باب الصَّائِمِ يَصُبُّ عَلَيْهِ الْمَاءَ مِنَ الْعَطَشِ
وَيُبَالِغُ فِي الاِسْتِنْشَاقِ:
Ini bab orang yg mencurahkan air atas dirinya kerana dahaga
dan bab orang yg berpuasa menghisap air kehidung dgn berlebihan(kuat)
٨ - الصوم » ٧٨٣ - الصائم يصب عليه الماء من العطش ويبالغ في الاستنشاق
8. Puasa » 783. Orang yang berpuasa diguyur air dan berlebihan dalam melakukan istinsyaq karena rasa haus
٢٠١٨ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ النَّاسَ فِي سَفَرِهِ عَامَ الْفَتْحِ بِالْفِطْرِ وَقَالَ تَقَوَّوْا لِعَدُوِّكُمْ وَصَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ الَّذِي حَدَّثَنِي لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْعَرْجِ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ الْمَاءَ وَهُوَ صَائِمٌ مِنْ الْعَطَشِ أَوْ مِنْ الْحَرِّ
2018. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al Qa'nabi, dari
Malik dari Sumai mantan
budak Abu Bakr bin Abdurrahman, dari
Abu Bakr bin Abdurrahman dari sebagian sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
beliau bersabda:
"Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan orang-orang ketika dalam perjalanannya pada tahun penaklukan Mekkah untuk berbuka."
Beliau berkata: "Perkuatlah(carilah sebab agar menadi kuatketika menghadapi musuh kamu) tubuh kalian untuk menghadapi musuh!" sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa.
Abu Bakr berkata; telah berkata orang yang telah menceritakan kepadaku;
sungguh aku telah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Al 'Arj menuangkan air ke kepalanya karena haus atau panas, sementara beliau sedang berpuasa.
👉Soalan
Boleh kah mencurahkan air atas kepala ketika puasa?
Bolehkan hisap air kehidung ketika puasa?
Dgn tajuk ini imam abu daud nak isyaratkan adanya khilaf .
Khilaf ini byk ada haram atau tidak atau khilaf juga boleh jadi juga termasuk juga makruh .Jadi nak tahu berhubungan dgn ini disinilah.
Ada yg kata makruh.ada yg kata tidak makruh tetapi harus
Kira2 bg imam abu daud tidak menggangap perkara ini makruh.dan inilah pegangan abu daud dan iman ahmad.imam ahmad guru imam abu daud.
Cuma dilarang hisap secara kuat shj,menghisap tetap ada.
Itu asasnya.
Jadi jika hanya tujuan untuk menyegarkan badan shj pun boleh.
budak Abu Bakr bin Abdurrahman,
Ini bermakna abu bakar bin abdurahman yg memerdekakan hamba ini.ini satu budi dan dipanggil maula (hamba yg dibebaskan).disebut secara khusus disebut menunjukan keistimewaan ,dan jika (bekas hamba ini)mati tiada mak dan anak ,bekas tuannya boleh terima pusaka atau harta yg ditinggalkan
Abu Bakr bin Abdurrahman Bin alharit bin hisham,bukan abu bakar assiqqid.
Abu Bakr bin Abdurrahman, adalah salah seorang ahli fekah yg bijak dimadinah.menjadi rujukan dimadinah.
Ada 7 orang ,salah seorangnya dia.
Pah boleh pakai ko hadis ni?
Jika orang lain atau peringkat generasi tabiin ,ia jadi majhul.tapi jika sahabat tak apa.sebab sanadnya eluk ,cuma sahabt nabi saw tiada nama yg disebutkan.
Jadi hadis ini sahih.
Tidak jelas nama sahabat disini tak apa sebab semua sahabat adalah adil.
Kalu ahli sunnah mesti terima sahabat seorang adil ,tidak fasik dan melakukan dosa besar,jika berdosadia telah bertaubat.
Sahabat sendiri yg mengaku tanpa ada saksi bila berdosa ,itulah iman sahabat.
Yg kedua,hok kita dok pakai syariat tiada pun diambil dari sahabat ...seperti mais yg dah dilhat o!eh nabi dok berenag dlm syurga..dan adakah orang hanya ambil hukum melalui mais shj..ada ke?tidak ada.tiada kena mengena dgnnya.
Bila ada orang ambil hadis darinya?.seperti tentang batal solat misalnya .
Tak ambil darinya bukan kerana dia tak layak tetapi ulamak sudah jangka apa yg akan disangka jika ambil hadis darinya.
Sahabat yg bertaubat dibahagi pada penduduk madinah ,nescaya semua dosa itu akan diampunkan oleh allah.
Maulana maududi kata sahabat adil dlm meriwayatkan hadis ,..habis ulamak kritik maududi..tak betul.
Ada yg kata sahabat tak mungkin berdusta atas nama nabi saw...ulamak tak setuju...
Adil tapi bukan bermakna dia tak ada melakukan kezaliman seperti muawiyah ..ini tak betul.
Sahabat ini takut kepada neraka.
Seperti adam,jgn makan tapi dia makan juga.sebab jika dia tak makan ...taqdir adam kedunia...
Kalu dua golongan mukmin yg berperang...quran sebut mukmin walaupun berperang.
Tidak boleh mengkafirkan antara satu sama lain.
Maksud keadilan sahabat ,diterima riwayatnya..
Tahun 8 nak serang mekah ,bulan puasa.nabi suruh buka untuk kekuatan badan...nabi tak tahu ko ada pertolongan allah??nabi saw ambil kira sebab musabab juga.
Mimpa ada,tapi tak tahu bila.
Dapat pengajaran ,jika pakai ihram dan terhalang nak buat macam mana?kita yg dapat faedah.
Tidak berlaku perang.ada yg seorang mati tapi bukan sebab berperang.
Buka puasa supaya ada kekuatan.
Nabi saw sendiri tak berbuka.
Jika kita kuat tak apa tak buka puasa.
Bulan puasa ada kelebihan tapi yg utama adalah soal menghadapi musuh.
Nabi saw boleh pecahkan batu yg tak boleh dipecahkan oleh sahabat.
Nabi saw sangat kuat.
Kemampuan kekuatan nabi saw.
Berkahwin ramai tidak menghalang nabi saw bekerja.
Nabi saw sendiri !engambil sebab2 untuk menguatkan badan,tidak makruh.jika makruh nabi saw tidak buat.yg tak boleh adalah minum.
Syak perawi sebab dahaga atau panas.
Contoh Orang yg pegang pendapat tak boleh gosok gigi sebab bau kasturi.
Qaul =rumah yg kita boleh duduk
Rumah tepi laut..rumah atas bukit..
Jadi tetap boleh pakai...rumah ikut keadaan kita.
٢٠١٩ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ عَاصِمِ بْنِ لَقِيطِ بْنِ صَبْرَةَ عَنْ أَبِيهِ لَقِيطِ بْنِ صَبْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَالِغْ فِي الِاسْتِنْشَاقِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ صَائِمًا
2019. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaim dari Isma'I bin Katsir dari '
Ashim bin Laqith bin Shabrah dari ayahnya yaitu Laqith bin Shabrah, ia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bersungguh-sungguh dalam beristinsyaq (memasukkan air ke hidung ketika berwudhu) kecuali ketika engkau sedang berpuasa."
Mnt 6
👉Sunnah hisap air kehidung tetap ada tetapi tidak kuat.
Imam abu daud nak bagi tau dlm keadaan kita berpuasa boleh juga hisap air kehidung.
Minit 48
Cuma jgn dikuatkan.
Kalu masuk tak sengaja tak apa.
Tapi ada yg kata tak boleh.jadi khilaf.
Dlm keadaan biasa tak hisap air kehidung tak dapat pahala sunnah.
Tak mau hisap air ke hidung ,kenapa berkumur?patut berkumur pun tak boleh.
Tak hisap air kehidung... tak sah bg imam malik.
Mazhab hanafi ,tak niat kata apa tapi hisap air ke hidung tak sah mandi wajib...jadi ada khilaf...lebih baik kita jaga..
Bukti
Ada syak perawi kerana dahaga atau panas.Imam abu daud ambil yg kerana panas.
Hadis yg kedua2 ini menepati tajuk diatas.
Kumur dan hisap air kehidung dgn sebelah tangan shj...ini panduan dari apa yg nabi buat... dapat pahala..jika bercanggah tak dapatlah pahala walaupun sah.
Bg abu yusuf anak murid imam abu hanifah tak makruh berdasarkan hadis ini walaupun gurunya kata makruh.
Adakah untuk mengelakan dari keadaan2 yg terpaksa berbuka puasa.?.
باب في الصَّائِمِ يَحْتَجِمُ
٨ - الصوم » ٧٨٤ - في الصائم يحتجم
8. Puasa » 784. Orang yang berpuasa melakukan bekam
٢٠٢٠ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ هِشَامٍ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا شَيْبَانُ جَمِيعًا عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ يَعْنِي الرَّحَبِيَّ عَنْ ثَوْبَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ قَالَ شَيْبَانُ أَخْبَرَنِي أَبُو قِلَابَةَ أَنَّ أَبَا أَسْمَاءَ الرَّحَبِيَّ حَدَّثَهُ أَنَّ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو قِلَابَةَ الْجَرْمِيُّ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ شَدَّادَ بْنَ أَوْسٍ بَيْنَمَا هُوَ يَمْشِي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ
2020. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Hasan bin Musa, telah menceritakan kepada kami Syaiban, dari Yahya dari Abu Qilabah, dari Abu Asma` Ar Rahabi dari
Tsauban dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Telah batal puasa orang yang berbekam dan orang yang dibekam."
Syaiban berkata; telah mengabarkan kepadaku
Abu Qilabah bahwa
Asma` Ar Rahabi telah menceritakan kepadanya bahwa Tsauban mantan budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengabarkan kepadanya bahwa ia telah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Hasan bin Musa, telah menceritakan kepada kami
Syaiban dari Yahya, ia berkata; telah menceritakan kepadaku
Abu Qilabah Al jarmi, bahwa ia telah mengabarkan kepadanya bahwa
Syaddad bin Aus ketika berjalan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ….. kemudian ia menyebutkan seperti itu.
٢٠٢١ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى عَلَى رَجُلٍ بِالْبَقِيعِ وَهُوَ يَحْتَجِمُ وَهُوَ آخِذٌ بِيَدِي لِثَمَانِ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ فَقَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَى خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ بِإِسْنَادِ أَيُّوبَ مِثْلَهُ
2021. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada kami Wuhaib, telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Qilabah dari Abu Al Asy'ats dari
Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang kepada seseorang(lelaki) di Baqi' sementara orang tersebut sedang berbekam, sementara beliau menggandeng tanganku- selama delapan belas hari yang telah berlalu pada Bulan Ramadhan.
Kemudian beliau berkata: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam."
Abu Daud berkata; dan
Khalid Al Hadzdza` telah meriwayatkan dari
Abu Qilabah dengan sanad Ayyub seperti itu.
٢٠٢٢ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ وَعَبْدُ الرَّزَّاقِ ح و حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنِي ابْنَ إِبْرَاهِيمَ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي مَكْحُولٌ أَنَّ شَيْخًا مِنْ الْحَيِّ قَالَ عُثْمَانُ فِي حَدِيثِهِ مُصَدَّقٌ أَخْبَرَهُ أَنَّ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ
2022. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bakr serta Abdurrazzaq, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim dari Ibnu Juraij, telah mengabarkan kepadaku Makhul bahwa seorang tua(yg dibenarkan) dari sebuah kampong, -Utsman berkata dalam haditsnya; orang yang dipercaya- telah mengabarkan kepadanya bahwa Tsauban mantan budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengabarkan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam."
٢٠٢٣ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ الرَّحَبِيِّ عَنْ ثَوْبَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَاهُ ابْنُ ثَوْبَانَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَكْحُولٍ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ
2023. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid, telah menceritakan kepada kami Marwan, telah menceritakan kepada kami Al Haitsam bin Humaid, telah mengabarkan kepada kami Al 'Ala` bin Al Harits dari Makhul dari Abu Asma` Ar Rahabi dari Tsauban dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Telah batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam."
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Tsauban dari ayahnya dari Makhul dengan sanadnya seperti itu.
باب في الرُّخْصَةِ فِي ذَلِكَ:
Ini baba keharusan atau kebenaran berbekam.
٨ - الصوم » ٧٨٥ - في الرخصة في ذلك
8. Puasa » 785. Rukhshah dalam hal tersebut
٢٠٢٤ - حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عِكرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ أَيُّوبَ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ وَجَعْفَرُ بْنُ رَبِيعَةَ وَهِشَامُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ مِثْلَهُ
2024. Telah menceritakan kepada kami Abu Ma'mar Abdullah bin Umar, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits dari Ayyub dari Ikrimah dari
Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbekam sementara beliau dalam keadaan berpuasa.
Abu Daud berkata; hadits tersebut diriwayatkan oleh Wuhaib bin Khalid dari
Ayyub dengan sanadnya seperti itu, serta diriwayatkan oleh
Ja'far bin Rabi'ah serta
Hisyam bin Hassan dari
Ikrimah dari
Ibnu Abbas seperti itu.
٢٠٢٥ - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ مُحْرِمٌ
2025. Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar, Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Yazid bin Abu Ziyad dari Miqsam dari
Ibnu Abbas, bhwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbekam sementara beliau dalam keadaan sedang berbekam dan berihram.
٢٠٢٦ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَابِسٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى حَدَّثَنِي رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْحِجَامَةِ وَالْمُوَاصَلَةِ وَلَمْ يُحَرِّمْهُمَا إِبْقَاءً عَلَى أَصْحَابِهِ فَقِيلَ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تُوَاصِلُ إِلَى السَّحَرِ فَقَالَ إِنِّي أُوَاصِلُ إِلَى السَّحَرِ وَرَبِّي يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِي
2026. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Sufyan dari Abdurrahman bin 'Abis dari Abdurrahman bin Abu Laila, telah menceritakan kepadaku seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarang dari berbekam serta berpuasa wishal dan beliau tidak mengharamkannya sebagai belas kasih kepada para sahabatnya.
Kemudian dikatakan kepada beliau; wahai Rasulullah, anda melakukan wishal hingga waktu sahur.
Maka beliau berkata: "Aku melakukan (puasa) wishal hingga waktu sahur dan Tuhanku memberiku makan dan minum."
٢٠٢٧ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ يَعْنِي ابْنَ الْمُغِيرَةِ عَنْ ثَابِتٍ قَالَ قَالَ أَنَسٌ مَا كُنَّا نَدَعُ الْحِجَامَةَ لِلصَّائِمِ إِلَّا كَرَاهِيَةَ الْجَهْدِ
2027. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Al Mughirah dari
Tsabit, ia berkata;
Anas berkata; kami tidak akan meninggalkan bekam bagi orang yang berpuasa, kecuali karena tidak menginginkan kondisi payah.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan