Selasa, November 27, 2018

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 11

Jami' tirmizi kitab pakaian sesi 11

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٦ -  ما جاء في ترقيع الثوب
ب مَا جَاءَ فِي تَرْقِيعِ الثَّوْبِ:

١٧٠٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَرَّاقُ وَأَبُو يَحْيَى الْحِمَّانِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا صَالِحُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَدْتِ اللُّحُوقَ بِي فَلْيَكْفِكِ مِنْ الدُّنْيَا كَزَادِ الرَّاكِبِ وَإِيَّاكِ وَمُجَالَسَةَ الْأَغْنِيَاءِ وَلَا تَسْتَخْلِقِي ثَوْبًا حَتَّى تُرَقِّعِيهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ صَالِحِ بْنِ حَسَّانَ قَالَ و سَمِعْت مُحَمَّدًا يَقُولُ صَالِحُ بْنُ حَسَّانَ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ وَصَالِحُ بْنُ أَبِي حَسَّانَ الَّذِي رَوَى عَنْهُ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ ثِقَةٌ قَالَ أَبُو عِيسَى وَمَعْنَى قَوْلِهِ وَإِيَّاكِ وَمُجَالَسَةَ الْأَغْنِيَاءِ عَلَى نَحْوِ مَا رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ رَأَى مَنْ فُضِّلَ عَلَيْهِ فِي الْخَلْقِ وَالرِّزْقِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْهُ مِمَّنْ فُضِّلَ هُوَ عَلَيْهِ فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لَا يَزْدَرِيَ نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْهِ وَيُرْوَى عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ صَحِبْتُ الْأَغْنِيَاءَ فَلَمْ أَرَ أَحَدًا أَكْبَرَ هَمًّا مِنِّي أَرَى دَابَّةً خَيْرًا مِنْ دَابَّتِي وَثَوْبًا خَيْرًا مِنْ ثَوْبِي وَصَحِبْتُ الْفُقَرَاءَ فَاسْتَرَحْتُ
1702. Telah menceritakan kepadaku Yahya bin Musa, telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Muhammad Al Warraq dan Abu Yahya Al Himmani keduanya berkata, Telah menceritakan kepadaku Shalih bin Hassan dari

Urwah dari 'Aisyah radliallahu 'anha berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadaku: "Jika engkau ingin bersamaku (atau sederajat denganku) di surga, maka ambillah bekal dari dunia seperti bekalnya seorang musafir dan janganlah engkau bergaul dengan orang-orang kaya serta janganlah menganggap bajumu sudah lusuh (robek yaitu tidak layak pakai) sebelum engkau menambalnya." Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits Gharib yang tidak kami ketahui kecuali dari haditnya Shalih bin Hassan. Dan aku mendengar Muhammad berkata, "Shalih bin Hassan seorang munkarul hadits adapun Shalih bin Abi Hassan yang mana Ibnu Abi Dzuaib meriwayatkan darinya ialah seorang yang tsiqqah." Abu Isa berkata; Dan arti dari sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam "Dan janganlah kamu bergaul dengan orang-orang kaya". Ialah sebagaimana dalam riwayatnya Abu Hurairah Rhadliyallahu 'Anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: "Barang siapa yang melihat orang yang dilebihkan darinya dari segi rupa dan rezeki, maka hendaknya dia melihat orang yang lebih kurang darinya atas nikmat yang dilebihkan atasnya (baik dari segi rupa atau rezeki), karena hal itu akan mendorongnya untuk selalu mensyukuri nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepadanya." Diriwayatkan dari 'Aun bin Abdullah berkata; "Aku telah bergaul dengan orang-orang kaya, maka aku tidak melihat ada orang yang lebih memiliki kemauan dari pada aku, bersama mereka aku melihat ada onta yang lebih bagus dari ontaku dan aku melihat baju yang lebih bagus dari bajuku. Lantas aku bergaul dengan para faqir dan hatiku menjadi tenang."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٧ -  دخول النبي صلى الله عليه وسلم مكة
24. Baju » 1187. nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam masuk Makkah

١٧٠٣ - حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ قَالَتْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَلَهُ أَرْبَعُ غَدَائِرَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ قَالَ مُحَمَّدٌ لَا أَعْرِفُ لِمُجَاهِدٍ سَمَاعًا مِنْ أُمِّ هَانِئٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ الْمَكِّيُّ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ قَالَتْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَلَهُ أَرْبَعُ ضَفَائِرَ أَبُو نَجِيحٍ اسْمُهُ يَسَارٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي نَجِيحٍ مَكِّيٌّ

1703. Telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Umar, telah menceritakan kepadaku Sufyan bin Uyainah dari Ibnu Abu Najih dari Mujahid dari

Ummu Hani` ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda masuk Makkah dan beliau memiliki empat rambut yang dikepang."

Abu Isa berkata; Ini merupakah hadits Gharib dan Muhammad berkata, "Aku tidak mengetahui Mujahid memiliki sama' (pernah mendengar) dari Ummu Hani'."

Telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Mahdi, telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Nafi' Al Makki dari
Abu Najih dari
Mujahid dari
Ummu Hani` ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang ke Makkah, dan beliau memiliki empat rambut yang dikepang."

Abu Najih adalah Yasar. Abu Isa berkata; Ini adalah hadits gharib. Sedangkan Abdullah bin Abu Najih adalah Makki.

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٨ -  كيف كان كمام الصحابة
باب كَيْفَ كَانَ كِمَامُ الصَّحَابَةِ؟
24. Baju » 1188. Bagaimana lubang pakaian para sahabat

١٧٠٤ - حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمْرَانَ عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ وَهُوَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُسْرٍ
قَال سَمِعْتُ أَبَا كَبْشَةَ الْأَنْمَارِيَّ يَقُولُ كَانَتْ كِمَامُ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُطْحًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُسْرٍ بَصْرِيٌّ هُوَ ضَعِيفٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ ضَعَّفَهُ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ وَغَيْرُهُ وَبُطْحٌ يَعْنِي وَاسِعَةً

1704. Telah menceritakan kepadaku
Humaid bin Mas'adah, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Humran dari
Abu Sa'id ia adalah
Abdullah bin Busr. Ia berkata, saya mendengar
Abu Kabsyah Al Anmari berkata; "Kopiyah para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah luas (menutupi kepala)."
Abu Isa berkata; Ini adalah hadits Munkar. Abdullah binn Busr adalah seorang yang dla'if menurut para ahli hadits. Yahya bin Sa'id dan yang lainnya juga mendla'ifkannya. Dan Buthhun maknanya adalah waasi'ah (luas).

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٩ -  في مبلغ الإزار
باب في مَبْلَغِ الإِزَارِ:

24. Baju » 1189. Sarung

١٧٠٥ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ
أَبِي إِسْحَقَ عَنْ مُسْلِمِ بْنِ نَذِيرٍ عَنْ
حُذَيْفَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِعَضَلَةِ سَاقِي أَوْ سَاقِهِ فَقَالَ هَذَا مَوْضِعُ الْإِزَارِ فَإِنْ أَبَيْتَ فَأَسْفَلَ فَإِنْ أَبَيْتَ فَلَا حَقَّ لِلْإِزَارِ فِي الْكَعْبَيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ وَشُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ

1705. Telah menceritakan kepadaku
Qutaibah, telah menceritakan kepadaku
Abul Ahwash dari
Abu Ishaq dari
Muslim bin Nadzr dari

Hudzaifah Rhadhiyallaahu 'Anhu berkata; Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam memegang betisku dan bersabda: "Ini adalah batas pakaian, jika engkau tidak mau (ingin menambah panjangnya) maka boleh dibawahnya sedikit, dan jika engkau tidak mau, maka tidak diperbolehkan pakaian melebihi mata kaki."

Abu Isa berkata; "Ini merupakan hadits hasan shahih, Tsauri dan Syu'bah meriwayatkannya dari Abu Ishaq."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٠ -  العمائم على القلانس
باب الْعَمَائِمِ عَلَى الْقَلاَنِسِ:
24. Baju » 1190. Sorban diatas peci

١٧٠٦ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَبِيعَةَ عَنْ
أَبِي الْحَسَنِ الْعَسْقَلَانِيِّ عَنْ
أَبِي جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ رُكَانَةَ عَنْ
أَبِيهِ أَنَّ رُكَانَةَ صَارَعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَصَرَعَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ رُكَانَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُولُ إِنَّ فَرْقَ مَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُشْرِكِينَ الْعَمَائِمُ عَلَى الْقَلَانِسِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَإِسْنَادُهُ لَيْسَ بِالْقَائِمِ وَلَا نَعْرِفُ أَبَا الْحَسَنِ الْعَسْقَلَانِيَّ وَلَا ابْنَ رُكَانَةَ

1706. Telah menceritakan kepadaku
Qutaibah, telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Rabi'ah dari
Abu Hasan Al Asqalani dari

Abu Ja'far bin Muhammad bin Rukanah dari bapaknya bahwasanya;
Rukanah pernah bergulat dengan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengalahkannya.

Rukanah berkata; Aku mendengar Rosulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Perbedaan antara kami dan kaum musyrikin ialah Imamah(serban) di atas peci(songkok)."
Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits gharib dan sanadnya tidaklah kuat dan kami tidak mengetahui
Abul Hasan Al 'Asqalani demikian pula Ibnu Rukanah.

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩١ -  ما جاء في الخاتم الحديد
باب مَا جَاءَ فِي الْخَاتَمِ الْحَدِيدِ:

24. Baju » 1191. Cincin besi

١٧٠٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ
حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ وَأَبُو تُمَيْلَةَ يَحْيَى بْنُ وَاضِحٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ
قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِ
خَاتَمٌ مِنْ حَدِيدٍ فَقَالَ مَا لِي أَرَى عَلَيْكَ حِلْيَةَ أَهْلِ النَّارِ
ثُمَّ جَاءَهُ وَعَلَيْهِ خَاتَمٌ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ مَا لِي أَجِدُ مِنْكَ رِيحَ الْأَصْنَامِ
ثُمَّ أَتَاهُ وَعَلَيْهِ خَاتَمٌ مِنْ ذَهَبٍ
فَقَالَ مَالِي أَرَى عَلَيْكَ حِلْيَةَ أَهْلِ الْجَنَّةِ
قَالَ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ أَتَّخِذُهُ
قَالَ مِنْ وَرِقٍ وَلَا تُتِمَّهُ مِثْقَالًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَفِي الْبَاب عَن
ْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُسْلِمٍ يُكْنَى أَبَا طَيْبَةَ وَهُوَ مَرْوَزِيٌّ

1707. Telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Humaid, telah menceritakan kepadaku Zaid bin Hubab dan
Abu Tsumailah Yahya bin Wadlih dari
Abdullah bin Muslim dari

Abdullah bin Buraidah dari bapaknya, ia berkata;
Seorang lelaki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan memakai cincin dari besi, lantas Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kenapa kamu memakai perhiasan penghuni neraka?"

kemudian laki-laki itu datang lagi dengan memakai cincin dari Shufr(tembaga) maka beliau pun bersabda: "Mengapa aku mendapatkan bau berhala darimu.?" Lalu pada waktu yang lain, laki-laki itu datang dengan memakai cincin emas, maka beliau bersabda:

"Kenapa kamu memakai perhiasannya penduduk surga?" kemudian laki-laki itu bertanya: "Sebaiknya cincin apa yang harus kupakai?" beliau menjawab: "Pakailah cincin perak dan janganlah kamu menyempurnakannya hingga seberat mitsqal."

Abu Isa berkata; Ini adalah hadits gharib.
Di dalam bab tercantum; "Dari Abdullah bin Amr dan Abdullah bin Muslim kuniyahnya adalah
Abu Thaibah, yakni Marwazi."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٢ -  كراهية التختم في أصبعين
باب كَرَاهِيَةِ التَّخَتُّمِ فِي أُصْبُعَيْنِ:

24. Baju » 1192. Bercincin pada dua jari

١٧٠٨ - حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ
عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ
ابْنِ أَبِي مُوسَى
قَال سَمِعْتُ عَلِيًّا
يَقُولُ نَهَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْقَسِّيِّ وَالْمِيثَرَةِ الْحَمْرَاءِ وَأَنْ أَلْبَسَ خَاتَمِي فِي هَذِهِ وَفِي هَذِهِ وَأَشَارَ إِلَى السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَابْنُ أَبِي مُوسَى هُوَ أَبُو بُرْدَةَ بْنُ أَبِي مُوسَى وَاسْمُهُ عَامِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَيْسٍ
1708. Telah menceritakan kepadaku
Ibnu Abu Umar, telah menceritakan kepadaku
Sufyan dari
Ashim bin Kulaib dari

Ibnu Abu Musa ia berkata; Saya mendengar
Ali berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarangku untuk menggunakan Al Qassiy (pakaian yang bahannya bercampur dengan sutera) dan
Al Mitsarah Al Hamra` (kasur-selendang- merah yang terbuat dari kain sutera) serta mengenakan cincin pada jari telunjuk dan jari tengah."

Abu Isa berkata; "Ini adalah hadits hasan shahih. Ibnu Musa adalah Abu Burdah bin Abu Musa, namanya adalah Amir bin Abdullah bin Qais."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٣ -  ما جاء في أحب الثياب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم
باب مَا جَاءَ فِي أَحَبِّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:!
24. Baju » 1193. Pakaian yang paling disukai Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam

١٧٠٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَحَبَّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُهَا الْحِبَرَةُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ
1709. Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepadaku Mu'adz bin Hisyam telah menceritakan kepadaku bapakku dari Qatadah dari
Anas ia berkata; "Pakaian yang paling disukai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah hibarah (pakaian yang berhiaskan katun)."

Abu Isa berkata; Ini adalah hadits hasan shahih gharib.

🎀🎀
٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٦ -  ما جاء في ترقيع الثوب
ب مَا جَاءَ فِي تَرْقِيعِ الثَّوْبِ:
24. Baju » 1186. Menambal pakaian

١٧٠٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَرَّاقُ وَأَبُو يَحْيَى الْحِمَّانِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا صَالِحُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَدْتِ اللُّحُوقَ بِي فَلْيَكْفِكِ مِنْ الدُّنْيَا كَزَادِ الرَّاكِبِ وَإِيَّاكِ وَمُجَالَسَةَ الْأَغْنِيَاءِ وَلَا تَسْتَخْلِقِي ثَوْبًا حَتَّى تُرَقِّعِيهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ صَالِحِ بْنِ حَسَّانَ قَالَ و سَمِعْت مُحَمَّدًا يَقُولُ صَالِحُ بْنُ حَسَّانَ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ وَصَالِحُ بْنُ أَبِي حَسَّانَ الَّذِي رَوَى عَنْهُ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ ثِقَةٌ قَالَ أَبُو عِيسَى وَمَعْنَى قَوْلِهِ وَإِيَّاكِ وَمُجَالَسَةَ الْأَغْنِيَاءِ عَلَى نَحْوِ مَا رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ رَأَى مَنْ فُضِّلَ عَلَيْهِ فِي الْخَلْقِ وَالرِّزْقِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْهُ مِمَّنْ فُضِّلَ هُوَ عَلَيْهِ فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لَا يَزْدَرِيَ نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْهِ وَيُرْوَى عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ صَحِبْتُ الْأَغْنِيَاءَ فَلَمْ أَرَ أَحَدًا أَكْبَرَ هَمًّا مِنِّي أَرَى دَابَّةً خَيْرًا مِنْ دَابَّتِي وَثَوْبًا خَيْرًا مِنْ ثَوْبِي وَصَحِبْتُ الْفُقَرَاءَ فَاسْتَرَحْتُ
1702. Telah menceritakan kepadaku Yahya bin Musa, telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Muhammad Al Warraq dan Abu Yahya Al Himmani keduanya berkata, Telah menceritakan kepadaku Shalih bin Hassan dari

Urwah dari 'Aisyah radliallahu 'anha berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadaku: "Jika engkau ingin bersamaku (atau sederajat denganku) di surga, maka ambillah bekal dari dunia seperti bekalnya seorang musafir dan janganlah engkau bergaul dengan orang-orang kaya serta janganlah menganggap bajumu sudah lusuh (robek yaitu tidak layak pakai) sebelum engkau menambalnya." Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits Gharib yang tidak kami ketahui kecuali dari haditnya Shalih bin Hassan. Dan aku mendengar Muhammad berkata, "Shalih bin Hassan seorang munkarul hadits adapun Shalih bin Abi Hassan yang mana Ibnu Abi Dzuaib meriwayatkan darinya ialah seorang yang tsiqqah." Abu Isa berkata; Dan arti dari sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam "Dan janganlah kamu bergaul dengan orang-orang kaya". Ialah sebagaimana dalam riwayatnya Abu Hurairah Rhadliyallahu 'Anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: "Barang siapa yang melihat orang yang dilebihkan darinya dari segi rupa dan rezeki, maka hendaknya dia melihat orang yang lebih kurang darinya atas nikmat yang dilebihkan atasnya (baik dari segi rupa atau rezeki), karena hal itu akan mendorongnya untuk selalu mensyukuri nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepadanya." Diriwayatkan dari 'Aun bin Abdullah berkata; "Aku telah bergaul dengan orang-orang kaya, maka aku tidak melihat ada orang yang lebih memiliki kemauan dari pada aku, bersama mereka aku melihat ada onta yang lebih bagus dari ontaku dan aku melihat baju yang lebih bagus dari bajuku. Lantas aku bergaul dengan para faqir dan hatiku menjadi tenang."

👉Pesanan
1.Bekalan=jumlah nya sedikit
Bekalan orang yg berkenderaan.bermakna sedikit jumlahnya..
2.duk dgn orang kaya..letih dan penat..
Hati sedih dan gelisah.
Bersahabat dgn orang miskin...akan rasa lebih bernasib baik.
Minit 16
Ini dlm bab dunia.
Ini untuk ketenangan jiwa.

Jgn cepat nak tukar pakaian.
Jgn anggap lusuh sehingga kamu tampal bhg yg rosak.
Ini ada kaitan berpada dgn dunia.
Ibnu Arobi kata,jika carik sikit sudah nak buang ini makna takabur ,berbangga dan memperbanyakan dunia.
Maksud pakaian untuk menutup aurat.cuma jika buruk tak nampak hebat shj.
Umar sewaktu jadi amiril mukminin  ada tampal..sampai 12.
Ahli sufi atau tasauf ..maksud ambil manfaat bukan sengaja jahit  bertampal.

Cara untuk ambil manfaat dr pakaian.
Hadis ni tak kuat.
Dhaif jiddan cuma makna tu tak dak masalah,cuma kita tak bergantung pada hadis ini.
Berpada dgn dunia....

Bab ini tiada tajuk asalnya...
👾

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٧ -  دخول النبي صلى الله عليه وسلم مكة
24. Baju » 1187. nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam masuk Makkah

١٧٠٣ - حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ قَالَتْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَلَهُ أَرْبَعُ غَدَائِرَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ قَالَ مُحَمَّدٌ لَا أَعْرِفُ لِمُجَاهِدٍ سَمَاعًا مِنْ أُمِّ هَانِئٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ الْمَكِّيُّ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ قَالَتْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَلَهُ أَرْبَعُ ضَفَائِرَ أَبُو نَجِيحٍ اسْمُهُ يَسَارٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي نَجِيحٍ مَكِّيٌّ

1703. Telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Umar, telah menceritakan kepadaku Sufyan bin Uyainah dari Ibnu Abu Najih dari Mujahid dari

Ummu Hani` ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda masuk Makkah dan beliau memiliki empat rambut yang dikepang."

Abu Isa berkata; Ini merupakah hadits Gharib dan Muhammad berkata, "Aku tidak mengetahui Mujahid memiliki sama' (pernah mendengar) dari Ummu Hani'."

Telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Mahdi, telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Nafi' Al Makki dari
Abu Najih dari
Mujahid dari
Ummu Hani` ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang ke Makkah, dan beliau memiliki empat rambut yang dikepang."

Abu Najih adalah Yasar. Abu Isa berkata; Ini adalah hadits gharib. Sedangkan Abdullah bin Abu Najih adalah Makki.
👉Nabi jalin rambut supaya tak kena pasir

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٨ -  كيف كان كمام الصحابة
باب كَيْفَ كَانَ كِمَامُ الصَّحَابَةِ؟
24. Baju » 1188. Bagaimana lubang pakaian para sahabat

١٧٠٤ - حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمْرَانَ عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ وَهُوَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُسْرٍ
قَال سَمِعْتُ أَبَا كَبْشَةَ الْأَنْمَارِيَّ يَقُولُ كَانَتْ كِمَامُ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُطْحًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُسْرٍ بَصْرِيٌّ هُوَ ضَعِيفٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ ضَعَّفَهُ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ وَغَيْرُهُ وَبُطْحٌ يَعْنِي وَاسِعَةً

1704. Telah menceritakan kepadaku
Humaid bin Mas'adah, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Humran dari
Abu Sa'id ia adalah
Abdullah bin Busr. Ia berkata, saya mendengar
Abu Kabsyah Al Anmari berkata; "Kopiyah para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah luas (menutupi kepala)."
Abu Isa berkata; Ini adalah hadits Munkar.
Abdullah binn Busr adalah seorang yang dla'if menurut para ahli hadits. Yahya bin Sa'id dan yang lainnya juga mendla'ifkannya. Dan Buthhun maknanya adalah waasi'ah (luas).
👉Pergelangan baju كِمَامُ(mufrad)

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٨٩ -  في مبلغ الإزار
باب في مَبْلَغِ الإِزَارِ:
24. Baju » 1189. Sarung
١٧٠٥ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ
أَبِي إِسْحَقَ عَنْ مُسْلِمِ بْنِ نَذِيرٍ عَنْ
حُذَيْفَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِعَضَلَةِ سَاقِي أَوْ سَاقِهِ فَقَالَ هَذَا مَوْضِعُ الْإِزَارِ فَإِنْ أَبَيْتَ فَأَسْفَلَ فَإِنْ أَبَيْتَ فَلَا حَقَّ لِلْإِزَارِ فِي الْكَعْبَيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ وَشُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ

1705. Telah menceritakan kepadaku
Qutaibah, telah menceritakan kepadaku
Abul Ahwash dari
Abu Ishaq dari
Muslim bin Nadzr dari

Hudzaifah Rhadhiyallaahu 'Anhu berkata; Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam memegang betisku dan bersabda: "Ini adalah batas pakaian, jika engkau tidak mau (ingin menambah panjangnya) maka boleh dibawahnya sedikit, dan jika engkau tidak mau, maka tidak diperbolehkan pakaian melebihi mata kaki."

Abu Isa berkata; "Ini merupakan hadits hasan shahih, Tsauri dan Syu'bah meriwayatkannya dari Abu Ishaq."

👉Hadis ni secara mutlak ,tak boleh labuh

Khuyalaq =melabuhkan kainndgn sombong.


٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٠ -  العمائم على القلانس
باب الْعَمَائِمِ عَلَى الْقَلاَنِسِ:
24. Baju » 1190. Sorban diatas peci

١٧٠٦ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَبِيعَةَ عَنْ
أَبِي الْحَسَنِ الْعَسْقَلَانِيِّ عَنْ
أَبِي جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ رُكَانَةَ عَنْ
أَبِيهِ أَنَّ رُكَانَةَ صَارَعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَصَرَعَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ رُكَانَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُولُ إِنَّ فَرْقَ مَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُشْرِكِينَ الْعَمَائِمُ عَلَى الْقَلَانِسِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَإِسْنَادُهُ لَيْسَ بِالْقَائِمِ وَلَا نَعْرِفُ أَبَا الْحَسَنِ الْعَسْقَلَانِيَّ وَلَا ابْنَ رُكَانَةَ

1706. Telah menceritakan kepadaku
Qutaibah, telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Rabi'ah dari
Abu Hasan Al Asqalani dari

Abu Ja'far bin Muhammad bin Rukanah dari bapaknya bahwasanya;
Rukanah pernah bergulat dengan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengalahkannya.

Rukanah berkata; Aku mendengar Rosulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Perbedaan antara kami dan kaum musyrikin ialah Imamah(serban) di atas peci(songkok)."
Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits gharib dan sanadnya tidaklah kuat dan kami tidak mengetahui
Abul Hasan Al 'Asqalani demikian pula Ibnu Rukanah.
👉Kalah  tiga kali..
Satu pihak bg hadiah tak pa.
Masing2 mempertaruhkan ,ini yg tak boleh.
hadis ini majhul tidak kuat..
Boleh belako...bergantung kepada budaya..
Mesti pakai serban dan kopiyah ,tidak sahih


٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩١ -  ما جاء في الخاتم الحديد
باب مَا جَاءَ فِي الْخَاتَمِ الْحَدِيدِ:
24. Baju » 1191. Cincin besi
١٧٠٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ
حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ وَأَبُو تُمَيْلَةَ يَحْيَى بْنُ وَاضِحٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ
قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِ
خَاتَمٌ مِنْ حَدِيدٍ فَقَالَ مَا لِي أَرَى عَلَيْكَ حِلْيَةَ أَهْلِ النَّارِ
ثُمَّ جَاءَهُ وَعَلَيْهِ خَاتَمٌ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ مَا لِي أَجِدُ مِنْكَ رِيحَ الْأَصْنَامِ
ثُمَّ أَتَاهُ وَعَلَيْهِ خَاتَمٌ مِنْ ذَهَبٍ
فَقَالَ مَالِي أَرَى عَلَيْكَ حِلْيَةَ أَهْلِ الْجَنَّةِ
قَالَ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ أَتَّخِذُهُ
قَالَ مِنْ وَرِقٍ وَلَا تُتِمَّهُ مِثْقَالًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَفِي الْبَاب عَن
ْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُسْلِمٍ يُكْنَى أَبَا طَيْبَةَ وَهُوَ مَرْوَزِيٌّ

1707. Telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Humaid, telah menceritakan kepadaku Zaid bin Hubab dan
Abu Tsumailah Yahya bin Wadlih dari
Abdullah bin Muslim dari

Abdullah bin Buraidah dari bapaknya, ia berkata;
Seorang lelaki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan memakai cincin dari besi, lantas Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kenapa kamu memakai perhiasan penghuni neraka?"

kemudian laki-laki itu datang lagi dengan memakai cincin dari Shufr(tembaga) maka beliau pun bersabda: "Mengapa aku mendapatkan bau berhala darimu.?" Lalu pada waktu yang lain, laki-laki itu datang dengan memakai cincin emas, maka beliau bersabda:

"Kenapa kamu memakai perhiasannya penduduk surga?" kemudian laki-laki itu bertanya: "Sebaiknya cincin apa yang harus kupakai?" beliau menjawab: "Pakailah cincin perak dan janganlah kamu menyempurnakannya hingga seberat mitsqal."

Abu Isa berkata; Ini adalah hadits gharib.
Di dalam bab tercantum; "Dari Abdullah bin Amr dan Abdullah bin Muslim kuniyahnya adalah
Abu Thaibah, yakni Marwazi."

👉Respon nabi saw..
1 Miskol=lebih kurang 4.235gram
Minit 42

Sanad ni ada ,Abdullah bin Muslim,  soduk.tak boleh buat hujjah.

Haram buat cincin perak..tidak sahih.
Begitu juga hadis nabi bergusti dgn abu jahal tidak sahih.



٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٢ -  كراهية التختم في أصبعين
باب كَرَاهِيَةِ التَّخَتُّمِ فِي أُصْبُعَيْنِ:

24. Baju » 1192. Bercincin pada dua jari

١٧٠٨ - حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ
عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ
ابْنِ أَبِي مُوسَى
قَال سَمِعْتُ عَلِيًّا
يَقُولُ نَهَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْقَسِّيِّ وَالْمِيثَرَةِ الْحَمْرَاءِ وَأَنْ أَلْبَسَ خَاتَمِي فِي هَذِهِ وَفِي هَذِهِ وَأَشَارَ إِلَى السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَابْنُ أَبِي مُوسَى هُوَ أَبُو بُرْدَةَ بْنُ أَبِي مُوسَى وَاسْمُهُ عَامِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَيْسٍ
1708. Telah menceritakan kepadaku
Ibnu Abu Umar, telah menceritakan kepadaku
Sufyan dari
Ashim bin Kulaib dari

Ibnu Abu Musa ia berkata; Saya mendengar
Ali berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarangku untuk menggunakan Al Qassiy (pakaian yang bahannya bercampur dengan sutera) dan
Al Mitsarah Al Hamra` (kasur-selendang- merah yang terbuat dari kain sutera) serta mengenakan cincin pada jari telunjuk dan jari tengah."

👉Sebab buat kerja...
👉Nak tunjuk cincin atau nak tunjuk tempat..sebab tu tak leh.jari tengah tak comel..
Untuk perempuan boleh pakai dimana2 jari..cuma tengok uruf.

Abu Isa berkata; "Ini adalah hadits hasan shahih. Ibnu Musa adalah Abu Burdah bin Abu Musa, namanya adalah Amir bin Abdullah bin Qais."

٢٤ -  اللباس عن رسول الله » ١١٩٣ -  ما جاء في أحب الثياب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم
باب مَا جَاءَ فِي أَحَبِّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:!
24. Baju » 1193. Pakaian yang paling disukai Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam

١٧٠٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَحَبَّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُهَا الْحِبَرَةُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ
1709. Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepadaku Mu'adz bin Hisyam telah menceritakan kepadaku bapakku dari Qatadah dari
Anas ia berkata; "Pakaian yang paling disukai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah hibarah (pakaian yang berhiaskan katun)." الْحِبَرَةُ
Abu Isa berkata; Ini adalah hadits hasan shahih gharib.
👉iaitu yg berhias.ada jalur ,ada corak,ada bunga,ada sulaman...seperti batik..pakaian tidak satu warna.
Hibarah الْحِبَرَةُialah:
Sejenis selimut berjalur merah atau hijau
Dibuat dr kain kapas.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan