Selasa, April 17, 2018

Jami'tirmizi kitab jihad sesi 18

٢٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٢ -  ما جاء أي الناس خير
22. keutamaan jihad » 1102. Manusia mana yang terbaik

١٥٧٦ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَشَجِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِخَيْرِ النَّاسِ رَجُلٌ مُمْسِكٌ بِعِنَانِ فَرَسِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِالَّذِي يَتْلُوهُ رَجُلٌ مُعْتَزِلٌ فِي غُنَيْمَةٍ لَهُ يُؤَدِّي حَقَّ اللَّهِ فِيهَا أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِشَرِّ النَّاسِ رَجُلٌ يُسْأَلُ بِاللَّهِ وَلَا يُعْطِي بِهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَيُرْوَى هَذَا الْحَدِيثُ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1576. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah dari Bukair bin Abdullah bin Al Asyaj dari Atha bin Yasar dari
Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Maukah aku kabarkan kepada kalian sebaik-baik manusia? Seorang laki-laki yang memegang tali kudanya di jalan Allah. Maukah aku kabarkan kepada kalian orang berikutnya? Seorang laki-laki yang menyepi di tempat pengembalaannya, lalu ia melaksanakan hak-hak Allah. Dan maukah aku kabarkan kepada kalian seburuk-buruk manusia? Seorang laki-laki yang diminta bantuan dengan nama Allah tetapi tidak mau memberi."
Abu Isa berkata,
"Hadits ini derajatnya hasan gharib dari jalur periwayatan ini, dan hadits ini juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan banyak jalur."
👉sama dgn 2 bab terakhir yg kita baca.
Sebaik2 manusia? ْ بِخَيْرِ النَّاسِ(sebut secara mutlak)..ayat yg menggesa orang....supaya manusia terkam cepat kepada kebaikan.
Manusia yg lebih mulia dari nabi saw?
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِشَرِّ النَّاسِ
Ayat tawar,atau mengesa orang agar bersungguh2.
Orang lelaki yg pegang tali kuda bererti atau gambaran dia pecut atau berjihad dijalan allah.
Lepas itu golongan kedua terbaik ialah golongan مُعْتَزِلٌ,
yg bererti orang yg menyendiri-uzlah(mengasingkan diri)
Jabalun ;besar,bukit kecil;jabailun.
Kucing yg besar,hirah,yg kecil hurairah.
Khunam, disini  غُنَيْمَةٍ bukan bermakna kambing yg kecil tetapi jumlahnya beberapa ekor shj.
Kalu cukup bayar zakar,jika tidak ada musafir minta ,wajib bg orang yg lalu.wajib melayani tetamu.
Yg mengasingkan diri ini dipuji oleh nabi saw .
Kesimoulan nya hanya sebagai afdal dan bukan pada semua keadaan.
Uzlah bukan dl semua keadaan.cuma dizaman fitnah.
Orang yg membunuh dan dibunuh,tak tahu kenapa.muzik dimana2.
Dlm keadaan biasa,yg eluk duduk dlm masyarakat.
Zaman berlaku perang saudara,sahabat ada yg uzlah.
Sahabat,siang hari berjuang malam beruzlah..ini sepatutnya pada keadaan biasa...cari ketenangan dan muhasabah diri.
Manusia paling jahat adalah orang mengaku dia tuhan.
Orang yg diminta dgn nama allah tapi dia tak bagi.
Bila sebut nama allah,allah ni sifat ar rahman dan arrahim..sifat belas kasihan.
Biasanya orang tidak berani menipu dgn nama allah.
Minit 36


٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٣ -  ما جاء فيمن سأل الشهادة
22. keutamaan jihad » 1103. Meminta kesyahidan

١٥٧٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَسْكَرٍ الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ كَثِيرٍ الْمِصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ أَنَّهُ سَمِعَ سَهْلَ بْنَ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الشَّهَادَةَ مِنْ قَلْبِهِ صَادِقًا بَلَّغَهُ اللَّهُ مَنَازِلَ الشُّهَدَاءِ وَإِنْ مَاتَ عَلَى فِرَاشِهِ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ شُرَيْحٍ وَقَدْ رَوَاهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ صَالِحٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ شُرَيْحٍ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ يُكْنَى أَبَا شُرَيْحٍ وَهُوَ إِسْكَنْدَرَانِيٌّ وَفِي الْبَاب عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ

1577. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sahl bin Askar Al Baghdadi berkata, telah menceritakan kepada kami Al Qasim bin Katsir Al Mishri berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin Syuraih Bahwasanya ia mendengar
Sahl bin Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif ia menceritakan dari Bapaknya dari Kakeknya dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Barangsiapa yang memohon mati syahid kepada Allah dengan jujur dari dalam hatinya, maka Allah akan memberinya pahala syuhada meskipun ia meninggal di atas kasur."
Abu Isa berkata, "Hadits Sahl bin Hunaif derajatnya hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits 'Abdurrahman bin Syuraih.
Abdullah bin Shalih telah meriwayatkannya dari 'Abdurrahman bin Syuraih.
Dan 'Abdurrahman bin Syuraih berjuluk Abu Syuraih, ia berasal dari Iskadariya. Dalam bab ini juga ada hadits dari Mu'adz bin Jabal."
👉Kejujuran orang memohon mati syahid,allah akan bg.
Kelebihan niat dan kelebihan mati syahid itu sendiri.
Sebab dia mati adalah jelas dan terang,satu kelebihan yg ditunjukan oleh allah.seperti tukang azan.
Kesudahan yg sebenar bergantung kepada taqdir allah.tetapi tadbir mesti diusahakan agar hidup hendaklah sebagainya pejuang agama.
Kecekapan Khalid AlWalid.
Manusia seperti emas dan logam,baik dizaman jahiliyah ,baik juga diwaktu islam.taqdir bg khalid tak mati dimedan perang tapi mati atas tilam.hikmah ,dia diberi pedang allah yg terhunus.jadi pedang allah yg terhunus.kalu dia rebah dimedan perang ,tak eluk lah ,pesimis.
Ini kelebihan niat.

١٥٧٨ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ مُوسَى عَنْ مَالِكِ بْنِ يُخَامِرَ السَّكْسَكِيِّ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْقَتْلَ فِي سَبِيلِهِ صَادِقًا مِنْ قَلْبِهِ أَعْطَاهُ اللَّهُ أَجْرَ الشَّهِيدِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1578. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Rauh bin Ubadah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij dari Sulaiman bin Musa dari Malik bin Yukhamir As Saksaki dari
Mu'adz bin Jabal dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Barangsiapa memohon kepada Allah untuk mati di jalan-Nya, jujur dari dalam hatinya, maka Allah akan memberinya pahala mati syahid." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٤ -  ما جاء في المجاهد والناكح والمكاتب وعون الله إياهم

22. keutamaan jihad » 1104. Mujahid, orang yang ingin menikah, dan budak yang menginginkan merdeka

🍑١٥٧٩ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
ثَلَاثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللَّهِ عَوْنُهُمْ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالْمُكَاتَبُ الَّذِي يُرِيدُ الْأَدَاءَ
وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيدُ الْعَفَافَ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

1579. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits dari Ibnu Ajlan dari Sa'id Al Maqburi dari
Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga golongan yang pasti Allah tolong;
orang yang berjihad di jalan Allah,
budak yang ingin merdeka dari tuannya (dengan tebusan) dan
orang yang ingin menikah agar dirinya terjaga dari dosa." Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan."
👉hak atas allah menolong mereka.ini kena takwil bila hak itu wajib iaitu allah akan tolong.
Jaminan allah akan menolong orang yg  berjihad.
Begitu juga hamba mukatab(ada perjanjian)
Orang yg berniat  berkahwin untuk menjaga kesucian dirinya.
Semua ini ada pertolongan kalu kita sendiri cari jln atau berusaha.kalau niat shj tapi tiada usaha tak boleh.
Adakah hanya 3 ثَلَاثَةٌ ini shj?tidak ini contoh shj.
Contoh,
Nak bayar hutang balik.
Solat tahajud.
Asal benda tu susah ,tapi kita niat nak buat dan berusaha dgn minta tolong dr allah.

٢٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٥ -  ما جاء فيمن يكلم في سبيل الله

22. keutamaan jihad » 1105. Terluka fi sabilillah

١٥٨٠ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ
عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَا يُكْلَمُ أَحَدٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَنْ يُكْلَمُ فِي سَبِيلِهِ إِلَّا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اللَّوْنُ لَوْنُ الدَّمِ
وَالرِّيحُ رِيحُ الْمِسْكِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1580. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad dari Suhail bin Abu Shalih dari Bapaknya dari Abu Hurairah ia berkata, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seseorang terluka di jalan Allah -dan Allah lebih tahu dengan orang yang terluka di jalan Nya-, kecuali pada hari kiamat ia akan datang dengan luka berwarna darah dan berbau kesturi."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih, hadits ini telah diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan banyak jalur."
👉merah alah keoren,warna zat faran.
Kelebihan orang mati syahid.
Amalan orang mati syahid

١٥٨١ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ مُوسَى عَنْ مَالِكِ بْنِ يُخَامِرَ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَاتَلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ فُوَاقَ نَاقَةٍ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ وَمَنْ جُرِحَ جُرْحًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ نُكِبَ نَكْبَةً فَإِنَّهَا تَجِيءُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَغْزَرِ مَا كَانَتْ لَوْنُهَا الزَّعْفَرَانُ وَرِيحُهَا كَالْمِسْكِ هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ

1581. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Rauh bin Ubadah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij dari Sulaiman bin Musa dari Malik bin Yukhamir dari
Mu'adz bin Jabal dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Seorang muslim yang berperang di jalan Allah selama waktu perah
aan susu unta, maka telah wajib baginya masuk surga. Dan barangsiapa terluka di jalan Allah, atau terkena sebuah lemparan maka pada hari kiamat ia akan datang dalam keadaan terluka, warnanya warna za'faran (nama tumbuhan yang berwarna kuning keemasan) dan baunya bau kesturi." Hadits ini derajatnya shahih."
👉 Amalan ini dia ada rupa diakhirat walaupun dia bersifat maknawi.
Amalan orang mati syahid dikekalkan rupanya.
Amalan dia ada idofat dia.amalan ada balasan dia.
Kalu anak tentu ayah.
Kalu dikatakan ayah tentu ada anak.
Mace orang make gaji,kerja ada gaji.
Ada Balasan yg sama dgn amalan yg dibuat.
Jika mati syahid berlecer darah maka balasan dibangkitkan juga berlecer darah....ada dunia sudah dapat kemuliaan...orang dah tahu.

٢٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٦ -  ما جاء في أي الأعمال أفضل

22. keutamaan jihad » 1106. Amalan apa paling baik ?

١٥٨٢ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو
حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ أَوْ أَيُّ الْأَعْمَالِ خَيْرٌ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ قِيلَ ثُمَّ أَيُّ شَيْءٍ قَالَ الْجِهَادُ سَنَامُ الْعَمَلِ
قِيلَ ثُمَّ أَيُّ شَيْءٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ
قَالَ ثُمَّ حَجٌّ مَبْرُورٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ قَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
1582. Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib berkata, telah menceritakan kepada kami Abdah bin Sulaiman dari Muhammad bin Amru berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Salamah dari
Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya, "Amal apa yang paling utama, atau ia mengatakan, "Amal apa yang paling baik?" beliau menjawab:
"Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." Dikatakan, "Lalu apa lagi?" beliau menjawab:
"Jihad, ia adalah puncak sebuah amal." Dikatakan, "Wahai Rasulullah, lalu apa lagi?" beliau menjawab:
"Haji mabrur."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih. Hadits ini telah diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan banyak jalur."
👉Sembelih qurban ,adalah amalan yg paling baik pada 10 zulhijjah.

فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٧ -  ما ذكر أن أبواب الجنة تحت ظلال السيوف

22. keutamaan jihad » 1107. Pintu surga dibawah naungan pedang

١٥٨٣ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ الضُّبَعِيُّ عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ
عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ
قَال سَمِعْتُ أَبِي بِحَضْرَةِ الْعَدُوِّ يَقُولُ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِنَّ أَبْوَابَ الْجَنَّةِ تَحْتَ ظِلَالِ السُّيُوفِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ رَثُّ الْهَيْئَةِ أَأَنْتَ سَمِعْتَ
هَذَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُهُ
قَالَ نَعَمْ فَرَجَعَ إِلَى أَصْحَابِهِ فَقَالَ أَقْرَأُ عَلَيْكُمْ السَّلَامَ
وَكَسَرَ جَفْنَ سَيْفِهِ فَضَرَبَ بِهِ حَتَّى قُتِلَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ جَعْفَرِ بْنِ سُلَيْمَانَ الضُّبَعِيِّ وَأَبُو عِمْرَانَ الْجَوْنِيُّ اسْمُهُ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ حَبِيبٍ
وَأَبُو بَكْرِ ابْنُ أَبِي مُوسَى قَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ هُوَ اسْمُهُ

1583. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Sulaiman Adh Dhuba'i dari Abu Imran Al Jauni dari
Abu Bakr bin Abu Musa Al Asy'ari ia berkata; Aku mendengar
Bapakku berkata di hadapan musuh, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Sesungguhnya pintu-pintu surga berada di bawah naungan pedang."
Lalu ada seorang laki-laki yang buruk keadaannya berkata, "Apakah kamu benar-benar mendengar hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang menyebutnya?"
Bapakku menjawab, "Ya." Laki-laki itu kemudian kembali kepada para sahabatnya dan berkata,
"Aku ucapkan salam (perpisahan) kepada kalian." Kemudian orang itu memecah sarung pedangnya dan berperang hingga terbunuh."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits Ja'far bin Suliman Adh Dhubba'i. Abu Imran Al jauni nama aslinya adalah Abdul Malik bin Habib, dan Abu Bakar adalah Ibnu (anak) Abu Musa. Ahmad bin Hanbal berkata, "Itu adalah nama dia."

٢٢ -  فضائل الجهاد عن رسول الله » ١١٠٨ -  ما جاء أي الناس أفضل

22. keutamaan jihad » 1108. Manusia mana paling utama

١٥٨٤ - حَدَّثَنَا أَبُو عَمَّارٍ
حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ
حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَيُّ النَّاسِ أَفْضَلُ قَالَ رَجُلٌ يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
قَالُوا ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ مُؤْمِنٌ فِي شِعْبٍ مِنْ الشِّعَابِ
يَتَّقِي رَبَّهُ وَيَدَعُ النَّاسَ مِنْ شَرِّهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1584. Telah menceritakan kepada kami Abu Ammar berkata, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim dari Al Auza'i berkata, telah menceritakan kepada kami Az Zuhri dari Atha bin Yazid Al Laitsi dari
Abu Sa'id Al Kahudri ia berkata,
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya, "Manusia mana yang paling utama?" beliau bersabda: "Seorang laki-laki yang berjihad di jalan Allah."
Para sahabat bertanya, "Lalu siapa lagi?" beliau menjawab: "Seorang mukmin yang berada di suatu lembah, ia beribadah kepada Allah dan menjauhi manusia agar terhindar dari keburukannya."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."

Tiada ulasan:

Catat Ulasan