Sahih muslim kitab haji sesi 02(syarahan)
٢٠٢١ - و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا أَبُو عَلِيٍّ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ حَدَّثَنَا رَبَاحُ بْنُ أَبِي مَعْرُوفٍ قَالَ سَمِعْتُ عَطَاءً قَالَ أَخْبَرَنِي صَفْوَانُ بْنُ يَعْلَى عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَاهُ رَجُلٌ عَلَيْهِ جُبَّةٌ بِهَا أَثَرٌ مِنْ خَلُوقٍ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَحْرَمْتُ بِعُمْرَةٍ فَكَيْفَ أَفْعَلُ فَسَكَتَ عَنْهُ فَلَمْ يَرْجِعْ إِلَيْهِ وَكَانَ عُمَرُ يَسْتُرُهُ إِذَا أُنْزِلَ عَلَيْهِ الْوَحْيُ يُظِلُّهُ فَقُلْتُ لِعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِنِّي أُحِبُّ إِذَا👈 أُنْزِلَ عَلَيْهِ الْوَحْيُ أَنْ أُدْخِلَ رَأْسِي مَعَهُ فِي الثَّوْبِ فَلَمَّا أُنْزِلَ عَلَيْهِ خَمَّرَهُ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بِالثَّوْبِ فَجِئْتُهُ فَأَدْخَلْتُ رَأْسِي مَعَهُ فِي الثَّوْبِ فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ فَلَمَّا سُرِّيَ عَنْهُ قَالَ أَيْنَ السَّائِلُ آنِفًا عَنْ الْعُمْرَةِ فَقَامَ إِلَيْهِ الرَّجُلُ فَقَالَ انْزِعْ عَنْكَ جُبَّتَكَ وَاغْسِلْ أَثَرَ الْخَلُوقِ الَّذِي بِكَ وَافْعَلْ فِي عُمْرَتِكَ مَا كُنْتَ فَاعِلًا فِي حَجِّكَ
2021. Dan Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur telah mengabarkan kepada kami Abu Ali Ubaidullah bin Abdul Majid telah menceritakan kepada kami Rabah bin Abu Ma'ruf ia berkata, saya mendengar Atha` berkata, telah mengabarkan kepadaku Shafwan bin Ya'la dari bapaknya radliallahu 'anhu, ia berkata; Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba seorang laki-laki yang mengenakan Jubah dan telah terlumuri oleh Khaluq mendatangi beliau seraya berkata, "Wahai Rasulullah, saya telah berihram dengan niat Umrah, lalu bagaimana saya harus melakukannya?" Namun beliau kemudian terdiam dan tidak menjawab pertanyaan laki-laki itu. kemudian Umar pun menutupi (menyelimuti) beliau, demikianlah ketika wahtu turun. Maka saya pun berkata kepada Umar radliallahu 'anhu, "Saya ingin memasukkan kepalaku dalam selimut itu pada saat wahyu diturunkan kepada beliau." Dan ketika diturunkannya👉 wahyu pada beliau, maka Umar langsung menyelimuti beliau dan aku pun datang dan memasukkan kepala ke dalam selimut, sehingga aku dapat melihat beliau. Ketika siuman, beliau bertanya: "Mana orang yang bertanya tentang Umrah tadi?" Kemudian laki-laki itu pun beranjak menuju kepada beliau. Maka beliau pun bersabda: "Tanggalkanlh jubahmu, dan cucilah bekas Khaluq yang masih berbekas pada dirimu. 👉Kemudian lakukanlah di dalam Umrahmu sebagaimana apa yang kamu lakukan dalam hajimu."
Disini tentang wahyu yg turun kepada rasullah.
Wahyu disini tidak berupa quran.
Bermakna hadis satu bentuk wahyu.
Quran sendiri bg tau ada wahyu selain quran.
Allah tidak bercakap dengan manusia melainkan dengan wahyu.
Asy-Syura 42:51
وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَن يُكَلِّمَهُ ٱللَّهُ إِلَّا وَحْيًا أَوْ مِن وَرَآئِ حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولًا فَيُوحِىَ بِإِذْنِهِۦ مَا يَشَآءُۚ
Allah tidak bercakap dengan manusia melainkan dengan perantaraan wahyu atau dari balik tabir atau dengan mengutus utusan nya(malaikat) maka Allah swt mewahyukan kepadanya apa yang di kehendakiNya.
Saluran wahyu:
1.Alquran disampaikan melalui jibrail.tiada khilaf.
2.Yg Allah bercakap dgn nabi2 adalah melalui wahyu.itulah hadis
Wahyu ada 2:
1.Alwahyumatlu.wahyu yg dibaca,dlm solat dll.
2.AlWahyughairumatlu.Ini hadis. Atau Alwahyu khofi( sulit)
Contoh izin Allah ,dimana keizinan tu jika tak terima hadis sebagai wahyu.
Byk sekali dlm quran menyebutkan hadis tu ada.
Contoh
Al-Baqarah 2:143
وَمَا جَعَلْنَا ٱلْقِبْلَةَ ٱلَّتِى كُنتَ عَلَيْهَآ إِلَّا لِنَعْلَمَ مَن يَتَّبِعُ ٱلرَّسُولَ مِمَّن يَنقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِۚ
Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang.
Allah swt tentukan,tentukan macam mana kalu tak terima hadis.
Hadis dan quran tak boleh dipisahkan
Allah rezekikan,sekarang boleh ,mana ada dlm quran tetapi hanya ada dlm hadis.puak anti hadis kata bukan wahyu.
Hadis adalah juga wahyu.
Ya'la sudah lama nak tengok.
Hilang kesedaran ,rasa tak sakit dan jiwa boleh tumpu tiada ganguan serta orang lain tak boleh masuk.
Keadaan nabi saw ketika menerima wahyu,berdengkor macam unta muda.betul2 nyenyak tidur dan putus hubungan dengan dunia.
Bunyi loceng .keadaan paling berat.satu tarikan seperti talipon kata syarbir ahmad ismani.
Orang lain tak dengar.
Itu berkenaan wahyu.
Syarah nawawi,serupa dlm beberapa perkara dari yakni segi menjauhi perkara2 yg diharamkan semasa haji juga umrah.
١٦ - الحج » ٥٧٤ - مواقيت الحج والعمرة
16. Haji » 574. Miqat haji dan umrah
باب مَوَاقِيتِ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ:
Miqat tempat bermula haji.
Miqat orang yg tinggal di dlm miqat adalah ditempat keluarganya.
Seluruh hidup kita ada panduan.
Ugama lain tiada.yg ada fikiran manusia shj.
Semuanya ada kaedah yaitu ada hadis.hadis itu wahyu.
Setiap perbuatan nabi saw terpelihara
Rasullah telah menentukan miqat2.
Sesiapa yg berada didlm miqat,maka miqatnya dari keluarganya sehinggalah kepada yg terdekat iaitu Mekah diMekah.
Cuma ada satu miqat yg khilaf ulamak yg ditentukan oleh nabi atau umar?
Umar boleh menentukan miqat?
Tidak ,itu pun dari nabi saw juga.
Dza ti ir adalah miqat penduduk Iran.
Khilaf ulamak tentang hadis 2028 ,ada yg kata marfuk ada yg kata maukuf yakni kepada Jabir.
Jabir kata ni bukan dari Umar.
Hadis ini maukuf fil hukmi marfuk
Maka miqat ini juga ditentukan oleh nabi saw .
Sebab ini jadi khilaf.
Contoh Umar buat tarawih 20 rakaat ,pandai2 Umar?
Asalnya dari nabi.
Tak boleh kata Umar yg reka.
Khulafa arrasyifin tak mungkin reka ibadah.
Seperti S.Usman azan 2 kali,tidak boleh dikatakan bid'ah.
Hadis ..kamu kena berpegang dengan sunnah ku dan sunnah khulafah arrasyidin.
Disebut secara berasingan sunnahku dan sunnah khulafa arrisyidin.
Azan 2 byk sekali riwayat yg sahih.jika tiada pun tidak boleh kata bid'ah.
Dza ti ir tu ada hadis.
Begitu jga solat tarawih dibulan puasa tsabit yg jelas dari nabi.
Iraq belum ditakluk?
Kenapa imam nawawi sahkan?
Alasan dhaif ,Iraq belum ditakluk lagi bukan dari sudut sanad.
Miqat adalah satu perkara yg wajib dijaga.
Jika lepasi miqat berdosa dan kena bayar dam.hajinya sah.sebab bukan rukun.
Ada yg kata tak kena bayar apa2.
Ada yg kata tak sah.
Faedah miqat.
Jika seorang masuk miqat tanpa niat dan apa2 ibadah dia patah balik tiada kena apa2.
Orang masuk kemiqat bukan dgn tujuan ibadah (berniaga,ziarah atau cari kayu api)maka tak payah pakai ihram.bgmnpun khilaf.
٢٠٢٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَخَلَفُ بْنُ هِشَامٍ وَأَبُو الرَّبِيعِ وَقُتَيْبَةُ جَمِيعًا عَنْ حَمَّادٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَلِأَهْلِ الشَّامِ الْجُحْفَةَ وَلِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ الْمَنَازِلِ وَلِأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ قَالَ فَهُنَّ لَهُنَّ وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ أَهْلِهِنَّ مِمَّنْ أَرَادَ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ فَمَنْ كَانَ دُونَهُنَّ فَمِنْ أَهْلِهِ وَكَذَا فَكَذَلِكَ حَتَّى أَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنْهَا
2022. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Khalaf bin Hisyam dan Abu Rabi' dan Qutaibah semuanya dari Hammad - Yahya berkata- telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Zaid dari Amru bin Dinar dari Thawus dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan miqat (tempat memulai Ihram) bagi penduduk Madinah di Dzulhulaifah, bagi penduduk Syam di Juhfah, bagi penduduk Nejed di Qarnalmanazil, dan bagi penduduk Yaman di Yalamlam. 👉Tempat-tempat itu berlaku pula bagi orang-orang yang bukan penduduk negeri-negeri tersebut, tetapi ia 👉bermaksud menunaikan haji dan umrah melalui tempat-tempat itu. Dan bagi orang yang lebih dekat ke Makkah(duduk dalam miqat itu) dari tempat-tempat tersebut atau bagi penduduk Makkah sendiri adalah dari mana mereka berada."
Mafhum mukhalafah hadis 2022 👉Tempat-tempat itu berlaku pula bagi orang-orang yang bukan penduduk negeri-negeri tersebut, 👉bermaksud menunaikan haji dan umrah melalui tempat-tempat itu ,orang yg tak buat umrah atau haji tak payah pakai ihram.
Nabi saw sendiri masuk Mekah tak pakai ihram tapi pakai serban hitam.
Tak boleh andai2 shj.
Andaian shj tidak mencukupi.
Kira khilaf . bg yg masuk tanpa nak buat haji dan umrah pakai ihram
Pakai ihram sebelum miqat khilaf.
Ada yg kata dimiqat lebih afdal.khilaf .tapi kena jaga larangan haji.
Imam nawawi sebut ketahuilah haji itu ada miqat makani dan miqat zamani pada bulan apa syawal zulkaedah dan 10 malam zilhijjah dan tidak harus ihlal haji selain masa ini dimana tidak jadi haji pada bulan lain tetapi akan bertukar jadi umrah dgn sendiri.
Ada pun umrah harus ihram pada bulan tadi dlm miqat haji tadi dan boleh juga dilakukan semua pada bulan yg lain.tidak terhad.Asasnya jumhur ulamak terima umrah walaupun pada musim haji.Adapun larangan Saidina umar dan lain2 itu berkait dengan sebab2 semasa.Dan tidak makruh pada mana2 bulan pun.Tetapi syaratnya tidaklah campur dengan haji (lanjut akan bincang nanti)tidak makruh berulang umrah dalam satu tahun bahkan mustahab disisi kita (syafie)
Tetapi Ibnu Sirin dan Malik makruh jika beberapa kali melakukan umrah beberapa kali apatah lagi pada satu musim haji .tetapi ada beberapa ulamak yg kata boleh(beberapa umrah pada satu masa)tetapi asasnya tiada.
Nabi saw buat umrah sesakali sahaja pada satu tahun.dia buat pada tahun berlain pada tahun 7,8 dan 10.yakni pada tahun2 yg berlainan.
Satu lagi bolehkah buat kerja haji jauh dari miqat yakni sebelum sampai ke miqat itu?
Boleh atau tidak?
Samada dikawasan rumah dia atau pun lain.
Kalau zaman dulu memanglah jauh berbulan2 baru sampai.bertahun2 pun boleh jadi.
Tapi kalu sekaranb pergi dengan kapalterbang sebentar shj.tidaklah keberatan menyusahkan sangat.
Disini pun ada khilaf juga.
Ada ulamak mengatakan tak boleh,dia kena buat disitu atau diatas sikit.
Setengah ulamak kata lebih afdal sahaja ihram disini(miqat).
Tetapi kalu buat sebelum jauh daripada itu boleh juga .
Imam Abu hanifah berpendapat lebih afdal daripada jauh dan semakin jauh semakin molek.Tetapi dia kena jaga pantang larang dia jaga sebagai srorang muhrim.
Bg orang yg kata tak boleh sebab itu akan menyusahkan.
Ibadat haji tak suruh menyusahkan.Sebab bila pakai ihram kena jagalah walaupun berbulan2.pah muhrim tu boleh ke jaga.menyusahkan.dgn sebab itu dia kata tak boleh.Dan tengok sahabat pun tak buat begitu.Itu mengikut dia.
Bgmnpun ada juga sahabat yg buat daripada jauh.
Ini masalah khilaf.
Jadi yg mana lebih afdal?
Imam syafie sendiri pun ada 2 pendapat.
Yg lebih asoh dari 2 pendapat ini iaitu miqat itu lebih afdal srbab mengikut Rasullah saw.
Rasullah saw tidak pakai ihram jauh dari madinah.Dia ihram di Dzulhulaifah sebab mari dari Madinah.ini pendapat imam syafie yg asoh yg afdal atau sebelum itu sikit ke.jangan jauh sangat takut menyusahkan .itu lebih afdal.
٢٠٢٣ - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَّتَ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَلِأَهْلِ الشَّامِ الْجُحْفَةَ وَلِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ الْمَنَازِلِ وَلِأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ وَقَالَ هُنَّ لَهُمْ وَلِكُلِّ آتٍ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِهِنَّ مِمَّنْ أَرَادَ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ وَمَنْ كَانَ دُونَ ذَلِكَ فَمِنْ حَيْثُ أَنْشَأَ حَتَّى أَهْلُ مَكَّةَ مِنْ مَكَّةَ
2023. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Thawus dari bapaknya dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan miqat bagi penduduk Madinah di Dzulhulaifah, bagi penduduk Syam di Juhfah, untuk penduduk Najed di Qarnalmanazil, dan bagi penduduk Yaman di Yalamlam. Tempat-tempat (untuk niat ihram)itu adalah bagi penduduk negeri-negeri tersebut dan juga bagi mereka yang datang dari tempat lain melewati tempat itu untuk melakukan haji atau umrah. Dan siapa saja yang tidak berada di tempat-tempat, maka ia memulai ihram dari tempat domisilinya hingga Makkah, maka penduduknya memulai ihram dari Makkah.
0000
٢٠٢٤ - و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُهِلُّ أَهْلُ الْمَدِينَةِ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَأَهْلُ الشَّامِ مِنْ الْجُحْفَةِ وَأَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَبَلَغَنِي أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَيُهِلُّ أَهْلُ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ
2024. Dan Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya ia berkata, saya telah membacakan kepada Malik dari Nafi' dari Ibnu Umar radliallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Penduduk Madinah memulai Ihram dari Dzulhulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, dan penduduk Najed dari Qarn." Abdullah berkata; Dan telah sampai padaku, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dan bagi penduduk Yaman memulai Ihram dari Yalamlam."
٢٠٢٥ - و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ قَالَ ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُهِلُّ أَهْلُ الْمَدِينَةِ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَيُهِلُّ أَهْلُ الشَّامِ مِنْ الْجُحْفَةِ وَيُهِلُّ أَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ قَالَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَذُكِرَ لِي وَلَمْ أَسْمَعْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَيُهِلُّ أَهْلُ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ
2025. Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb dan Ibnu Abu Umar - Ibnu Abu Umar berkata- Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Salim dari bapaknya radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Penduduk Madinah memulai Ihram dari Dzulhulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, dan penduduk Najed dari Qarn." Ibnu Umar berkata; Telah disebutkan kepadaku namun saya tidak mendengarnya langsung bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dan bagi penduduk Yaman memulai Ihram dari Yalamlam."
٢٠٢٦ - و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مُهَلُّ أَهْلِ الْمَدِينَةِ ذُو الْحُلَيْفَةِ وَمُهَلُّ أَهْلِ الشَّامِ مَهْيَعَةُ وَهِيَ الْجُحْفَةُ وَمُهَلُّ أَهْلِ نَجْدٍ قَرْنٌ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَزَعَمُوا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ أَسْمَعْ ذَلِكَ مِنْهُ قَالَ وَمُهَلُّ أَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمُ
2026. Dan telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah bin Umar bin Al Khaththab radliallahu 'anhu dari bapaknya ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Muhallu (tempat memulai Ihram) bagi penduduk Madinah di Dzulhulaifah, Muhallu penduduk Syam dari Mahya'ah (Juhfah) dan Muhallu penduduk Najed adalah di Qarn."Abdullah bin Umar radliallahu 'anhuma berkata; Dan ada berita yang sampai kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda -namun saya sendiri tidak mendengarnya-: "Dan Muhillu penduduk Yaman adalah di Yalamlam."
٢٠٢٧ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَيَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا وَقَالَ الْآخَرُونَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَهْلَ الْمَدِينَةِ أَنْ يُهِلُّوا مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَأَهْلَ الشَّامِ مِنْ الْجُحْفَةِ وَأَهْلَ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَأُخْبِرْتُ أَنَّهُ قَالَ وَيُهِلُّ أَهْلُ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ
2027. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Yahya bin Ayyub dan Qutaibah bin Sa'id dan Ali bin Hujr -Yahya berkata- telah mengabarkan kepada kami -sementara yang lain berkata- Telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Abdullah bin Dinar bahwa ia mendengar Ibnu Umar radliallahu 'anhuma, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan penduduk Madinah untuk melakukan Ihram dari Dzulhulaifah, bagi penduduk Syam dari Juhfah, dan bagi penduduk Najed dari Qar. Dan Abdullah bin Umar radliallahu 'anhuma berkata; Dan telah dikabarkan kepadaku bahwa beliau bersabda: "Dan penduduk Yaman melakukan Ihram dari Yalamlam."
٢٠٢٨ - حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُسْأَلُ عَنْ الْمُهَلِّ فَقَالَ سَمِعْتُ ثُمَّ انْتَهَى فَقَالَ أُرَاهُ يَعْنِي النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ كِلَاهُمَا عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ بَكْرٍ قَالَ عَبْدٌ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدٌ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُسْأَلُ عَنْ الْمُهَلِّ فَقَالَ سَمِعْتُ أَحْسَبُهُ رَفَعَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مُهَلُّ أَهْلِ الْمَدِينَةِ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَالطَّرِيقُ الْآخَرُ الْجُحْفَةُ وَمُهَلُّ أَهْلِ الْعِرَاقِ مِنْ ذَاتِ عِرْقٍ وَمُهَلُّ أَهْلِ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ وَمُهَلُّ أَهْلِ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ
2028. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Rauh bin Ubadah Telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij telah mengabarkan kepadaku Az Zubair bahwa ia mendengar👉 Jabir bin Abdillah radliallahu 'anhuma pernah ditanya mengenai Al Muhalli (tempat memulai Ihram), maka ia menjawab; 👉Aku pernah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim dan Abdu bin Humaid keduanya dari Muhammad bin Bakr - Abdu berkata- telah mengabarkan kepada kami Muhammad telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij telah mengabarkan kepadaku Abu Zubair bahwa ia mendengar 👉Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhuma ketika ia ditanya tentang Al Muhallu (tempat memulai Ihram), maka ia menjawab -menurut dugaanku, ia memarfu'kannya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam-; "Muhallu (tempat memulai Ihram) bagi penduduk Madinah adalah dari Dzulhulaifah atau jalur yang lain yakni dari Juhfah, dan bagi penduduk Irak adalah dari Dzatu 'Irq, dan bagi penduduk Najed adalah dari Qarnulmanazil, dan bagi penduduk Yaman adalah dari Yalamlam."
Tiada ulasan:
Catat Ulasan