Khamis, April 29, 2021

Sunan Abu daud kitab solat sesi 148s

Sunan Abu daud kitab solat sesi 148s

٢ -  الصلاة » ٤٦٠ -  في قيام شهر رمضان
2. Shalat  » 460. Shalat di bulan ramadan

- ibadat pada bulan Ramadan.
- sebelum ini adalah solat malam( qiamulail iaitu tahajud dan witir)

 ١١٦٦- حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ النَّاسُ يُصَلُّونَ فِي الْمَسْجِدِ فِي رَمَضَانَ أَوْزَاعًا فَأَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَضَرَبْتُ لَهُ حَصِيرًا فَصَلَّى عَلَيْهِ بِهَذِهِ الْقِصَّةِ قَالَتْ فِيهِ قَالَ تَعْنِي النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهَا النَّاسُ أَمَا وَاللَّهِ مَا بِتُّ لَيْلَتِي هَذِهِ بِحَمْدِ اللَّهِ غَافِلًا وَلَا خَفِيَ عَلَيَّ مَكَانُكُمْ
1166. Telah menceritakan kepada kami Al Qa'nabi dari Malik bin Anas dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Az Zubair dari Aisyah isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengerjakan shalat di dalam masjid, kemudian orang-orang turut mengikuti shalat beliau, kemudian beliau mengerjakan lagi di malam berikutnya, ternyata orang-orang yang mengikuti shalat beliau semakin banyak, Dan di malam ketiga, ketika orang-orang telah berkumpul, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak kunjung keluar. Keesokan harinya, beliau bersabda: "Aku telah mengetahui apa yang kalian perbuat semalam, dan tidak ada sesuatu pun yang menghalangiku keluar menemui kalian, hanya saja aku khawatir jika shalat tersebut akan diwajibkan atas kalian." Kejadian itu terjadi pada bulan Ramadhan." 
Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As Sarri telah menceritakan kepada kami 'Abdah dari Muhammad bin 'Amru dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah bin Abdurrahman 
dari Aisyah dia berkata; "Biasanya orang-orang mengerjakan shalat di masjid pada bulan Ramadhan secara terpisah, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkanku (untuk menghamparkan tikar), maka aku pun menghamparkan tikar untuk beliau, lalu beliau shalat di atas tikar tersebut…" seperti kisah dalam hadits ini, Aisyah berkata; "Beliau yaitu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai sekalian manusia, demi Allah, segala puji bagi Allah, tidaklah aku lalai pada malam hariku ini, dan tidak pula tempat kalian samar bagiku."

1166. Telah menceritakan kepada kami Al Qa'nabi 
- nama Al Qa'nabi,Abdullah bin Maslamah.
- anak murid Imam Malik yang istimewa.
-dia ada muwatoknya sendiri.
-kitab muwatok ada banyak.
-antara satu muwatok dengan muwatok  tidak sama dari segi tertib dan kandungannya termasuklah muwatok Abdullah bin Maslamah antara muwatok yang terbesar.
Tetapi muwatoknya tidak tersebar dikalangan orangramai.
Hanya riwayat dia daripada Imam Malik  ada dalam kitab-kitab hadits yang lain seperti di sini.

dari Malik bin Anas dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Az Zubair dari Aisyah isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengerjakan shalat di dalam masjid, 
-nabi saw beriktikaf di masjid.
-imam nawawi kata eluk  lebih eluk dirumah.
-imam syafie yang kata eluk di masjid 
-ini lah pegangan yang kata eluk solat tarawih di masjid.
-ada yang kata solat sunat  eluk dibuat dirumah.
-nabi saw solat di masjid untuk tunjuk itu sunnanya bukan bermakna itu lebih baik dan tidak bererti  nabi saw tidak solat dirumah.
-juga sebab nabi saw sedang beriktikaf di masjid.
-jadi ada khilaf.

kemudian orang-orang turut mengikuti shalat beliau, kemudian beliau mengerjakan lagi di malam berikutnya, ternyata orang-orang yang mengikuti shalat beliau semakin banyak, Dan di malam ketiga, 
-atau malam ke 4.syak perawi.
-sebab tak datang dari awal hari.
-sahabat2 orang2 yang tidak riak.

ketika orang-orang telah berkumpul, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak kunjung keluar. 
-ada yang tunggu sampai pagi.
-ini peristiwa yang berlaku bulan Ramadan.
-ini menunjukan adanya solat tarawih.
-tak pernah nabi saw bersolat sepanjang Ramadan.
-yang nabi saw keluar hanya 2 atau 3 malam sahaja.

Keesokan harinya, beliau bersabda: "Aku telah mengetahui apa yang kalian perbuat semalam, dan tidak ada sesuatu pun yang menghalangiku keluar menemui kalian, hanya saja aku khawatir jika shalat tersebut akan diwajibkan atas kalian." 
-nabi saw takut solat itu akan diferdukan.
-seolah2 boleh jadi akan diferdukan?
-seolah2 Allah tunggu minat orang untuk diferdukan,
-jawapan(pendapat) 1 
mungkin Allah dah wahyukan(dalam bentuk hadits) kepada nabi saw jika kamu teruskan akan diferdukan .
Seperti tentang siwak.Jika nabi suruh akan jadi wajib.
Ada perkara yang diberi nabi saw pilihan.Dan nabi saw akan pilih yang mudah.
-jawapan ke 2
Nabi saw buat ibadah yang menghampirkan diri ,mari dalam hati nabi ,ibadah ini akan diferdukan.  
-jawapan ke 3
Terjemahanya begini: Aku takut ferdu keatas kamu  bukan diferdukan.
Umat akan anggap ferdu keatas kamu.
Umat akan salah faham membuat kesimpulan sendiri .
- jawapan yang ke 4
Kalaulah  dia takut dianggap ferdu.
Apabila dianggap ferdu ,maka ferdulah keatas orang tu.
Seperti mujtahid, jika dia anggap halal sesuatu itu maka jadi halallah sesuatu itu. Jika dia ijtihah haram maka jadi haram keatas dia bukan Allah swt wajidkan atau tidak, ini hanya dinisbahkan kepada dia(kepada orang yang berijtihad). Contoh orang yang solat witir.
Ulamak2 hanafi ijtihah ,witir itu wajib. Maka jadi wajib keatas mereka.
Nabi saw tidak mahu. Ini tujuan Nabi saw.
-jawapan ke 5
Nabi saw apabila dia mengamalkan ibadat,orang pun ikut maka akan jadi wajib.
-jawapan ke 6 iaitu pendapat Ibnu Batol.
Nabi saw takut sebab  sudah tengok qiamulail ,telah wajib keatasnya. Jadi kalu dia buat pula yang ini akan jadi wajib pula   bukan sekadar keatasnya tetapi juga keatas umat dia juga.
-jawapan 7
Solat malam memang sudah wajib kepada nabi saw dan perbuatannya dari segi syarak adalah rujukan. Apabila dia buat berterusan dan umat pula ikut secara berterusan maka ia akan jadi wajib. Yang jadi wajib dalam agama semacam inilah yang mana nabi saw tidak tinggal.
Ini bukan  kerana Allah tetapkan tetapi kewajipan itu berlaku sebab ikut nabi .
Contoh  sesaorang bernazar di masjid kota bharu atau solat malam disitu.kewajipan itu kita yang tentukan .
-jawapan 8
Allah swt memang tentukan solat pada malam mikraj 50 kemudian jadi kurang dengan syafaat nabi saw tinggal 5.
Jika umat menunjukan minat boleh jadi Allah dikembalikan jadi ferdu atas dasar lehendak umat.
-hafiz ibnu hajar 3 sahaja yang diterima;
1. Diwajibkan qiamulail syarat sah jika hanya berjemaah.
-nabi saw suruh buat di rumah 
2.Takut jadi ferdu kifayah.kalu tak belaka semua akan berdosa.Nak ia jadi sunat.
3. Takut jadi ferdu qiam Ramadan .Jadi solat tahunan.
-Kesimpulan jelas solat qiam Ramadan adalah sunat.

Kejadian itu terjadi pada bulan Ramadhan." 
Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As Sarri telah menceritakan kepada kami 'Abdah dari Muhammad bin 'Amru dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah bin Abdurrahman 
dari Aisyah dia berkata; "Biasanya orang-orang mengerjakan shalat di masjid 
pada bulan Ramadhan secara terpisah, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkanku (untuk menghamparkan tikar), maka aku pun menghamparkan tikar untuk beliau, lalu beliau shalat di atas tikar tersebut…"
-bagi syiah  tiada solat tarawih.
-baginya hanya Umar yang mengada2kannya. Sedangkan tidak begitu.
-syiah kena solat atas tanah bukan atas tikar.
-ini nabi saw solat atas tikar.

seperti kisah dalam hadits ini, Aisyah berkata; "Beliau yaitu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai sekalian manusia, demi Allah, segala puji bagi Allah, tidaklah aku lalai pada malam hariku ini, dan tidak pula tempat kalian samar bagiku."

١١٦٧ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ أَخْبَرَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ صُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَمَضَانَ فَلَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا مِنْ الشَّهْرِ حَتَّى بَقِيَ سَبْعٌ فَقَامَ بِنَا حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ فَلَمَّا كَانَتْ السَّادِسَةُ لَمْ يَقُمْ بِنَا فَلَمَّا كَانَتْ الْخَامِسَةُ قَامَ بِنَا حَتَّى ذَهَبَ شَطْرُ اللَّيْلِ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ نَفَّلْتَنَا قِيَامَ هَذِهِ اللَّيْلَةِ قَالَ فَقَالَ إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا صَلَّى مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ قَالَ فَلَمَّا كَانَتْ الرَّابِعَةُ لَمْ يَقُمْ فَلَمَّا كَانَتْ الثَّالِثَةُ جَمَعَ أَهْلَهُ وَنِسَاءَهُ وَالنَّاسَ فَقَامَ بِنَا حَتَّى خَشِينَا أَنْ يَفُوتَنَا الْفَلَاحُ قَالَ قُلْتُ وَمَا الْفَلَاحُ قَالَ السُّحُورُ ثُمَّ لَمْ يَقُمْ بِقِيَّةَ الشَّهْرِ

1167. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' telah mengabarkan kepada kami Daud bin Abu Hind dari Al Walid bin Abdurrahman dari Jubair bin Nufair 
dari Abu Dzar dia berkata; "Kami pernah berpuasa Ramadhan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan beliau tidak pernah mengerjakan shalat malam bersama kami sedikitpun dalam sebulan sampai berlalu sepertiga malam, setelah malam ke enam (dari akhir bulan) beliau juga tidak mengerjakan shalat malam bersama kami, ketika di hari ke lima (dari akhir bulan), beliau mengerjakan shalat malam bersama kami hingga tengah malam pun berlalu. Maka kataku; "wahai Rasulullah, alangkah baiknya sekiranya anda memperbanyak shalat sunnah (qiyamullail) pada malam hari ini untuk kami!." Abu Dzar berkata; Maka beliau bersabda: "Sesungguhnya apabila seseorang shalat (malam) bersama imam hingga selesai, maka akan di catat baginya seperti bangun (untuk mengerjakan shalat malam) semalam suntuk." Kata Abu Dzar; "Ketika malam ke empat (dari akhir bulan) beliau tidak mengerjakan shalat malam (bersama kami), setelah malam ketiga (dari akhir bulan), beliu mengumpulkan keluarganya, isteri-isterinya dan orang-orang, lalu melakukan shalat malam bersama kami, sampai kami khawatir ketinggalah "Al falah." Jabir bertanya; "Apakah al falah itu?" jawabnya; "Waktu sahur, kemudian beliau tidak lagi melakukan shalat malam bersama kami di malam-malam berikutnya dari sebulan itu."

Hadits 1167
dari Abu Dzar dia berkata; "Kami pernah berpuasa Ramadhan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan beliau tidak pernah mengerjakan shalat malam bersama kami sedikitpun dalam sebulan sampai berlalu sepertiga malam, 
-lebih kurang pukul 10
-dalam Islam hari bermula dengan malam.

setelah malam ke enam (dari akhir bulan) beliau juga tidak mengerjakan shalat malam bersama kami, ketika di hari ke lima (dari akhir bulan),

beliau mengerjakan shalat malam bersama kami hingga tengah malam pun berlalu. 

Maka kataku; "wahai Rasulullah, alangkah baiknya sekiranya anda memperbanyak 
-yang nabi saw takut tu.
-tambah macammana

shalat sunnah (qiyamullail) pada malam hari ini untuk kami!." 
Abu Dzar berkata; Maka beliau bersabda: "Sesungguhnya apabila seseorang shalat (malam) bersama imam hingga selesai, maka akan di catat baginya seperti bangun (untuk mengerjakan shalat malam) semalam suntuk."
-telah dikira quam malam

Kata Abu Dzar; "Ketika malam ke empat (dari akhir bulan) beliau tidak mengerjakan shalat malam (bersama kami),
-hari ke26

setelah malam ketiga (dari akhir bulan)malam ke 27, beliau mengumpulkan keluarganya, isteri-isterinya dan orang-orang, lalu melakukan shalat malam bersama kami, sampai kami khawatir ketinggalah "Al falah." Jabir bertanya; "Apakah al falah itu?" jawabnya; "Waktu sahur, kemudian beliau tidak lagi melakukan shalat malam bersama kami di malam-malam berikutnya dari sebulan itu."
- ini penapis keatas orang munafik yang malas solat.


١١٦٨ - حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ وَدَاوُدُ بْنُ أُمَيَّةَ أَنَّ سُفْيَانَ أَخْبَرَهُمْ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ وَقَالَ دَاوُدُ عَنْ ابْنِ عُبَيْدِ بْنِ نِسْطَاسٍ عَنْ أَبِي الضُّحَى عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ أَحْيَا اللَّيْلَ وَشَدَّ الْمِئْزَرَ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَأَبُو يَعْفُورٍ اسْمُهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ نِسْطَاسٍ

1168. Telah menceritakan kepada kami Nahsr bin Ali dan Daud bin Umayyah bahwa Sufyan mengabarkan kepada mereka, dari Abu Ya'fur. Daud mengatakan; dari Abu 'Ubaid bin Nisthasi dari Abu Adl Dluha dari Masruq dari Aisyah bahwa ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memasuki sepuluh malam yang terakhir, beliau menghidupkan malamnya dan mengencangkan ikat pinggang serta membangunkan keluarganya." Abu Daud berkata; "Abu Ya'fur namanya adalah Abdurrahman bin 'Ubaid bin Nisthasi."

Hadits 1168
dari Aisyah bahwa ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memasuki sepuluh malam yang terakhir, beliau menghidupkan malamnya dan mengencangkan ikat pinggang serta membangunkan keluarganya.
-ini cara yang bersungguh-sungguh.

" Abu Daud berkata; "Abu Ya'fur namanya adalah Abdurrahman bin 'Ubaid bin Nisthasi."


١١٦٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا أُنَاسٌ فِي رَمَضَانَ يُصَلُّونَ فِي نَاحِيَةِ الْمَسْجِدِ فَقَالَ مَا هَؤُلَاءِ فَقِيلَ هَؤُلَاءِ نَاسٌ مَعَهُمْ قُرْآنٌ وَأُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ يُصَلِّي وَهُمْ يُصَلُّونَ بِصَلَاتِهِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصَابُوا وَنِعْمَ مَا صَنَعُوا قَالَ أَبُو دَاوُد لَيْسَ هَذَا الْحَدِيثُ بِالْقَوِيِّ مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ ضَعِيفٌ

1169. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sa'id Al hamdani telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb telah mengabarkan kepadaku Muslim bin Khalid dari Al 'Ala` bin Abdurrahman dari ayahnya 
dari Abu Hurairah dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar(pada satu malam), dan beliau melihat orang-orang tengah mengerjakan shalat di pojok-pojok masid, beliau bersabda: "Apa yang sedang di perbuat oleh mereka?" maka di jawab; "Beberapa orang yang tidak hafal (banyak) Al Qur'an, sedangkan Ubay bin Ka'b tengah mengerjakan shalat yang di ikuti oleh mereka." Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Mereka benar, alangkah baiknya amal perbuatan mereka."
Abu Daud berkata; 'Hadits ini tidaklah kuat, sebab Muslim bin Khalid riwayatnya lemah."

Hadits 1169
dari Abu Hurairah dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar(pada satu malam), dan beliau melihat orang-orang tengah mengerjakan shalat di pojok-pojok masid, beliau bersabda: "Apa yang sedang di perbuat oleh mereka?" maka di jawab; "Beberapa orang yang tidak hafal (banyak) Al Qur'an, sedangkan Ubay bin Ka'b tengah mengerjakan shalat yang di ikuti oleh mereka." Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Mereka benar, alangkah baiknya amal perbuatan mereka."
Abu Daud berkata; 'Hadits ini tidaklah kuat, sebab Muslim bin Khalid riwayatnya lemah."

-dalam Abu Daud buka semua sahih.
-isi hadits betul  tapi dhaif sebab perawinya dhaif.
-yang bidaah adalah buat sepanjang bulan Ramadan di masjid. Itu pun sebabnya bimbang jadi wajib.
-ketahulah sahabat tidak akan berani buat bidaah jika betul itu adalah bidaah.

-kelebihan solat berjemaah ,bacaan quran 
-khilaf bilangan rakaat solat tarawih.
-tiada yang jelas dari nabi yang nabi solat 3 malam itu.
-bilangan yang dilakukan oleh sahabat dan tabiin ada.
-tulisan Syeikh Numuie yang bersandar kepada Anwar Kasyamiri....solat zaman Umar 20 rakaat.
-5 tarwiihah maka jadi 20 rakaat.
-dan 3 witir
-Kitab Musonat Ibnu Abi Syaibah...atsar sahabat.
-Kitab Mudhowanah Abdul Malik..36 rakaat.
-Tirmizi..40 ...ahli Madinah.
-3 mazhab dan Daud Zahiri  ..20 rakaat
-Wahabi Mekah  juga 20.
-Dari Nabi 8 rakaat tu pun sampai atau berhenti dekat nak subuh.
-jika sepakat sahabat itu jadi sunnah khulafa' Ar Rasyidin.
-Syatibinpun tak kata bidaah

Tiada ulasan:

Catat Ulasan