Sahih bukhari kitab perubatan sesi 002s
٥٦ - الطب » ٣٠٠٤ - الدواء بالعسل
56. Pengobatan » 3004. Berobat dengan madu
باب الدَّوَاءِ بِالْعَسَلِ:
وَقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى: {فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ}.
Bab berubat dengan madu dan firman Allah taala,padanya ada penawar untuk manusia.
-firman Allah , seolah2 dhamir pada فِيهِ balik pada عَسَلِ
٥٢٥٠ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ قَالَ أَخْبَرَنِي هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ الْحَلْوَاءُ وَالْعَسَلُ
5250. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Hisyam dari Ayahnya
dari Aisyah radliallahu 'anha dia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sangat menyukai(sukakan) manisan dan madu."
٥٢٥١ - حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْغَسِيلِ عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنْ كَانَ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ أَوْ يَكُونُ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ خَيْرٌ فَفِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ لَذْعَةٍ بِنَارٍ تُوَافِقُ الدَّاءَ وَمَا أُحِبُّ أَنْ أَكْتَوِيَ
5251. Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Al Ghasil
-anak orang yang dimandikan.
-namanya Hanzalah bin Abi Amir Al ausil
-dia sedang berjunub ,dimandikan oleh malaikat dipanggil alkhasil oranng yang dimandikan.
-byk yang kata hadits ini diriwayat dengan makna.
-kadang2 perawi tak mahir sangat berbahasa Arab.
dari 'Ashim bin Umar bin Qatadah dia berkata; saya mendengar
Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhuma berkata; saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sekiranya ada obat yang baik untuk kalian atau ada sesuatu yang baik untuk kalian jadikan obat, maka itu terdapat pada bekam atau minum madu
- sangat banyak hadits tentang berubat dengan madu.
-penawar ada 2 iaitu madu dan quran.ini contoh sahaja iaitu
Satu yang jenis ubat yang di makan.
Satu lagi quran yang bukan dimakan.
-tiada masalah menggunakan ayat quran yang direka sendiri pun tetapi hanya tidak boleh disandarkan kepada Nabi saw.
-isyarat penyakit rohani selain penyakit jasmani.
Quran adalah kemuncaknya.
-maksud didalamnya adalah dalam madu itu
-firman Allah فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ kata kepada sebahagian manusia.
- kadang2 kepada setengah orang sudah bertubuh panas.
-boleh jadi juga tidak sesuai sebab yang mendatang.
- begitu habatusauda diperhatikan ada juga penyakit tak sembuh.
-tetapi terpulang kepada kepandaian kita menggunakannya.
Jadi ia tetap penawar bagi sesetengah pendapat.
-penentuan itulah yang agak payah yang perlukan usaha pengkajian .jika tak sembuh kita yang belum jumpa.
- pengasas homeopati ...mampu berubat berbagai penyakit..dengan melalui proses 'mencairkan' ubatnya contoh dengan potensi yang tertentu .
Pengalaman doktor berbagai aliran sudah banyak dan sepatutnya orang Islam mendahului pengkajian tetapi malang umat Islam ketinggalan.
- ini semua memerlukan pengkhususan dan menjadi tanggjawab orang2 yang mampu dibidang perubatan ini.
Minit 36
atau sengatan(selaran) api panas (terapi dengan menempelkan besi panas di daerah yang luka) dan saya tidak menyukai kay."(selaran api)
٥٢٥٢ - حَدَّثَنَا عَيَّاشُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَخِي يَشْتَكِي بَطْنَهُ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَى الثَّانِيَةَ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ قَدْ فَعَلْتُ فَقَالَ صَدَقَ اللَّهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيكَ اسْقِهِ عَسَلًا فَسَقَاهُ فَبَرَأَ
5252. Telah menceritakan kepada kami Ayyas bin Al Walid telah menceritakan kepada kami Abdul A'la telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Abu Al Mutawakkil
dari Abu Sa'id bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sambil berkata; "Saudaraku sedang menderita(mengadu) sakit perut."
-sakit perut kerana wabak madu cukup baik.
-berulang minum madu, baik untuk cuci perut.
-cara nabi saw.
-cara ini juga menguatkan tubuh.
-sepatutnya orang Islam dibidang perubatan menjadikan ini sebagai motivasi untuk lebih menguasai dengan mendalami lagi bidang kajian agar lebih mahir dan pakar.
- penyelidik Jerman yang menjumpai kuman penyakit kusta seperti singa
-nabi saw dah lama suruh lari dari penyakit kusta seperti lari dari singa.
-tapi sayang orang Islam sudah berhenti dari mengkaji.
-mustahak dan perlu buat kajian tapi orang Islam hanya jadi pak tutut sahaja.
Beliau bersabda: "Minumilah madu." Kemudian laki-laki itu datang kedua kalinya, lalu beliau tetap bersabda: "(Berilah)Minumilah madu." Kemudian laki-laki itu datang yang ketiga kalinya, beliau bersabda: "(Berilah)Minumilah madu." Kemudian dia datang lagi sambil berkata; "Aku telah melakukannya." Maka beliau bersabda: "Maha benar Allah, dan perut saudaramulah yang berdusta,
-nabi saw dapat wahyu.
-kita tiada wahyu maka kita perlu ilmu yang banyak..
berilah minum madu." Lalu ia pun meminuminya madu dan akhirnya(selepas itu) sembuh.
-3 itu hanyalah isyarat sahaja.
1.kaedah keluarkan dari badan
2.cara makan atau minum.
3.cara selaran2
-Yang penting dari hadits 5251تُوَافِقُ الدَّاءَ menepati kadar penyakit
-kena sesuai atau tepat dengan penyakit.
-dengan itu ilmu pengkhususan penting
-elakan cara yang mtnyiksa pesakit.
-pemberian kepandaian kepada setiap manusia tidak sama.tetapi bertolak ansurlah antara satu sama lain.
-bukan hanya besi panas tetapi apa2 rawatan yang menyakitkan.
-cubalah cari pelbagai aliran jangan taksub hanya pada satu aliran.
-dakyah masyarat barat sangat kuat mendakwa hanya perubatan dari hanya barat yang baik.
-bersikap terbukalah .supaya ada pilihan.
-masing2 aliran ada kebaikan masing-masing.
٥٦ - الطب » ٣٠٠٥ - الدواء بألبان الإبل
56. Pengobatan » 3005. Berobat dengan susu unta
باب الدَّوَاءِ بِأَلْبَانِ الإِبِلِ:
Bab berubat dengan susu unta
-berubat menggunakan bahan2 asli.
-ini ilmu perubatan yunani.
-kitab ibnu sina adalah perkara2 ini.
٥٢٥٣ - حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا سَلَّامُ بْنُ مِسْكِينٍ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ نَاسًا كَانَ بِهِمْ سَقَمٌ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ آوِنَا وَأَطْعِمْنَا فَلَمَّا صَحُّوا قَالُوا إِنَّ الْمَدِينَةَ وَخِمَةٌ فَأَنْزَلَهُمْ الْحَرَّةَ فِي ذَوْدٍ لَهُ فَقَالَ اشْرَبُوا أَلْبَانَهَا فَلَمَّا صَحُّوا قَتَلُوا رَاعِيَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاسْتَاقُوا ذَوْدَهُ فَبَعَثَ فِي آثَارِهِمْ فَقَطَعَ أَيْدِيَهُمْ وَأَرْجُلَهُمْ وَسَمَرَ أَعْيُنَهُمْ فَرَأَيْتُ الرَّجُلَ مِنْهُمْ يَكْدِمُ الْأَرْضَ بِلِسَانِهِ حَتَّى يَمُوتَ قَالَ سَلَّامٌ فَبَلَغَنِي أَنَّ الْحَجَّاجَ قَالَ لِأَنَسٍ حَدِّثْنِي بِأَشَدِّ عُقُوبَةٍ عَاقَبَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَدَّثَهُ بِهَذَا فَبَلَغَ الْحَسَنَ فَقَالَ وَدِدْتُ أَنَّهُ لَمْ يُحَدِّثْهُ بِهَذَا
5253. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Sallam bin Miskin telah menceritakan kepada kami Tsabit
dari Anas bahwa beberapa orang sedang menderita sakit(mengalami kesakitan), lalu mereka berkata; "Wahai Rasulullah, berilah kami tempat untuk menginap dan jamulah kami, ketika keadaan mereka mulai membaik, mereka berkata; "Sesungguhnya kota Madinah tidak cocok(sesuai) untuk kami, " lantas beliau menyuruh mereka supaya pergi ke padang tempat gembalaan unta-unta milik beliau, lalu beliau bersabda: "Setelah itu minumlah susunya.(unta itu)" Ketika mereka semuanya sehat, ternyata mereka membunuh penggembala Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan merampok sejumlah unta beliau, maka beliau memerintahkan untuk mengejar(mengesan) mereka. Kemudian beliau memotong tangan-tangan mereka dan kaki-kaki mereka serta mencongkel(mencelakan) mata mereka, dan aku melihat salah seorang dari mereka menjulurkan lidahnya ke tanah(menyungkur ke bumi) sampai akhirnya mati terkapar." Sallam berkata; telah sampai kepadaku bahwa Al Hajjaj pernah berkata kepada Anas; "Ceritakanlah kepadaku tentang hukuman yang paling sadis(berat) yang pernah di lakukan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu Anas menceritakan hadits di atas, ternyata hal itu sampai kepada Al Hasan, maka dia berkata; "Aku menyangka bahwa Anas belum pernah menyampaikan hadits ini."(suka sekali kalau dia tidak menceritakannya kepadanya))
٥٦ - الطب » ٣٠٠٦ - الدواء بأبوال الإبل
56. Pengobatan » 3006. Berobat dengan kencing unta
باب الدَّوَاءِ بِأَبْوَالِ الإِبِلِ:
٥٢٥٤ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ نَاسًا اجْتَوَوْا فِي الْمَدِينَةِ فَأَمَرَهُمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَلْحَقُوا بِرَاعِيهِ يَعْنِي الْإِبِلَ فَيَشْرَبُوا مِنْ أَلْبَانِهَا وَأَبْوَالِهَا فَلَحِقُوا بِرَاعِيهِ فَشَرِبُوا مِنْ أَلْبَانِهَا وَأَبْوَالِهَا حَتَّى صَلَحَتْ أَبْدَانُهُمْ فَقَتَلُوا الرَّاعِيَ وَسَاقُوا الْإِبِلَ فَبَلَغَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبَعَثَ فِي طَلَبِهِمْ فَجِيءَ بِهِمْ فَقَطَعَ أَيْدِيَهُمْ وَأَرْجُلَهُمْ وَسَمَرَ أَعْيُنَهُمْ قَالَ قَتَادَةُ فَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سِيرِينَ أَنَّ ذَلِكَ كَانَ قَبْلَ أَنْ تَنْزِلَ الْحُدُودُ
5254. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah
dari Anas radliallahu 'anhu bahwa sekelompok orang sedang menderita sakit (tidak selesa)ketika berada di Madinah, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan mereka supaya menemui penggembala beliau dan meminum susu dan kencing unta, mereka lalu pergi menemui sang penggembala(nabi ) dan meminum air susu dan kencing unta tersebut sehingga badan-badan mereka kembali sehat, setelah badan mereka sehat mereka justru(kemudian) membunuh penggembala dan merampok unta-untanya, setelah kabar itu sampai ke nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau pun memerintahkan untuk mengejar mereka, kemudian mereka di bawa ke hadapan Nabi, lantas Nabi memotong tangan dan kaki mereka serta mencongkel mata mereka." Qatadah berkata; telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Sirin bahwa peristiwa tersebut terjadi sebelum turunnya ayat tentang hudud (hukuman)."
٥٦ - الطب » ٣٠٠٧ - الحبة السوداء
56. Pengobatan » 3007. Habbah sauda"
باب الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ:
٥٢٥٥ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ خَرَجْنَا وَمَعَنَا غَالِبُ بْنُ أَبْجَرَ فَمَرِضَ فِي الطَّرِيقِ فَقَدِمْنَا الْمَدِينَةَ وَهُوَ مَرِيضٌ فَعَادَهُ ابْنُ أَبِي عَتِيقٍ فَقَالَ لَنَا عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحُبَيْبَةِ السَّوْدَاءِ فَخُذُوا مِنْهَا خَمْسًا أَوْ سَبْعًا فَاسْحَقُوهَا ثُمَّ اقْطُرُوهَا فِي أَنْفِهِ بِقَطَرَاتِ زَيْتٍ فِي هَذَا الْجَانِبِ وَفِي هَذَا الْجَانِبِ فَإِنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتْنِي أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا مِنْ السَّامِ قُلْتُ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ
5255. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah telah menceritakan kepada kami Isra`il dari Manshur
dari Khalid bin Sa'd dia berkata; Kami pernah bepergian yang di antaranya terdapat Ghalib bin Abjar, di tengah jalan ia jatuh sakit, ketika sampai di Madinah ia masih menderita sakit, lalu Ibnu Abu 'Atiq menjenguknya (melawatnya) dan berkata kepada kami; "Hendaknya kalian memberinya habbatus sauda' (jintan hitam), ambillah lima atau tujuh biji, lalu tumbuklah(gilingkan atau lumatkannya) hingga halus, setelah itu teteskanlah di hidungnya di sertai dengan tetesan minyak sebelah sini dan sebelah sini, karena sesungguhnya Aisyah pernah menceritakan kepadaku bahwa dia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya habbatus sauda'(biji hitam ) ini adalah obat dari segala macam penyakit kecuali saam." Aku bertanya; "Apakah saam itu?" beliau menjawab: "Kematian."
٥٢٥٦ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ وَسَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ وَالسَّامُ الْمَوْتُ وَالْحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ
5256. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Abu Salamah dan Sa'id bin Musayyib bahwa
Abu Hurairah telah mengabarkan kepada keduanya, bahwa dia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dalam habbatus sauda' (jintan hitam) terdapat obat dari segala penyakit kecuali kematian." Ibnu Syihab berkata; "Maksud dari kematian adalah maut sedangkan habbatus sauda' adalah pohon syuniz. (jintan hitam)"
Minit 9
Tiada ulasan:
Catat Ulasan