Selasa, Disember 27, 2022

Sunan Abu Daud kitab jihad sesi 004syarahan

Sunan Abu Daud kitab jihad sesi 004syarahan

٩ -  الجهاد » ٨٤٠ -  في سكنى الشام
9. Jihad » 840. Tinggal di Syam (3)باب في سُكْنَى الشَّامِ

٢١٢٣ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ .حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ. حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ سَتَكُونُ هِجْرَةٌ بَعْدَ هِجْرَةٍ فَخِيَارُ أَهْلِ الْأَرْضِ أَلْزَمُهُمْ مُهَاجَرَ إِبْرَاهِيمَ وَيَبْقَى فِي الْأَرْضِ شِرَارُ أَهْلِهَا تَلْفِظُهُمْ أَرْضُوهُمْ تَقْذَرُهُمْ نَفْسُ اللَّهِ وَتَحْشُرُهُمْ النَّارُ مَعَ الْقِرَدَةِ وَالْخَنَازِيرِ
2123. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Umar, Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam, telah menceritakan kepadaku ayahku dari Qatadah, dari Syahr bin Hausyab, dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata; saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Akan ada hijrah setelah hijrah. (Dan)Sebaik-baik penduduk bumi adalah orang yang paling lama menetapi tempat hijrah Ibrahim, dan tinggal di bumi adalah seburuk-buruk penghuninya(yg jahat). Mereka dicampakkan bumi mereka dan dibenci oleh diri Allah(tidak suka kepada mereka), dan mereka (dihalau)dikumpulkan oleh api bersama kera dan babi."


٢١٢٤ - .حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ الْحَضْرَمِيُّ . حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ .حَدَّثَنِي بَحِيرٌ عَنْ خَالِدٍ يَعْنِي ابْنَ مَعْدَانَ عَنْ ابْنِ أَبِي قُتَيْلَةَ عَنْ ابْنِ حَوَالَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَصِيرُ الْأَمْرُ إِلَى أَنْ تَكُونُوا جُنُودًا مُجَنَّدَةً جُنْدٌ بِالشَّامِ وَجُنْدٌ بِالْيَمَنِ وَجُنْدٌ بِالْعِرَاقِ قَالَ ابْنُ حَوَالَةَ خِرْ لِي يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ فَقَالَ عَلَيْكَ بِالشَّامِ فَإِنَّهَا خِيرَةُ اللَّهِ مِنْ أَرْضِهِ يَجْتَبِي إِلَيْهَا خِيرَتَهُ مِنْ عِبَادِهِ فَأَمَّا إِنْ أَبَيْتُمْ فَعَلَيْكُمْ بِيَمَنِكُمْ وَاسْقُوا مِنْ غُدُرِكُمْ فَإِنَّ اللَّهَ تَوَكَّلَ لِي بِالشَّامِ وَأَهْلِهِ
2124. Telah menceritakan kepada kami Haiwah bin Syuraih Al Hadhrami, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, telah menceritakan kepadaku Bahir, dari Khalid yaitu Ibnu Ma'dan dari Ibnu Abu Qutailah dari Ibnu Hawalah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Keadaannya sampai kalian menjadi tentara-tentara yang terpisah-pisah, pasukan di Syam, pasukan di Yaman, dan pasukan di Irak." Ibnu Hawalah berkata; pilihkan (tempat terbaik) untukku wahai Rasulullah apabila aku mendapati hal tersebut! Beliau berkata: "Hendaknya kalian menetap di Syam karena sesungguhnya Syam adalah bumi Allah yang paling terpilih, Allah memilih hamba-hamba pilihannya menuju(pergi) kepadanya. Adapun jika kalian menolak maka hendaknya kalian menetap di Yaman, dan minumlah dari telaga(kolam2)nya, karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Negeri Syam dan penduduknya."

٩ -  الجهاد » ٨٤١ -  في دوام الجهاد
9. Jihad » 841. Keberlangsungan jihad
(4)باب في دَوَامِ الْجِهَادِ
Bab berkekalan jihad.
٢١٢٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي يُقَاتِلُونَ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ عَلَى مَنْ نَاوَأَهُمْ حَتَّى يُقَاتِلَ آخِرُهُمْ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ
2125. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Hammad, dari Qatadah dari Mutharrif dari Imran bin Hushain, ia berkata; Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Akan senantiasa ada sekelompok(satu golongan) dari umatku yang berperang di atas kebenaran dalam keadaan unggul (menang) atas orang-orang yang memusuhi mereka hingga orang terakhir diantara mereka memerangi Al Masih Dajjal."

٩ -  الجهاد » ٨٤٢ -  في ثواب الجهاد
9. Jihad » 842. Pahala jihad
(5)باب في ثَوَابِ الْجِهَادِ
Bab pahala jihad
٢١٢٦ - حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ.  حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ كَثِيرٍ. حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سُئِلَ أَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْمَلُ إِيمَانًا قَالَ رَجُلٌ يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ وَرَجُلٌ يَعْبُدُ اللَّهَ فِي شِعْبٍ مِنْ الشِّعَابِ قَدْ كُفِيَ النَّاسُ شَرَّهُ
2126. Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid Ath Thayalisi, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Katsir, telah menceritakan kepada kami Az Zuhri, dari 'Atha` bin Yazid dari Abu Sa'id, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau ditanya; siapakah orang mukmin yang paling sempurna keimanannya? Beliau bersabda: "Seseorang (lelaki)yang berperang di jalan Allah dengan jiwa dan hartanya, serta (kedua)seseorang yang beribadah kepada Allah di(mana2 gunung) sebuah lembah dan orang-orang (orangramai)telah terhindar(terpelihara) dari keburukannya."


٩ -  الجهاد » ٨٤٣ -  في النهي عن السياحة
9. Jihad » 843. Larangan untuk berpetualang
(6)باب في النَّهْيِ عَنِ السِّيَاحَةِ
Bab larangan daripada hidup dalam bertapaan
٢١٢٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ التَّنُوخِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ . حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ائْذَنْ لِي فِي السِّيَاحَةِ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ سِيَاحَةَ أُمَّتِي الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
2127. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Utsman At Tanukhi Abu Al Jamahir, telah menceritakan kepada kami Al Haitsam bin Humaid, telah mengabarkan kepadaku Al 'Ala` bin Al Harits dari Al Qasim bin Abdurrahman dari Abu Umamah, bahwa seorang laki-laki berkata; wahai Rasulullah, izinkan aku untuk (hidupa dlm ppertapaan)berkelana! Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Sesungguhnya pengelanaan (pengembaraan)(pertapaan) umatku adalah berjihad di jalan Allah ta'ala."

٩ -  الجهاد » ٨٤٤ -  في فضل القفل في سبيل الله تعالى
9. Jihad » 844. Keutamaan kembali di jalan Allah
(7)باب في فَضْلِ الْقَفْلِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
Bab kelebihan pulang  dalam peperangan
٢١٢٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُصَفَّى حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ . حَدَّثَنَا حَيْوَةُ عَنْ ابْنِ شُفَيٍّ عَنْ شُفَيِّ بْنِ مَاتِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ هُوَ ابْنُ عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَفْلَةٌ كَغَزْوَةٍ
2128. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mushaffa, telah menceritakan kepada kami Ali bin 'Ayyasy, dari Al Laits bin Sa'd, telah menceritakan kepada kami Haiwah, dari Ibnu Syufai dari Syufai bin Mati' dari Abdullah bin 'Amr dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau berkata: "Kembali(pulang) dari bepergian (peperangan)adalah seperti (pergi untuk)berperang."


٩ -  الجهاد » ٨٤٥ -  فضل قتال الروم على غيرهم من الأمم
9. Jihad » 845. Keutamaan memerangi Romawi dari selain mereka
(8)باب فَضْلِ قِتَالِ الرُّومِ عَلَى غَيْرِهِمْ مِنَ الأُمَمِ
Bab kelebihan memerangi orang-orang Rom daripada bangsa yg lain.

٢١٢٩ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَلَّامٍ . حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ فَرَجِ بْنِ فَضَالَةَ عَنْ عَبْدِ الْخَبِيرِ بْنِ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ جَاءَتْ امْرَأَةٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهَا أُمُّ خَلَّادٍ وَهِيَ مُنْتَقِبَةٌ تَسْأَلُ عَنْ ابْنِهَا وَهُوَ مَقْتُولٌ فَقَالَ لَهَا بَعْضُ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِئْتِ تَسْأَلِينَ عَنْ ابْنِكِ وَأَنْتِ مُنْتَقِبَةٌ فَقَالَتْ إِنْ أُرْزَأَ ابْنِي فَلَنْ أُرْزَأَ حَيَائِي فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ابْنُكِ لَهُ أَجْرُ شَهِيدَيْنِ قَالَتْ وَلِمَ ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لِأَنَّهُ قَتَلَهُ أَهْلُ الْكِتَابِ
2129. Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Sallam telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dari Faraj bin Fadhalah dari Abdul Khabir bin Tsabit bin Qais bin Syammas dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata; terdapat seorang wanita(perempuan) yang datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang dipanggil Ummu Khallad dengan menutupi wajahnya, ia bertanya mengenai anaknya yang terbunuh. Kemudian sebagian(ada) sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya; engkau datang bertanya mengenai anakmu sementara engkau menutup wajah. Kemudian ia berkata; apabila anakku terbunuh (kehilangan)namun rasa maluku tidak(kehilangan)lah terbunuh. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Anakmu mendapatkan pahala dua orang yang mati syahid." Wanita tersebut bertanya; kenapa demikian wahai Rasulullah? Beliau berkata: "Karena ia dibunuh oleh orang ahli kitab."

Minit 7

💦🗯💦

٩ -  الجهاد » ٨٤٠ -  في سكنى الشام
9. Jihad » 840. Tinggal di Syam (3)باب في سُكْنَى الشَّامِ
Bab kelebihan menetap di Syam.

٢١٢٣ - حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ .حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ. حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ سَتَكُونُ هِجْرَةٌ بَعْدَ هِجْرَةٍ فَخِيَارُ أَهْلِ الْأَرْضِ أَلْزَمُهُمْ مُهَاجَرَ إِبْرَاهِيمَ وَيَبْقَى فِي الْأَرْضِ شِرَارُ أَهْلِهَا تَلْفِظُهُمْ أَرْضُوهُمْ تَقْذَرُهُمْ نَفْسُ اللَّهِ وَتَحْشُرُهُمْ النَّارُ مَعَ الْقِرَدَةِ وَالْخَنَازِيرِ
2123. Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Umar, Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam, telah menceritakan kepadaku ayahku dari Qatadah, dari Syahr bin Hausyab, dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata; saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Akan ada hijrah setelah hijrah. (Dan)Sebaik-baik penduduk bumi adalah orang yang paling lama menetapi tempat hijrah Ibrahim(yakni di Syam), dan tinggal(penduduk) di bumi adalah seburuk-buruk penghuninya. Mereka dicampakkan bumi mereka(akan meludahkan mereka) dan dibenci oleh diri Allah, dan mereka(akan dihalau) dikumpulkan oleh api bersama kera dan babi."
Minit10
- dari hadits ini nampak ada lagi hijrah. Yg tiada hijrah hanyalah hijrah ke Madinah 
-dari segi sanad ini hadits dhaif , tidak boleh dibuat pegangan atau aqidah,
-sebab Syahr bin Hausyab,perawi yg dipertikaikan oleh ulamak.
- Dulu zaman Nabi, Syam lebih luas.
Syam sekarang hanyalah Syria.
Banyak perubahan telah berlaku dari  masa Nabi sehingga sekarangdan jelas boleh disaksikan oleh umat .
-jadi  tidak tepat jika kata Syam tempat terbaik sepanjang masa atau pada masa tertentu.
- pembela kematian Usman setelah dibunuh duduk di Syam jadi setengah2 ulamak kata itulah kebaikannya.
- tetapi kenyataan sebenar belum tepat.
- ini adalah sebelum qiamat.
- Nabi Isa akan turun di sana.
- isyarat  suatu ketika nanti akan jadi.
-ada hijrah sebab terhina atau kena halau bukan sebab nak hijrah atau mereka terpaksa keluar.
-ciri  hadits dhaif biasanya makna hadits tidak jelas.
Minit 21
- mereka tidak keluar untuk membantu orang Islam di Syam menyebabkan kebencian Allah dan keluar dlm keadaan hina.
Apapun semuanya tidak jelas.
- ada juga manusia tidak mahu hijrah sebab anggap negeri paling baik akhirnya negeri mereka menghalau mereka.
Disini mengalakan orang Islam berhijrah jika agama mereka terancam.
- api boleh bermakna bom.
- orang Islam patut keluar dari negeri  yg diduduki jika ugama terancam.
- jagalah ugama Allah.
- hijrah masih banyak lagi.
- hadits ini dhaif dan tidak boleh dibuat hujjah tetapi maknanya benar berdasarkan riwayat sahih lain dan berdasarkan kenyataan yg berlaku begitu keadaan umat Islam
- akibat tidak hijrah, umat Islam jadi hina.

Minit 32
٢١٢٤ - .حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ الْحَضْرَمِيُّ . حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ .حَدَّثَنِي بَحِيرٌ عَنْ خَالِدٍ يَعْنِي ابْنَ مَعْدَانَ عَنْ ابْنِ أَبِي قُتَيْلَةَ عَنْ ابْنِ حَوَالَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَصِيرُ الْأَمْرُ إِلَى أَنْ تَكُونُوا جُنُودًا مُجَنَّدَةً جُنْدٌ بِالشَّامِ وَجُنْدٌ بِالْيَمَنِ وَجُنْدٌ بِالْعِرَاقِ قَالَ ابْنُ حَوَالَةَ خِرْ لِي يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ فَقَالَ عَلَيْكَ بِالشَّامِ فَإِنَّهَا خِيرَةُ اللَّهِ مِنْ أَرْضِهِ يَجْتَبِي إِلَيْهَا خِيرَتَهُ مِنْ عِبَادِهِ فَأَمَّا إِنْ أَبَيْتُمْ فَعَلَيْكُمْ بِيَمَنِكُمْ وَاسْقُوا مِنْ غُدُرِكُمْ فَإِنَّ اللَّهَ تَوَكَّلَ لِي بِالشَّامِ وَأَهْلِهِ
2124. Telah menceritakan kepada kami Haiwah bin Syuraih Al Hadhrami, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, telah menceritakan kepadaku Bahir, dari Khalid yaitu Ibnu Ma'dan dari Ibnu Abu Qutailah dari Ibnu Hawalah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Keadaannya (urusan agama kamu)sampai kalian menjadi tentara-tentara yang terpisah-pisah(berpecah), pasukan di Syam, pasukan di Yaman, dan pasukan di Irak." Ibnu Hawalah berkata; pilihkan (tempat terbaik) untukku wahai Rasulullah apabila aku mendapati hal tersebut! Beliau berkata: "Hendaknya kalian menetap di Syam karena sesungguhnya Syam adalah bumi Allah yang paling terpilih, Allah memilih hamba-hamba pilihannya menuju kepadanya. Adapun jika kalian menolak maka hendaknya kalian menetap di Yaman, dan minumlah dari telaganya, karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Negeri Syam dan penduduknya."

- orang Islam akan berpecah beberapa kumpulan kerana berlakunya fitnah
- hadits ini hasanA
Akan jadi tempat terbaik, bila? tak diketahui.
- Syam bukan terbaik sepanjang masa.
-akan tiba satu  masa nanti bila Syam itu luas bukan seperti sekarang cuma Syria.
- jgn anggap Yaman eluk sepanjang masa.
Minit 37
-orang Ansar berasal dari Yaman.


٩ -  الجهاد » ٨٤١ -  في دوام الجهاد
9. Jihad » 841. Keberlangsungan jihad
(4)باب في دَوَامِ الْجِهَادِ
Bab berkekalan jihad.

٢١٢٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي يُقَاتِلُونَ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ عَلَى مَنْ نَاوَأَهُمْ حَتَّى يُقَاتِلَ آخِرُهُمْ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ
2125. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Hammad, dari Qatadah dari Mutharrif dari Imran bin Hushain, ia berkata; Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Akan senantiasa ada sekelompok dari umatku yang berperang di atas kebenaran dalam keadaan unggul (menang) atas orang-orang yang memusuhi mereka hingga orang terakhir diantara mereka memerangi Al Masih Dajjal."

-akan ada يُقَاتِلُونَ bukan bererti perang shj.
-makna bukan menang sentiasa ظَاهِرِينَ
-maksudnya ,menang dari segi hujjahnya
 ظَاهِرِينَ عَلَى مَنْ نَاوَأَهُمْ
-sentiasa menang dengan maksud  ajaran Islam akan sentiasa terjaga.

1jam
٩ -  الجهاد » ٨٤٢ -  في ثواب الجهاد
9. Jihad » 842. Pahala jihad
(5)باب في ثَوَابِ الْجِهَادِ
Bab pahala berjihad

٢١٢٦ - حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ.  حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ كَثِيرٍ. حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سُئِلَ أَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْمَلُ إِيمَانًا قَالَ رَجُلٌ يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ وَرَجُلٌ يَعْبُدُ اللَّهَ فِي شِعْبٍ مِنْ الشِّعَابِ قَدْ كُفِيَ النَّاسُ شَرَّهُ
2126. Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid Ath Thayalisi, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Katsir, telah menceritakan kepada kami Az Zuhri, dari 'Atha` bin Yazid dari Abu Sa'id, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau ditanya; siapakah orang mukmin yang paling sempurna keimanannya? Beliau bersabda: "Seseorang yang berperang di jalan Allah dengan jiwa dan hartanya, serta seseorang yang beribadah kepada Allah di sebuah lembah (dimana2 lereng atau gunung)dan orang-orang telah terhindar dari keburukannya (menyelamatkan kejahatannya)."
- dalam keadaan biasa dia tunaikan kewajipan2nya yg lain.
-menunaikan kewajipan terhadap Allah termasuk pergi berperang
- 1,dilereng gunung itu dizaman fitnah seperti berperang sesama Islam.
- 2,sama2 negara Islam berperang.
-3,byk fitnah mengugat iman 
- tak mesti lereng gunung maksudnya beruzlah.
-4, duduk dlm masyarakat atau duduk bersaorangan.
Jika ilmu diperlukan , tak boleh beruzlah.


٩ -  الجهاد » ٨٤٣ -  في النهي عن السياحة
9. Jihad » 843. Larangan untuk berpetualang
(6)باب في النَّهْيِ عَنِ السِّيَاحَةِ
Bab larangan  drp hidup dlm pertapaan.
Berhenti
٢١٢٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ التَّنُوخِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ . حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ائْذَنْ لِي فِي السِّيَاحَةِ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ سِيَاحَةَ أُمَّتِي الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
2127. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Utsman At Tanukhi Abu Al Jamahir, telah menceritakan kepada kami Al Haitsam bin Humaid, telah mengabarkan kepadaku Al 'Ala` bin Al Harits dari Al Qasim bin Abdurrahman dari Abu Umamah, bahwa seorang laki-laki berkata; wahai Rasulullah, izinkan aku untuk berkelana! Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Sesungguhnya pengelanaan (pengembaraan) umatku adalah berjihad di jalan Allah ta'ala."

٩ -  الجهاد » ٨٤٤ -  في فضل القفل في سبيل الله تعالى
9. Jihad » 844. Keutamaan kembali di jalan Allah
(7)باب في فَضْلِ الْقَفْلِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى

٢١٢٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُصَفَّى حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ . حَدَّثَنَا حَيْوَةُ عَنْ ابْنِ شُفَيٍّ عَنْ شُفَيِّ بْنِ مَاتِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ هُوَ ابْنُ عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَفْلَةٌ كَغَزْوَةٍ
2128. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mushaffa, telah menceritakan kepada kami Ali bin 'Ayyasy, dari Al Laits bin Sa'd, telah menceritakan kepada kami Haiwah, dari Ibnu Syufai dari Syufai bin Mati' dari Abdullah bin 'Amr dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau berkata: "Kembali dari bepergian adalah seperti berperang."


٩ -  الجهاد » ٨٤٥ -  فضل قتال الروم على غيرهم من الأمم
9. Jihad » 845. Keutamaan memerangi Romawi dari selain mereka
(8)باب فَضْلِ قِتَالِ الرُّومِ عَلَى غَيْرِهِمْ مِنَ الأُمَمِ

٢١٢٩ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَلَّامٍ . حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ فَرَجِ بْنِ فَضَالَةَ عَنْ عَبْدِ الْخَبِيرِ بْنِ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ جَاءَتْ امْرَأَةٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهَا أُمُّ خَلَّادٍ وَهِيَ مُنْتَقِبَةٌ تَسْأَلُ عَنْ ابْنِهَا وَهُوَ مَقْتُولٌ فَقَالَ لَهَا بَعْضُ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِئْتِ تَسْأَلِينَ عَنْ ابْنِكِ وَأَنْتِ مُنْتَقِبَةٌ فَقَالَتْ إِنْ أُرْزَأَ ابْنِي فَلَنْ أُرْزَأَ حَيَائِي فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ابْنُكِ لَهُ أَجْرُ شَهِيدَيْنِ قَالَتْ وَلِمَ ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لِأَنَّهُ قَتَلَهُ أَهْلُ الْكِتَابِ
2129. Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Sallam telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dari Faraj bin Fadhalah dari Abdul Khabir bin Tsabit bin Qais bin Syammas dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata; terdapat seorang wanita yang datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang dipanggil Ummu Khallad dengan menutupi wajahnya, ia bertanya mengenai anaknya yang terbunuh. Kemudian sebagian sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya; engkau datang bertanya mengenai anakmu sementara engkau menutup wajah. Kemudian ia berkata; apabila anakku terbunuh namun rasa maluku tidaklah terbunuh. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Anakmu mendapatkan pahala dua orang yang mati syahid." Wanita tersebut bertanya; kenapa demikian wahai Rasulullah? Beliau berkata: "Karena ia dibunuh oleh orang ahli kitab."








Sunan Abu Daud kitab jihad sesi 004t

840. Tinggal di Syam (3)باب في سُكْنَى الشَّامِ
841. Keberlangsungan jihad(4)باب في دَوَامِ الْجِهَادِ
Bab berkekalan jihad.

842. Pahala jihad(5)باب في ثَوَابِ الْجِهَادِ
Bab pahala jihad

843. Larangan untuk berpetualang(6)باب في النَّهْيِ عَنِ السِّيَاحَةِ
Bab larangan daripada hidup dalam bertapaan

844. Keutamaan kembali di jalan Allah
(7)باب في فَضْلِ الْقَفْلِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
Bab kelebihan pulang  dalam peperangan

845. Keutamaan memerangi Romawi dari selain mereka
(8)باب فَضْلِ قِتَالِ الرُّومِ عَلَى غَيْرِهِمْ مِنَ الأُمَمِ





Tiada ulasan:

Catat Ulasan