Sesi 20
Bab 53
Bab wuduk kerana tidur.
Perkara yg membatal wuduk
Perkara khilaf yg membatalkan wuduk.
Masalah batal wuduk ada berbagai pendapat
Rasa mengantuk dan tersengkup tidak dipanggil tidur
Tidur juga boleh bermimpi.
Mengantuk boleh lagi sedar ,tidak bermimpi dan masih dengar bila ada orang bercakap2
Mata/kesedaran pengikat dua dubur.
Ummdatuqari(aini)
Tidur tidak mbatalkan wuduk
Syed zakaria,cerita orang berdoa masa makbul,berilah aku keldai,tiba2 jupa tok penghulu anak keldai yg baru dilahirkan,dia jln sambil fikir aku minta keldai betullah dapat keldai tapi menyusahkan
Tidur atau tak sedar menyebabkan meminta yg tak patut.
Orang mengantuk tak akan mimpi tapi orang tidur boleh bermimpi
Beza antara mimpi dan mengantuk.
Jika posisinya seperti solat tapi diluar solat maka tidurnya membatalkan wuduk.
Tidur dalam solat apa pun kedudukan tidak batal wuduk.
Ada yg kata batal jika dok dlm rukuk dan sujud.dan ada yg kata tidak.
Kalu mengantuk tu membatalkan solat kenapa nabi suruh tidur,maknanya tidur tak sama dgn mengantuk.
Bab 54
Bab berwuduk tanpa berhadas.
Makna membarui bagi nabi wajib ketika hendak menunaikan solat dan bg umatnya sunat.apapun ini telah dibatalkan dan diganti dgn siwak sebelum solat.
🐓🐓
Sesi 20
باب الْوُضُوءِ مِنَ النَّوْمِ وَمَنْ لَمْ يَرَ مِنَ النَّعْسَةِ وَالنَّعْسَتَيْنِ أَوِ الْخَفْقَةِ وُضُوءًا:
Wudlu' karena ngantuk (saat shalat)
-ada pendapat yg kata batal wuduk dan yg kata tidak
-bagi bukhari mata adalah pengikat dua saluran ,qubul dan dubur
--jika hanya mengantuk belum batal wuduk bg bukhari dan batal bila tidur .
«212» حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ((إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّي فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لاَ يَدْرِي لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ)).
[تحفة 17147- 64/ 1].
Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Hisyam bin 'Urwah dari Bapaknya dari 'Aisyah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang dari kalian mengantuk saat shalat hendaklah ia tidur hingga hilang kantuknya, karena bila shalat dalam keadaan mengantuk ia tidak menyadari, mungkin ia bermaksud beristighfar padahal bisa jadi ia mencaci dirinya."
«213» حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ((إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاَةِ فَلْيَنَمْ حَتَّى يَعْلَمَ مَا يَقْرَأُ)).
[تحفة 953].
Telah menceritakan kepada kami Abu Ma 'mar berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Jika salah seorang dari kalian mengantuk saat shalat, hendaklah tidur (dahulu) hingga ia mengetahui apa yang ia baca."
👉ketika solat jika mengantuk hendaklah berhenti solat setelah menyudahkan dulu boleh dengan cara mempercepatkannya dengan meninggalkan bacaan sunat misalnya
الْوُضُوءِ مِنْ غَيْرِ حَدَثٍ:
Berwudlu' bukan karena berhadats
👉jika najis zahir kena hilangkan dulu.
👉jika ambil lebih 3x boros ,adakah berwuduk bukan kerana hadas boleh?
👉byk yg nak diberitahu.
Setiap kali nak solat wajib bg nabi,tiada istilah boros,ada yg kata sudah mansukh,tapi sunat tetap ada ditukar dgn siwak jadi wajib
👉tajdid wuduk adalah memperbarui wuduk yg tidak batal.,hukum sunat atau mustahab sahaja ,tidak membazir kerana wuduk sendiri adalah ibadah.
👉jumhur ,tidak perlu ambil wuduk
👉tajdid wuduk bg bukhari eluk pada keadaan yg ttt.
«214» حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرِو بْنِ عَامِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسًا (ح) قَالَ وَحَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ عَامِرٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ. قُلْتُ كَيْفَ كُنْتُمْ تَصْنَعُونَ قَالَ يُجْزِئُ أَحَدَنَا الْوُضُوءُ مَا لَمْ يُحْدِثْ.
[تحفة 1110].
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yusuf berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari 'Amru bin 'Amir berkata, aku mendengar Anas bin Malik berkata. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Sufyan berkata, telah menceritakan kepadaku 'Amru bin 'Amir berkata, aku mendengar Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berwudlu setiap kali akan shalat." Aku bertanya, "Bagaimana cara kalian melaksanakannya?" Anas bin Malik menjawab, "Setiap orang dari kami mencukupkan dengan sekali wudlu' selama tidak berhadats (batal)."
«215» حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ قَالَ: حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي بُشَيْرُ بْنُ يَسَارٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي سُوَيْدُ بْنُ النُّعْمَانِ قَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ خَيْبَرَ، حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالصَّهْبَاءِ، صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَصْرَ، فَلَمَّا صَلَّى دَعَا بِالأَطْعِمَةِ، فَلَمْ يُؤْتَ إِلاَّ بِالسَّوِيقِ، فَأَكَلْنَا وَشَرِبْنَا، ثُمَّ قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْمَغْرِبِ فَمَضْمَضَ، ثُمَّ صَلَّى لَنَا الْمَغْرِبَ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
[أطرافه 209، 298
Telah menceritakan kepada kami Khalid bin Makhlad berkata, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal telah menceritakan kepadaku Yahya bin Sa'id berkata, telah mengabarkan kepadaku Busyair bin Yasar berkata, telah mengabarkan kepadaku Suwaid bin An Nu'man berkata, "Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada tahun penaklukan Khaibar, hingga ketika kami sampai di suatu tempat bernama Shahba', beliau mengimami kami shalat Ashar. Selesai shalat beliau minta disajikan makanan, namun tidak ada kecuali makanan yang terbuat dari kurma dan gandum, lalu kami makan dan minum. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beranjak untuk melaksanakan shalat Maghrib, beliau berkumur lalu memimpin kami melaksanakan shalat maghrib tanpa berwudlu lagi."
Tiada ulasan:
Catat Ulasan