Jumaat, November 18, 2022

Sahih bukhari kitab faraid sesi 003s

Sahih bukhari kitab faraid sesi 003s

٦٥ -  الفرائض » ٣٥٢٨ -  ميراث الجد مع الأب والإخوة
65. Fara`idl » 3528. Warisan kakek, sekaligus ada ayah dan saudara laki-laki
(9)باب مِيرَاثِ الْجَدِّ مَعَ الأَبِ وَالإِخْوَةِ: 
وَقَالَ أَبُو بَكْرٍ وَابْنُ عَبَّاسٍ وَابْنُ الزُّبَيْرِ الْجَدُّ أَبٌ. وَقَرَأَ ابْنُ عَبَّاسٍ: {يَا بَنِي آدَمَ}، {وَاتَّبَعْتُ مِلَّةَ آبَائِي إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ}. وَلَمْ يُذْكَرْ أَنَّ أَحَدًا خَالَفَ أَبَا بَكْرٍ فِي زَمَانِهِ وَأَصْحَابُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَافِرُونَ. 
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: يَرِثُنِي ابْنُ ابْنِي دُونَ إِخْوَتِي، وَلاَ أَرِثُ أَنَا ابْنَ ابْنِي. وَيُذْكَرُ عَنْ عُمَرَ وَعَلِيٍّ وَابْنِ مَسْعُودٍ وَزَيْدٍ أَقَاوِيلُ مُخْتَلِفَةٌ. 
Bab pusaka datuk bersama-sama dengan ayah dan saudara-saudara lelaki.
-bolehkah datuk (sebelah ayah) boleh terima jika ada ayah? -Jawapnya tidak jika ayah masih ada.
-saudara-saudara juga sebelah ayah.
-tajuk bab menunjukan dalam banyak hal serupa atau seperti dengan ayah tetapi tidak boleh terima pusaka jika ayah masih ada.
-ramai juga keliru ayah itu seperti ayah.
- wahai anak Adam kepada kita , pada hal kita bukan anak.
- datuk serupa ayah dalam menerima pusaka. Begitu juga dalam mendindingi orang lain. Jika ayah boleh mendinding pusaka, datuk juga.

Abu Bakar dan Ibnu Abbas dan Ibnu Zubair berkata, ini datuk ini adalah ayah (yakni seperti ayah) .

- zaman Abu Bakar tiada siapa bantah bila dia kata datuk seperti ayah, ini dipanggil ijmak sukuti ,yg tinggi kedudukanya.

Ibnu Abbas berkata,  wahai anak- anak Adam, aku telah mengikuti agama ayah-ayahku Ibrahim , Ishak dan Yaakub,
Tidak ada disebut bahawa sesiapa telah membantah atau menyalahi pendapat Abu Bakar dizamanya, padahal sahabat- sahabat masih ramai ketika itu.
Ibnu Abbas berkata, adakah anak lelaki dari anak lelaki ku akan mewarisi ku tanpa dikongsi oleh saudara-saudara lelakiku?
Dan aku sendiri pula tidak akan mewarisi daripada anak lelaki ku (cucu lelakiku).

- Ibnu Abbas jadi datuk, cucu boleh terima pusaka sepatutnya dia juga terima pusaka jika cucunya mati.
- jadi serupalah dengan cucu.
- ini ijmak ulamak
- datuk serupa dengan ayah kecuali 4 masalah:
1.saudara seibusebapa semua gugur mendapat pusaka jika ayah ada, ini ijmak kecuali disisi Abu Hanifah.
2. ibu bersama salah seorang suami isteri yakni menantunya dan ayah mengambil ⅓ daripada yg baki lagi setelah dibahagi kepada orang- orang yg berhak.
Simati suami ada meninggalkan isteri , ibu dan ayah atau sebaliknya simati isteri, jadi dalam kes ini ibu menerima suluk ⅓ daripada baki .
Jika dengan datuk bukan dengan ayah, ibu mengambil ⅓ dari keseluruhan harta yg ditinggalkan bukan baki setelah dibahagi.
- ini kedurukan datuk nampak rendah sedikit.
3.ibu kepada ayah(yakni nenek)   dan keatas(ibu kepada ibu), gugur dengan sebab ada ayah.
Tetapi nenek ini tidak gugur dengan sebab ada datuk.
4.berkait dengan hamba juga ada beza.
- selain ini datuk serupa dengan ayah.

Dan ada disebutkan daripada Ali, Umar dan Ibnu Masud dan Zaid banyak pendapat yang berbeza-beza berhubung dengan pusaka ini.

٦٢٤٠ - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلْحِقُوا الْفَرَائِضَ بِأَهْلِهَا فَمَا بَقِيَ فَلِأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَرٍ
6240. Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari Ibnu Thawus dari ayahnya dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Berikanlah bagian fara`idh (warisan yang telah ditetapkan) kepada yang berhak, maka bagian yang tersisa bagi pewaris lelaki yang paling dekat (nasabnya)."

- inilah hadits yg penting.
- mula-mula utamakan yg disebut dalam quran.
- tujuan hadits ini dibawa
Minit 27
- disini فَلِأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَرٍ adalah datuk.
- pusaka ayahibu, yg aula adalah cucu jika anak tiada.
- faedah diulangi 2 sebab
1. Anak kepada anak lelaki sama seperti anak.
2. Hadith ini daripada 2 orang  gurunya.

٦٢٤١ - حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَمَّا الَّذِي قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كُنْتُ مُتَّخِذًا مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ خَلِيلًا لَاتَّخَذْتُهُ وَلَكِنْ خُلَّةُ الْإِسْلَامِ أَفْضَلُ أَوْ قَالَ خَيْرٌ فَإِنَّهُ أَنْزَلَهُ أَبًا أَوْ قَالَ قَضَاهُ أَبًا
6241. Telah menceritakan kepada kami Abu Ma'mar telah menceritakan kepada kami Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah dari Ibnu 'Abbas mengatakan; yang disabdakan Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam ialah; "kalaulah aku mengambil seseorang dari umat ini untuk menjadi kekasih (yg melekat dalam hati) niscaya aku mengambilnya, namun persaudaraan Islam lebih utama -atau beliau bersabda: - lebih baik, " kemudian beliau menempatkannya sebagai ayah atau memutuskannya sebagai ayah(yakni datuk sebagai ayah)


Minit 31
٦٥ -  الفرائض » ٣٥٢٩ -  ميراث الزوج مع الولد وغيره
65. Fara`idl » 3529. Warisan suami sekaligus ada anak  dan lainnya
(10)باب مِيرَاثِ الزَّوْجِ مَعَ الْوَلَدِ وَغَيْرِهِ
 Bab pusaka suami bersama anak dan selainnya.
-anak boleh bukan anak dengannya.
- selain itu mungkin ayah atau ibu.
- bukan seorang sahaja.
- perlu dilihat siapakah mereka, adakah termasuk ashabulfaraid atau ashabulfuruj.
- jika termasuk ikut cara itu.
- pusaka yg diterima suami boleh jadi  bersama orang lain dan berbeza-beza keadaannya, antara ½ atau ¼.ikut ayat annisa.
-dulu2 harta untuk anak sahaja, ibubapa hanya ada wasiat.
Jika tiada wasiat tiadalah.
- Allah telah mansukhkan.

٦٢٤٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ وَرْقَاءَ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ الْمَالُ لِلْوَلَدِ وَكَانَتْ الْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ فَنَسَخَ اللَّهُ مِنْ ذَلِكَ مَا أَحَبَّ فَجَعَلَ لِلذَّكَرِ مِثْلَ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ وَجَعَلَ لِلْأَبَوَيْنِ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا السُّدُسُ وَجَعَلَ لِلْمَرْأَةِ الثُّمُنَ وَالرُّبُعَ وَلِلزَّوْجِ الشَّطْرَ وَالرُّبُعَ
6242. Telah menceritakan kepada kami Muhamad bin Yusuf dari Warqo' dari Ibnu Abi Najih ari 'Atho` dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma mengatakan; 'dahulu harta untuk anak dan washiyat untuk kedua orang tua, kemudian Allah menghapus hal itu sekehendak-Nya, dan menjadikan bagi anak laki-laki seperti dua bagian anak perempuan, untuk kedua orangtua(ibubapa) masing-masing seperenam, dan isteri seperdelapan dan seperempat, dan suami separoh dan seperempat.'
Minit 34
- ketentuan Allah ini tidak boleh dilanggar.
- lelaki dapat lebih sebab lelaki dipertanggungjawabkan .
- wanita tidak sebagaimana lelaki.
- ubah keadaan bukan ubah hukum.
- hindu, wanita bg maskahwin.
-  berfikir mesti banyak atau semua sudut 
- isteri boleh ⅛ atau ¼
-suami ¼ atau ½

٦٥ -  الفرائض » ٣٥٣٠ -  ميراث المرأة والزوج مع الولد وغيره
65. Fara`idl » 3530. Warisan isteri dan suami, sekaligus ada anak dan lainnya
(11)باب مِيرَاثِ الْمَرْأَةِ وَالزَّوْجِ مَعَ الْوَلَدِ وَغَيْرِهِ
Bab pusaka perempuan yakni isteri bersama anak bersama selainnya

- wau tafsiriyah, wau yg nak menyatakan perempuan itu siapa.
- wau yg nak menyatakan الْمَرْأَةِ dan الزَّوْجِ sama.
- kita pun guna sama juga kata orang tina yg bererti isteri.
Minit 48
-bahasa asal, suami bermakna tuhan,tuan, sami,suami.
-dan isteri dengan makna hamba.
- bahasa  arab, zauj yang bermakna pasangan. 
-masalah pusaka sama tidak mesti adil , tak sama itu adil.


٦٢٤٣ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ ابْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ قَضَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جَنِينِ امْرَأَةٍ مِنْ بَنِي لَحْيَانَ سَقَطَ مَيِّتًا👈 بِغُرَّةٍ عَبْدٍ أَوْ أَمَةٍ ثُمَّ إِنَّ الْمَرْأَةَ الَّتِي قَضَى لَهَا بِالْغُرَّةِ تُوُفِّيَتْ فَقَضَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَنَّ مِيرَاثَهَا لِبَنِيهَا وَزَوْجِهَا وَأَنَّ الْعَقْلَ عَلَى عَصَبَتِهَا
6243. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Al Laits dari Ibnu Syihab dari Ibnul Musayyab dari Abu Hurairah bahwasanya ia mengatakan; Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam menetapkan tentang janin (seorang)wanita dari Bani lahyan yang keguguran dengan ghurrah (pembayaran diyat dengan satu budak (hamba) atau budak perempuan), kemudian wanita yang beliau putuskan membayar ghurrah meninggal, maka Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam memutuskan bahwa warisannya untuk anak laki-lakinya dan suaminya, sedang diyatnya bagi 'ashobahnya.

-berkenaan janin.    
👈 بِغُرَّةٍ عَبْدٍ أَوْ أَمَةٍ
-satu baca ini
Dan satu lagi  ini jadi badal kepada ummatini jadi badal atau bayan  atau ataf bayan kepada بِغُرَّةٍ
-maka makna yaitu seorang hamba lelaki atau perempuan.
Jika kita kata idhofat maka tiadalah perkataan iaitu
Maksudnya jadi seorang hamba lelaki dan perempuan
Minit 55
-cerita nya ada pergaduhan 2 orang perempuan.
Pukul dgn batu atau tiang khemah, janin dlm perut mati, pembunuhan bukan sengaja.
- perempuan قَضَى لَهَا بِالْغُرَّةِ, perempuan yg nabi saw telah memutuskan KEATASNYA kepada orang yg dilakukan jenayah keatasnya.ini perempuan yg memukul
Satu lagi, yakni yg kena pukul.
Harta peninggalan hak suami dan anak2nya.
-aqilah ialah ahli keluarga asobah yg kira2 boleh pusaka.
- hukum jenayah tidak berjalan di negara kita.



٦٥ -  الفرائض » ٣٥٣١ -  ميراث الأخوات مع البنات عصبة
65. Fara`idl » 3531. Warisan saudara perempuan bersama anak  adalah ashabah
(12)باب مِيرَاثِ الأَخَوَاتِ مَعَ الْبَنَاتِ عَصَبَةً
Bab  pusaka saudara-saudara perempuan bersama dengan anak-anak perempuan (simati), yakni saudara-saudara perempuan (menerima pusaka itu) bersama dengan anak-anak perempuan merupakan asobah. Atau saudara-saudara perempuan mewarisi anak- anak perempuan  sebagai asobah.

Minit 1jam2minit.

٦٢٤٤ - حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ قَالَ قَضَى فِينَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النِّصْفُ لِلْابْنَةِ وَالنِّصْفُ لِلْأُخْتِ ثُمَّ قَالَ سُلَيْمَانُ قَضَى فِينَا وَلَمْ يَذْكُرْ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
6244. Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Khalid telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far dari Syu'bah dari Sulaiman dari Ibrahim dari Al Aswad mengatakan; ' Mu'adz bin Jabal memutuskan bagi kami dimasa Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam untuk anak perempuan mendapat separoh, saudara perempuan mendapat separoh, ' kemudian Sulaiman mengatakan; 'ia memutuskan ditengah-tengah kami' tanpa menyebut di masa Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam.

٦٢٤٥ - حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَبَّاسٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي قَيْسٍ عَنْ هُزَيْلٍ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ لَأَقْضِيَنَّ فِيهَا بِقَضَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ للْابْنَةِ النِّصْفُ وَلِابْنَةِ الِابْنِ السُّدُسُ وَمَا بَقِيَ فَلِلْأُخْتِ
6245. Telah menceritakan kepada kami Amru bin 'Abbas telah menceritakan kepada kami Abdurrahman telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abu Qais dari Huzail mengatakan, Abdullah mengatakan; 'Sungguh aku putuskan perkara ini(perempuan ini ) dengan keputusan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ' atau ia mengatakan; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "anak perempuan mendapat separoh dan cucu perempuan dari anak laki-laki mendapat seperenam dan sisanya untuk saudara perempuan."

- anak perempuan ½
- cucu perempuan dari anak lelaki ⅙
- saudara perempuan baki atau ⅓(sebelum sebelum ini tiada cucu perempuan dari anak lelaki, hanya seorang anak perempuan dan seorang saudara perempuan)

Sahih bukhari kitab faraid sesi 004s
٦٥ -  الفرائض » ٣٥٣٢ -  ميراث الأخوات والإخوة
65. Fara`idl » 3532. Warisan saudara perempuan dan dan saudara laki-laki
(13)باب مِيرَاثِ الأَخَوَاتِ وَالإِخْوَةِ
Bab pusaka saudara-saudara lelaki dan saudara-saudara perempuan .

٦٢٤٦ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُثْمَانَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَرِيضٌ فَدَعَا بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ نَضَحَ عَلَيَّ مِنْ وَضُوئِهِ فَأَفَقْتُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّمَا لِي أَخَوَاتٌ فَنَزَلَتْ آيَةُ الْفَرَائِضِ

6246. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Utsman Telah mengabarkan kepada kami Abdullah Telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Muhammad bin Al Munkadir mengatakan; aku mendengar Jabir radhiyallhu'anhu mengatakan; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendatangiku ketika saya sedang sakit, kemudian beliau meminta diambilkan air dan berwudhu, kemudian beliau memerciki saya dengan bekas air wudhunya sehingga saya siuman, maka kutanyakan; 'Wahai Rasulullah, saya mempunyai beberapa saudara perempuan! ' maka turunlah ayat faraidh.

٦٥ -  الفرائض » ٣٥٣٣ -  يستفتونك قل الله يفتيكم في الكلالة إن امرؤ هلك ليس
65. Fara`idl » 3533. Mereka meminta fatwa kepadamu tentang kalalah, katakanlah, Allah memfatwakan kepadamu tentang kalalah

(14)باب: {يَسْتَفْتُونَكَ قُلِ اللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِي الْكَلاَلَةِ إِنِ امْرُؤٌ هَلَكَ لَيْسَ لَهُ وَلَدٌ وَلَهُ أُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَ وَهُوَ يَرِثُهَا إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهَا وَلَدٌ فَإِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثَانِ مِمَّا تَرَكَ وَإِنْ كَانُوا إِخْوَةً رِجَالاً وَنِسَاءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الأُنْثَيَيْنِ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ أَنْ تَضِلُّوا وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ}:
BAB  
Mereka akan bertanya kepadamu . Katakanlah, “Allah akan  memberi penjelasan kepadamu tentang kalalah hingga keakhir ayat.

An-Nisa' 4:176
يَسْتَفْتُونَكَ قُلِ ٱللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِى ٱلْكَلَٰلَةِۚ إِنِ ٱمْرُؤٌا۟ هَلَكَ لَيْسَ لَهُۥ وَلَدٌ وَلَهُۥٓ أُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ إِن لَّمْ يَكُن لَّهَا وَلَدٌۚ فَإِن كَانَتَا ٱثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا ٱلثُّلُثَانِ مِمَّا تَرَكَۚ وَإِن كَانُوٓا۟ إِخْوَةً رِّجَالًا وَنِسَآءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ ٱلْأُنثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ أَن تَضِلُّوا۟ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ 
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

٦٢٤٧ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ آخِرُ آيَةٍ نَزَلَتْ خَاتِمَةُ سُورَةِ النِّسَاءِ { يَسْتَفْتُونَكَ قُلْ اللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِي الْكَلَالَةِ }
6247. Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Musa dari Israil dari Abu Ishaq dari Al Barra` radliallahu 'anhu mengatakan; 'akhir ayat yang diturunkan adalah penutupan surat An Nisa`; 'Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah)....QS. Annisa' 176).


٦٥ -  الفرائض » ٣٥٣٤ -  ابني عم أحدهما أخ للأم والآخر زوج
65. Fara`idl » 3534. Dua anak laki-laki paman, satunya saudara laki-laki seibu, dan lainnya suami.

(15)باب ابْنَيْ عَمٍّ أَحَدُهُمَا أَخٌ لِلأُمِّ وَالآخَرُ زَوْجٌ: 
وَقَالَ عَلِيٌّ لِلزَّوْجِ النِّصْفُ، وَلِلأَخِ مِنَ الأُمِّ السُّدُسُ، وَمَا بَقِيَ بَيْنَهُمَا نِصْفَانِ. 
Bab hukum pusaka 2 orang sepupu ,salah seorang daripadanya ialah saudara seibu  dan seorang lagi ialah suami yakni kepada simati. Ali ra berkata suami mendapat separuh , saudara seibu  mendapat ⅙, selebihnya dibahagi dua antara mereka berdua.

٦٢٤٨ - حَدَّثَنَا مَحْمُودٌ أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي حَصِينٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا أَوْلَى بِالْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنْفُسِهِمْ فَمَنْ مَاتَ وَتَرَكَ مَالًا فَمَالُهُ لِمَوَالِي الْعَصَبَةِ وَمَنْ تَرَكَ كَلًّا أَوْ ضَيَاعًا فَأَنَا وَلِيُّهُ فَلِأُدْعَى لَهُ الْكَلُّ الْعِيَالُ
6248. Telah menceritakan kepada kami Mahmud telah mengabarkan kepada kami Ubaidullah dari Israil dari Abu Hushain dari Abu Shalih dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu mengatakan; Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Saya lebih berhak menanggung urusan orang-orang mukmin daripada mereka sendiri, maka siapa mati dan meninggalkan harta maka hartanya untuk ahliwarisnya yang ashabah, dan barangsiapa meninggalkan hutang atau anak yang terlantar, saya walinya, maka hendaknya memanggil saya untuk menanggung hutangnya dan anak-anaknya."

٦٢٤٩ - حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ عَنْ رَوْحٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلْحِقُوا الْفَرَائِضَ بِأَهْلِهَا فَمَا تَرَكَتْ الْفَرَائِضُ فَلِأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَرٍ
6249. Telah menceritakan kepada kami Umayyah bin Bistham telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' dari Rauh dari Abdullah bin Thawus dari ayahnya dari Ibnu 'Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Berikanlah bagian fara`idh (warisan yang telah ditetapkan) kepada yang berhak, maka bagian yang tersisa bagi pewaris lelaki yang paling dekat (nasabnya)."

Tiada ulasan:

Catat Ulasan