Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 17
١٤ - الخراج والإمارة والفيء » ١١٠٣ - ما جاء في سهم الصفي
14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1103. Penjelasan tentang saham Ash Shafi (harta ghanimah yang diambil sebelum dibagikan)
٢٦٠٠ - حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَتْ صَفِيَّةُ مِنْ الصَّفِيِّ
2600. Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Hisyam bin 'Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata; Shafiyyah termasuk bagian khusus (untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam).
-bhg khusus dari harta rampasan perang الصفي
-hadis ini juga diriwayatkan oleh baihaqi
-yg terpilih= الصفي
-mustafa juga dr الصفي
-sebelum dibahagi
٢٦٠١ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ
حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الزُّهْرِيُّ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَمْرٍو عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
قَالَ قَدِمْنَا خَيْبَرَ فَلَمَّا فَتَحَ اللَّهُ تَعَالَى الْحِصْنَ ذُكِرَ لَهُ جَمَالُ صَفِيَّةَ بِنْتِ حُيَيٍّ وَقَدْ قُتِلَ زَوْجُهَا وَكَانَتْ عَرُوسًا فَاصْطَفَاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لِنَفْسِهِ فَخَرَجَ بِهَا حَتَّى بَلَغْنَا سُدَّ الصَّهْبَاءِ
حَلَّتْ فَبَنَى بِهَا
2601. Telah menceritakan kepada kami
Sa'id bin Manshur, telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Abdurrahman Az Zuhri dari
'Amr bin Abu 'Amr dari
Anas bin Malik, ia berkata; kami datang ke Khaibar, kemudian tatkala Allah ta'ala telah menaklukkan benteng tersebut diceritakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kecantikan Shafiyyah binti Huyai, sementara suaminya telah terbunuh. Dan ia adalah seorang pengantin. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memilihnya untuk dirinya, kemudian beliau keluar bersamanya hingga setelah kami sampai di Suddu Ash Shahba` Shafiyyah telah keluar dari 'iddah, kemudian beliau mencampurinya.
-benteng abi huqail.
-kinanah ar robek suami kedua shafiyah yg terbunuh itu.
-telah suci حَلَّتْ
-sekali sahaja telah boleh bersama suami inilah yg dia pegang.
-duduk bersama sebagai suamiisteri فَبَنَى.
٢٦٠٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ صَارَتْ صَفِيَّةُ لِدِحْيَةَ الْكَلْبِيِّ
ثُمَّ صَارَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
2602. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Abdul Aziz bin Shuhaib dari Anas bin Malik, ia berkata; Shafiyyah telah menjadi milik Dihyah Al Kalbi, kemudian menjadi milik Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
-cerita ringkas
صَارَتْ صَفِيَّةُ لِدِحْيَةَ الْكَلْبِيِّ
ثُمَّ صَارَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Shafiyyah telah menjadi milik Dihyah Al Kalbi, kemudian menjadi milik Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
-dlm syarah cerita detail.
-zainab dikatakan nama asalnya shafiyyah.
Bila jadi sofiyyah,dia dinamakan sofiyyah .tetapi imam nawawi kata tidak,cuma kebetulan namanya صَفِيْيٌ
Fail dgn makna maful. صَفِيْيٌbermakna yg dipilih atau terpilih.
Minit 20
٢٦٠٣ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَلَّادٍ الْبَاهِلِيُّ حَدَّثَنَا بَهْزُ بْنُ أَسَدٍ
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ
قَالَ وَقَعَ فِي سَهْمِ دِحْيَةَ جَارِيَةٌ جَمِيلَةٌ
فَاشْتَرَاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِسَبْعَةِ أَرْؤُس
ٍ ثُمَّ دَفَعَهَا إِلَى أُمِّ سُلَيْمٍ
تَصْنَعُهَا وَتُهَيِّئُهَا
قَالَ حَمَّادٌ
وَأَحْسَبُهُ قَالَ
وَتَعْتَدُّ فِي بَيْتِهَا صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ
2603. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khallad Al Bahili, telah menceritakan kepada kami Bahz bin Asad, telah menceritakan kepada kami Hammad, telah mengabarkan kepada kami Tsabit, dari
👉Anas, ia berkata; telah jatuh di saham Dihyah seorang budak cantik, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membelinya dengan tujuh orang hamba yg lain, kemudian beliau menyerahkannya kepada Ummu Sulaim, agar ia mempersiapkannya. Hammad berkata; dan aku yakin Anas berkata; dan Shafiyyah binti Huyai ber'iddah di rumahnya.
👉ini juga hadis ringkas, sudah berkahwin.
٢٦٠٤ - حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ ح و حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْمَعْنَى
قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ
عَنْ أَنَسٍ قَالَ جُمِعَ السَّبْيُ يَعْنِي بِخَيْبَرَ
فَجَاءَ دِحْيَةُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَعْطِنِي جَارِيَةً
مِنْ السَّبْيِ قَالَ اذْهَبْ فَخُذْ جَارِيَةً
فَأَخَذَ صَفِيَّةَ
بِنْتَ حُيَيٍّ فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَعْطَيْتَ دِحْيَةَ
قَالَ يَعْقُوبُ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ
سَيِّدَةَ قُرَيْظَةَ وَالنَّضِيرِ
ثُمَّ اتَّفَقَا مَا تَصْلُحُ إِلَّا لَكَ
قَالَ ادْعُوهُ بِهَا
فَلَمَّا نَظَرَ إِلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ لَهُ خُذْ جَارِيَةً مِنْ السَّبْيِ
غَيْرَهَا وَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْتَقَهَا وَتَزَوَّجَهَا
2604. Telah menceritakan kepada kami Daud bin Mu'adz, telah menceritakan kepada kami Abdul Warits. Dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: telah menceritakan kepada kami
👉Ya'qub bin Ibrahim secara makna, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Ulayyah dari Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari
👉Anas, ia berkata; para tawanan telah dikumpulkan di Khaibar, kemudian Dihyah datang dan berkata; wahai Rasulullah, berikan kepadaku seorang budak wanita dari tawanan tersebut. Beliau berkata; pergi dan ambillah seorang budak wanita. Kemudian ia mengambil Shafiyyah binti Huyai. Lalu terdapat seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; wahai Nabi Allah, anda telah memberi Dihyah -Ya'qub mengatakan; Shafiyyah binti Huyai seorang wanita
👉pemimpin Quraizhah, dan Nadhir-. kemudian mereka berdua sama lafazhnya;
👉tidaklah ia layak kecuali untukmu. Beliau berkata: "Panggilkan dia dengan membawanya!" kemudian tatkala Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melihat kepada Shafiyyah beliau berkata:
👉"Ambillah budak dari tawanan tersebut selainnya!" Dan sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membebaskan Shafiyyah dan menikahinya.
-disini جَارِيَةًbermakna hamba walaupun boleh juga bermakna gadis.
- Ambillah budak dari tawanan tersebut selainnya!"
-dua hadis bertentangan cuba dijamak.
-sofiyyah bhg dihyah.
-bila dia minta,dia minta izin.
-bila ada orang kata kepada nabi tak berapa sesuai untuk dihyah.
-sebab masih ramai lagi sahabat yg sama seperti dihyah.
-termasuk dlm maslahah,nabi saw pun ambil balik
Minit 34
خُذْ جَارِيَةً مِنْ السَّبْي
-ini tidak termasuk perkara ambil balik.
-sudah biasa ketua mendapat lebih.
-tasaruh perawi ,beli bermakna tukar .tukar sofiyyah dgn sepupunya.
-bukan hanya cantik semata2
-budaya orang arab melebihkan ketua.
-nabi saw beri ganti kepada dihyah.
-nabi saw jaga perasaan orang dibawahnya.
-ada patung nabi saw yg menyerupai dihyah dibilik patung simpanan heraklus.
-tak boleh tengok riwayat yg ringkas shj..
-jika dapat kepada dihyah,sofiyyah mungkin tidak akan dimerdekakan sebab itu bukan kebiasaan.
٢٦٠٥ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيم
َ حَدَّثَنَا قُرَّةُ قَالَ سَمِعْتُ يَزِيدَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنَّا بِالْمِرْبَد
فَجَاءَ رَجُلٌ أَشْعَثُ الرَّأْسِ بِيَدِهِ قِطْعَةُ أَدِيمٍ أَحْمَرَ
فَقُلْنَا كَأَنَّكَ مِنْ أَهْلِ الْبَادِيَةِ
فَقَالَ أَجَلْ قُلْنَا نَاوِلْنَا هَذِهِ الْقِطْعَة
َ الْأَدِيمَ الَّتِي فِي يَدِكَ
فَنَاوَلَنَاهَا فَقَرَأْنَاهَا فَإِذَا فِيهَا
مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ إِلَى بَنِي زُهَيْرِ بْنِ أُقَيْشٍ
إِنَّكُمْ إِنْ شَهِدْتُمْ
أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
وَأَقَمْتُمْ الصَّلَاةَ
وَآتَيْتُمْ الزَّكَاةَ
وَأَدَّيْتُمْ الْخُمُسَ مِنْ الْمَغْنَم
ِ وَسَهْمَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّفِيَّ
أَنْتُمْ آمِنُونَ بِأَمَانِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ
فَقُلْنَا مَنْ كَتَبَ لَكَ هَذَا الْكِتَابَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
2605. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Qurrah, ia berkata; saya mendengar Yazid bin Abdullah, ia berkata; dahulu kami pernah berada di tempat penambatan unta, kemudian terdapat seorang laki-laki yang datang dalam keadaan berambut acak-acakan. Di tangannya terdapat 👉selembar kulit merah, kemudian kami katakan; sepertinya engkau berasal dari pelosok. Kemudian ia berkata; benar. Kami katakan; berikan selembar kulit yang ada di tanganmu ini! Lalu ia memberikan kulit tersebut kepada kami dan kami membacanya. Ternyata isinya adalah: Dari Muhammad Rasulullah kepada Bani Zuhair bin Uqaisy. Sesungguhnya apabila kalian bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, kalian tegakkan shalat dan kalian berikan zakat serta kalian tunaikan seperlima dari rampasan perang dan kalian berikan saham Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang khusus, maka kalian adalah aman dengan keamanan dari Allah dan rasulNya. Kemudian kami katakan; siapakah yang menulis surat ini untukmu? Ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
-surat jaminan dari nabi saw
Tiada ulasan:
Catat Ulasan