Sunan Abu Daud kitab jihad sesi 002
Sunan Abu Daud kitab jihad sesi 002t
838. Penjelasan tentang hijrah dan perkampungan badui
(1)باب مَا جَاءَ فِي الْهِجْرَةِ وَسُكْنَى الْبَدْوِ
839. Hijrah telah terputus(2)باب في الْهِجْرَةِ هَلِ انْقَطَعَتْ
Ini tentang hijrah adakah sudah ada lagi
٩ - الجهاد » ٨٣٨ - ما جاء في الهجرة وسكنى البدو
9. Jihad » 838. Penjelasan tentang hijrah dan perkampungan badui
(1)باب مَا جَاءَ فِي الْهِجْرَةِ وَسُكْنَى الْبَدْوِ
٢١١٨ - حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ أَعْرَابِيًّا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْهِجْرَةِ فَقَالَ وَيْحَكَ إِنَّ شَأْنَ الْهِجْرَةِ شَدِيدٌ فَهَلْ لَكَ مِنْ إِبِلٍ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَهَلْ تُؤَدِّي صَدَقَتَهَا قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاعْمَلْ مِنْ وَرَاءِ الْبِحَارِ فَإِنَّ اللَّهَ لَنْ يَتِرَكَ مِنْ عَمَلِكَ شَيْئًا
2118. Telah menceritakan kepada kami Muammal bin Al Fadhl, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim, dari Al Auza'i, dari Az Zuhri, dari 'Atho` bin Yazid, dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa seorang badui bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai hijrah. Kemudian beliau berkata: "Sesungguhnya hijrah adalah perkara yang berat, apakah engkau memiliki unta?" Ia berkata; ya. Beliau berkata: "Apakah engkau telah menunaikan zakatnya?" ia berkata; ya. Beliau berkata: "Beramallah di belakang lautan, sesungguhnya Allah tidak akan meninggalkan sedikitpun dari amalanmu."
٢١١٩ - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ وَعُثْمَانُ ابْنَا أَبِي شَيْبَةَ قَالَا حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ الْبَدَاوَةِ فَقَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبْدُو إِلَى هَذِهِ التِّلَاعِ وَإِنَّهُ أَرَادَ الْبَدَاوَةَ مَرَّةً فَأَرْسَلَ إِلَيَّ نَاقَةً مُحَرَّمَةً مِنْ إِبِلِ الصَّدَقَةِ فَقَالَ لِي يَا عَائِشَةُ ارْفُقِي فَإِنَّ الرِّفْقَ لَمْ يَكُنْ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا زَانَهُ وَلَا نُزِعَ مِنْ شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا شَانَهُ
2119. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, serta Utsman keduanya adalah anak Abu Syaibah, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Syarik dari Al Miqdad bin Syuraih, dari ayahnya, ia berkata; aku bertanya kepada Aisyah, radliallahu 'anha mengenai kehidupan nomaden, lalu Aisyah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah keluar menuju menuju dataran tinggi ini dan beliau menginginkan kehidupan nomaden kembali, lalu beliau mengirimkan seekor unta yang belum dinaiki dan belum digunakan dari unta zakat. Beliau berkata kepadaku: "Wahai Aisyah, bersikaplah lembut, sesungguhnya kelembutan tidaklah ada pada sesuatu kecuali akan menghiasinya dan tidaklah tercabut dari sesuatu melainkan akan memberikan aib padanya."
٩ - الجهاد » ٨٣٩ - في الهجرة هل انقطعت
9. Jihad » 839. Hijrah telah terputus
(2)باب في الْهِجْرَةِ هَلِ انْقَطَعَتْ
Ini tentang hijrah adakah sudah ada lagi
٢١٢٠ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا عِيسَى عَنْ حَرِيزِ بْنِ عُثْمَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي عَوْفٍ عَنْ أَبِي هِنْدٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَنْقَطِعُ الْهِجْرَةُ حَتَّى تَنْقَطِعَ التَّوْبَةُ وَلَا تَنْقَطِعُ التَّوْبَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا
2120. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa Ar Razi, telah mengabarkan kepada kami Isa dari Hariz bin Utsman dari Abdurrahman bin Abu 'Auf dari Abu Hindun, dari Mu'awiyah, ia berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah hijrah terputus hingga taubat terputus, dan tidaklah taubat terputus hingga matahari terbit dari barat."
٢١٢١ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْفَتْحِ فَتْحِ مَكَّةَ لَا هِجْرَةَ وَلَكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ وَإِذَا اسْتُنْفِرْتُمْ فَانْفِرُوا
2121. Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur, dari Mujahid, dari Thawus dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda pada saat penaklukan kota Mekkah: "Tidak ada lagi hijrah, akan tetapi yang ada adalah jihad dan niat, apabila kalian diminta untuk pergi berperang maka pergilah berperang!"
٢١٢٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ حَدَّثَنَا عَامِرٌ قَالَ أَتَى رَجُلٌ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو وَعِنْدَهُ الْقَوْمُ حَتَّى جَلَسَ عِنْدَهُ فَقَالَ أَخْبِرْنِي بِشَيْءٍ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ
2122. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yahya, dari Isma'il bin Abu Khalid, telah menceritakan kepada kami 'Amir, ia berkata; seorang laki-laki datang kepada Abdullah bin 'Amr dan bersamanya terdapat beberapa orang hingga ia duduk di sampingnya dan berkata; beritahukan kepadaku sesuatu yang telah engkau dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam! Kemudian ia berkata; saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang muslim (sejati) adalah seorang muslim dimana orang-orang muslim (yang lain) selamat dari lidah dan tangannya, dan muhajir (orang yang hijrah) adalah orang yang meninggal apa yang Allah larang."
Minit 7
Syarahan
٩ - الجهاد » ٨٣٨ - ما جاء في الهجرة وسكنى البدو
9. Jihad » 838. Penjelasan tentang hijrah dan perkampungan badui
(1)باب مَا جَاءَ فِي الْهِجْرَةِ وَسُكْنَى الْبَدْوِ
Ini bab hijrah dan orang darat badwi.
٢١١٨ - حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ أَعْرَابِيًّا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْهِجْرَةِ فَقَالَ 👈وَيْحَكَ
إِنَّ شَأْنَ الْهِجْرَةِ شَدِيدٌ فَهَلْ لَكَ مِنْ إِبِلٍ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَهَلْ تُؤَدِّي صَدَقَتَهَا قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاعْمَلْ مِنْ وَرَاءِ الْبِحَارِ فَإِنَّ اللَّهَ لَنْ يَتِرَكَ مِنْ عَمَلِكَ شَيْئًا
2118. Telah menceritakan kepada kami Muammal bin Al Fadhl, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim, dari Al Auza'i, dari Az Zuhri, dari 'Atho` bin Yazid, dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa seorang badui bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai hijrah. Kemudian beliau berkata: "👉 Kasihan kamu, Sesungguhnya hijrah adalah perkara yang berat, apakah engkau memiliki unta?" Ia berkata; ya. Beliau berkata: "Apakah engkau telah menunaikan zakatnya?" ia berkata; ya. Beliau berkata: "Beramallah di belakang lautan, sesungguhnya Allah tidak akan meninggalkan sedikitpun dari amalanmu."
- kaitan hijrah dan jihad
-nafsu hendak berpisah dgn kebiasaannya adalah sangat susah.
-iktikaf usaha meninggalkan kebiasaan yg disukai nafsu.
-kitab jihad dimulakan dengan hijrah.
Untuk mengingatkan kita tentang hijrah Nabi saw.
MINIT 17
-ayat jihad turun selepas hijrah.
-nak berjihad kena ada negara yang merdeka yg berdaulat.
-jika sudah ada negara pun dan jika belum lengkap kelengkapan perang tidak boleh lagi pergi berperang.
-berjihad perlu jika ada orang nak ragut kemerdekaan kita.
-memimpin semasa bersolat juga semasa perang.
Minit 24
- hijrah juga meninggalkan apa yg kita sayangi.
-dimana perang adalah hijrah(meningggalkan) dunia .
- senjata dan kenderaan disediakan oleh negara, itulah kaitan perang dan hijrah.
-bab hijrah dan orang darat badwi.
- tempat tumpuan yg jadi bandar adalah tempat yg ada air.
-orang badui kasar sebab dia kena berhubung dgn memerlukan kekasaran.
- orang badui biasanya tidak berpendidikan.
- byk lah kelemahannya
- tetapi nabi saw berjaya mendidik orang-orang ini menjadi sebaik-baik manusia.
- peringkat awal hijrah wajib.
- tetapi kenapa Nabi tak bg badui ini berhijrah?
- orang yg lemah tidak boleh membantu bahkan akan menyusahkan dikecualikan.
Minit 36
-kalimah وَيْحَكَ ada beberapa makna, disini maknanya menunjukan simpati.
- badui ini tidak memenuhi syarat yg memerlukan kekuatan tetapi dia juga seorang Islam.
- bayar zakat adalah sumbangannya secara tak langsung.
Minit 40
-kerana zakat diberi kepada negara .
Minit 42
-ayat yg malaikat ambil nyawa orang menzalimi diri sendiri.
-memajukan diri boleh, patutnya memajukan agama pun sepatutnya boleh juga.
- kesalahan tidak hijrah ini agak berat.
- hijrah jadi rukun Islam ketika itu tetapi ada yg Rasullah saw kecualikan.
- ada juga arabi yg Nabi tak benarkan dari tidak hijrah.
- jangan sekali-kali mengangkat diri lebih dari sahabat.
- dulunya perlu berhijrah sebab tidak boleh menzahirkan syiar Islam.
- juga perlu ada segolongan yg pergi belajar
- boleh buat baik dimana sekalipun tetap mendapat pahala dari Allah walaupun tidak berhijrah kerana perlu fikir kemampuan dan keperluan diri dan orang lain.
٢١١٩ - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ وَعُثْمَانُ ابْنَا أَبِي شَيْبَةَ قَالَا حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ الْبَدَاوَةِ فَقَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبْدُو إِلَى هَذِهِ التِّلَاعِ وَإِنَّهُ أَرَادَ الْبَدَاوَةَ مَرَّةً فَأَرْسَلَ إِلَيَّ نَاقَةً مُحَرَّمَةً مِنْ إِبِلِ الصَّدَقَةِ فَقَالَ لِي يَا عَائِشَةُ ارْفُقِي فَإِنَّ الرِّفْقَ لَمْ يَكُنْ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا زَانَهُ وَلَا نُزِعَ مِنْ شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا شَانَهُ
2119. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, serta Utsman keduanya adalah anak Abu Syaibah, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Syarik dari Al Miqdad bin Syuraih, dari ayahnya, ia berkata; aku bertanya kepada Aisyah, radliallahu 'anha mengenai kehidupan nomaden, lalu Aisyah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah keluar menuju menuju dataran tinggi ini dan beliau menginginkan kehidupan nomaden kembali, lalu beliau mengirimkan seekor unta yang belum dinaiki dan belum digunakan dari unta zakat. Beliau berkata kepadaku: "Wahai Aisyah, bersikaplah lembut, sesungguhnya kelembutan tidaklah ada pada sesuatu kecuali akan menghiasinya dan tidaklah tercabut dari sesuatu melainkan akan memberikan aib padanya."
- sikap lembut yakni seni, yg boleh mencantikan apa sj tindakan
Tiada ulasan:
Catat Ulasan