Jumaat, Mei 25, 2018

Sunan Abu Daud kitab puasa sesi 4

باب إِذَا أَخْطَأَ الْقَوْمُ الْهِلاَلَ:
Ini bab kalau orang tersalah melihat anak bulan.
(Alah ko dulu atau alah ko kedian)
Apa hukumnya?

٨ -  الصوم » ٧٦٠ -  إذا أخطأ القوم الهلال
8. Puasa » 760. Jika orang-orang salah menentukan hilal

١٩٧٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ فِي حَدِيثِ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ذَكَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهِ
قَالَ وَفِطْرُكُمْ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَأَضْحَاكُمْ
يَوْمَ تُضَحُّونَ
وَكُلُّ عَرَفَةَ مَوْقِفٌ
وَكُلُّ مِنًى مَنْحَرٌ
وَكُلُّ فِجَاجِ مَكَّةَ مَنْحَرٌ
وَكُلُّ جَمْعٍ مَوْقِفٌ

1979. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Ubaid, telah menceritakan kepada kami Hammad dalam hadits Ayyub dari Muhammad bin Al Munkadir dari
Abu Hurairah,
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan padanya,
beliau berkata:
"Dan Fithri kalian adalah hari kalian berbuka,
adlha kalian adalah hari kalian menyembelih, dan seluruh 'Arafah adalah tempat berwukuf, seluruh Mina adalah tempat menyembelih, dan seluruh jalan Mekkah adalah tempat untuk menyembelih dan seluruh Muzdalifah adalah tempat wukuf."
👉Riwayat ini yg akan dikemuka kan adalah hadis ringkas فِي حَدِيثِ
Nak lengkap hadis tengok tempah lain.
Hari kamu berbuka وَفِطْرُكُمْ يَوْمَ تُفْطِرُونَ hari kamu tak puasa.
Bagaimana kalu hari tu hari tersalah?macam mana?.tak apa dimaafkan kita.sebab tersilap.
Hari berkorban يَوْمَ تُضَحُّونَ tersalah wukuf pada hari lain?
Raya hari ke11,contohnya ,kira jadi ,tuhan terima.
Terbukti kemudiannya 29@30.
Begitu juga haji hari arafah.,wukuf hari ke10.tak apa.
Kita mula berpuasa adalah bersama jemaah!tak payah sibuk.kalu salah tak apa ,tidak termasuk kategori cuai.
Ikut yg diisyiharkan.
Ini hukum disisi allah.kalu nak detail tengok kitab fekah.
Ini khilaf ,jika takmcukup ,gantikan hari lain.ini masalah puasa ,masalah raya dah kira jadi tak perlu ganti.

Tempat wukuf adalah diarafah .
setiap bhg mina adalah tempat sembelih.
Minit 23
Jamin disini maksud muzdalifah.
Bukan syarat kena maukif tempat nabi shj .
Hadis dipertikaikan atau tidak terima.
Abu daud  termasuk imam yg terima dan kandungan dia ada hadis lain,itulah sebabnya dia bawa hadis ni
Dan dia bawa hadis ni untuk nak ajar kita kenapa hadis ini diterima..
Bakpo hadis ni tak boleh pakai atau dipertikai oleh ulamak?
Sebab Muhammad bin Al Munkadir tak sempat ke jumpa dari Abu Hurairah.kan dia kata an abi hurairah .tak mesti
Kalu ore ngaji molek,bila an tu belum pasti lagi dia terima secara langsung itu riwayat secara anak2,dia tak berdusta tapi dia ada orang lain tapi dia tak sebut .boleh begitu.dan tidak menunjukan dia ambil secara langsung.kecuali kalu dia kata hadasani abu hurairah ,barulah tak betul atau orang tak pakai dah lah lain kali.

Imam tirmizi pernah tanya imam bukhari ,adakah muhamad bin al munkadir sempat tanya sesuatu dari aisyah.kata imam bukhari ,ya ada dengar.lepas tu dia(tirmizi) kata dia ambil drp harun bin muhamad yakni mati pada tahun 131 hijrah dan ali ilmimadini meriwayatkan umur Muhammad bin Al Munkadir=76th.Jadi saya buat kesimpulan tarikh  kelahiran dia sebelum tahun 60 sikit jah.ini bermakna riwayat mereka hok dari aisyah ,abu hurairah adalah riwayat mursalah ,sebab umur dia .katalah dia lahir 58@59 umur dia baru 2tahun,bukan umur menerima hadis,ore tak pakai.abu hurairah mati tahun 59,lagu mana nak dan.ada ko budak umur setahun terima hadis.Aisyah pula dulu lagi mati.jadi ada khilaf yg imam bukhari kata dan dengar.masalah umur ni tak dicatat dgn sebaik2nya.
Riwayat mursal adalah dhaif.sebab dia tak ambil dari hurairah.siapa yg dicelah tu.selagi tak keluar tak boleh terima.Pah imam bukhari kata tu?
Imam bukhari tak selidik ko?
Adakah dia tersalah atau hok dia betul?
Sempat ko terima  dr aisyah?
Kalu kita kata saluran hadis ini dhaif,hadis ni bukan diriwayatkan oleh dia sahaja,ramai lagi yg meriwayatkannya sebab tu yg ulamak pakai walaupun melalui saluran ni dhaif.
Kalu tak bawa yg ini baru boleh dibincang peekatpra muhamad bin munkadir.
Kan dah tau kalu dlm bab hukum hadis sekurang2nya hasan kenapa bawa mati juga..tak leh kat gitu dah lah.
Dalam abu daud , hadis  yg mauduk pun ada pah dlm ibnu majah pun ada ,pah bakpo ore kata sunan sittah ni lebih sangat.yg lebih itu adalah untuk buat belajar.sebagai sukatan pengajian.bukan hadisnya semua sahih.

Minit 35
Sunan ni adalah bab fekah sekurang2nya mesti hasan.

باب إِذَا أُغْمِيَ الشَّهْرُ:
Bab apabila anak bulan tidak kelihatan.

٨ -  الصوم » ٧٦١ -  إذا أغمي الشهر
8. Puasa » 761. Jika bulan tidak terlihat.

١٩٨٠ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَيْسٍ قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا تَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَتَحَفَّظُ مِنْ شَعْبَانَ مَا لَا يَتَحَفَّظُ مِنْ غَيْرِهِ
ثُمَّ يَصُومُ لِرُؤْيَةِ رَمَضَانَ
فَإِنْ غُمَّ عَلَيْهِ عَدَّ ثَلَاثِينَ يَوْمًا
ثُمَّ صَامَ

1980. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Mahdi, telah menceritakan kepadaku Mu'awiyah bin Shalih dari Abdullah bin Abu Qais, ia berkata; saya mendengar
Aisyah radliallahu 'anha berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memperhatikan Bulan Sya'ban tidak seperti perhatian beliau kepada selainnya,
kemudian beliau berpuasa karena melihat Ramadhan, apabila terhalang untuk melihatnya maka beliau menggenapkan bilangan tiga puluh hari kemudian beliau berpuasa.
👉Maksud يَتَحَفَّظُtu ambil berat bilangan hari bulan syaban ,itu lah sebenarnya bukannya puasa 3bulan berturut2.
Ini cara nabi saw berpuasa.

١٩٨١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ الضَّبِّيُّ عَنْ مَنْصُورِ بْنِ الْمُعْتَمِرِ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُقَدِّمُوا الشَّهْرَ حَتَّى تَرَوْا الْهِلَالَ أَوْ تُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
ثُمَّ صُومُوا
حَتَّى تَرَوْا الْهِلَالَ
أَوْ تُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَاهُ سُفْيَانُ وَغَيْرُهُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ رِبْعِيٍّ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَمْ يُسَمِّ حُذَيْفَةَ

1981. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash Shabbah Al Bazzar, telah menceritakan kepada kami Jarir bin Abdul Hamid Adh Dhabbi dari Manshur bin Al Mu'tamir, dari Rib'i bin Hirasy dari
Hudzaifah, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Janganlah kalian mendahului bulan hingga melihat Hilal, atau kalian menyempurnakan bilangan,
kemudian berpuasalah hingga kalian melihat Hilal atau menyempurnakan bilangan."
Abu Daud berkata; dan hadits tersebut telah diriwayatkan oleh Sufyan dan yang lainnya, dari
Manshur dari Rib'i dari seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan ia tidak menyebutkan Hudzaifah.

👉bulan ramadan bermula, bila telah nampak anak bulan.tak boleh mendahulukan bulan.
Alif ada 12 makna
Salah satu alif lam ganti.
Hu pada الْعِدَّةَ adalah bulan 30
باب إِذَا أُغْمِيَ الشَّهْرُ:
Jika tak nampak,maka hendaklah menyempurnakan 30hari.

باب مَنْ قَالَ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَصُومُوا ثَلاَثِينَ
Bab orang yg berpendapat jika kamu terlindung oleh roma atau awan atau sebagainya,maka kamu berpuasa 30hari.sebagai mencukupkan bilangan bulan.

٨ -  الصوم » ٧٦٢ -  من قال فإن غم عليكم فصوموا ثلاثين

8. Puasa » 762. Pendapat yang mengatakan "Jika kalian tertutup awan maka berpuasalah tiga puluh hari"

١٩٨٢ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ
حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ سِمَاكٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُقَدِّمُوا الشَّهْرَ بِصِيَامِ يَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ شَيْءٌ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ وَلَا تَصُومُوا حَتَّى تَرَوْهُ ثُمَّ صُومُوا حَتَّى تَرَوْهُ فَإِنْ حَالَ دُونَهُ غَمَامَةٌ فَأَتِمُّوا الْعِدَّةَ ثَلَاثِينَ ثُمَّ أَفْطِرُوا وَالشَّهْرُ تِسْعٌ وَعِشْرُونَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ حَاتِمُ بْنُ أَبِي صَغِيرَةَ وَشُعْبَةُ وَالْحَسَنُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ سِمَاكٍ بِمَعْنَاهُ لَمْ يَقُولُوا ثُمَّ أَفْطِرُوا قَالَ أَبُو دَاوُد وَهُوَ حَاتِمُ بْنُ مُسْلِمٍ ابْنُ أَبِي صَغِيرَةَ وَأَبُو صَغِيرَةَ زَوْجُ أُمِّهِ

1982. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada kami Husain, dari Zaidah dari Simak dari Ikrimah dari
Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian mendahului bulan dengan puasa satu hari ataupun dua hari(yakni sebelum masuk bulan yg sebenarnya)kecuali salah seorang diantara kalian biasa melakukannya, dan janganlah kalian berpuasa hingga melihatnya (hilal), kemudian berpuasalah hingga kalian melihatnya(yakni anak bulan syawal)
Kemudian apabila terhalang oleh awan maka sempurnakan hitungan menjadi tiga puluh hari. Kemudian berbukalah! Satu bulan adalah dua puluh sembilan."
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Hatim bin Abu Shaghirah serta
Syu'bah, dan Al Hasan bin Shalih dari Simak semakna dengannya, mereka tidak mengatakan;
kemudian berbukalah!
Abu Daud berkata; ia adalah Hatim bin Muslim anak Abu Shaghirah, sementara Abu Shaghirah adalah suami ibunya.
👉Nabi saw larang sehari sebelum ramadan atau dua hari sebab itu adalah hari syak.
Macam nak cepat bulan ramadan.bab ibadat seperti yg ugama ajar bukan atas bercermat.
Nanti jadi biasa dah lapar.bila lapar akan fikir tentang orang miskin.
Jadi diwajibkan zakat fitrah.
Tempat istimewA abu daud bila kata abu daud...
👉Abu Daud berkata; ia adalah Hatim bin Muslim anak Abu Shaghirah, sementara Abu Shaghirah adalah suami ibunya.
HR nasaei,ko la abu abdul rahman....tujuan nasaei buat hadis dia untuk menyatakan kecacatan sesuatu hadis pada matan atau sanad sedang zahirnya nampak sahih
Simak ini molek orang nya  tapi dia melakukan tadlis dan dlm satu peringkat dia nyanyuk.syubah anak simak yg tak ambil hadis semasa dia nyanyuk.

Ada dan tiada ثُمَّ أَفْطِرُوا.

باب في التَّقَدُّمِ:
Ini bab berpuasa sebelum nampak anak bulan ramadan.

٨ -  الصوم » ٧٦٣ -  في التقدم

8. Puasa » 763. Penjelasan tentang mendahului

١٩٨٣ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ وَسَعِيدٍ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي الْعَلَاءِ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِرَجُلٍ هَلْ صُمْتَ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ شَيْئًا قَالَ لَا قَالَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمًا
وَقَالَ أَحَدُهُمَا يَوْمَيْنِ

1983. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Hammad dari Tsabit dari Mutharrif dari 'Imran bin Hushain serta Sa'id Al Jurairi, dari Abu Al 'Ala`, dari Mutharrif dari
Imran bin Hushain bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepada seorang laki-laki;
apakah engkau berpuasa pada Bulan Sya'ban?
Ia berkata; tidak.
Beliau berkata; apabila engkau berbuka maka berpuasalah satu hari. Salah seorang diantara mereka berdua mengatakan; dua hari.

١٩٨٤ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْعَلَاءِ الزُّبَيْدِيُّ مِنْ كِتَابِهِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِي الْأَزْهَرِ الْمُغِيرَةِ بْنِ فَرْوَةَ قَالَ قَامَ مُعَاوِيَةُ فِي النَّاسِ بِدَيْرِ مِسْحَلٍ الَّذِي عَلَى بَابِ حِمْصَ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا قَدْ رَأَيْنَا الْهِلَالَ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا وَأَنَا مُتَقَدِّمٌ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَفْعَلَهُ فَلْيَفْعَلْهُ قَالَ فَقَامَ إِلَيْهِ مَالِكُ بْنُ هُبَيْرَةَ السَّبَئِيُّ فَقَالَ يَا مُعَاوِيَةُ أَشَيْءٌ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ شَيْءٌ مِنْ رَأْيِكَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صُومُوا الشَّهْرَ وَسِرَّهُ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدِّمَشْقِيُّ فِي هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ قَالَ الْوَلِيدُ سَمِعْتُ أَبَا عَمْرٍو يَعْنِي الْأَوْزَاعِيَّ يَقُولُ سِرُّهُ أَوَّلُهُ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ حَدَّثَنَا أَبُو مُسْهِرٍ قَالَ كَانَ
سَعِيدٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ يَقُولُ سِرُّهُ أَوَّلُهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَقَالَ بَعْضُهُمْ سِرُّهُ وَسَطُهُ وَقَالُوا آخِرُهُ

1984. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al 'Ala` Az Zubaidi dari kitabnya, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al 'Ala`, dari
Abu Al Azhar Al Mughirah bin Firwah,
ia berkata; Mu'awiyah berdiri diantara orang-orang di Dair Mishal yang berada di depan pintu Himsh(satu bandar disyria )ia berkata; wahai para manusia;
sesungguhnya kami telah melihat Hilal pada hari ini dan ini, dan aku akan mendahului.
Barang siapa yang ingin melakukannya maka hendaknya ia melakukannya.
Al Mughirah berkata;
kemudian Malik bin Hubairah As Sabai berdiri di sampingnya dan berkata;
wahai Mu'awiyah, apakah hal tersebut sesuatu yang engkau dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atau sesuatu yang berasal dari pendapatmu? Ia berkata; aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam.
Mereka berkata; berpuasalah pada bulan tersebut dan sirrnya (awalnya).
Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Abdurrahman Ad Dimasyqi, mengenai hadits ini, ia berkata; Al Walid berkata; saya mendengar
Abu 'Amr Al Auza'i berkata; sirrnya yaitu awalnya.
Abu Daud berkata (sanad satu lagi) sebagian mereka mengatakan sirrnya adalah pertengahannya, sedangkan yang lain mengatakan; akhirnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan