Sabtu, November 16, 2019

Sahih bukhari kitab iman sesi 79@38.

Sahih bukhari kitab iman sesi 79@38

Sesi 38
٢ -  الإيمان » ٣٩ -  أداء الخمس من الإيمان
باب أَدَاءُ الْخُمُسِ مِنَ الإِيمَانِ:

2. Iman » 39. Menunaikan pembagian seperlima bagian ghanimah merupakan bagian dari iman

٥١ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ كُنْتُ أَقْعُدُ مَعَ ابْنِ عَبَّاسٍ يُجْلِسُنِي عَلَى سَرِيرِهِ فَقَالَ أَقِمْ عِنْدِي حَتَّى أَجْعَلَ لَكَ سَهْمًا مِنْ مَالِي فَأَقَمْتُ مَعَهُ شَهْرَيْنِ ثُمَّ قَالَ إِنَّ وَفْدَ عَبْدِ الْقَيْسِ لَمَّا أَتَوْا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ الْقَوْمُ أَوْ مَنْ الْوَفْدُ قَالُوا رَبِيعَةُ قَالَ مَرْحَبًا بِالْقَوْمِ أَوْ بِالْوَفْدِ غَيْرَ خَزَايَا وَلَا نَدَامَى فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا لَا نَسْتَطِيعُ أَنْ نَأْتِيكَ إِلَّا فِي الشَّهْرِ الْحَرَامِ وَبَيْنَنَا وَبَيْنَكَ هَذَا الْحَيُّ مِنْ كُفَّارِ مُضَرَ فَمُرْنَا بِأَمْرٍ فَصْلٍ نُخْبِرْ بِهِ مَنْ وَرَاءَنَا وَنَدْخُلْ بِهِ الْجَنَّةَ وَسَأَلُوهُ عَنْ الْأَشْرِبَةِ فَأَمَرَهُمْ بِأَرْبَعٍ وَنَهَاهُمْ عَنْ أَرْبَعٍ أَمَرَهُمْ بِالْإِيمَانِ بِاللَّهِ وَحْدَهُ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْإِيمَانُ بِاللَّهِ وَحْدَهُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءُ الزَّكَاةِ وَصِيَامُ رَمَضَانَ وَأَنْ تُعْطُوا مِنْ الْمَغْنَمِ الْخُمُسَ وَنَهَاهُمْ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ الْحَنْتَمِ وَالدُّبَّاءِ وَالنَّقِيرِ وَالْمُزَفَّتِ وَرُبَّمَا قَالَ الْمُقَيَّرِ وَقَالَ احْفَظُوهُنَّ وَأَخْبِرُوا بِهِنَّ مَنْ وَرَاءَكُمْ

51. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Ja'di berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Abu Jamrah berkata: aku pernah duduk bersama Ibnu 'Abbas saat dia mempersilahkan aku duduk di permadaninya lalu berkata: "Tinggallah bersamaku hingga aku memberimu bagian dari hartaku". Maka aku tinggal mendampingi dia selama dua bulan, lalu berkata: Ketika utusan Abu Qais datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Beliau bertanya kepada mereka: "Kaum manakah ini atau utusan siapakah ini? Mereka menjawab: "Rabi'ah!" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "selamat datang wahai para utusan dengan sukarela dan tanpa menyesal". para utusan itu berkata: "ya Rasulullah, kami tidak dapat mendatangimu kecuali di bulan suci, karena antara kami dan engkau ada suku Mudlor yang kafir. Oleh karena itu ajarkanlah kami dengan satu pelajaran yang jelas yang dapat kami amalkan dan dapat kami ajarkan kepada orang-orang di kampung kami, yang dengan begitu kami dapat masuk surga." kemudian mereka bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang minuman, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan mereka dengan empat hal dan melarang dari empat hal, memerintahkan mereka untuk beriman kepada Allah satu-satunya, kemudian bertanya: "Tahukah kalian apa arti beriman kepada Allah satu-satunya?" Mereka menjawab: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui." Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan: Persaksian tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramadlan dan mengeluarkan seperlima dari harta rampasan perang". Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang mereka dari empat perkara, yaitu janganlah kalian meminum sesuatu dari al hantam, ad Dubbaa`, an naqir dan al Muzaffaat. Atau Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyebut muqoyyir (bukan naqir). Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "jagalah semuanya dan beritahukanlah kepada orang-orang di kampung kalian".

Menunaikan Khumus(pembagian seperlima bagian ghanimah) merupakan bagian dari iman

-jika pergi perang tapi ambil ke5lima bhg maka ini adalah haram bg nya.
-seperlima dari hasil usaha=khumus
-ghanimah/khumus adalah halal dan baik boleh bg keberkatan pula.
-untuk kepentingan islam=untuk allah dan rasul
-Bg syiah menggunakan istilah yg sama,diberi kpd iman atau naib iman.tapibukan dari peperangan .
-dlm kitab hadis syiah,khumus apa2 harta yg diambil dr orang sunnah atau disebut nawasit(istilahorang sunnah)
-bg syiah ,ahli  sunnah lebih dari kafir harbi.10muharam boleh bunuh orang sunnah
-dipakistan,suka tengok rakyat dibunuh.yg minoriti yg naik jadi pemimpin.
-khumus adalah harta rampasan perang
-faith adalah harta rampasan perang.
-khumus hanya dari harta rampasan perang shj.
-bg khumus sebhg dr iman.satu juzuk daripada beberapa iman.
-mim ibtidaiyah..kerana ada iman

Iman zahabi,pakar hadis.
Iman bukhari ambil hadis dari Ali bin al ja'di ,yg dari gurunya syu'bah.
-syu'bah amilmukminin dlm hadis.
-abu jamrah disuruh duduk atas katil.abu jamrah pandai bahasa parsi.jurubahasaibnu abbas.
Ore yg reti bhs ada kelebihan.
Kitab bul il peranan /kerja dia ada menterjemah kpd ibnu abbas.

Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Ja'di berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Abu Jamrah berkata: aku pernah duduk bersama Ibnu 'Abbas saat dia mempersilahkan aku duduk di permadaninya lalu berkata: "Tinggallah bersamaku hingga aku memberimu bagian dari hartaku".

- ini dalil ,ajar hadis boleh ambil/upah
-ibnu umar cerai bini dlm haid
-cucu aku ini syayid

-Shabat tidak boleh dibuat sesuka hati.
-orang yg ngudoh sahabat adalah orang syiah.
-saya tidak tak suka kalu muawiyah disiksa.ini kata2 orang syiah,atau kata muawiyah gila kuasa dan anak lantik anak dia jadi khalifah.
-iman ahmad bpesan kepada anak dia supaya jgn p belajar.

Maka aku tinggal mendampingi dia selama dua bulan, lalu berkata: Ketika utusan Abu Qais datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Beliau bertanya kepada mereka: "Kaum manakah ini atau utusan siapakah ini? Mereka menjawab: "Rabi'ah!" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "selamat datang wahai para utusan dengan sukarela dan tanpa menyesal".

-nabi mengalu2kan kedtgan mereka,ini satu kelebihan.

para utusan itu berkata: "ya Rasulullah, kami tidak dapat mendatangimu kecuali di bulan suci, karena antara kami dan engkau ada suku Mudlor yang kafir. Oleh karena itu ajarkanlah kami dengan satu pelajaran yang jelas yang dapat kami amalkan dan dapat kami ajarkan kepada orang-orang di kampung kami, yang dengan begitu kami dapat masuk surga."

-puak mudhor ni sangat jaga bulan rejab
-bulan yg terletak antara bulan jamadal awal
-suruh 4 n larang 4

1.beriman.?apa itu rasul tanya
Mengucap bhw tiada tuhan melainkan allah dan muhamad itu pesuruh allah
2.mendirikan solat
3.berpuasa dibulan ramadan
4.menunaikan hajji
5.menunaikan khumus
Tapi kenapa nabi kata 4?
Sebut ngucap  tu hanya syarat macam bismillah  pada alfatihah sebagai tabaruk.hok sebenar nya 4 shj.

kemudian mereka bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang minuman, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan mereka dengan empat hal dan melarang dari empat hal, memerintahkan mereka untuk beriman kepada Allah satu-satunya, kemudian bertanya: "Tahukah kalian apa arti beriman kepada Allah satu-satunya?" Mereka menjawab: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui." Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan: Persaksian tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramadlan dan mengeluarkan seperlima dari harta rampasan perang". Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang mereka dari empat perkara, yaitu janganlah kalian meminum sesuatu dari al hantam(tempayan2 hijau), ad Dubbaa(bekas dr labu yg dikering)`, an naqir(pangkal pokoko kurma )dan al Muzaffaat.(bekas yg dilumur tar untuk membuat arak) Atau Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyebut muqoyyir (bukan naqir). Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "jagalah semuanya dan beritahukanlah kepada orang-orang di kampung kalian".
-dikenali hadis abdul qais
-hadis SYAR=perawi2 dia adalah perawi hadis sahih tetapi dia berseorang dlm meriwayatkanya tetapi perawi2 lain tidak bersama dgn nya.jadi ia adalah hadis dhoif.
-hadis syar tidak mahfuz.
-bukan bererti hanya yg ada dlm bekas ini yg diharamkan yg lain pun diharamkan juga.

Was2,kena langgar
Syubhat kena beringat.

Minit 13

باب أَدَاءُ الْخُمُسِ مِنَ الإِيمَانِ:

Menunaikan khumus merupakan bagian dari iman.
Jika dibaca khams adalah 5.5 itu apa?5 rukun Islam,haji tiada sebut.agak jauh..
Jadi khumus disini adalah ghanimah.
Dan menunaikannya sebhg dari iman.
Apa tujuan imam bukhari buat tajuk ini?
Min tabiyah sebahagian.
Min ibtidaiyah(punca/hasil) adalah hasil
Kena ambil kira citarasa imam bukhari..min tabiiyah.
Iman itu murokap(banyak-terbentuk dari beberapa,bukan pelengkap).iman bukhari tidak seperti abu hanifah.
Iman itu basit(hakikatnya satu-percaya kepada Allah,yg lain pelengkap iman).faham abu hanifah.
Jadi min ini sebahagian.
Perbuatan itu iman juga
Dalam hati pun buat juga.
Ucapan juga buat ,perbuatan lidah.
Murjiah kata perbuatan tidak penting.
Khumus bukan biasa bila ada perang sahaja namun ada kaitan dengan iman.bila ingat dan buat ikut perintah Allah adalah sebahagian dari iman.jangan ingat iman hanya dalam hati.iman tidak terlepas samada jarang2 jumpa atau selalu jumpa.
Corak ayat seperti ikut jenazah sebahagian dari iman.hakikat selepas ikut jenazah.itulah kesesuaian nya  dgn tajuk itu.cukup seni.jalinan yg cukup cantik.kesenian imam bukhari dlm menyusun bab2.
Cara susun kitab yg perlu diperhatikan.

Minit 49

Tiada ulasan:

Catat Ulasan