٢٤ - اللباس عن رسول الله » ١١٥٧ - ما جاء في جر ذيول النساء
باب مَا جَاءَ فِي جَرِّ ذُيُولِ النِّسَاءِ:
24. Baju » 1157. Menjulurkan ujung pakaian wanita
١٦٥٣ - حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلَاءَ لَمْ يَنْظُرْ اللَّهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ فَكَيْفَ يَصْنَعْنَ النِّسَاءُ بِذُيُولِهِنَّ
قَالَ يُرْخِينَ شِبْرًا
فَقَالَتْ إِذًا تَنْكَشِفُ أَقْدَامُهُنَّ قَالَ فَيُرْخِينَهُ ذِرَاعًا لَا يَزِدْنَ عَلَيْهِ قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
1653. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal berkata, telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Ayyub dari Nafi' dari
Ibnu Umar ia berkata, "Rasulullah bersabda: "Barangsiapa menjulurkan kainnya dengan rasa sombong, maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat." 'Aisyah bertanya, "Lalu apa yang harus dilakukan kaum wanita dengan dzail (lebihan kain bagian bawah) mereka?" beliau menjawab: "Mereka boleh memanjangkannya satu jengkal." 'Aisyah kembali menyelah, "Kalau begitu telapak kaki mereka akan terlihat!" beliau bersabda: "Mereka boleh memanjangkannya sehasta, dan jangan lebih."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan shahih."
١٦٥٤ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ أُمِّ الْحَسَنِ أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ حَدَّثَتْهُمْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَبَّرَ لِفَاطِمَةَ شِبْرًا مِنْ نِطَاقِهَا قَالَ أَبُو عِيسَى وَرَوَى بَعْضُهُمْ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ أُمِّهِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ وَفِي هَذَا الْحَدِيثِ رُخْصَةٌ لِلنِّسَاءِ فِي جَرِّ الْإِزَارِ لِأَنَّهُ يَكُونُ أَسْتَرَ لَهُنَّ
1654. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur berkata, telah mengabarkan kepada kami Affan berkata, telah menceritakan kepada kami
Hammad bin Salamah dari Ali bin Zaid dari Ummul Hasan bahwa Ummu Salamah menceritakan kepada mereka, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memberi keringanan kepada Fatimah untuk memanjangkan satu jengkal pada KLkain pengikat pinggangnya."
Abu Isa berkata, "Sebagian ahli hadits meriwayatkan dari Hammad bin Salamah, dari Ali bin Zaid, dari Al Hasan, dari Ibunya, dari Ummu Salamah.
Pada hadits ini terdapat keringanan bagi para wanita untuk memanjangkan kain sarungnya (hingga menyapu tanah), sebab hal itu lebih bisa menutup auratnya."
👉Maksud Umum bg pakaian ثَوْبَهُ
👉Sombong خُيَلَاءَ
٤ - اللباس عن رسول الله » ١١٥٨ - ما جاء في لبس الصوف
باب مَا جَاءَ فِي لُبْسِ الصُّوفِ:
24. Baju » 1158. Memakai kain woll
١٦٥٥ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلَالٍ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ قَالَ أَخْرَجَتْ إِلَيْنَا عَائِشَةُ كِسَاءً مُلَبَّدًا وَإِزَارًا غَلِيظًا فَقَالَتْ قُبِضَ رُوحُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَابْنِ مَسْعُودٍ وَحَدِيثُ عَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
1655. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Humaid bin Hilal dari
Abu Burdah ia berkata, " '
Aisyah menunjukkan kain tipis dan sarung kasar kepada kami seraya mengatakan,
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meninggal dalam keadaan terbungkus dengan dua kain ini."
Abu Isa berkata,
"Dalam bab ini juga ada hadits dari Ali dan Ibnu Mas'ud. Dan hadits 'Aisyah ini derajatnya hasan shahih."
١٦٥٦ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ خَلِيفَةَ عَنْ حُمَيْدٍ الْأَعْرَجِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَانَ عَلَى مُوسَى يَوْمَ كَلَّمَهُ رَبُّهُ كِسَاءُ صُوفٍ وَجُبَّةُ صُوفٍ وَكُمَّةُ صُوفٍ وَسَرَاوِيلُ صُوفٍ وَكَانَتْ نَعْلَاهُ مِنْ جِلْدِ حِمَارٍ مَيِّتٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ حُمَيْدٍ الْأَعْرَجِ وَحُمَيْدٌ هُوَ ابْنُ عَلِيٍّ الْكُوفِيُّ قَالَ سَمِعْت مُحَمَّدًا يَقُولُ حُمَيْدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَعْرَجُ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ وَحُمَيْدُ بْنُ قَيْسٍ الْأَعْرَجُ الْمَكِّيُّ صَاحِبُ مُجَاهِدٍ ثِقَةٌ قَالَ أَبُو عِيسَى وَالْكُمَّةُ الْقَلَنْسُوَةُ الصَّغِيرَةُ
1656. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr berkata, telah menceritakan kepada kami Khalaf bin Khalifah dari Humaid Al A'raj dari Abdullah Ibnul Harits dari
Ibnu Mas'ud dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Pada hari ketika Rabbnya berbicara dengannya, Musa mengenakan kain wool, jubah wool, peci wool, dan celana panjang dari wool.
Sementara kedua sandalnya terbuat dari kulit himar yang telah mati."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits Humaid Al A'raj.
Dan Humaid adalah Ibnu Ali Al Kufi.
Ia (Abu Isa) berkata, "Aku mendengar Muhammad berkata, "Humaid bin Ali Al A'raj seorang munkarul hadits.
Sementara Humaid bin Qais Al A'raj Al Makki adalah sahabat Mujahid, seorang yang tsiqah."
Abu Isa berkata, "Al Kummah adalah peci kecil."
٢٤ - اللباس عن رسول الله » ١١٥٩ - ما جاء في العمامة السوداء
باب مَا جَاءَ فِي الْعِمَامَةِ السَّوْدَاءِ:
24. Baju » 1159. Sorban hitam
١٦٥٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَكَّةَ يَوْمَ الْفَتْحِ وَعَلَيْهِ عِمَامَةٌ سَوْدَاءُ
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَعُمَرَ وَابْنِ حُرَيْثٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَرُكَانَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ جَابِرٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
1657. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin Mahdi dari Hammad bin Salamah dari Abu Az Z ubair dari
Jabir ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam masuk Makkah saat terjadi penaklukan dengan mengenakan imamah (surban yang dililitkan kepala) berwarna hitam." Abu Isa berkata,
"Dalam bab ini juga ada hadits dari Ali, Umar, Ibnu Huraits, Ibnu Abbas dan Rukanah."
Abu Isa berkata, "Hadits Jabir ini derajatnya hasan shahih."
باب في سَدْلِ الْعِمَامَةِ بَيْنَ الْكَتِفَيْنِ:
24. Baju » 1160. Menjulurkan sorban antara kedua pundak
1840» حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيُّ
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَدَنِيُّ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اعْتَمَّ سَدَلَ عِمَامَتَهُ بَيْنَ كَتِفَيْهِ. قَالَ نَافِعٌ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَسْدِلُ عِمَامَتَهُ بَيْنَ كَتِفَيْهِ.
قَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ وَرَأَيْتُ الْقَاسِمَ وَسَالِمًا يَفْعَلاَنِ ذَلِكَ.
قَالَ أَبُو عِيسَى: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ.
وَفِي الْبَابِ عَنْ عَلِيٍّ وَلاَ يَصِحُّ حَدِيثُ عَلِيٍّ فِي هَذَا مِنْ قِبَلِ إِسْنَادِهِ.
1658. Telah menceritakan kepada kami Harun bin Ishaq Al Hamdani berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Muhammad Al Madani dari Abdul Aziz bin Muhammad dari Ubaidullah bin Umar dari Nafi' dari
Ibnu Umar ia berkata, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenakan imamah (surban yang dililitkan kepala), maka beliau mengurai imamahnya antara dua pundaknya."
Nafi' berkata, "Ibnu Umar mengurai imamahnya antara dua pundaknya."
Ubaidullah berkata, "Aku melihat Al Qasim dan Salim pun melakukan seperti itu."
Abu Isa berkata, "Hadits ini derajatnya hasan gharib. Dalam bab ini juga ada hadits dari Ali, tetapi dalam bab ini hadits Ali tersebut tidak shahih dari sisi sanadnya."
Minit 7
Minit 7
👉Sombong خُيَلَاءَ
Hukum tak pandang, خُيَلَاءَsifat
Kalu ada sifat ni baru ada hukum.
Kalu dia miskin dia dapat zakat
Miskin itu sifat
Sesiapa yg melabuhkan kain
Hadis yg tak sebut خُيَلَاءَ,tak sebut sifat
Qait sesuatu yg mengikat
Kalu tak sebut pakai kaedah Mantik
Qait ihtirozi(kait yg mengikat kalu ada dia baru ada hukum)
Qait ihtifaqi(kait kebetulan),bg menjelaskan keadaan.
Kalu dia melabuhkan automatik dia takakabur.
*Asal dari perkataan Khayal خُيَلَاءَ
hadis aisyah ,boleh labuh sejengkal atau sedepa
Hadis ummu salamah ,boleh labuh sehingga menyapu tanah dan tidak boleh lebih dr itu sebab tujuannya untuk menutup aurat wanita.
Minit 44
Nabi ada Pakai baju bulu
Selimut yg bertampal dgn bulu مُلَبَّدًا .ini menunjukan nabi zuhud.
Pakaian yg tebal atau kasar,tak selesa,kira2 dari bulu وَإِزَارًا غَلِيظًا,gambaran zuhud
Hadis hasan sahih,bukhari ,abu daud ,muslim ,ibnu majah
Dgn pakaian ini ketika mati,seolah2 doa nabi makbul hidup sebagai seorang miskin dan matilah aku dlm keadaan miskin.
Nabi musa pakai songkok ,menunjukan kebiasaan pakaian kepala para nabi2 ..
Minit 52
Serban hitam ?
Biasa serbab putih
Serban sesuai untuk peperangan dan musafir.
Nabi bukan nak buat kerja haji.
Orang yg masuk mekah dia tidak berihram kerana dia tidai nak buat kerja haji
Ekor serban adalah mengikut keperluan,boleh buat tutup mulut.ibnu umar dan anaknya salim,qasim cucu abu bakar...hasan gharib .bg imam tirmizi.
ikut imam ahmad ,hadis maukuf,sebab sampai ke ibnu umar
Tiada ulasan:
Catat Ulasan