Rabu, Januari 30, 2019

Sunan abu Daud kitab pusaka sesi 11

GSunan abu Daud kitab pusaka sesi 11
١٣ -  الفرائض » ١٠٨١ -  في الحلف
باب في الْحِلْفِ:
13. Waris » 1081. Penjelasan tentang janji(bab sumpah setia)

٢٥٣٦ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
بِشْرٍ وَابْنُ نُمَيْرٍ وَأَبُو أُسَامَةَ
عَنْ زَكَرِيَّا
عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ
قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَا حِلْفَ فِي الْإِسْلَامِ وَأَيُّمَا حِلْفٍ كَانَ فِي الْجَاهِلِيَّة
ِ لَمْ يَزِدْهُ الْإِسْلَامُ
إِلَّا شِدَّةً
2536. Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah?, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisyr dan Ibnu Numair serta Abu Usamah dari Zakariya dari Sa'd bin Ibrahim dari ayahnya dari Jubair bin Muth'im, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada perjanjian (melakukan hal-hal yang dilarang syariat) dalam Islam, apapun bentuk bentuk perjanjian yang telah dilakukan pada masa jahiliyah (berkenaan dengan hal-hal kebaikan) maka Islam akan mengukuhkan dan menguatkannya(lagi)."

٢٥٣٧ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
عَنْ عَاصِمٍ الْأَحْوَلِ
قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ
حَالَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بَيْنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ فِي دَارِنَا
فَقِيلَ لَهُ أَلَيْسَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَا حِلْفَ فِي الْإِسْلَامِ
فَقَالَ حَالَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بَيْنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ
فِي دَارِنَا مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا
2537. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari 'Ashim Al Ahwal ia berkata; saya mendengar

Anas bin Malik berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempersaudarakan antara orang-orang muhajirin dan anshar di rumah kami. Kemudian dikatakan kepadanya; bukankah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengatakan: "Tidak ada perjanjian dalam Islam?" Kemudian ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempersaudarakan (menjalin ikatan setia)antara orang-orang muhajirin dan anshar di rumah kami. Ia mengucapkannya dua atau tiga kali.

١٣ -  الفرائض » ١٠٨٢ -  في المرأة ترث من دية زوجها
باب في الْمَرْأَةِ تَرِثُ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا:
13. Waris » 1082. Wanita mewarisi dari diat suaminya
(Bab berhubung perempuan menerima pusaka dr diat suaminya)
٢٥٣٨ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ
قَالَ كَانَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يَقُولُ الدِّيَةُ لِلْعَاقِلَةِ
وَلَا تَرِثُ الْمَرْأَةُ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا شَيْئًا
حَتَّى قَالَ لَهُ الضَّحَّاكُ بْنُ سُفْيَانَ
كَتَبَ إِلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنْ أُوَرِّثَ امْرَأَةَ أَشْيَمَ الضِّبَابِيِّ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا
فَرَجَعَ عُمَرُ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بِهَذَا الْحَدِيثِ
عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ
وَقَالَ فِيهِ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ اسْتَعْمَلَهُ عَلَى الْأَعْرَابِ

2538. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Sa'id ia berkata; dahulu Umar bin Al Khathab berkata; diyat adalah untuk 'aqilah ('ashabah serta kerabat dari pihak ayah), dan wanita(isteri) tidak mewarisi sedikitpun dari diyat suaminya, hingga Adh Dhahhak bin Sufyan berkata kepadanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menulis surat kepadaku agar aku memberikan warisan (pusaka)kepada isteri Asyyam Adhdhabbi dari diyat suaminya(assyiat). Kemudian Umar kembali, Ahmad bin Shalih berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq dengan hadits ini dari Ma'mar dari Az Zuhri dari Sa'id, ia berkata; padanya. Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengangkatnya(dhahhak) untuk mengurusi (memungut zakat)orang-orang badui.

باب في الْحِلْفِ:
13. Waris » 1081. Penjelasan tentang janji(bab sumpah setia)
Maksud sumpah setia sekurang2nya dari 2 pihak
Walauun perkataan ini tidak menunjukan ..berlaku semasa jahiliyah الْحِلْفِ alif lam ,maklum semasa jahiliyah.tak kira betulsalah benarkebatilan..sumpah setia untuk sokong menyokong bantu membantu.

Contoh
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
👉Segala puji tertentu bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan mentadbirkan sekalian alam.
-Sura Al-Fatihah, Ayah 2
Segala dtg dr mn?Dari Alif lam.
Segala bentuk puji..mari dr allah belako.
Alif lam istirok.
Ada alif lam yg tak bererti sitirok.menuntut ilmu wajib..ilmu apa?ferdu diatas orang islam?.
Minit 17
Alif lam ...maklum ilmu yg nabi ajar ilmu apa.
Ilmu lain ilmu ferdu kifayah.
Orang arab jahiliyah bersumpah setia,asalkan sekutu dia.
Dan berbagai sumpah setia yg ada seperti nak jadi raja atau jawatan .
Tetapi sumpah setia nak mati sama jika suami mati ,tidak boleh.iaitu sumpah setia yg tak eluk.
Alif lam..
Yg kedua,alif lam ...dua pihak حالفه

2536. Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah?, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisyr dan Ibnu Numair serta Abu Usamah dari Zakariya dari Sa'd bin Ibrahim dari ayahnya dari
👉Jubair bin Muth'im

(Jubair pernah nak ditunangkan dgn Aisyah.
Perjanjian yg baik seperti untuk membantu dan memberi pertolongan dibenarkan dan perjanjian untuk  fitnah2,kezaliman2 dan serangan tidak  dibenarkan.
Ayahnya Muth'im nabi sangat hormat.
Muthi'm pernah nak berbisan dgn nabi)

, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada perjanjian (melakukan hal-hal yang dilarang syariat) dalam Islam, apapun bentuk bentuk perjanjian yang telah dilakukan pada masa jahiliyah (berkenaan dengan hal-hal kebaikan) maka Islam akan mengukuhkan dan menguatkannya(lagi)."

Cerita abdul rahman bin auf

Jenis perjanjian orang yg boleh terima pusaka

١٣ -  الفرائض » ١٠٨٢ -  في المرأة ترث من دية زوجها
باب في الْمَرْأَةِ تَرِثُ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا:
13. Waris » 1082. Wanita mewarisi dari diat suaminya
(Bab berhubung perempuan menerima pusaka dr diat suaminya)
Bayaran disebabkan pembunuhan yg tak sengaja دِيَةِ

٢٥٣٨ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ
قَالَ كَانَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يَقُولُ

👈الدِّيَةُ لِلْعَاقِلَةِ

وَلَا تَرِثُ الْمَرْأَةُ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا شَيْئًا
حَتَّى قَالَ لَهُ الضَّحَّاكُ بْنُ سُفْيَانَ
كَتَبَ إِلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنْ أُوَرِّثَ امْرَأَةَ أَشْيَمَ الضِّبَابِيِّ مِنْ دِيَةِ زَوْجِهَا
فَرَجَعَ عُمَرُ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بِهَذَا الْحَدِيثِ
عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ
وَقَالَ فِيهِ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ اسْتَعْمَلَهُ عَلَى الْأَعْرَابِ

2538. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Sa'id ia berkata; dahulu Umar bin Al Khathab berkata;

👉 diyat adalah untuk 'aqilah ('ashabah serta kerabat dari pihak ayah),

dan wanita(isteri) tidak mewarisi sedikitpun dari diyat suaminya, hingga Adh Dhahhak bin Sufyan berkata kepadanya,
👉Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menulis surat kepadaku agar aku memberikan warisan (pusaka)kepada isteri Asyyam Adhdhabbi dari diyat suaminya(assyiat).
👉Kena ikut  nabi bukan ikut aqal.
Ada perkara pun,sahabat besar (umar)tidak tahubtetapi addahak tahu.
Dahak ni orang yg sangat berani.seorang pahlawan.

Kemudian Umar kembali(tarik balik), Ahmad bin Shalih berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq dengan hadits ini dari Ma'mar dari Az Zuhri dari Sa'id, ia berkata; padanya. Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengangkatnya(dhahhak) untuk mengurusi (memungut zakat)orang-orang badui.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan