Khamis, Januari 30, 2020

Sunan abu daud kitab haji sesi 17(2020)

Sunan abu daud kitab haji sesi 17(2020)

٥ -  المناسك » ٥٨٤ -  متى يقطع التلبية

5. Manasik » 584. Kapan selesai waktu untuk membaca talbiyah

١٥٤٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبَّى حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ الْعَقَبَةِ

1549. Telah menceritakan kepada Kami 
Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Waki' telah menceritakan kepada Kami Ibnu Juraij dari 'Atha` dari Ibnu Abbas dari
Al Fadhl bin Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah hingga melempar jumrah 'aqabah. 
👉sebelum melontar atau setelah habis melontar?
Pendapat pertama
Ada yg kata sebelum.jumhur
Ada yg kata habis.pendapat ahmad
Yang ramai atau kebanyakan kata sebelum.
Muhrim=orang yg berihram
Pendapat Ke2,Ada yg kata berhenti bila nak masuk tanah haram ..mazhab ibnu umar.
,ada yg kata nak keluar dr mekah ke arafah ulang talbiyah semula
Pendapat ke3
Bila gelincir matahari pada hari arafah..

١٥٥٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ غَدَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ مِنًى إِلَى عَرَفَاتٍ 
مِنَّا الْمُلَبِّي وَمِنَّا الْمُكَبِّرُ

1550. Telah menceritakan kepada Kami 
Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Numair, telah menceritakan kepada Kami Yahya bin Sa'id dari 
Abdullah bin Abu Salamah dari 
Abdullah bin Abdullah bin Umar dari ayahnya, ia berkata; Kami pergi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari Mina menuju 'Arafah, diantara Kami ada yang bertalbiyah dan diantara Kami ada yang bertakbir. 
👉Anak abdullah bin umar juga nama abdullah.
Nabi bertalbiyah hingga kearafah ini menolak yg kata berhenti pada waktu fajar arafah ,bermakna diterus kan lagi selepas fajar.

٥ -  المناسك » ٥٨٥ -  متى يقطع المعتمر التلبية
5. Manasik » 585. Kapan orang yang umrah selesai dari mambaca talbiyah

١٥٥١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُلَبِّي الْمُعْتَمِرُ حَتَّى يَسْتَلِمَ الْحَجَرَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ وَهَمَّامٌ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ مَوْقُوفًا

1551. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad telah menceritakan kepada Kami Husyaim dari 
Ibnu Abu Laila dari 
'Atho` dari 
Ibnu Abbas dari 
Nabi shalla Allahu 'alaihi wa sallam berkata: "Seorang yang melakukan umrah hendaknya mengucapkan talbiyah hingga mengusap hajar aswad. 
Abu Daud berkata: hadits tersebut diriwayatkan oleh Abdul Malik bin Abu Sulaiman dan Hammam dari 'Atho` dari Ibnu Abbas secara mauquf. 
👉sehingga usap Istilam hajarul aswad,lepas itu tak dah la.
Qoola abu daud.apa yg dia nak royat?
Abu Daud berkata: hadits tersebut diriwayatkan oleh  secara mauquf. 
Penjelasannya atau maksudnya
1.jika tengok riwayat yg pertama,isyarat khilaf ulamak
Ibnu abi laila ,walau dia  mujtahid fekah tetapi lemah hadis.
Selain dari ibnu abi laila ada lagi yg meriwayatkannya
Abdul Malik bin Abu Sulaiman dan Hammam dari 
'Atho` dari Ibnu Abbas.
Ini sokong abi laila,jadi ianya kuat.
Bila masuk tanah haram yakni sebelum sentuh hajarul aswad
Kot mana2 yg maukuf jadi sahih.
Dari nabi yg sahih solat tarawih tiada,dr sahabat ada.
Ini juga begitu tiada dr nabi yg ada dari sahabat.
Tarmizi ,jika kata hasan sahih baru boleh terima ,kalu sahih sj tidak boleh diterima.

٥ -  المناسك » ٥٨٦ -  المحرم يؤدب غلامه

5. Manasik » 586. Orang yang ihram memberi pelajaran (mukul) kepada budaknya

١٥٥٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ قَالَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ أَبِي رِزْمَةَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ أَخْبَرَنَا ابْنُ إِسْحَقَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبَّادِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ قَالَتْ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُجَّاجًا حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالْعَرْجِ نَزَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَزَلْنَا فَجَلَسَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا إِلَى جَنْبِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَلَسْتُ إِلَى جَنْبِ أَبِي وَكَانَتْ زِمَالَةُ أَبِي بَكْرٍ وَزِمَالَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاحِدَةً مَعَ غُلَامٍ لِأَبِي بَكْرٍ فَجَلَسَ أَبُو بَكْرٍ يَنْتَظِرُ أَنْ يَطْلُعَ عَلَيْهِ فَطَلَعَ وَلَيْسَ مَعَهُ بَعِيرُهُ قَالَ أَيْنَ بَعِيرُكَ قَالَ أَضْلَلْتُهُ الْبَارِحَةَ قَالَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ بَعِيرٌ وَاحِدٌ تُضِلُّهُ قَالَ فَطَفِقَ يَضْرِبُهُ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَبَسَّمُ وَيَقُولُ انْظُرُوا إِلَى هَذَا الْمُحْرِمِ مَا يَصْنَعُ قَالَ ابْنُ أَبِي رِزْمَةَ فَمَا يَزِيدُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَنْ يَقُولَ انْظُرُوا إِلَى هَذَا الْمُحْرِمِ مَا يَصْنَعُ وَيَتَبَسَّمُ

1552. telah menceritakan kepada Kami 
Ahmad bin Hanbal, ia berkata; …. dan diriwayatkan dari jalur yang lain: telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Abdul Aziz bin Abu Rizmah, telah mengabarkan kepada Kami 
Abdullah bin Idris, telah mengabarkan kepada Kami Ibnu Ishaq dari 
Yahya bin 'Abbad bin Abdullah bin Az Zubair, dari ayahnya dari 
Asma` binti Abu Bakr, ia berkata; Kami keluar bersama Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam untuk melaksanakan haji, hingga ketika Kami sampai di 'Arj, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam singgah dan Kami pun singgah, 
dan Aisyah radliallahu 'anha duduk disisi Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam 
dan aku duduk di sisi bapakku. 
Kendaraan yang membawa perbekalan Abu Bakar dan perbekalan Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam satu bersama budak Abu Bakr. 
Abu Bakr duduk sambil menunggu budak tersebut muncul, lalu budak tersebut muncul, namun ia tidak membawa untanya.
Abu Bakr bekata; dimanakah untamu? 
Budak tersebut menjawab: hilang, tadi malam.
Abu Bakar berkata: unta satu engkau hilangkan! 
Abu Bakr memukulnya sementara Rasulullah shallla Allahu 'alaihi wa sallam hanya tersenyum seraya berkata: "Lihatlah apa yang dilakukan orang yang sedang berihram ini!" 
Ibnu Abu Rizmah berkata: dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak lebih dari mengatakan: "Lihatlah apa yang dilakukan orang yang sedang berihram ini!" sambil tersenyum. 
👉Adakah termasuk,falaro fasa wala fusuk qowala jidal lafihaj?
Tidak termasuk.
Ada ibnu ishak..bg orang yg tak mau terima ..selesai
Orangbyg boleh terima kena yg terima secara anakanak.
Tafaruk(dia seorang shj yg meriwayat) ibnu ishak semua tak boleh pakai.

٥ -  المناسك » ٥٨٧ -  الرجل يحرم في ثيابه
5. Manasik » 587. Seseorang melakukan ihram dengan kainnya(orang yg berihram dgn menggunakan pakaian)

١٥٥٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ 
قَالَ سَمِعْتُ عَطَاءً أَخْبَرَنَا صَفْوَانُ بْنُ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 
وَهُوَ بِالْجِعْرَانَةِ وَعَلَيْهِ أَثَرُ خَلُوقٍ أَوْ قَالَ صُفْرَةٍ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تَأْمُرُنِي أَنْ أَصْنَعَ فِي عُمْرَتِي فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْوَحْيَ فَلَمَّا سُرِّيَ عَنْهُ قَالَ أَيْنَ السَّائِلُ عَنْ الْعُمْرَةِ 
قَالَ اغْسِلْ عَنْكَ أَثَرَ الْخَلُوقِ 
أَوْ قَالَ أَثَرَ الصُّفْرَةِ وَاخْلَعْ الْجُبَّةَ عَنْكَ 
وَاصْنَعْ فِي عُمْرَتِكَ مَا صَنَعْتَ فِي حَجَّتِكَ 
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى 
حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ وَهُشيْمٌ عَنْ الْحَجَّاجِ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ يَعْلَى عَنْ أَبِيهِ بِهَذِهِ الْقِصَّةِ 
قَالَ فِيهِ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 
اخْلَعْ جُبَّتَكَ فَخَلَعَهَا مِنْ رَأْسِهِ وَسَاقَ الْحَدِيثَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَوْهَبٍ الْهَمَدَانِيُّ الرَّمْلِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي اللَّيْثُ عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ عَنْ ابْنِ يَعْلَى ابْنِ مُنْيَةَ عَنْ أَبِيهِ بِهَذَا الْخَبَرِ قَالَ فِيهِ فَأَمَرَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَنْزِعَهَا نَزْعًا 
وَيَغْتَسِلَ مَرَّتَيْن
ِ أَوْ ثَلَاثًا وَسَاقَ الْحَدِيثَ 
حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرِمٍ 
حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ 
حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ سَمِعْتُ قَيْسَ بْنَ سَعْدٍ يُحَدِّثُ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْجِعْرَانَةِ وَقَدْ أَحْرَمَ بِعُمْرَةٍ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ وَهُوَ مُصَفِّرٌ لِحْيَتَهُ وَرَأْسَهُ وَسَاقَ هَذَا الْحَدِيثَ

1553. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Katsir, telah mengabarkan kepada Kami Hammam, ia berkata; saya mendengar
'Atha`, telah mengabarkan kepada Kami 
Shafwan bin Ya'la bin Umayyah dari ayahnya bahwa seorang laki-laki datang kepada 
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sementara beliau berada di Ji'ranah, dan pada diri orang tersebut terdapat bekas Khaluq (minyak yang terbuat dari kunyit dan yang lainnya) -atau ia mengatakan shufrah (sama dengan khaluq) - 
dan ia memakai jubbah, ia berkata; 
wahai Rasulullah, apa yang anda perintahkan agar aku lakukan dalam umrahku? 
Kemudian Allah tabaraka wa ta'ala menurunkan wahyu kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian tatkala telah hilang kesusahan darinya beliau mengatakan: 
"Dimanakah orang yang bertanya mengenai Umrah tadi?" Beliau bersabda: "Sucilah bekas khaluq tersebut atau beliau mengatakan: bekas Shufrah tersebut, dan lepaskan jubbah darimu, serta perbuatlah pada umrahmu apa yang engkau perbuat pada hajimu." 
Telah menceritakan kepada Kami 
Muhammad bin Isa, telah menceritakan kepada Kami Abu 'Awanah dari 
Abu Bisyr dari 
'Atha` dari 
Ya'la bin Umayyah dan Husyaim dari Al Hajjaj dari
'Atho` dari 
Shafwan bin Ya'la dari 
ayahnya dengan sifat ini. 
Dalam hadits tersebut Ya'la mengatakan; kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya: "Lepaskan jubahmu!" kemudian ia melepaskan jubah tersebut dari kepalanya. Dan ia menyebutkan hadits tersebut. 
Telah menceritakan kepada Kami Yazid bin Khalid bin Abdullah bin Mauhib Al Hamadani Ar Ramli, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Al Laits dari 'Atha` bin Abu Rabah dari 
Ibnu Ya'la bin Munyah dari 
ayahnya dengan berita ini. 
Padanya ia mengatakan; kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan agar ia melepas jubah tersebut dan mandi dua kali, atau tiga kali. 
Dan ia menyebutkan hadits tersebut. 
Telah menceritakan kepada Kami 'Uqbah bin Mukrim, telah menceritakan kepada Kami Wahb bin Jarir, telah menceritakan kepada Kami ayahku, ia berkata; saya mendengar Qais bin Sa'd menceritakan dari 'Atha` dari Shafwan bin Ya'la bin Umayyah dari 
ayahnya, bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di Ji'ranah, dan ia telah berihram untuk melakukan umrah dan ia memakai jubah, dan ia mencelup jenggot dan kepalanya dengan Shufrah…. Dan ia menyebutkan hadits ini.

👉Khaluq adalah wangian yg dicampur dgn zatfaran.
Nabi suruh basuh sebab dia pewangi.
Selepas pakai ihram terus wangi tak boleh ikut iman malik .tapi telah mansuh hadis aisyah yg pakaian wangian dicelah rambut nabi saw.
Ni dipanggil umrah jikranah.
Nabi saw buat umrah 3kali.
Umrah dan haji tiada banyak beza kecuali yg dua tiga perkara sahaja.

Manasik » 585. Kapan orang yang umrah selesai dari mambaca talbiyah
Manasik » 586. Orang yang ihram memberi pelajaran (mukul) kepada budaknya
Manasik » 587. Seseorang melakukan ihram dengan kainnya(orang yg berihram dgn menggunakan pakaian)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan