Selasa, November 26, 2019

Jami' tirmizi kitab tib sesi 001

Jami' tirmizi kitab perubatan sesi 001

٢٨ -  الطب عن رسول الله » ١٣٥٠ -  ما جاء في الحمية

باب مَا جَاءَ فِي الْحِمْيَةِ:

28. Kedokteran » 1350. Berpantang

١٩٥٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ غَزِيَّةَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَحَبَّ اللَّهُ عَبْدًا حَمَاهُ الدُّنْيَا كَمَا يَظَلُّ أَحَدُكُمْ يَحْمِي سَقِيمَهُ الْمَاءَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ صُهَيْبٍ وَأُمِّ الْمُنْذِرِ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْسَلًا حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَمْرٍو عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَتَادَةُ بْنُ النُّعْمَانِ الظَّفَرِيُّ هُوَ أَخُو أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ لِأُمِّهِ وَمَحْمُودُ بْنُ لَبِيدٍ قَدْ أَدْرَكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَآهُ وَهُوَ غُلَامٌ صَغِيرٌ

1959. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya, telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Muhammad Al Farwi, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Umarah bin Ghaziyyah dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari Qatadah bin An Nu'man bahwasanya; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan melindunginya dari fitnah dunia. Sebagaimana salah seorang dari kalian berteduh untuk melindungi sakitnya dari percikan air." Abu Isa berkata; Hadits semakna juga diriwayatkan dari Shuhaib dan Ummu Al Mundzir. Ini adalah hadits Hasan Gharib. Hadits ini telah diriwayatkan pula dari Mahmud bin Labid, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam secara Mursal. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr, telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Amru bin Abu Amru dan dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam semisalnya. Namun di dalamnya ia tidak menyebutkan; Dari Qatadah bin An Nu'man. Abu Isa berkata; Qatadah bin An Nu'man Azh Zhafari adalah saudaranya Sa'id Al Khudri dari jalur ibunya. Sedangkan Mahmud bin Labid mendapati Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan sempat melihatnya, yang pada saat itu ia masih anak-anak.

١٩٦٠ - حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدُّورِيُّ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ التَّيْمِيِّ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَعَهُ عَلِيٌّ وَلَنَا دَوَالٍ مُعَلَّقَةٌ قَالَتْ فَجَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ وَعَلِيٌّ مَعَهُ يَأْكُلُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَلِيٍّ مَهْ مَهْ يَا عَلِيُّ فَإِنَّكَ نَاقِهٌ قَالَ فَجَلَسَ عَلِيٌّ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ قَالَتْ فَجَعَلْتُ لَهُمْ سِلْقًا وَشَعِيرًا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَلِيُّ مِنْ هَذَا فَأَصِبْ فَإِنَّهُ أَوْفَقُ لَكَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ فُلَيْحٍ وَيُرْوَى عَنْ فُلَيْحٍ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ وَأَبُو دَاوُدَ قَالَا حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ الْأَنْصَارِيَّةِ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ نَحْوَ حَدِيثِ يُونُسَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ فُلَيْحِ بْنِ سُلَيْمَانَ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ أَنْفَعُ لَكَ وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ فِي حَدِيثِهِ وَحَدَّثَنِيهِ أَيُّوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ هَذَا حَدِيثٌ جَيِّدٌ غَرِيبٌ

1960. Telah menceritakan kepada kami Abbas bin Muhammad Ad Duri, telah menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman dari Utsman bin Abdurrahman At Taimi dari Ya'qub bin Abu Ya'qub dari Ummu Al Mundzir ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah menemuiki dan pada saat itu beliau bersama Ali. Ketika itu, kami memiliki ember-ember yang tergantung. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam makan dan Ali pun ikut makan. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada Ali: "Wahai Ali, mah..mah.., sesungguhnya kamu adalah seorang yang paham." Maka Ali pun duduk sedangkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam makan. Lalau aku membikinkan As Silq (sejenis ubi) dan gandum bagi mereka. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ali, mulailah dari sini, karena ia lebih pas untukmu." Abu Isa berkata; Ini adalah hadits hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari haditsnya Fulaih. Dan diriwayatkan pula dari Fulaih dari Ayyub bin Abdurrahman Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Abu Amir dari Abu Dawud keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman dari Ayyub bin Abdurrahman dari Ya'qub bin Abu Ya'qub dari Ummu Al Mundzir Al Anshariyah ia berkata; Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menemui kami. Maka ia pun menyebutkan hadits seperti haditsnya Yunus bin Muhammad bin Fulaih bin Sulaiman, hanya saja ia menyebutkan, "Ia lebih bermanfaat untukmu." Muhammad bin Basysyar berkata di dalam haditsnya; Dan telah menceritakan kepadaku Ayyub bin Abdurrahman. Hadits ini adalah hadits jayyid gharib.

٢٨ -  الطب عن رسول الله » ١٣٥١ -  ما جاء في الدواء والحث عليه
باب مَا جَاءَ فِي الدَّوَاءِ وَالْحَثِّ عَلَيْهِ:
28. Kedokteran » 1351. Obat dan motivasi

١٩٦١ - حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ قَالَ قَالَتْ الْأَعْرَابُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا نَتَدَاوَى قَالَ نَعَمْ يَا عِبَادَ اللَّهِ تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً أَوْ قَالَ دَوَاءً إِلَّا دَاءً وَاحِدًا قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُوَ قَالَ الْهَرَمُ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي خُزَامَةَ عَنْ أَبِيهِ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1961. Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Mu'adz Al 'Aqadi, telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah dari Ziyad bin Ilaqah dari Usamah bin Syarik ia berkata; Para orang Arab baduwi berkata, "Wahai Rasulullah, Tidakkah kami ini harus berobat (jika sakit)?" Beliau menjawab: "Iya wahai sekalian hamba Allah, Berobatlah sesungguhnya Allah tidak menciptakan suatu penyakit melainkan menciptakan juga obat untuknya kecuali satu penyakit." Mereka bertanya, "Penyakit apakah itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Yaitu penyakit tua (pikun)." Abu Isa berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, Abu Hurairah, Abu Khuzaimah dari bapaknya dan Ibnu Abbas. Dan ini merupakan hadits hasan shahih.

Minit 5

Jami' tirmizi kitab perubatan sesi 001

٢٨ -  الطب عن رسول الله » ١٣٥٠ -  ما جاء في الحمية

باب مَا جَاءَ فِي الْحِمْيَةِ:
Minit 10
-kitab الطب yg bermakna perubatan.
-abwakbutib bermakna hadis2  yg berkenaan dengan perubatan yg diriwayatkan dari nabi saw.
-kitab mengenai tib الطب yg diriwayatkan dari nabi saw
-imam tirmizi kata abbuat (bab2)bukan kitab.
- kemudian bila kata anrasulillah maka dlm perkara ini,dia tidak sebut hadis2 maukuf.makna bila dia kata yg diriwayatkan dari nabi saw makna semua ini kira2nya adalah hadis marfuk ,hadis yg diangkat kepada nabi saw.maka ini bererti tidak ada maukuf.tidak sebut kata2 sahabat.tidak macam kitab lain terutama muwatop dia ada hadis maukuf iaitu kata2 sahabat.
-jadi bahagian perubatan ini diantara bahagian yg sentiasa disebut oleh ulamak yg menulis tentang hadis nabi saw iaitu mereka mengkhususkan riwayat2 yg sabit daripada nabi saw berhubung dengan berubat ,jenis2 ubat,apa yg dimakan oleh orang sakit dan cara berubat .semua ini ada diriwayatkan dr nabi saw.cuma secara spesifik tiada.
Minit 12.
Abwa butib ini ada juga dlm bukhari,muslim dan abu daud.
Dalam tirmizi ini ada banyak bab juga.
Ada 33bab berhubung dgn tib ini.
Bila diperhatian terdapat sedikit perbezaan  dengan ulamak yg kemudian seperti Sayuti,Ibnu Qayim satu tajuk yg khusus dlm Zadul maad.Bukan sebagai attibunanawi perubatan nabi.
Tetapi kalu kita tengok dlm kitab hadis tidak dikhususkan tib ini sebagai juzuk yg berasingan cuma salah satu daripada  juzuk bersama kitab bul iman,kitab bultaharah,kitab manaqit kitabul fitan.kalu kita tengok dlm bukhari termasuk dlm abu daud  dia sebut kitabutib sahaja.
Minit 14.
Tetapi penulis kemudian ni dia tulis tibulnabawi.makna dia nisbah perubatan nabi.makana cara ulamak terdahulu dengan ulamak kemudian dlm menulis hadis2 perubatan.
Minit 15

Minit 15
Tib yg disandar kpd nabi
Dehlawi,imam waliyullah
Apa yg nabi sampaikan risalah dan baginda sebagai rasul.
Wahyu allah taala nak tunjuk hukum hakam ugama.
Satu lagi bukan sebagai rasul..kamu lebih tahu tentang urusan dunia mu.
Ikut Imam waliyullah ,tib ini bahagian yg ke2.
Itu sbg tajribah.
Yusuf qardawi cenderung kepada yg ini.
Dos nabi tak sebut.
Jadi nak sandar kepada nabi tak tepat.
Cuma hadis tentang perubatan dan disandar kepada nabi.
Ini bukan hukum syarak.
Madu penawar segala penyakit.
Harbatusaudak
Tak ikut tidak melemahkan imam.
Mengikut pengalaman dia atau masyarakat yg ada semasa dia.
Minit 22

Tak nafi yg nak buat yg terbaik,cuma  terikat atau tidak.

Penyakit ada 2:1.tunggal 2.beberapa jenis.
Ubat pun 1.tunggal 2.bercampur dgn bhn lain.
Kena ada nisbah.
Satu bhn ubat boleh terus guna?

Minit 26

Minit 26
Murakap (campur)..ubat campur

Perkara ke 3
Perubatan berdasarkan ujikaji dan pengalaman ..ada moden dan lama.
Tib nabawi lebih berkenaan oencapaian yg ada dizaman nabi.
Begitu juga bila belajar hadis tib maka boleh buat berubat ore selalu..setengahnyan tiada latar belakang sains ..selalu baca tib ibnu qayyim walaupun biasa ore pondok tak suka kitab ibnu qayim.jadi berubat hanya berdasar hadis yg dia tahu dlm kitab, kira jadi doktor hanya sebab bc kitab tib ibnu qayyim.hadis ibnu majah..
Siapa2 yg cuba nak berubat ore dlm keadaan dia tidak diketahui pandai dlm perubatan,dia kena tanggung atau jamin ganti rugi jika ada apa2.
Bc kitab tib nabawi,terus beri preskresi..sedangkan riwayat2 mengenai tib ini ringkas.
Ibnu qayim bawa hadis ,kemudian dia jelaskan nukilan2 drp orang arab berkenaan dengan kelbihan halua contoh..itu huraian dia bukan dari nabi yg berdasarkan ulamak lain seperti arrazi dll.bukan dari nabi.
Sebab tu tidak boleh memandai jadi doktor semata2 baca hadis2 tib.
Sakit kena tahu tentangnya.
Minit 32
Habatusaudak ,ibnunqayim bilang berapa butir jah!untuk jadi ubat.
Bila berhadapan dengan hadis tib kena tahu cara nak guna tib.
Homeopati...itu kerja doktor bukan semata2 hadis nabi.
Contoh madu ubat penyakit...bertambah penyakitnya bgmn!
Hadis2 tak sebut cara2 nak makan..
Nabi sebut secara tajribah..maklum kepada ore2 waktu itu.
Dlm satu qabilah ada seorang ahli perubatan,,mereka boleh rujuk setelah nabi kata begitu,perincian bolehlah pergi tsnya yg ahli tu.
Seperti ubat duk ada dirumah..seperti halia dll
Secara jelas atau tafsili tiada dlm riwayat tib ini.
Sebab itu tidak boleh amal perubatan hanya berdasarkan hadis2 tib.
Minit 40
Doa dan ruqiyah..ubat/tib rohani..minta sembut

Bab mengenai berpantang.
Nabi tak bg ali makan rutab.
Penting ,nabi sekat.
Ada 3 asas utama berdasar quran menurut ibnu qayim
1.jaga kesihatan
2.berpantang
3.membuang sesuatu yg tidak baik .

1.jaga kesihatan
Tutup makan.
Tiup makan.
Sebut orang puasa boleh berbuka bg orang sakit..usul kesihatan.
Begitu orang musafir
Minit 48

Makan secara sederhana.

2.berpantang
Perkara kedua jaga kesihatan adalah berpantang.
Pantang ini juga penting.
Nabi suruh Ali berpantang.
Quran sebut .,ayat tentang wuduk ,kamu bermusafir atau sakit bertayamun ini isyarat berpantang.
Musafir pecah kepala,bermimpi,mandi,mati,nabi marah,
Ubat orang jahil adalah bertanya.

Minit 54
-terapi air?
Usul ke3.buang yg bahaya dlm tubuh kita.
Asal ayat mengenai haji...byk kutu ,kena buang gangguan.
-sembelit...
-buang benda rosak..berbekam...
-penting jaga orang yg baru pulih dari sakit
-hadis ni tak kuat,pulih biin sulaiman

28. Kedokteran » 1350. Berpantang

١٩٥٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ غَزِيَّةَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَحَبَّ اللَّهُ عَبْدًا حَمَاهُ الدُّنْيَا كَمَا يَظَلُّ أَحَدُكُمْ يَحْمِي سَقِيمَهُ الْمَاءَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ صُهَيْبٍ وَأُمِّ الْمُنْذِرِ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْسَلًا حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَمْرٍو عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَتَادَةُ بْنُ النُّعْمَانِ الظَّفَرِيُّ هُوَ أَخُو أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ لِأُمِّهِ وَمَحْمُودُ بْنُ لَبِيدٍ قَدْ أَدْرَكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَآهُ وَهُوَ غُلَامٌ صَغِيرٌ

1959. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya, telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Muhammad Al Farwi, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Umarah bin Ghaziyyah dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari
👉Qatadah bin An Nu'man bahwasanya; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan melindunginya dari [fitnah] dunia. Sebagaimana salah seorang dari kalian berteduh untuk melindungi sakitnya dari percikan air." Abu Isa berkata; Hadits semakna juga diriwayatkan dari Shuhaib dan Ummu Al Mundzir. Ini adalah hadits Hasan Gharib. Hadits ini telah diriwayatkan pula dari Mahmud bin Labid, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam secara Mursal. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr, telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Amru bin Abu Amru dan dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam semisalnya. Namun di dalamnya ia tidak menyebutkan; Dari Qatadah bin An Nu'man. Abu Isa berkata; Qatadah bin An Nu'man Azh Zhafari adalah saudaranya Sa'id Al Khudri dari jalur ibunya. Sedangkan Mahmud bin Labid mendapati Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan sempat melihatnya, yang pada saat itu ia masih anak-anak.

١٩٦٠ - حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدُّورِيُّ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ التَّيْمِيِّ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَعَهُ عَلِيٌّ وَلَنَا دَوَالٍ مُعَلَّقَةٌ قَالَتْ فَجَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ وَعَلِيٌّ مَعَهُ يَأْكُلُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَلِيٍّ مَهْ مَهْ يَا عَلِيُّ فَإِنَّكَ نَاقِهٌ قَالَ فَجَلَسَ عَلِيٌّ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ قَالَتْ فَجَعَلْتُ لَهُمْ سِلْقًا وَشَعِيرًا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَلِيُّ مِنْ هَذَا فَأَصِبْ فَإِنَّهُ أَوْفَقُ لَكَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ فُلَيْحٍ وَيُرْوَى عَنْ فُلَيْحٍ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ وَأَبُو دَاوُدَ قَالَا حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ الْأَنْصَارِيَّةِ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ نَحْوَ حَدِيثِ يُونُسَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ فُلَيْحِ بْنِ سُلَيْمَانَ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ أَنْفَعُ لَكَ وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ فِي حَدِيثِهِ وَحَدَّثَنِيهِ أَيُّوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ هَذَا حَدِيثٌ جَيِّدٌ غَرِيبٌ

1960. Telah menceritakan kepada kami Abbas bin Muhammad Ad Duri, telah menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman dari Utsman bin Abdurrahman At Taimi dari Ya'qub bin Abu Ya'qub dari
👉Ummu Al Mundzir ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah menemuiki dan pada saat itu beliau bersama Ali. Ketika itu, kami memiliki ember-ember yang tergantung. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam makan dan Ali pun ikut makan. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada Ali: "Wahai Ali, mah..mah..(berhentilah), sesungguhnya kamu adalah seorang yang paham." Maka Ali pun duduk sedangkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam makan. Lalau aku membikinkan As Silqun (sejenis ubi) dan gandum bagi mereka. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ali, mulailah(makanlah) dari sini(ini), karena ia lebih pas(baik) untukmu." Abu Isa berkata; Ini adalah hadits hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari haditsnya Fulaih. Dan diriwayatkan pula dari Fulaih dari Ayyub bin Abdurrahman Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Abu Amir dari Abu Dawud keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman dari Ayyub bin Abdurrahman dari Ya'qub bin Abu Ya'qub dari Ummu Al Mundzir Al Anshariyah ia berkata; Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menemui kami. Maka ia pun menyebutkan hadits seperti haditsnya Yunus bin Muhammad bin Fulaih bin Sulaiman, hanya saja ia menyebutkan, "Ia lebih bermanfaat untukmu." Muhammad bin Basysyar berkata di dalam haditsnya; Dan telah menceritakan kepadaku Ayyub bin Abdurrahman. Hadits ini adalah hadits jayyid gharib.

-ini bab berhubung dengan ubat dan galakan berubat

٢٨ -  الطب عن رسول الله » ١٣٥١ -  ما جاء في الدواء والحث عليه
باب مَا جَاءَ فِي الدَّوَاءِ وَالْحَثِّ عَلَيْهِ:
28. Kedokteran » 1351. Obat dan motivasi

١٩٦١ - حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ قَالَ قَالَتْ الْأَعْرَابُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا نَتَدَاوَى قَالَ نَعَمْ يَا عِبَادَ اللَّهِ تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً أَوْ قَالَ دَوَاءً إِلَّا دَاءً وَاحِدًا قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُوَ قَالَ الْهَرَمُ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي خُزَامَةَ عَنْ أَبِيهِ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

1961. Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Mu'adz Al 'Aqadi, telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah dari Ziyad bin Ilaqah dari
👉Usamah bin Syarik ia berkata; Para orang Arab baduwi berkata, "Wahai Rasulullah, Tidakkah kami ini harus berobat (jika sakit)?" Beliau menjawab: "Iya wahai sekalian hamba Allah, Berobatlah sesungguhnya Allah tidak menciptakan suatu penyakit melainkan menciptakan juga obat untuknya kecuali satu penyakit." Mereka bertanya, "Penyakit apakah itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Yaitu penyakit tua (pikun)." Abu Isa berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, Abu Hurairah, Abu Khuzaimah dari bapaknya dan Ibnu Abbas. Dan ini merupakan hadits hasan shahih.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan