْنَ يُونُسَ عَنْ إِسْمَعِيلَ عَنْ أَصْبَغَ مَوْلَى عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ قَالَ كَأَنِّي أَسْمَعُ صَوْتَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْغَدَاةِ فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ الْجَوَارِي الْكُنَّسِ
694. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa Ar Razi telah mengabarkan kepada kami Isa yaitu Ibnu Yunus dari Isma'il dari Asbagh bekas budak 'Amru bin Huraits dari Amru bin Huraits dia berkata; Pada waktu shalat shubuh, seakan-akan aku mendengar suara Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membaca; "FALAA UQSIMU BIL KHUNNAS, AL JAWAARIL KUNNAS."(81:15) (Sebagian bacaan dari surat Attakwir)
Tiada ulasan:
Catat Ulasan