Isnin, Mei 28, 2018

Sunan Abu Daud kitab Puasa sesi 6

باب فِيمَنْ يَصِلُ شَعْبَانَ بِرَمَضَانَ:
Bab tentang orang menyambung syaban dan ramadan yakni puasa syaban dgn ramadan

٨ -  الصوم » ٧٦٦ -  فيمن يصل شعبان برمضان
8. Puasa » 766. Orang yang menyambung bulan Sya'ban dengan Ramadan

١٩٨٨ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال
َ لَا تُقَدِّمُوا صَوْمَ رَمَضَانَ بِيَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ صَوْمٌ يَصُومُهُ رَجُلٌ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الصَّوْمَ

1988. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Hisyam, dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah, dari
Abu Hurairah, dari
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Janganlah kalian mendahului puasa Ramadhan satu hari atau dua hari, kecuali puasa yang biasa dilakukan oleh seseorang, maka silahkan ia melakukan puasa tersebut!"
👉ini bab yg tak boleh dan selepas ini bab yg tak boleh berpuasa dihujung bulan syaban.
Asal ada dua ta ,la ta taqoddamu tapi dibuang satu ta
َ لَا تُقَدِّمُوا
Kalu dahulukan berpuasa َ لَا تُقَدِّمُوا
Kita dahulukan ramadan , ini makna zahir hadis ini.
Kalu kita niatkan puasa lain sehari atau dua hari sebelum,nabi saw tak bg kecuali puasa yg selalu diamalkan.
Orang menyambung syaban dan ramadan boleh jika ada sebab
1.biasa puasa
2.bernazar.
Kalu lebih dari sehari dua ,boleh.cuma sehari dua tak boleh.
Bab penyusuan,
Sekali kenyang dah sabit penyusuan..pegagan imam ahmad.
Sekali atau dua imlajah(masukkan puting kopek kedalam mulut)sudah dikira.

Nabi saw tak mahu umatnya masuk bulan ramadan dlm keadaan cergas.

Larangan puasa ini berhubung dgn puasa sunat.
Adapun puasa ferdu seperti nazar dan ganti boleh.bgmanapun tidak eluk.
Amalan wirid,(amalan yg dibuat  berterusan atau tetap)pun boleh, tak eluk dah jadi wirid tapi ditinggalkan .
Sebabnya lagi,sebab kita akan mendahului allah dan rasul.kerana allah dan rasul yg larang perkara itu.
Dan jika atas dasr yg dibenarkan tak mengapa.
Boleh berpuasa dgn sebab kita nampak anak bulan.
Nabi kata ..suk mu li ruk yati ...
Biasa bahasa arab anak bulan,anak tu dihilangkan jadi bulan.
Ini bukan kelebihan yg ada ,tetapi hanya kebetulan shj.

١٩٨٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ تَوْبَةَ الْعَنْبَرِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنْ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

1989. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Taubah Al 'Anbari dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah dari
Ummu Salamah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa ia tidak pernah berpuasa sunah satu bulan penuh kecuali Bulan Sya'ban, beliau menyambungnya dengan Ramadhan.
👉Ini untuk nabi saw shj.
Atau sampai dekat,bukan betul esukannya seperti sehari atau dua.
أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنْ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Kena kata illa syaban wa ramadan ,barulah dia betul2 sambung.
Tiada wa,adalah hampir sampai bukan sambung sepenuhnya.
Memandai2 ke?
Dalil hadis yg diriwayatkan oleh Aisyah...nabi puasa kebanyakan hari dlm bulan syaban .
Atau dia tak puasa lengkap kecuali ramadan .
Perawi tanya aisyah ,adakah nabi puasa penuh dlm bulan ramadan,jawab aisyah tidak pernah kecuali ramadan sampai dia mati.
Minit 42
Kalu nak kira paling byk nabi saw puasa selain bulan ramadan adalah bulan syaban.
Qul itu dgn maksud kebanyakannya.Iaiutunseharindan dua hari sebelum ramadan dia berhenti.
Sepanjang malam ...tak kan tak berhenti langsung..

👉Abu daud ada buat satu lagi bab dibawah ini,
Jadi perbuat 3bulan berturut2 tiada hadis langsung.
Bahkan saidina umar pukul tangan orang yg puasa bulan rejab.
Kenapa nabi saw banyak berpuasa dibulan syaban?
Kerana meraikan isteri2nya mengantikan puasa yg mereka tinggal  dibulan ramadan.
Dalil nabi saw tak wajib buat giliran isteri2 .
Kenapa nabi saw nak ajar begitu?
Kerana sebahagian lelaki yg tidak mendapat layanan dari isterinya.
Rahsia lelaki,angin ributnya boleh mari bila2 dan isteri perlu bersedia.
Selama ini isteri2nya jaga dia ,maka tiba masanya nabi saw  menjaga iserinya pula...inilah rahsia kenapa banyak berpuasa dibulan ramadan..

Tak serupa
Selepas solatbsunat subuh ,nabi saw berguling dulu..
Puak2 pakistan ramai yg berguling aring  didlm masjid.
Rupanya dia nak ambil sunnah kononya.
Iman malik dan ibnu umar tidak berpendapat begitu.bahkan ibnu umar baling orang yg berguling sedang ibnu umar akan sentiasa nak ikut nabi tapi dlm hal ini nabinsaw ada hal sendiri dan umatnyantidak mempunyai hal seperti nabi jadi jangan dibuat perkara itu.

Begitu juga tawaf haji dgn unta.nabi saw ada sebab ttt tawaf begitu.jangan kira zahir terus buat.

Ni sampai 3bulan berturut2 ..mana hadis?

Jadi ini apa makna ?ada  satu bab ,boleh dan satu bab ,tak boleh.

باب في كَرَاهِيَةِ ذَلِكَ:
Bab larangan berpuasa dgn menyambung syaban dan ramadan.
٨ -  الصوم » ٧٦٧ -  في كراهية ذلك

8. Puasa » 767. Kemakruhan hal tersebut

١٩٩٠ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ قَدِمَ عَبَّادُ بْنُ كَثِيرٍ الْمَدِينَةَ فَمَالَ إِلَى مَجْلِسِ الْعَلَاءِ فَأَخَذَ بِيَدِهِ فَأَقَامَهُ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلَا تَصُومُوا فَقَالَ الْعَلَاءُ اللَّهُمَّ إِنَّ أَبِي حَدَّثَنِي عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذَلِكَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ وَشِبْلُ بْنُ الْعَلَاءِ وَأَبُو عُمَيْسٍ وَزُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ الْعَلَاءِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَكَانَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ لَا يُحَدِّثُ بِهِ قُلْتُ لِأَحْمَدَ لِمَ قَالَ لِأَنَّهُ كَانَ عِنْدَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصِلُ شَعْبَانَ بِرَمَضَانَ وَقَالَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافَهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَلَيْسَ هَذَا عِنْدِي خِلَافُهُ وَلَمْ يَجِئْ بِهِ غَيْرُ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ

1990. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id, telah menceritakan kepada kami
Abdul Aziz bin Muhammad, ia berkata;
'Abbad bin Katsir datang ke Madinah kemudian ia datang ke Majelis Al 'Ala` dan menggandeng tangannya dan mengajaknya berdiri, kemudian berkata;
ya Allah, orang ini telah menceritakan dari ayahnya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata:
"Apabila telah berlalu setengah dari bulan Sya'ban, maka janganlah kalian berpuasa!" kemudian
Al 'Ala` berkata; ya Allah, sesungguhnya ayahku telah menceritakan kepadaku dari
Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti itu.(atas dasar ini tak eluk berpuasa setelah separuh kecuali wirid dia)
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Ats Tsuri, Syibl bin Al 'Ala`, Abu 'Umais, serta Zuhair bin Muhammad, dari Al 'Ala`.
Abu Daud berkata; dan Abdurrahman tidak menceritakannya.
Aku katakan kepada Ahmad; mengapa ia mengatakan menurutnya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyambung Sya'ban dengan Ramadhan sementara Abu Hurairah mengatakan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sesuatu yang menyelisihinya?
Abu Daud berkata; menurutku hal ini tidaklah menyelisihinya, dan tidak ada yang meriwayatkannya selain Al 'Ala` dari ayahnya.
👉puasa biasanya akan terasa peritnya diwaktu sebelah petang nak sungguh bg rasa shj bukan untuk menyiksa manusia.nak sungguh berfikir orang lain lapar  arau orang susah.nak suruh rasa lagi diwajibkan pula zakat fitrah pula.
Disebabkan lapar berbagai perkara boleh berlaku...mencuri
Fidyah...ini pun untuk memberi kepada yg lapar.
Jika sudah kalih dgn lapar bagaiman nak ingat perkara yg nabi saw suruh ingat.
Semua umat islam .sama caranya serentak sehati sejiwa..sama merasai.mengingati orang susah.hari raya disuruh pakai baju baru..bukan yg bersih seperti hari jumaat..nak baru macam mana?harganya berapa?
Hidup perlukan makanan dan pakaian .jadi hari raya semua sama.kan moleknya tu sungguh kemas peraturan agama,ahli fikir tak akan sampai kesitu.
Peraturan Yg lengkap seperti ini hanya dtg dari seorang nabi tidak mungkin  dari seorang ahli falsafah dan inilah nikmat yg agama bawa.
Ini kerja seorang nabi baru jadi ,jika tidak seorang betul2 boleh ikut begitu sekali?
Hadis ini yg ada yg kata sahih dan ada yg kata dhaif.

Suruh puasa juga tidak khusus untuk orang lain itu sahaja ..jika ada sebabnya.

Kemudian untuk menyokong dia bawa hadis afdalusiyam badaramadan..sebaik puasa selepas ramadan adalah  puasa dibulan syaban.tapi ini hadis dhaif juga.

Kepada orang puasa jadi letih..ada yg kata lagu ni.

Mullahalyuqari..jgn puasa bila separuh syaban kedua jika tiada sebab.larangan ini bukan haram tapi nak ajar yg lebih molek.sebab jika dah kalih hilang hikmatnya.
Atau melanggar perintah nabi saw.

Kata qadi...tak bg seba untuk yg jadi lemah seperti orang tak puasa pada hari arafah supaya dia jadi kuat untuk pergi mari dan berdoa.

Qadi iyad bercanggah dgn mazhabnya(malik) adalah makruh.
Harus tanpa makruh atas dasar hadis ini tidak sabit atau sahih atau untuk orang yg lemah.
Tapi ada yg kata sahih.
Imam tirmizi sahih dan hasan.
Ulamak muhaqiqin kata hadis ini sahih.
Takut lemah tak bg puasa,hukum ni nak ya ..kalu tak lemah termasuk juga ..Contoh kebenaran qasa dan jamak takut susah kalu tak susah boleh juga.
Jadi kalu tak lemah pun tak boleh.
Apa lagi buat dgn anggapan ada kelebihan bila buat masa tu.

Kebanyakan ulamak terima bukanlah haram berpuasa selepas separuh dari bulan syaban.

باب شَهَادَةِ رَجُلَيْنِ عَلَى رُؤْيَةِ هِلاَلِ شَوَّالٍ:
٨ -  الصوم » ٧٦٨ -  شهادة رجلين على رؤية هلال شوال...

8. Puasa » 768. Kesaksian dua orang laki-laki untuk (tentang nampak anak bulan)hilal syawal
١٩٩١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ أَبُو يَحْيَى الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا عَبَّادٌ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ الْحَارِثِ الْجَدَلِيُّ مِنْ جَدِيلَةَ قَيْسٍ أَنَّ أَمِيرَ مَكَّةَ خَطَبَ ثُمَّ قَالَ عَهِدَ إِلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَنْسُكَ لِلرُّؤْيَةِ فَإِنْ لَمْ نَرَهُ وَشَهِدَ شَاهِدَا عَدْلٍ نَسَكْنَا بِشَهَادَتِهِمَا فَسَأَلْتُ الْحُسَيْنَ بْنَ الْحَارِثِ مَنْ أَمِيرُ مَكَّةَ قَالَ لَا أَدْرِي ثُمَّ لَقِيَنِي بَعْدُ فَقَالَ هُوَ الْحَارِثُ بْنُ حَاطِبٍ أَخُو مُحَمَّدِ بْنِ حَاطِبٍ ثُمَّ قَالَ الْأَمِيرُ إِنَّ فِيكُمْ مَنْ هُوَ أَعْلَمُ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ مِنِّي وَشَهِدَ هَذَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَوْمَأَ بِيَدِهِ إِلَى رَجُلٍ قَالَ الْحُسَيْنُ فَقُلْتُ لِشَيْخٍ إِلَى جَنْبِي مَنْ هَذَا الَّذِي أَوْمَأَ إِلَيْهِ الْأَمِيرُ قَالَ هَذَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ وَصَدَقَ كَانَ أَعْلَمَ بِاللَّهِ مِنْهُ فَقَالَ بِذَلِكَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1991. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahim Abu Yahya Al Bazzaz, telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Sulaiman, telah menceritakan kepada kami 'Abbad, dari Abu Malik Al Asyja'i, telah menceritakan kepada kami
Husain bin Al Harits Al Jadali yang berasal dari Jadilah Qais, bahwa Amir Mekkah telah berkhutbah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berwasiat kepada kami agar berkurban ketika melihat hilal, dan apabila kami tidak melihatnya dan terdapat dua orang adil yang bersaksi maka kami berkurban dengan persaksian mereka berdua.
Kemudian aku bertanya kepada Al Husain bin Al Harits, siapakah Amir Mekkah tersebut? Ia berkata; saya tidak tahu. Kemudian ia bertemu denganku setelah itu dan berkata; ia adalah Al Harits bin Hathib saudara Muhammad bin Hathib. Kemudian Amir tersebut berkata; sesungguhnya diantara kalian terdapat orang yang lebih mengetahui mengenai Allah dan rasulNya daripada diriku.
Dan orang ini telah menyaksikan hal ini dari Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam. Amir tersebut menunjuk dengan tangannya kepada seorang laki-laki.
Al Husain berkata; aku bertanya kepada orang tua yang ada di sampingku; siapakah orang yang ditunjuk oleh Amir tersebut?
Ia berkata; orang ini adalah Abdullah bin Umar, dan Amir tersebut benar. Ia adalah orang yang lebih tahu mengenai Allah daripada dirinya.
Ibnu Umar berkata; demikianlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami.

١٩٩٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ وَخَلَفُ بْنُ هِشَامٍ الْمُقْرِئُ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اخْتَلَفَ النَّاسُ فِي آخِرِ يَوْمٍ مِنْ رَمَضَانَ فَقَدِمَ أَعْرَابِيَّانِ فَشَهِدَا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّهِ لَأَهَلَّا الْهِلَالَ أَمْسِ عَشِيَّةً فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّاسَ أَنْ يُفْطِرُوا زَادَ خَلَفٌ فِي حَدِيثِهِ وَأَنْ يَغْدُوا إِلَى مُصَلَّاهُمْ

1992. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, serta Khalaf bin Hisyam Al Muqri`, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami
Abu 'Awanah dari Manshur dari Rib'i bin Hirasy dari seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata; orang-orang berselisih mengenai akhir hari Ramadhan. Kemudian terdapat dua orang badui yang datang dan memberikan persaksian di hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan nama Allah, sungguh mereka telah menyaksikan Hilal kemarin sore.
Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan orang-orang agar berbuka. Khalaf menambahkan dalam haditsnya; dan agar mereka pergi ke lapangan.

باب في شَهَادَةِ الْوَاحِدِ عَلَى رُؤْيَةِ هِلاَلِ رَمَضَانَ:
Kesaksian satu orang nampak anak bulan ramadan.
٨ -  الصوم » ٧٦٩ -  في شهادة الواحد على رؤية هلال رمضان

8. Puasa » 769. Kesaksian satu orang laki-laki untuk hilal ramadan

١٩٩٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكَّارِ بْنِ الرَّيَّانِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ أَبِي ثَوْرٍ ح و حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ يَعْنِي الْجُعْفِيَّ عَنْ زَائِدَةَ الْمَعْنَى عَنْ سِمَاكٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنِّي رَأَيْتُ الْهِلَالَ قَالَ الْحَسَنُ فِي حَدِيثِهِ يَعْنِي رَمَضَانَ فَقَالَ أَتَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ أَتَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ قَالَ نَعَمْ قَالَ يَا بِلَالُ أَذِّنْ فِي النَّاسِ فَلْيَصُومُوا غَدًا

1993. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bakkar bin Ar Rayyan, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Abu Tsaur, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada kami
Al Husain Al Ju'fi dari Zaidah secara makna, dari
Simak, dari
Ikrimah dari
Ibnu Abbas, ia berkata; seorang badui telah datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; sesungguhnya aku telah melihat Hilal -Al Hasan dalam haditsnya mengatakan; yaitu Hilal Ramadhan-, kemudian beliau berkata; apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah disembah kecuali Allah?
Ia berkata; ya. Beliau berkata; apakah engkau bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah? Ia berkata; ya. Beliau berkata; wahai Bilal, umumkan kepada orang-orang agar mereka berpuasa besok.

١٩٩٤ - حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ عِكْرِمَةَ أَنَّهُمْ شَكُّوا فِي هِلَالِ رَمَضَانَ مَرَّةً فَأَرَادُوا أَنْ لَا يَقُومُوا وَلَا يَصُومُوا فَجَاءَ أَعْرَابِيٌّ مِنْ الْحَرَّةِ فَشَهِدَ أَنَّهُ رَأَى الْهِلَالَ فَأُتِيَ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَتَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ قَالَ نَعَمْ وَشَهِدَ أَنَّهُ رَأَى الْهِلَالَ فَأَمَرَ بِلَالًا فَنَادَى فِي النَّاسِ أَنْ يَقُومُوا وَأَنْ يَصُومُوا قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ جَمَاعَةٌ عَنْ سِمَاكٍ عَنْ عِكْرِمَةَ مُرْسَلًا وَلَمْ يَذْكُرْ الْقِيَامَ أَحَدٌ إِلَّا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ

1994. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Hammad dari
Simak bin Harb dari
Ikrimah bahwa mereka pada suatu kali merasa ragu mengenai hilal Ramadhan, kemudian mereka berkeinginan untuk tidak melakukan shalat malam dan tidak berpuasa.
Lalu terdapat seorang badui datang dari Al Harrah dan bersaksi bahwa ia telah melihat Hilal, kemudian ia dihadapkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau berkata: "Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku adalah Rasulullah?" Orang tersebut berkata; ya. Dan ia bersaksi bahwa dia telah melihat Hilal, lalu beliau memerintahkan Bilal agar mengumumkan diantara manusia agar mereka melakukan shalat malam dan berpuasa. Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh sekelompok orang dari Simak, dari Ikrimah secara mursal, dan tidak ada seorangpun yang menyebutkan "shalat malam" kecuali Hammad bin Salamah.

1995. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid serta Abdullah bin Abdurrahman As Samarqandi, dan aku lebih yakin kepada haditsnya, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Marwan bin Muhammad dari Abdullah bin Wahb dari Yahya bin Abdullah bin Salim dari Abu Bakr bin Nafi' dari ayahnya dari
Ibnu Umar, ia berkata; orang-orang berusaha untuk melihat hilal, kemudian aku beritahukan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa aku telah melihatnya.
Kemudian beliau berpuasa dan memerintahkan orang-orang agar berpuasa.

Minit 9

Tiada ulasan:

Catat Ulasan