Selasa, Jun 05, 2018

Sunan Abu Daud kitab puasa sesi 13

باب في الصَّائِمِ يَحْتَجِمُ:
Ini bab orang yg berpuasa berbekam.

٨ -  الصوم » ٧٨٤ -  في الصائم يحتجم
8. Puasa » 784. Orang yang berpuasa melakukan bekam

٢٠٢٠ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ
حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ هِشَامٍ
ح
و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ جَمِيعًا
عَنْ يَحْيَى
عَنْ أَبِي قِلَابَةَ
عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ يَعْنِي الرَّحَبِيَّ
عَنْ ثَوْبَانَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ
قَالَ شَيْبَانُ أَخْبَرَنِي أَبُو قِلَابَةَ أَنَّ أَبَا أَسْمَاءَ الرَّحَبِيَّ حَدَّثَهُ أَنَّ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى قَالَ
حَدَّثَنِي أَبُو قِلَابَةَ الْجَرْمِيُّ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ
أَنَّ شَدَّادَ بْنَ أَوْسٍ بَيْنَمَا هُوَ يَمْشِي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ

2020. Telah menceritakan kepada kami
Musaddad, telah menceritakan kepada kami
Yahya dari Hisyam, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Hasan bin Musa, telah menceritakan kepada kami Syaiban, dari
Yahya dari
Abu Qilabah, dari
Abu Asma` Ar Rahabi dari
Tsauban dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda:
"Telah batal puasa orang yang berbekam dan orang yang dibekam."
Syaiban berkata; telah mengabarkan kepadaku
Abu Qilabah bahwa
Asma` Ar Rahabi telah menceritakan kepadanya bahwa Tsauban mantan budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengabarkan kepadanya bahwa ia telah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Hasan bin Musa, telah menceritakan kepada kami Syaiban dari
Yahya, ia berkata; telah menceritakan kepadaku
Abu Qilabah Al jarmi, bahwa ia telah mengabarkan kepadanya bahwa
Syaddad bin Aus ketika berjalan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ….. kemudian ia menyebutkan seperti itu.
👉Maksud abu daud nak bincangkan satu masalah yg khilaf diantara ulamak ,ada yg kata boleh dan ada yg kata tak boleh.
👉Kitab sunan adalah mengenai fekah yg bertujuan nak kemukakan  dalil bg masing2 ulamak yg khilaf.
jika bg imam abu daud lebih kepada dalil dan imam tirmizi pula nak menunjukan lebih tentang khilaf .

Disini ada dua keadaan

Satu ,dalil2 boleh berbekam
Dan satu lagi dalil2 tidak boleh berbekam.
Dalil kedua2 golongan .

Nak ngaji hadis kena faham sanad...penting untuk orang yg belajar sanad.

Saluran pertama
Imam Abu Daud ambil dari
Musadadd ambil Yahya.
Yahya ambil dari Hisyam,
lepas tu ada ha.ha ini bermakna takwil sanad,disini berubah sanad.
Imam abu daud nak bg tau saluran lain pula.
tadi saluran yg pertama.

lepas pada ha ni saluran yg kedua
Iman abu daud ambil
imam ahmad bin hambal.imam ahmad tu lah ,yg masyhur tok guru kepada imam abu daud.
Imam abu daud ambil dari imam ahmad.imam ahmad ambil dari
hasan bin musa.
Hasan bin Musa pula ambil dari Syaiban.

Semua sekali ,kedua2nya,Hisyam dan Syaiban mengambil dari Yahya.
Disitu bertemu sanad ,dua saluran itu bertemu disitu.
Alek atas bertemu disitu sanad.alek bawah itu yg bercabang.alek atas serupa.

Yahya ambil dari
Abu Qilabah ambil dari
Abu Asma yakni Ar Rahabi (maksudnya  Ar Rahabi sebab asalnya masa ambil riwayat ini tok guru tak sebut abu asma arrahabi begitu,disebut maksudnya abu asma arrahabi supaya tak terkeliru) ambil
Tsauban ambil dari nabi saw..ini sanad dia...

Bg orang yg ngaji hadis sanad dia sangat penting bahkan muslim buat dlm muslim dia bahas kepentingan sanad..
Macam yakni ..perawi asal tak sebut..Pecah cabang ..apa faedahnya...

Contoh
Yahya ambil dari Hisyam dipanggil riwayat secara anakanak sebab lafaz an disitu bukan akhbaro ..saluran pertama

Kita tengok pula Saluran yg kedua,dia tulis na .maksudnya hadasana.
Ahmad bin Hambal ambil dari
Hasan bin Musa ambil dari Syaiban pun na juga.ambil dari
Yahya ambil dari
Abu Qilabah ambil dari
Abu Asma Ar Rahabi ambil
Tsauban ambil dari nabi saw

... ini riwayat secara tahdis ,ia lebih kuat dan dapat menyokong saluran pertama yg orang pertikaikan terutama perawinya mudalis.
Sanad yg tiada keraguan atau putusnya sanad itu tiada.

Itu lah faedah Sanad banyak .
Sanad penting dlm belajar hadis.
Maksud yakni ..
apa guna pecah sanad...faedahnya banyak

...syarah hadis..menyenangkan...maksud pengaran hadis nak royat perbezaan ulamak..tapi tak royat siapa yg berbeza pendapat...ini ada dlm syarah hadis

Jumhur ulamak tidak  kata tak batal puasa orang yg berbekam.

Ada juga yg kata batal berdasarkan hadis ni...zahir hadis kata sudah berbuka puasa..pembekam dan dibekam...ini syahr kena qada dan bayar kafarah...nak fatwa untuk orangramai tak boleh..

(Ahmad bin Hambal
Hasan bin Musa
Syaiban
Yahya
Abu Qilabah Aljarmi
Syadad bin Aus)

Tokoh2 dlm mazhab syafie..ibnu khuzaimah,ibnu hibban ..imam syafie sendiri(qaul qadim)
mengantungkan kepada kesahihan hadis ini.,jika hadis ini sahih maka terbatal,
kaji2 ada latarbelakang yg mengalihkan hukum..yg berbekàm dan dibekam terbatal pahala sebab dok mengumpat.paling tinggi buat berbekam ini makruh.

Satu lagi contoh,
Kalu bersentuhan dgn bini,batal?
Kalu makbat bin mubatab itu molek,maka tak bàtal...
Imam syafie tak kenal molek perawi hadis nabi cium aisyah tu...dia gantung kalu perawi tu molek..maka tak batal.

Ramai yg tak faham jadi terlajak..ingat semua orang alim atau imam itu segala2nya dia tahu.
Orang kemudian tak tahu apa kelayakan berijtihad.
Pada imam2 kata dia tak tahu jika dia tak tahu..kepitusan setakat apa yg dia tahu..
Kadang2 orang kemudian tahu lebih baik orang yg kemudian10X dari yg dulu tapi tak diiktiraf oleh orang yg semasa.

Adaudi juga berpendapat begitu juga.

Ini kitab  bidayatul mujtahid(kitab yg ringkas),karangan ibnu rushd(alim besar,àhli falsafah,ulamak hadis besar,seorang hakim dan doktor ,kitab yg mula2 bg seorang yg nak jadi mujtahid.
Ibnu rushd mengarang lebih dari 200 kitab.
kitab  ini kata ada 3 mazhab:
1.batal puasa.tidak berbekam itu wajib...
2.makruh bg orang yg berpuasa.
3.tak batal dan  tak makruh
Dan dia bg tau kenapa  khilaf.
Seorang yg kuat membaca.
Sebab khilaf ulamak kerana atsar yg berbeza2.
Hadis tsauban dihukum sahih oleh imam ahmad ,imam syafie dia gantungkan.sebab itu imam ahmad  pegang hadis ini.
Nabi sendiri berbekam ,nabi tak buat perkara  makruh usahkan haram dan perbuatan ini untuk menunjukan ianya harus.(jangan kamu batalkan amalan2kamu..quran kata..nabi tak akan langgar)
Seperti nabi kencing berdiri..bukan nak tunjuk molek tapi harus shj.
Minit 32.
Hadis yg menunjukan tak boleh berbekam,adalah makruh kerana berbekam dgn mulut ini terdedah kepada membatalkan puasa.
Kaedah tarjeh,pilih yg lebih sahih...bila kedua2nya sahih.
Kedua pakai kaedah jamak...
Sebab ,Letih atau terdedah..
Kaedah ketiga balik kepada asal..yg mana nasikh dan mansukh ..tak pakai kedua2..
Asal berbekam ,boleh jadi boleh...kaedah baroah asliyah(balik kepada yg asal)...yg dipakai oleh malik.
Dlm bab Letak tangan lepas(ketika solat kaedah asal..tangan kita dok lagu mana?),....semua ada hadis belaka...jadi balik kepada  kaedah baroah asliyah(yg asal)..letak tangan ke bawah....

Hadis tsauban menyabitkan hukum
Hadis ibnu Abbas mengankat hukum itu.

Ada yg tarjih,hukum dah nasikh.hukum yg baru kata boleh..utamakan yg itu..masing2ada perkiraan2 yg diambil..

Salah satu sebab adalah hadis tak jelas...hadis biasanya zanniyusubut..boleh byk makna
Kedua zanni dalahlah.makna dia terang atau tidak...
Quran biasanya jelas.,putus atau qat'i..
Ada juga yg maknanya tidak berapa jelas..

Keadaan yg boleh bw buka puasa.
Satu meletihkan yg kena bekam
Dua,Tertelan darah bg pembekam ...
Mengumpat sambil berbekam ..
Inilah sebab jadi khilaf..

Dia bw pula pendapat ibnu hazam..
Bg Ibnu hazam azzohiri,hadis yg larang berbekam sudah mansukh.
Ibnu hazam ni zahiri,tapi dlm hal ini tidak..

Bekam boleh menyebabkan letih..nabi tak mahu umatnya letih..itulah sebab larangan.jika tak letih tak apa boleh bekam...bgmn pun ini adalah masalh khilaf..
Hadis2 yg byk2 ni lebihkurang begitu shj.

Nabi saw mesra dgn sahabat2 tidak besarkan dirinya.

٢٠٢١ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى عَلَى رَجُلٍ بِالْبَقِيعِ وَهُوَ يَحْتَجِمُ وَهُوَ آخِذٌ بِيَدِي لِثَمَانِ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ فَقَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَى خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ بِإِسْنَادِ أَيُّوبَ مِثْلَهُ

2021. Telah menceritakan kepada kami
Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Wuhaib, telah menceritakan kepada kami
Ayyub dari
Abu Qilabah dari
Abu Al Asy'ats dari
Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang kepada seseorang di Baqi' sementara orang tersebut sedang berbekam, sementara beliau menggandeng tanganku- selama delapan belas hari yang telah berlalu pada Bulan Ramadhan. Kemudian beliau berkata: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam."
Abu Daud berkata; dan Khalid Al Hadzdza` telah meriwayatkan dari Abu Qilabah dengan sanad Ayyub seperti itu.

٢٠٢٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ وَعَبْدُ الرَّزَّاقِ ح و حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنِي ابْنَ إِبْرَاهِيمَ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي مَكْحُولٌ أَنَّ شَيْخًا مِنْ الْحَيِّ قَالَ عُثْمَانُ فِي حَدِيثِهِ مُصَدَّقٌ أَخْبَرَهُ أَنَّ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ

2022. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bakr serta Abdurrazzaq, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim dari Ibnu Juraij, telah mengabarkan kepadaku Makhul bahwa seorang tua dari sebuah kampong, -Utsman berkata dalam haditsnya; orang yang dipercaya- telah mengabarkan kepadanya bahwa Tsauban mantan budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengabarkan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam."

٢٠٢٣ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ الرَّحَبِيِّ عَنْ ثَوْبَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَاهُ ابْنُ ثَوْبَانَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَكْحُولٍ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ

2023. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid, telah menceritakan kepada kami Marwan, telah menceritakan kepada kami Al Haitsam bin Humaid, telah mengabarkan kepada kami Al 'Ala` bin Al Harits dari Makhul dari Abu Asma` Ar Rahabi dari Tsauban dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam." Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Tsauban dari ayahnya dari Makhul dengan sanadnya seperti itu.

باب في الرُّخْصَةِ فِي ذَلِكَ
Ini bab kelonggaran dlm berbekam
٨ -  الصوم » ٧٨٥ -  في الرخصة في ذلك

8. Puasa » 785. Rukhshah dalam hal tersebut

٢٠٢٤ - حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عِكرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ أَيُّوبَ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ وَجَعْفَرُ بْنُ رَبِيعَةَ وَهِشَامُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ مِثْلَهُ

2024. Telah menceritakan kepada kami Abu Ma'mar Abdullah bin Umar, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits dari Ayyub dari Ikrimah dari
Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbekam sementara beliau dalam keadaan berpuasa.
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Wuhaib bin Khalid dari
Ayyub dengan sanadnya seperti itu, serta diriwayatkan oleh
Ja'far bin Rabi'ah serta
Hisyam bin Hassan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas seperti itu.
👉

٢٠٢٥ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ مُحْرِمٌ

2025. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar, Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Yazid bin Abu Ziyad dari Miqsam dari
Ibnu Abbas, bhwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbekam sementara beliau dalam keadaan sedang berpuasa dan berihram.

٢٠٢٦ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَابِسٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى حَدَّثَنِي رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْحِجَامَةِ وَالْمُوَاصَلَةِ وَلَمْ يُحَرِّمْهُمَا إِبْقَاءً عَلَى أَصْحَابِهِ فَقِيلَ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تُوَاصِلُ إِلَى السَّحَرِ فَقَالَ إِنِّي أُوَاصِلُ إِلَى السَّحَرِ وَرَبِّي يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِي

2026. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Sufyan dari Abdurrahman bin 'Abis dari Abdurrahman bin Abu Laila, telah menceritakan kepadaku
seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarang dari berbekam serta berpuasa wishal dan beliau tidak mengharamkannya sebagai belas kasih kepada para sahabatnya(tidak keletihan).
Kemudian dikatakan kepada beliau; wahai Rasulullah, anda melakukan wishal hingga waktu sahur. Maka beliau berkata: "Aku melakukan (puasa) wishal hingga waktu sahur dan Tuhanku memberiku makan dan minum."

٢٠٢٧ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ يَعْنِي ابْنَ الْمُغِيرَةِ عَنْ ثَابِتٍ قَالَ قَالَ أَنَسٌ مَا كُنَّا نَدَعُ الْحِجَامَةَ لِلصَّائِمِ إِلَّا كَرَاهِيَةَ الْجَهْدِ
2027. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah, telah menceritakan kepada kami
Sulaiman bin Al Mughirah dari
Tsabit, ia berkata;
Anas berkata; kami tidak akan meninggalkan bekam bagi orang yang berpuasa, kecuali karena tidak menginginkan kondisi payah,(takut kepenatan)

باب في الصَّائِمِ يَحْتَلِمُ نَهَارًا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ:
٨ -  الصوم » ٧٨٦ -  في الصائم يحتلم نهارا في شهر رمضان

8. Puasa » 786. Orang yang berpuasa mimpi basah di siang hari bulan ramadan

٢٠٢٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِهِ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ مَنْ قَاءَ وَلَا مَنْ احْتَلَمَ وَلَا مَنْ احْتَجَمَ

2028. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Zaid bin Aslam dari
seorang laki-laki sahabatnya dari
seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah batal puasa orang yang muntah, orang yang bermimpi, dan orang yang berbekam."

Tiada ulasan:

Catat Ulasan