Rabu, Mac 04, 2020

Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 38

Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 38

Bab 39

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٢١ -  في الأرض يحميها الإمام أو الرجل

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1121. Lahan yang diambil alih oleh imam atau oleh seseorang

باب في الأَرْضِ يَحْمِيهَا الإِمَامُ أَوِ الرَّجُلُ:

٢٦٧٩ - حَدَّثَنَا ابْنُ السَّرْحِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الصَّعْبِ بْنِ جَثَّامَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا حِمَى إِلَّا لِلَّهِ وَلِرَسُولِهِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ وَبَلَغَنِي أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَمَى النَّقِيعَ

2679. Telah menceritakan kepada kami Ibnu As Sarh telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah dari Ibnu Abbas dari Ash Sha'b bin Jatstsamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Tidak ada daerah larangan kecuali milik Allah dan RasulNya." Ibnu Syihab berkata; dan telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melindungi Naqi' (mata air dekat dengan Madinah).

٢٦٨٠ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الصَّعْبِ بْنِ جَثَّامَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَمَى النَّقِيعَ وَقَالَ لَا حِمَى إِلَّا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

2680. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Manshur? telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Al Harits dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah dari Abdullah bin Abbas dari Ash Sha'b bin Jatstsamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melindungi Naqi' (mata air dekat dengan Madinah) dan berkata: "Tidak ada daerah larangan kecuali milik Allah dan RasulNya."

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٢٢ -  ما جاء في الركاز وما فيه

14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1122. Penjelasan tentang harta karun

باب مَا جَاءَ فِي الرِّكَازِ وَمَا فِيهِ:

٢٦٨١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ وَأَبِي سَلَمَةَ سَمِعَا أَبَا هُرَيْرَةَ يُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ

2681. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri, dari Sa'id b al Musayyab dan Abu Salamah, mereka mendengar Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Dalam barang terpendam terdapat zamat seperlima."

٢٦٨٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ عَنْ هِشَامٍ عَنْ الْحَسَنِ قَالَ الرِّكَازُ الْكَنْزُ الْعَادِيُّ

2682. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepada kami Abbad bin Al 'Awwam dari Hisyam dari Al Hasan ia berkata; barang terpendam adalah barang simpanan biasa.

٢٦٨٣ - حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُسَافِرٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ حَدَّثَنَا الزَّمْعِيُّ عَنْ عَمَّتِهِ قُرَيْبَةَ بِنْتِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبٍ عَنْ أُمِّهَا كَرِيمَةَ بِنْتِ الْمِقْدَادِ عَنْ ضُبَاعَةَ بِنْتِ الزُّبَيْرِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بْنِ هَاشِمٍ أَنَّهَا أَخْبَرَتْهَا قَالَتْ ذَهَبَ الْمِقْدَادُ لِحَاجَتِهِ بِبَقِيعِ الْخَبْخَبَةِ فَإِذَا جُرَذٌ يُخْرِجُ مِنْ جُحْرٍ دِينَارًا ثُمَّ لَمْ يَزَلْ يُخْرِجُ دِينَارًا دِينَارًا حَتَّى أَخْرَجَ سَبْعَةَ عَشَرَ دِينَارًا ثُمَّ أَخْرَجَ خِرْقَةً حَمْرَاءَ يَعْنِي فِيهَا دِينَارٌ فَكَانَتْ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ دِينَارًا فَذَهَبَ بِهَا إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَهُ وَقَالَ لَهُ خُذْ صَدَقَتَهَا فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلْ هَوَيْتَ إِلَى الْجُحْرِ قَالَ لَا فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِيهَا

2683. Telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Musafir telah menceritakan kepada kami ibnu Abu Fudaik, telah menceritakan kepada kami Az Zam'i, dari bibinya yaitu Quraibah binti Abdullah bin Wahb dari ibunya yaitu karimah binti Al Miqdad dari Dhuba'ah binti Az Zubair bin Abdul Muththalib bin Hasyim bahwa ia telah mengabarkan kepadanya, ia berkata; Al Miqdad pergi untuk suatu keperluannya di Baqi' Al Khabkhabah, tiba-tiba terdapat tikus yang mengeluarkan dari lubangnya uang satu dinar, kemudian terus mengeluarkan satu dinar-satu dinar hingga ia mengeluarkan tujuh belas dinar. Kemudian tikus tersebut mengeluarkan secarik kain berwarna merah yang berisi dinar. Sehingga dinar tersebut berjumlah tujuh belas. Kemudian Al Miqdad membawanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan mengabarkan hal tersebut kepadanya. dan beliau berkata: "Ambillah sedekahnya." Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Apakah engkau engkau memasukkan tanganmu ke lubang?" ia berkata; tidak. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya: "Semoga Allah memberimu berkah padanya."

Sunan Abu daud kitab kharaj,imarah&fai sesi 38(syarahan)

Bab 39

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٢١ -  في الأرض يحميها الإمام أو الرجل
14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1121. Lahan yang diambil alih oleh imam atau oleh seseorang

باب في الأَرْضِ يَحْمِيهَا الإِمَامُ أَوِ الرَّجُلُ:
Tanah yg pemimpin negara  atau sesaorang mengkhususkan untuk dirinya

٢٦٧٩ - حَدَّثَنَا ابْنُ السَّرْحِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الصَّعْبِ بْنِ جَثَّامَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
👈لَا حِمَى إِلَّا لِلَّهِ وَلِرَسُولِهِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ وَبَلَغَنِي أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَمَى النَّقِيعَ

2679. Telah menceritakan kepada kami Ibnu As Sarh telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah dari Ibnu Abbas dari 👉Ash Sha'b bin Jatstsamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: 👉"Tidak ada daerah larangan kecuali milik Allah dan RasulNya.👉" Ibnu Syihab berkata; dan telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melindungi Naqi' (mata air dekat dengan Madinah).

٢٦٨٠ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ الصَّعْبِ بْنِ جَثَّامَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَمَى النَّقِيعَ وَقَالَ لَا حِمَى إِلَّا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

2680. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Manshur? telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Al Harits dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah dari Abdullah bin Abbas dari👉 Ash Sha'b bin Jatstsamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melindungi Naqi' (mata air dekat dengan Madinah) dan berkata: "Tidak ada daerah larangan kecuali milik Allah dan RasulNya."

١٤ -  الخراج والإمارة والفيء » ١١٢٢ -  ما جاء في الركاز وما فيه
14. Pajak, Kepemimpinan dan Fai » 1122. Penjelasan tentang harta karun

باب مَا جَاءَ فِي الرِّكَازِ وَمَا فِيهِ:
Ini bab hadis tentang rikaz dan apa yg dikenakan pada harta rikaz.

٢٦٨١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ وَأَبِي سَلَمَةَ سَمِعَا أَبَا هُرَيْرَةَ يُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ

2681. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri, dari Sa'id b al Musayyab dan Abu Salamah, mereka mendengar👉 Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Dalam barang terpendam terdapat rikaz seperlima."

٢٦٨٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ عَنْ هِشَامٍ عَنْ الْحَسَنِ قَالَ الرِّكَازُ الْكَنْزُ الْعَادِيُّ

2682. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepada kami 👉Abbad bin Al 'Awwam dari Hisyam dari Al Hasan ia berkata;👉 barang terpendam adalah barang simpanan biasa.
Minit 44

٢٦٨٣ - حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُسَافِرٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ حَدَّثَنَا الزَّمْعِيُّ عَنْ عَمَّتِهِ قُرَيْبَةَ بِنْتِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبٍ عَنْ أُمِّهَا كَرِيمَةَ بِنْتِ الْمِقْدَادِ عَنْ ضُبَاعَةَ بِنْتِ الزُّبَيْرِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بْنِ هَاشِمٍ أَنَّهَا أَخْبَرَتْهَا قَالَتْ ذَهَبَ الْمِقْدَادُ لِحَاجَتِهِ بِبَقِيعِ الْخَبْخَبَةِ فَإِذَا جُرَذٌ يُخْرِجُ مِنْ جُحْرٍ دِينَارًا ثُمَّ لَمْ يَزَلْ يُخْرِجُ دِينَارًا دِينَارًا حَتَّى أَخْرَجَ سَبْعَةَ عَشَرَ دِينَارًا ثُمَّ أَخْرَجَ خِرْقَةً حَمْرَاءَ يَعْنِي فِيهَا دِينَارٌ فَكَانَتْ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ دِينَارًا فَذَهَبَ بِهَا إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَهُ وَقَالَ لَهُ خُذْ صَدَقَتَهَا فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلْ هَوَيْتَ إِلَى الْجُحْرِ قَالَ لَا فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِيهَا

2683. Telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Musafir telah menceritakan kepada kami ibnu Abu Fudaik, telah menceritakan kepada kami 👉Az Zam'i, dari👉 bibinya yaitu Quraibah binti Abdullah bin Wahb dari ibunya yaitu karimah binti Al Miqdad dari 👉Dhuba'ah binti Az Zubair bin Abdul Muththalib bin Hasyim bahwa ia telah mengabarkan kepadanya, ia berkata; 👉Al Miqdad pergi untuk suatu keperluannya di Baqi' Al Khabkhabah, tiba-tiba terdapat tikus yang mengeluarkan dari lubangnya uang satu dinar, kemudian terus mengeluarkan satu dinar-satu dinar hingga ia mengeluarkan tujuh belas dinar. Kemudian tikus tersebut mengeluarkan secarik kain berwarna merah yang berisi dinar. Sehingga dinar tersebut berjumlah tujuh belas(18) Kemudian Al Miqdad membawanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan mengabarkan hal tersebut kepadanya. dan beliau berkata: "Ambillah sedekahnya." Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Apakah engkau engkau memasukkan tanganmu ke lubang(membongkok kelubang itu)?" ia berkata; tidak. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya: "Semoga Allah memberimu berkah padanya."(memberkati mu)

Maksud tajuk ini باب في الأَرْضِ يَحْمِيهَا الإِمَامُ أَوِ الرَّجُلُ:
Tanah yg pemimpin negara  atau sesaorang mengkhususkan untuk dirinya.
Kawasan ini kawasan larang yg khusus untuk dirinya,pemimpin zaman dahulu sebelum nabi saw.
Kawasan seluas anjing menyalak.
Semata2 untuk kepentingan peribadi ketua negara.
Jadi bila Rasullah naik dia mengistiharkan la hima  لَا حِمَى.
Hadis 2679👉"Tidak ada daerah larangan kecuali milik Allah dan RasulNya.
Istilah untuk Allah dan Rasul adalah untuk orangramai
Al-Anfal 8:41

وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَا غَنِمْتُم مِّن شَىْءٍ فَأَنَّ 👈لِلَّهِ خُمُسَهُۥ وَلِلرَّسُول💟ِ وَلِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ إِن كُنتُمْ ءَامَنتُم بِٱللَّهِ وَمَآ أَنزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ ٱلْفُرْقَانِ يَوْمَ ٱلْتَقَى ٱلْجَمْعَانِۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, 👉maka seperlima untuk Allah, Rasul💟, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
Memang Rasullah saw kawal.

Pelihara binatang2 yg satu perlima dikawasan itulah.
Nabi sudah tidak mahu sistem yg tak adil itu.
Nabi bela kuda untuk jihad dan latihan.
Untuk kepentingan orangramai.
Qadir Iyad kata kawsan yg subur itu untuk raja jadi kawasan larangan dan dibatalkan oleh nabi saw.
Nabi sendiri boleh ada unta untuk dirinya tetapi nabi tidak pernah ada.
Untuk orang lain sebagai pemimpin?
Boleh untuk kepentingan umum atau  orangramai bukan untuk kepentingan diri sendiri.
Ada yg kata tak boleh.
Khilaf.
Tapi jika menjejaskan orangramai tak boleh.
Ini tanah yg subur   حْمِيهَا tak sama  dengan tanah mati.
2 hadis tu dipakai tempat yg berasingan.
Ini riwayat secara balagh, dhaif kecuali orang ttt shj seperti balagh imam malik sahih.balagh imam syafie tiada jaminan sahih.
Apalagi Ibnu Syihab ini apalagi riwayatnya yg mursalnya dhaif tidak boleh dibuat pegangan.
Mursal bermakna tiada sahabat dlm sanad.
Sedang jika pasti yg dibuang itu sahabat tak mengapa.
Tetapi jika itu sezaman denganya iaitu tabiin kena tau dia orang setara mana.
Selagi tak tahu letak dhaif.
Jika dapat tahu orang yg sebaya dengannya itu orang molek baru boleh terima.dan kena pasti sahabat mn.takut dia ambil dr orang yg sama dgnnya.
Pada dasarnya dhaif.
Riwayat balagh itu sahih ligharih
Riwayat yg kita baca sat sahih ni liza tih cukup sanad.
tengok pada hadis ada riwayat  musnadnya selepas itu.sahih sebab sanadnya cukup.
Diatas dari  perawi zuhri itu perawi tidak bermasalah.
Rasullah saw pernah buat sebagai pemerintah.
Kita boleh buat?
Tidak,kita bukan pemerintah.
kita tok guru,lebai,hakim,DO tidak boleh..
Kena pemerintah baru boleh
3 orang...
Ibnu As Sarh telah mengabarkan kepada kami👉 Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku 👉Yunus dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin Abdullah dari Ibnu Abbas dari 👉Ash Sha'b bin Jatstsamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata.
Ini sanad mausul (bersambung)
Munkotid putus.
Balaghani وَبَلَغَنِي

Makna الرِّكَازِ harta qarun,harta yg terpendam dlm bumi sejak bila lagi tak tahu atau logam2 dlm bumi.
Harta الرِّكَازِ dikenakan khumus satu perlima
Katakan 500,000.jadi seperlima 100,000.

3086 setengah2 naskah.

Minit 44

Tiada ulasan:

Catat Ulasan